Difa D

26 Juli 2024 03:13

Difa D

26 Juli 2024 03:13

Pertanyaan

Sebutkan fungsi dari : Ribosom mitokondria DNA mitokondria Granula Krista Ruang intermembran Yang terdapat pada mitokondria!!! tolong di jawab secepatnya🙏🏻

Sebutkan fungsi dari :

  1. Ribosom mitokondria
  2. DNA mitokondria
  3. Granula
  4. Krista
  5. Ruang intermembran

Yang terdapat pada mitokondria!!! tolong di jawab secepatnya🙏🏻

Belajar bareng Champions

Brain Academy Champions

Hanya di Brain Academy

Habis dalam

00

:

00

:

06

:

13

Klaim

21

2

Jawaban terverifikasi

Rendi R

Community

26 Juli 2024 03:27

Jawaban terverifikasi

<p>Berikut adalah fungsi-fungsi dari komponen mitokondria:</p><p>&nbsp;</p><p>1. Ribosom mitokondria:<br>&nbsp; - Ribosom mitokondria bertanggung jawab untuk sintesis protein yang dibutuhkan oleh mitokondria sendiri. Mereka menerjemahkan mRNA mitokondria untuk menghasilkan protein-protein esensial yang terlibat dalam respirasi seluler dan produksi energi.</p><p>&nbsp;</p><p>2. DNA mitokondria:<br>&nbsp; - DNA mitokondria menyimpan informasi genetik yang diperlukan untuk sintesis beberapa protein mitokondria, tRNA, dan rRNA. DNA ini diwariskan secara maternal (dari ibu) dan berperan penting dalam fungsi dan replikasi mitokondria.</p><p>&nbsp;</p><p>3. Granula:<br>&nbsp; - Granula dalam mitokondria berfungsi sebagai tempat penyimpanan ion kalsium dan fosfat. Granula ini juga terlibat dalam regulasi homeostasis ion dalam mitokondria.</p><p>&nbsp;</p><p>4. Krista:<br>&nbsp; - Krista adalah lipatan-lipatan membran dalam mitokondria yang memperluas permukaan area untuk reaksi-reaksi kimia. Krista mengandung enzim dan kompleks protein yang penting untuk rantai transpor elektron dan sintesis ATP, sehingga memainkan peran kunci dalam produksi energi seluler.</p><p>&nbsp;</p><p>5. Ruang intermembran:<br>&nbsp; - Ruang intermembran adalah area antara membran dalam dan luar mitokondria. Ini berfungsi sebagai kompartemen untuk penyimpanan ion hidrogen (proton) yang dipompa oleh rantai transpor elektron, menciptakan gradien proton yang penting untuk sintesis ATP melalui kemiosmosis.</p><p>&nbsp;</p><p>Semoga ini membantu!</p>

Berikut adalah fungsi-fungsi dari komponen mitokondria:

 

1. Ribosom mitokondria:
  - Ribosom mitokondria bertanggung jawab untuk sintesis protein yang dibutuhkan oleh mitokondria sendiri. Mereka menerjemahkan mRNA mitokondria untuk menghasilkan protein-protein esensial yang terlibat dalam respirasi seluler dan produksi energi.

 

2. DNA mitokondria:
  - DNA mitokondria menyimpan informasi genetik yang diperlukan untuk sintesis beberapa protein mitokondria, tRNA, dan rRNA. DNA ini diwariskan secara maternal (dari ibu) dan berperan penting dalam fungsi dan replikasi mitokondria.

 

3. Granula:
  - Granula dalam mitokondria berfungsi sebagai tempat penyimpanan ion kalsium dan fosfat. Granula ini juga terlibat dalam regulasi homeostasis ion dalam mitokondria.

 

4. Krista:
  - Krista adalah lipatan-lipatan membran dalam mitokondria yang memperluas permukaan area untuk reaksi-reaksi kimia. Krista mengandung enzim dan kompleks protein yang penting untuk rantai transpor elektron dan sintesis ATP, sehingga memainkan peran kunci dalam produksi energi seluler.

 

5. Ruang intermembran:
  - Ruang intermembran adalah area antara membran dalam dan luar mitokondria. Ini berfungsi sebagai kompartemen untuk penyimpanan ion hidrogen (proton) yang dipompa oleh rantai transpor elektron, menciptakan gradien proton yang penting untuk sintesis ATP melalui kemiosmosis.

 

Semoga ini membantu!


