Nun N

12 Maret 2024 04:33

Iklan

Iklan

Nun N

12 Maret 2024 04:33

Pertanyaan

mengapa Indonesia mengambil sikap melaksanakan politik luar negeri bebas aktif

mengapa Indonesia mengambil sikap melaksanakan politik luar negeri bebas aktif


2

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Salsabila M

Community

13 Maret 2024 00:28

Jawaban terverifikasi

<p>Indonesia mengambil sikap melaksanakan politik luar negeri bebas aktif karena berbagai alasan yang terkait dengan sejarah, kepentingan nasional, dan prinsip-prinsip politik luar negeri yang dipegang oleh negara ini. Berikut adalah beberapa alasan mengapa Indonesia memilih pendekatan politik luar negeri bebas aktif:</p><p><strong>Kemandirian dan Kedaulatan</strong>: Politik luar negeri bebas aktif memungkinkan Indonesia untuk menjaga kemandirian dan kedaulatannya dalam mengambil keputusan di tingkat internasional. Dengan tidak bergantung secara eksklusif pada satu kekuatan besar atau blok politik, Indonesia dapat mempertahankan fleksibilitasnya dalam menjalankan kebijakan luar negeri.</p><p><strong>Mempertahankan Keseimbangan dan Kepentingan Nasional</strong>: Pendekatan ini memungkinkan Indonesia untuk menjaga keseimbangan antara kepentingan-kepentingan beragam, baik domestik maupun internasional. Dengan tidak terikat pada aliansi militer atau politik tertentu, Indonesia dapat bekerja untuk mempromosikan kepentingan nasionalnya secara lebih luas.</p><p><strong>Toleransi dan Kerjasama Antarbangsa</strong>: Politik luar negeri bebas aktif mencerminkan semangat toleransi dan kerjasama antarbangsa yang dipegang oleh Indonesia. Negara ini mengutamakan dialog, diplomasi, dan kerja sama dalam menyelesaikan konflik dan mempromosikan perdamaian serta keamanan di tingkat regional dan global.</p><p><strong>Penghormatan terhadap Prinsip Kemerdekaan Bangsa</strong>: Indonesia menghargai prinsip kemerdekaan dan kedaulatan setiap negara. Dengan mengadopsi politik luar negeri bebas aktif, Indonesia menunjukkan komitmen untuk tidak campur tangan dalam urusan internal negara lain, sambil tetap mempertahankan haknya untuk mengambil langkah-langkah yang dianggap penting untuk melindungi kepentingan nasionalnya.</p><p><strong>Reputasi sebagai Negara Perdamaian</strong>: Indonesia memiliki reputasi sebagai negara yang memperjuangkan perdamaian dan keadilan di tingkat internasional. Politik luar negeri bebas aktif memungkinkan Indonesia untuk terlibat secara konstruktif dalam forum-forum internasional dan menjadi mediator dalam penyelesaian konflik, sambil tetap mempertahankan independensinya.</p><p><br>&nbsp;</p>

Indonesia mengambil sikap melaksanakan politik luar negeri bebas aktif karena berbagai alasan yang terkait dengan sejarah, kepentingan nasional, dan prinsip-prinsip politik luar negeri yang dipegang oleh negara ini. Berikut adalah beberapa alasan mengapa Indonesia memilih pendekatan politik luar negeri bebas aktif:

Kemandirian dan Kedaulatan: Politik luar negeri bebas aktif memungkinkan Indonesia untuk menjaga kemandirian dan kedaulatannya dalam mengambil keputusan di tingkat internasional. Dengan tidak bergantung secara eksklusif pada satu kekuatan besar atau blok politik, Indonesia dapat mempertahankan fleksibilitasnya dalam menjalankan kebijakan luar negeri.

Mempertahankan Keseimbangan dan Kepentingan Nasional: Pendekatan ini memungkinkan Indonesia untuk menjaga keseimbangan antara kepentingan-kepentingan beragam, baik domestik maupun internasional. Dengan tidak terikat pada aliansi militer atau politik tertentu, Indonesia dapat bekerja untuk mempromosikan kepentingan nasionalnya secara lebih luas.

Toleransi dan Kerjasama Antarbangsa: Politik luar negeri bebas aktif mencerminkan semangat toleransi dan kerjasama antarbangsa yang dipegang oleh Indonesia. Negara ini mengutamakan dialog, diplomasi, dan kerja sama dalam menyelesaikan konflik dan mempromosikan perdamaian serta keamanan di tingkat regional dan global.

Penghormatan terhadap Prinsip Kemerdekaan Bangsa: Indonesia menghargai prinsip kemerdekaan dan kedaulatan setiap negara. Dengan mengadopsi politik luar negeri bebas aktif, Indonesia menunjukkan komitmen untuk tidak campur tangan dalam urusan internal negara lain, sambil tetap mempertahankan haknya untuk mengambil langkah-langkah yang dianggap penting untuk melindungi kepentingan nasionalnya.

