Siti N

31 Juli 2024 02:08

Iklan

Siti N

31 Juli 2024 02:08

Pertanyaan

mencari makna lagu Koes plus Nusantara satu dua tiga dan empat kemudian di relevansi bagi kehidupan sekarang

mencari makna lagu Koes plus Nusantara satu dua tiga dan empat kemudian di relevansi bagi kehidupan sekarang

Ikuti Tryout SNBT & Menangkan E-Wallet 100rb

Habis dalam

02

:

16

:

42

:

51

Klaim

10

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Nanda R

Community

31 Juli 2024 21:23

Jawaban terverifikasi

<p>Lagu "Nusantara" oleh Koes Plus adalah salah satu lagu klasik yang dikenal dalam sejarah musik Indonesia. Lagu ini sering kali dianggap sebagai lagu yang menggambarkan kekayaan dan keindahan budaya Indonesia. Berikut adalah makna dari setiap bagian lagu tersebut serta relevansi bagi kehidupan sekarang:</p><p>1. <strong>Makna Lagu "Nusantara"</strong></p><p><strong>Lirik Lagu "Nusantara"</strong>:</p><p>Copy code</p><p>Nusantara Nusantara tanah pusaka Nusantara Pusaka bangsa kita Indonesia tanah yang besar Tanah yang subur makmur Tempat berteduh Di bawah langit Pusaka bangsa Nusantara tanah pusaka Nusantara Pusaka bangsa kita Merdeka Merdeka bangsa Indonesia Merdeka Satu bangsa Satu tanah air Satu bahasa Kita semua</p><p><strong>Makna</strong>:</p><ul><li><strong>Nusantara</strong>: Merujuk pada seluruh wilayah kepulauan Indonesia, mencakup berbagai pulau dan budaya yang ada di negara tersebut.</li><li><strong>Tanah Pusaka</strong>: Menyiratkan bahwa Nusantara adalah tanah warisan yang berharga dari nenek moyang.</li><li><strong>Satu Bangsa, Satu Tanah Air, Satu Bahasa</strong>: Menggambarkan semangat persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia, yang terdiri dari berbagai suku dan bahasa namun memiliki satu identitas nasional.</li></ul><p>2. <strong>Relevansi bagi Kehidupan Sekarang</strong></p><p><strong>Persatuan dan Kesatuan</strong>: Di tengah keberagaman budaya dan suku bangsa di Indonesia, pesan lagu ini tentang pentingnya persatuan dan kesatuan sangat relevan. Dalam konteks globalisasi dan perubahan sosial, menjaga persatuan dalam keberagaman adalah kunci untuk stabilitas dan keharmonisan sosial.</p><p><strong>Kebanggaan Nasional</strong>: Lagu ini mengingatkan kita tentang pentingnya mencintai dan menjaga tanah air serta kebudayaan kita. Dalam era modern di mana banyak informasi dari luar negeri mempengaruhi kehidupan sehari-hari, menjaga kebanggaan terhadap budaya dan identitas nasional tetap penting.</p><p><strong>Kesadaran akan Warisan Budaya</strong>: Lagu ini menekankan nilai-nilai warisan budaya dan tanah pusaka. Di zaman sekarang, di mana globalisasi dapat membuat budaya lokal terabaikan, penting untuk tetap menghargai dan melestarikan warisan budaya serta sejarah bangsa.</p><p><strong>Semangat Kemerdekaan</strong>: Pesan tentang kemerdekaan dalam lirik lagu ini mendorong semangat kebanggaan dan perjuangan untuk menjaga kedaulatan dan hak sebagai bangsa yang merdeka. Ini relevan dalam konteks mempertahankan nilai-nilai demokrasi dan hak asasi manusia.</p>

Lagu "Nusantara" oleh Koes Plus adalah salah satu lagu klasik yang dikenal dalam sejarah musik Indonesia. Lagu ini sering kali dianggap sebagai lagu yang menggambarkan kekayaan dan keindahan budaya Indonesia. Berikut adalah makna dari setiap bagian lagu tersebut serta relevansi bagi kehidupan sekarang:

1. Makna Lagu "Nusantara"

Lirik Lagu "Nusantara":

Copy code

Nusantara Nusantara tanah pusaka Nusantara Pusaka bangsa kita Indonesia tanah yang besar Tanah yang subur makmur Tempat berteduh Di bawah langit Pusaka bangsa Nusantara tanah pusaka Nusantara Pusaka bangsa kita Merdeka Merdeka bangsa Indonesia Merdeka Satu bangsa Satu tanah air Satu bahasa Kita semua

Makna:

  • Nusantara: Merujuk pada seluruh wilayah kepulauan Indonesia, mencakup berbagai pulau dan budaya yang ada di negara tersebut.
  • Tanah Pusaka: Menyiratkan bahwa Nusantara adalah tanah warisan yang berharga dari nenek moyang.
  • Satu Bangsa, Satu Tanah Air, Satu Bahasa: Menggambarkan semangat persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia, yang terdiri dari berbagai suku dan bahasa namun memiliki satu identitas nasional.

2. Relevansi bagi Kehidupan Sekarang

Persatuan dan Kesatuan: Di tengah keberagaman budaya dan suku bangsa di Indonesia, pesan lagu ini tentang pentingnya persatuan dan kesatuan sangat relevan. Dalam konteks globalisasi dan perubahan sosial, menjaga persatuan dalam keberagaman adalah kunci untuk stabilitas dan keharmonisan sosial.

Kebanggaan Nasional: Lagu ini mengingatkan kita tentang pentingnya mencintai dan menjaga tanah air serta kebudayaan kita. Dalam era modern di mana banyak informasi dari luar negeri mempengaruhi kehidupan sehari-hari, menjaga kebanggaan terhadap budaya dan identitas nasional tetap penting.

Kesadaran akan Warisan Budaya: Lagu ini menekankan nilai-nilai warisan budaya dan tanah pusaka. Di zaman sekarang, di mana globalisasi dapat membuat budaya lokal terabaikan, penting untuk tetap menghargai dan melestarikan warisan budaya serta sejarah bangsa.

Semangat Kemerdekaan: Pesan tentang kemerdekaan dalam lirik lagu ini mendorong semangat kebanggaan dan perjuangan untuk menjaga kedaulatan dan hak sebagai bangsa yang merdeka. Ini relevan dalam konteks mempertahankan nilai-nilai demokrasi dan hak asasi manusia.


Iklan

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Sumber lisan merupakan keterangan langsung dari orang-orang yang mengalami p sejarah. Selain diperoleh dari orang-orang yang mengalami persitiwa secara la sumber lisan juga dapat diperoleh dari orang-orang yang mengetahui suatu peristiw secara rinci. Dengan kata lain sumber sejarah lisan dapat digunakan untuk sumba dan sekunder. Bagaimana cara mendapatkan sumber sejarah secara lisan denga tepat? Sumber sejarah merupakan segala sesuatu yang mengandung informasi tenta peristiwa sejarah. Informasi yang dijadikan sumber sejarah harus berasal dari aktivi pada masa lampau. Sumber sejarah berfungsi sebagai sarana penyampaian inform ristiwa sejarah di masa lampau. Bagaimana cara membuktikan keaslian suatu sumber sejarah? Sumber sejarah berdasarkan bentuknya dibagi menjadi tiga, yaitu sumber tertulis, sumber lisan, dan sumber benda. Sumber tertulis merupakan sumber sejarah yang memberikan informasi melalui tulisan. Sumber lisan merupakan sumber sejarah yang disampaikan secara lisan oleh orang yang menyaksikan, mendengar, atau mengalami langsung suatu peristiwa sejarah. Sumber benda merupakan sumber sejarah yang diperoleh dari benda-benda peninggalan sejarah. Mengapa sumber sejarah sangat penting dalam sejarah? Sumber sejarah lisan sangat bermanfaat agar sejarah dapat terus diingat oleh masyarakat sebagai bagian dari identitas dari sebuah negara. Sumber sejarah lisan dapat berupa keterangan langsung dari pelaku, tradisi lisan yang berkembang di masyarakat, dan topomini. Mengapa sumber lisan memiliki keterbatasan dibandingkan sumber tertulis? Kritik sumber sering juga disebut proses verifikasi. Sering dilakukan peneliti untuk menguji keabsahan serta keaslian suatu dokumen atau sumber sejarah. Kritik sumber merupakan salah satu tahapan dalam penelitian sejarah. Apa yang dimaksud kritik sumber?