Nanda R

Community

26 Juli 2024 08:47

Jawaban terverifikasi

<p>Berikut adalah fungsi dari berbagai komponen yang terdapat dalam mitokondria:</p><p>1. Ribosom Mitokondria</p><p>Ribosom mitokondria bertanggung jawab untuk mensintesis protein yang diperlukan untuk fungsi mitokondria. Mereka menerjemahkan mRNA yang dikode oleh DNA mitokondria menjadi protein, yang sebagian besar adalah enzim yang terlibat dalam proses respirasi seluler dan produksi energi (ATP).</p><p>2. DNA Mitokondria</p><p>DNA mitokondria mengandung gen-gen yang mengkode beberapa protein esensial untuk fungsi mitokondria, rRNA, dan tRNA. Ini penting karena sebagian besar protein mitokondria dikode oleh DNA inti sel, tetapi beberapa protein vital dikode oleh DNA mitokondria. DNA mitokondria juga memainkan peran dalam pewarisan materi genetik mitokondria dari ibu ke anak.</p><p>3. Granula</p><p>Granula dalam mitokondria adalah tempat penyimpanan kalsium, fosfat, dan ion-ion lainnya. Granula ini membantu dalam regulasi ionik mitokondria, yang penting untuk fungsi-fungsi metabolik dan bioenergetik sel.</p><p>4. Krista</p><p>Krista adalah lipatan dalam membran dalam mitokondria yang memperluas permukaan membran. Fungsi utama dari krista adalah meningkatkan area permukaan untuk proses fosforilasi oksidatif, di mana enzim dan protein kompleks terlibat dalam rantai transpor elektron dan sintesis ATP ditempatkan.</p><p>5. Ruang Intermembran</p><p>Ruang intermembran adalah ruang antara membran dalam dan membran luar mitokondria. Fungsi utamanya adalah tempat akumulasi proton (ion hidrogen) selama proses transpor elektron. Perbedaan konsentrasi proton antara ruang intermembran dan matriks mitokondria menciptakan gradien proton yang digunakan oleh ATP sintase untuk memproduksi ATP melalui proses yang dikenal sebagai kemiosmosis.</p>

Berikut adalah fungsi dari berbagai komponen yang terdapat dalam mitokondria:

1. Ribosom Mitokondria

Ribosom mitokondria bertanggung jawab untuk mensintesis protein yang diperlukan untuk fungsi mitokondria. Mereka menerjemahkan mRNA yang dikode oleh DNA mitokondria menjadi protein, yang sebagian besar adalah enzim yang terlibat dalam proses respirasi seluler dan produksi energi (ATP).

2. DNA Mitokondria

DNA mitokondria mengandung gen-gen yang mengkode beberapa protein esensial untuk fungsi mitokondria, rRNA, dan tRNA. Ini penting karena sebagian besar protein mitokondria dikode oleh DNA inti sel, tetapi beberapa protein vital dikode oleh DNA mitokondria. DNA mitokondria juga memainkan peran dalam pewarisan materi genetik mitokondria dari ibu ke anak.

3. Granula

Granula dalam mitokondria adalah tempat penyimpanan kalsium, fosfat, dan ion-ion lainnya. Granula ini membantu dalam regulasi ionik mitokondria, yang penting untuk fungsi-fungsi metabolik dan bioenergetik sel.

4. Krista

Krista adalah lipatan dalam membran dalam mitokondria yang memperluas permukaan membran. Fungsi utama dari krista adalah meningkatkan area permukaan untuk proses fosforilasi oksidatif, di mana enzim dan protein kompleks terlibat dalam rantai transpor elektron dan sintesis ATP ditempatkan.

5. Ruang Intermembran

Ruang intermembran adalah ruang antara membran dalam dan membran luar mitokondria. Fungsi utamanya adalah tempat akumulasi proton (ion hidrogen) selama proses transpor elektron. Perbedaan konsentrasi proton antara ruang intermembran dan matriks mitokondria menciptakan gradien proton yang digunakan oleh ATP sintase untuk memproduksi ATP melalui proses yang dikenal sebagai kemiosmosis.


Buka akses jawaban yang telah terverifikasi

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

makanan olahan dari singkong singkong merupakan salah satu makanan pokok di Indonesia. singkong banyak digemari masyarakat karena beberapa faktor. diantaranya, harganya yang terjangkau dan mudah ditemukan. hampir di setiap wilayah Indonesia ditemukan tanaman singkong. selain dijadikan sebagai makanan pokok, singkong juga diolah menjadi kue dan makanan tradisional. misalnya, di daerah Jawa Timur dan Jawa Tengah terdapat kue tradisional yang berbahan dari singkong. kue tersebut dikenal dengan nama getuk 6.paragraf pada teks di atas berjumlah..... 7. kalimat utama pada paragraf pertama teks di atas adalah... 8. ide pokok paragraf utama teks di atas adalah.... 9. ide pokok paragraf kedua dari teks di atas adalah.....

9

5.0

Jawaban terverifikasi