Anggita N

05 Maret 2024 09:28

Iklan

Iklan

Anggita N

05 Maret 2024 09:28

Pertanyaan

menganalisis faktor penyebab kelangkaan Tolong jawab ya

menganalisis faktor penyebab kelangkaan

Tolong jawab ya


8

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

05 Maret 2024 22:17

Jawaban terverifikasi

<p>Faktor-faktor penyebab kelangkaan (scarcity) dapat bervariasi tergantung pada konteksnya, tetapi beberapa faktor umum meliputi:</p><p><strong>Keterbatasan Sumber Daya</strong>: Ketika sumber daya seperti waktu, uang, atau bahan baku terbatas, muncul kelangkaan karena tidak dapat memenuhi semua kebutuhan atau keinginan.</p><p><strong>Peningkatan Permintaan</strong>: Jika permintaan terhadap suatu barang atau sumber daya meningkat secara signifikan, sementara pasokan tidak dapat mengikuti, maka dapat terjadi kelangkaan.</p><p><strong>Penggunaan yang Tidak Efisien</strong>: Jika sumber daya digunakan secara tidak efisien atau terjadi pemborosan, hal ini dapat menyebabkan kelangkaan karena sumber daya tidak dimanfaatkan seoptimal mungkin.</p><p><strong>Faktor Alamiah</strong>: Peristiwa alam seperti bencana alam, musim kering, atau perubahan iklim dapat mempengaruhi ketersediaan sumber daya alam dan menyebabkan kelangkaan.</p><p><strong>Ketidakseimbangan Ekonomi</strong>: Ketidakseimbangan antara produksi dan konsumsi dalam ekonomi dapat menyebabkan kelangkaan barang atau jasa tertentu.</p><p><strong>Pertumbuhan Penduduk</strong>: Peningkatan jumlah penduduk dapat meningkatkan permintaan terhadap sumber daya dan menyebabkan kelangkaan jika pasokan tidak dapat diimbangi.</p><p><strong>Ketidakpastian Pasokan</strong>: Jika terdapat ketidakpastian dalam pasokan sumber daya, misalnya akibat konflik atau perubahan kebijakan, ini dapat menyebabkan kelangkaan.</p><p><strong>Ketidakseimbangan Distribusi</strong>: Distribusi sumber daya yang tidak merata dapat mengakibatkan kelangkaan di beberapa wilayah atau kelompok masyarakat.</p>

Faktor-faktor penyebab kelangkaan (scarcity) dapat bervariasi tergantung pada konteksnya, tetapi beberapa faktor umum meliputi:

Keterbatasan Sumber Daya: Ketika sumber daya seperti waktu, uang, atau bahan baku terbatas, muncul kelangkaan karena tidak dapat memenuhi semua kebutuhan atau keinginan.

Peningkatan Permintaan: Jika permintaan terhadap suatu barang atau sumber daya meningkat secara signifikan, sementara pasokan tidak dapat mengikuti, maka dapat terjadi kelangkaan.

Penggunaan yang Tidak Efisien: Jika sumber daya digunakan secara tidak efisien atau terjadi pemborosan, hal ini dapat menyebabkan kelangkaan karena sumber daya tidak dimanfaatkan seoptimal mungkin.

Faktor Alamiah: Peristiwa alam seperti bencana alam, musim kering, atau perubahan iklim dapat mempengaruhi ketersediaan sumber daya alam dan menyebabkan kelangkaan.

Ketidakseimbangan Ekonomi: Ketidakseimbangan antara produksi dan konsumsi dalam ekonomi dapat menyebabkan kelangkaan barang atau jasa tertentu.

Pertumbuhan Penduduk: Peningkatan jumlah penduduk dapat meningkatkan permintaan terhadap sumber daya dan menyebabkan kelangkaan jika pasokan tidak dapat diimbangi.

Ketidakpastian Pasokan: Jika terdapat ketidakpastian dalam pasokan sumber daya, misalnya akibat konflik atau perubahan kebijakan, ini dapat menyebabkan kelangkaan.

Ketidakseimbangan Distribusi: Distribusi sumber daya yang tidak merata dapat mengakibatkan kelangkaan di beberapa wilayah atau kelompok masyarakat.


Iklan

Iklan

Aliyah H

22 Maret 2024 07:20

Jawaban terverifikasi

<p>Kelangkaan suatu barang atau sumber daya bisa disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain:</p><p><br>1. <strong>Permintaan yang tinggi</strong>: Permintaan yang melampaui pasokan yang tersedia dapat menyebabkan kelangkaan.<br>2. <strong>Keterbatasan pasokan</strong>: Keterbatasan produksi atau pasokan barang atau sumber daya tertentu dapat menyebabkan kelangkaan.<br>3. <strong>Gangguan produksi</strong>: Gangguan dalam rantai pasokan, seperti bencana alam, konflik, atau masalah teknis, dapat menghambat produksi dan menyebabkan kelangkaan.<br>4. <strong>Hambatan perdagangan</strong>: Keterbatasan impor atau ekspor, tarif perdagangan, atau peraturan perdagangan yang ketat dapat membatasi pasokan barang dari pasar internasional.<br>5. <strong>Monopoli atau oligopoli</strong>: Situasi di mana satu atau beberapa produsen mengontrol pasokan barang tertentu dapat menyebabkan kelangkaan.<br>6. <strong>Perubahan kebijakan</strong>: Perubahan kebijakan pemerintah, seperti pengurangan subsidi atau larangan ekspor, dapat mempengaruhi pasokan barang tertentu dan menyebabkan kelangkaan.</p>

Kelangkaan suatu barang atau sumber daya bisa disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain:


1. Permintaan yang tinggi: Permintaan yang melampaui pasokan yang tersedia dapat menyebabkan kelangkaan.
2. Keterbatasan pasokan: Keterbatasan produksi atau pasokan barang atau sumber daya tertentu dapat menyebabkan kelangkaan.
3. Gangguan produksi: Gangguan dalam rantai pasokan, seperti bencana alam, konflik, atau masalah teknis, dapat menghambat produksi dan menyebabkan kelangkaan.
4. Hambatan perdagangan: Keterbatasan impor atau ekspor, tarif perdagangan, atau peraturan perdagangan yang ketat dapat membatasi pasokan barang dari pasar internasional.
5. Monopoli atau oligopoli: Situasi di mana satu atau beberapa produsen mengontrol pasokan barang tertentu dapat menyebabkan kelangkaan.
6. Perubahan kebijakan: Perubahan kebijakan pemerintah, seperti pengurangan subsidi atau larangan ekspor, dapat mempengaruhi pasokan barang tertentu dan menyebabkan kelangkaan.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Perhatikan puisi berikut! Ibu yang aku sayangi Ibu yang aku cintai Akan selalu kudoakan Agar hidupmu tenang Akan selalu kudoakan Agar hidupmu tentram Majas yang terjadapat dalam puisi tersebut adalah .... A. personifikasi B. metafora C. asosiasi D. pararelisme E. hiperbola Tolong sertakan penjelasannya 🙏🏻

7

5.0

Jawaban terverifikasi