16

0.0

Jawaban terverifikasi

Teks 1 Salah Kelas Pagi itu, Joni nampak bahagia sekali. Di meja makan, ibunya bertanya kepada Joni. "Jon, Ibu perhatikan dari tadi kamu senyum-senyum sendiri?" "Anu, Bu, semalam ibu wali kelas membagikan jadwal tatap muka terbatas. Senang rasanya karena besok aku bisa bertemu teman-teman. Belajar daring di rumah membosankan, Bu. Apalagi kalau zoom meeting Matematika." "Memangnya kenapa kalau Matematika, Jon?" Ibu bertanya kembali. "Gurunya galak, Bu, materinya juga susah, wong diajarkan di kelas saja masih susah pahamnya, apalagi daring," jawab Joni. "Oh, begitu," Ibu menimpali. "Ya sudah, Bu. Joni pamit, ya." Joni langsung pergi sambil mencium tangan ibunya. Sekolah sudah nampak ramai. Joni berjalan sambil sesekali melihat jadwal mapel yang dibagikan wali kelasnya. Lalu, dia segera masuk kelas dan ternyata sudah ada guru di dalam kelas. "Selamat pagi, Pak. Maaf, saya terlambat." "Selamat pagi juga, Nak, silakan duduk," sahut Pak Guru. Joni langsung mencari kursi dan duduk tanpa melihat kanan kiri. Saat mengeluarkan buku catatan, Joni mengedarkan pandangannya dan langsung kaget. Semua seperti asing. Dia seperti tidak mengenali teman sekelasnya, apalagi semuanya memakai masker. Dia berusaha meyakinkan diri sendiri bahwa mereka adalah teman kelasnya. Tidak berapa lama, Joni kaget ketika melihat ke papan tulis Pak Guru sedang menjelaskan soal Matematika, padahal seingatnya jadwal pagi itu adalah Bahasa Indonesia. "Astaga, ini kan kelasku satu tahun yang lalu, ini kan kelas satu. Sekarang kan aku sudah naik kelas dua." Keringat dingin keluar di wajah Joni, lalu dia memberanikan diri menemui Pak Guru. "Maaf, Pak, karena sudah satu tahun daring, saya lupa kalau sekarang saya sudah kelas dua. Saya salah masuk kelas, Pak." Semua peserta didik pun tertawa. Dengan wajah malu, Joni keluar kelas. Teks 2 PKH Pada suatu hari, dua orang ibu rumah tangga sedang berbincang-bincang di depan rumah. Mereka sedang asyik membahas tentang bantuan pemerintah yang dinamakan PKH. Bu Tuti : Mar, aku semakin heran dengan pemerintah sekarang. Bu Marni Loh, kenapa, Bu? Ada masalah? (penasaran) Bu Tuti : Ya jelas ada. Kalau enggak ada, buat apa saya repot-repot membahas masalah ini? Bu Marni: Oalah, Bu, sempat-sempatnya memikirkan pemerintah, memangnya pemerintah memikirkan nasib kita? Bu Tuti : Jangan salah. Tuh, lihat tetangga sebelah kita. Dia dapat bantuan dari pemerintah. Setiap bulan, dia rutin mengambil sembako di warung dekat balai desa sana. Bu Marni Masa? Enggak salah, sampeyan, Bu? Dia, kan, lumayan mampu. Lihat saja, kulkas ada, mesin cuci punya, motor dua, kalau pergi perhiasannya selalu menempel di tangannya. Benar enggak salah, Bu? (sedikit tidak percaya) Bu Tuti : Nah, itu yang membuat saya bingung. Kenapa dia dapat bantuan? Padahal, kalau dipikir, dia tergolong keluarga mampu. Coba kita bandingkan dengan tetangga kita yang lain. Ada yang jauh lebih berhak mendapatkan bantuan itu sebenarnya. Bu Marni : Iya betul Bu. Ngomong-ngomong, bantuan apa yang bisa dia dapat, Bu? Bu Tuti Bu Marni: Masa kamu enggak tahu? Itu, loh, bantuan PKH. Oh, yang rumahnya ditempeli stiker "Keluarga Miskin" itu, to? Bu Tuti Nah, itu kamu tahu, Mar. (mengacungkan jempol kepada Bu Marni) Bu Marni Bu Tuti Ya tahu lah, Bu. Apa, sih, yang tidak saya ketahui? Mar, PKH itu apa, to? (penasaran) Bu Marni Program Keluarga Harapan. Bu Tuti : Harapan apa? Bu Marni Harapan biar dikasih sembako tiap bulan, ha...ha...ha... Bu Tuti : Ngawur kamu, Mar. Tulislah persamaan dan perbedaan kedua teks tersebut