Reputasi sebagai Negara Perdamaian: Indonesia memiliki reputasi sebagai negara yang memperjuangkan perdamaian dan keadilan di tingkat internasional. Politik luar negeri bebas aktif memungkinkan Indonesia untuk terlibat secara konstruktif dalam forum-forum internasional dan menjadi mediator dalam penyelesaian konflik, sambil tetap mempertahankan independensinya.


 


Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

07 April 2024 05:46

Jawaban terverifikasi

<p>Indonesia mengambil sikap melaksanakan politik luar negeri bebas aktif sebagai respons terhadap kondisi politik dan geopolitik global pada saat itu, serta sebagai upaya untuk menjaga kedaulatan dan kepentingan nasionalnya. Beberapa alasan utama mengapa Indonesia mengambil sikap politik luar negeri bebas aktif adalah sebagai berikut:</p><p><strong>Menghindari Blok Politik:</strong> Pada saat Indonesia merdeka, dunia terbagi antara blok-blok politik besar, yaitu Blok Barat yang dipimpin oleh Amerika Serikat dan Blok Timur yang dipimpin oleh Uni Soviet. Dengan mengadopsi politik luar negeri bebas aktif, Indonesia ingin menjaga kemerdekaannya dari pengaruh eksternal dan tidak terikat pada satu blok politik tertentu.</p><p><strong>Memperjuangkan Kemerdekaan dan Kedaulatan Bangsa-Bangsa:</strong> Indonesia ingin menjadi bagian dari gerakan non-blok yang memperjuangkan kemerdekaan dan kedaulatan bangsa-bangsa, serta mengutuk kolonialisme, imperialisme, dan segala bentuk penindasan.</p><p><strong>Mendorong Kerja Sama Internasional:</strong> Dengan sikap politik luar negeri bebas aktif, Indonesia ingin berkontribusi dalam membangun hubungan baik dengan negara-negara lain tanpa memihak pada satu pihak tertentu. Hal ini mencakup upaya untuk mempromosikan perdamaian, keamanan, dan kerja sama internasional di berbagai bidang, termasuk ekonomi, sosial, dan budaya.</p><p><strong>Memperjuangkan Prinsip Kemerdekaan, Perdamaian, dan Keadilan Internasional:</strong> Indonesia menekankan pentingnya menjunjung tinggi prinsip kemerdekaan, perdamaian, dan keadilan internasional dalam hubungan luar negerinya. Hal ini tercermin dalam dukungannya terhadap pergerakan kemerdekaan nasional di berbagai belahan dunia dan peran aktifnya dalam organisasi internasional seperti PBB, Gerakan Non-Blok, dan ASEAN.</p>

Indonesia mengambil sikap melaksanakan politik luar negeri bebas aktif sebagai respons terhadap kondisi politik dan geopolitik global pada saat itu, serta sebagai upaya untuk menjaga kedaulatan dan kepentingan nasionalnya. Beberapa alasan utama mengapa Indonesia mengambil sikap politik luar negeri bebas aktif adalah sebagai berikut:

Menghindari Blok Politik: Pada saat Indonesia merdeka, dunia terbagi antara blok-blok politik besar, yaitu Blok Barat yang dipimpin oleh Amerika Serikat dan Blok Timur yang dipimpin oleh Uni Soviet. Dengan mengadopsi politik luar negeri bebas aktif, Indonesia ingin menjaga kemerdekaannya dari pengaruh eksternal dan tidak terikat pada satu blok politik tertentu.

Memperjuangkan Kemerdekaan dan Kedaulatan Bangsa-Bangsa: Indonesia ingin menjadi bagian dari gerakan non-blok yang memperjuangkan kemerdekaan dan kedaulatan bangsa-bangsa, serta mengutuk kolonialisme, imperialisme, dan segala bentuk penindasan.

Mendorong Kerja Sama Internasional: Dengan sikap politik luar negeri bebas aktif, Indonesia ingin berkontribusi dalam membangun hubungan baik dengan negara-negara lain tanpa memihak pada satu pihak tertentu. Hal ini mencakup upaya untuk mempromosikan perdamaian, keamanan, dan kerja sama internasional di berbagai bidang, termasuk ekonomi, sosial, dan budaya.

Memperjuangkan Prinsip Kemerdekaan, Perdamaian, dan Keadilan Internasional: Indonesia menekankan pentingnya menjunjung tinggi prinsip kemerdekaan, perdamaian, dan keadilan internasional dalam hubungan luar negerinya. Hal ini tercermin dalam dukungannya terhadap pergerakan kemerdekaan nasional di berbagai belahan dunia dan peran aktifnya dalam organisasi internasional seperti PBB, Gerakan Non-Blok, dan ASEAN.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

jelaskan kehidupan sosial, politik dan ekonomi kerajaan Ternate

8

0.0

Jawaban terverifikasi