18

0.0

Jawaban terverifikasi

1.Pancasila adalah fondasi sekaligus pedoman dalam penyelenggaraan negara Indonesia. Dengan demikian Pancasila berfungsi sebagai.... a. dasar negara b. idelogi negara c. pandangan hidup bangsa d. cita-cita nasional 2.Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) dibentuk oleh pemerintah pendudukan Jepang pada tanggal 1 Maret 1945 bertepatan dengan hari ulang tahun Kaisar Hirohito. Wakil ketua BPUPKI ketika itu dijabat oleh .... a. Ir. Soekarno dan Mr. Soepomo b. K.R.T Radjiman Wediodiningrat c. Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta d. Ichibangase Yosio dan Radern Pandji Soeroso 3.Ir. Soekarno mengemukakan gagasannya tentang dasar negara pada tanggal .... a. 4 Juni 1945 b. 3 Juni 1945 c. 2 Juni 1945 d. 1 Juni 1945 4."Negara Indonesia adalah negara kesatuan yang berbentuk republik". Pernyataan tersebut tercantum di dalam UUD 1945 .... a. Pasal 1 Ayat 1 b. Pasal 1 Ayat 2 c. Pasal 1 Ayat 3 d. Pasal 18 5.Pemilu pada 15 Desember 1955 dilaksanakan untuk memilih anggota.... a.MPRS b.KNIP c.DPR d.konstitusi 6.Pemilihan umum (pemilu) merupakan proses memilih orang untuk mengisi jabatan-jabatan politik tertentu mulai dari presiden, wakil rakyat dari tingkat pusat sampai daerah. Di Indonesia pemilu dilaksanakan tiap .... a. 3 tahun sekali b. 4 tahun sekali c. 5 tahun sekali d. 6 tahun sekali 7.Pemilu merupakan salah satu syarat terbentuknya pemerintahan yang .... a. bersih b. terbuka c. transparan d. demokratis 8.Perhatikan pernyataan di bawah ini ! (1) Memperlakukan peserta pemilu secara adil dan setara (2) Menyuarakan pemilu (3) Menyampaikan informasi kegiatan pemilu kepada masyarakat (4) Melaporkan penyelenggaraan pemilu Pernyataan-pernyataan di atas merupakan tugas .... a. KPU b. rakyat c. presiden d. PPS 9.Pemilu tahun 2004 dibagi menjadi tiga tahap. Tahap pertama pemilu tersebut adalah untuk memilih .... a. anggota DPR dan DPRD b. anggota KPU c. persaingan calon presiden dan wakil presiden d. partai politik 10.Indonesia merupakan negara demokrasi yang menerapkan teori trias politika, yaitu eksekutif legislatif, dan yudikatif. Pemegang kekuasaan legislatif pada tingkat pemerintah desa ialah .... a. BPD b. kepala desa c. Sekretaris desa d. perangkat desa 11.Munurut UUD 1945, BPK merupakan lembaga yang bebas dan mandiri. Anggota BPK dipilih oleh Dewan Perwakilan Rakyat dengan Memperhatikan pertimbangan Dewan Perwakilan Daerah, dan diresmikan oleh .... a. presiden b. DPR c. MPR d. MK 12.Perhatikan pernyataan berikut ini ! (1) Perlindungan konstitusional (2) Kebebasan menyatakan pendapat (3) Kebebasan untuk berserikat (4) Jaminan hak asasi manusia (5) Badan peradilan dikendalikan pemerintah Prinsip-prinsip demokrasi ditunjukkan oleh nomor .... a. (1), (2), (3), (4), dan (5) b. (1), (2), (3), dan (4) c. (1), (2), dan (3) d. (1), dan (2) 13.Tiap negara memiliki sistem untuk menjalankan kehidupan pemerintahannya. Sistem tersebut adalah sistem pemerintahan. Ada beberapa macam sistem pemerintahan si dunia ini. Saat ini, Indonesia menganut sistem pemerintahan .... a. sosialisasi b. komunis c. Presidensial d. parlementer 14.Dalam penyelenggaraan urusan pemerintahan, khusus nya pemerintahan daerah, sangat berhubungan erat dengan beberapa asas dalam pemerintahan suatu negara. Asas-asas yang dimaksud adalah .... a. desentralisasi, dekonsentrasi, dan tugas pembantuan b. desentralisasi, konsentrasi, dan tugas pembantuan c. desentralisasi, dekonsentrasi, dan tugas utama d. desentralisasi, dekonsentrasi, dan sentralisasi 15.Bacalah pernyataan-pernyataan berikut ini ! (1) Melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia (2) Memajukan kesejahteraan umum (3) Mencerdaskan kehidupan bangsa (4) Menciptakan masyarakat yang jujur dan adil (5) Ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial. Tujuan nasional bangsa Indonesia tercantum pada nomor .... a. (1), (2), (3), (4), dan (5) b. (1), (2), (3), dan (4) c. (1), (2), (3), dan (5) d. (1), (2), dan (3) 16.Anggota komisi Yudisial di angkat diberhentikan oleh .... a. presiden dan para menteri b. presiden dengan persetujuan DPR RI c. DPR RI dan MPR d. Mahkamah Agung 17.Lembaga tinggi negeri ini menurut UUD 45 sebelum diamandemen memiliki fungsi memberi masukan atau pertimbangan kepada presiden. Lembaga tinggi negara ini juga berkewajiban memberi jawaban atas pertanyaan presiden dan berhak mengajukan usul kepada pemerintah. Namun sekarang, lembaga tinggi negara ini sudah dihapuskan. Lembaga yang dimaksudkan adalah .... a. Dewan Pertimbangan Daerah b. Dewan Pertimbangan Agung c. Mahkamah Konstitusi d. Mahkamah Agung 18.Memantau dan mengevaluasi penyelenggaraan pemerintahan kabupaten dan atau kota bagi kepala daerah atau provinsi. Pernyataan ini merupakan tugas dan wewenang .... a. presiden b. kepala daerah c. wakil presiden d. wakil kepala daerah 19.Fungsi anggaran yang dijalankan oleh DPR ditunjukkan oleh .... a. Kekuasaan dalam membentuk UU b. mengesahkan rancangan APBN yang telah diajukan oleh presiden c. mengawasi jalannya pemerintahan d. menindak pelaku kejahatan 20.Basis daerah pemilihan anggota DPD adalah provinsi. Tiap provinsi diwakili oleh perwakilan DPD, yang terdiri dari .... a. 2 anggota b. 3 anggota c. 5 anggota d. 4 anggota

20

5.0

Jawaban terverifikasi