Umi H

02 Agustus 2024 16:03

Iklan

Umi H

02 Agustus 2024 16:03

Pertanyaan

membuat laporan praktikum biologi tentang pertumbuhan dan perkecambahan kacang hijau mencari dasar teori nya ?

membuat laporan praktikum biologi tentang pertumbuhan dan perkecambahan kacang hijau mencari dasar teori nya ?

Ikuti Tryout SNBT & Menangkan E-Wallet 100rb

Habis dalam

02

:

02

:

47

:

41

Klaim

3

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Nanda R

Community

03 Agustus 2024 00:38

Jawaban terverifikasi

<p>&nbsp;</p><p>Berikut adalah contoh laporan praktikum biologi tentang pertumbuhan dan perkecambahan kacang hijau, termasuk dasar teori yang relevan:</p><h2>Laporan Praktikum Biologi</h2><p>Pertumbuhan dan Perkecambahan Kacang Hijau</p><p>1. Judul Praktikum</p><p>Pertumbuhan dan Perkecambahan Kacang Hijau</p><p>2. Tujuan Praktikum</p><p>Mengamati proses perkecambahan kacang hijau dan faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan tanaman kacang hijau.</p><p>3. Dasar Teori</p><p>Perkecambahan adalah proses dimana bi-ji yang dormant (istirahat) mulai tumbuh menjadi tanaman baru. Proses ini melibatkan beberapa tahapan penting, yaitu imbibisi, aktivasi enzim, dan perkembangan embrio. Ada dua tipe perkecambahan yaitu epigeal (kotiledon muncul ke permukaan tanah) dan hipogeal (kotiledon tetap berada di bawah permukaan tanah). Kacang hijau (Vigna radiata) mengalami perkecambahan tipe epigeal.</p><p><strong>Tahapan Perkecambahan:</strong></p><ol><li><strong>Imbibisi</strong>: Bi-ji menyerap air, mengakibatkan bi-ji mengembang dan kulit bi-ji retak.</li><li><strong>Aktivasi Enzim</strong>: Air yang terserap mengaktifkan enzim-enzim yang memecah cadangan makanan dalam bi-ji menjadi bentuk yang dapat digunakan oleh embrio.</li><li><strong>Perkembangan Embrio</strong>: Akar embrio (radikula) pertama kali muncul dan mulai tumbuh ke bawah mencari air dan nutrisi, diikuti oleh plumula yang tumbuh ke atas menuju cahaya.</li></ol><p><strong>Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perkecambahan:</strong></p><ol><li><strong>Air</strong>: Diperlukan untuk imbibisi dan aktivasi enzim.</li><li><strong>Oksigen</strong>: Diperlukan untuk respirasi selular yang menyediakan energi untuk pertumbuhan embrio.</li><li><strong>Suhu</strong>: Suhu optimal diperlukan untuk aktivitas enzimatik dan metabolisme.</li><li><strong>Cahaya</strong>: Beberapa bi-ji membutuhkan cahaya untuk berkecambah, sementara yang lain tidak.</li></ol><p>4. Alat dan Bahan</p><ul><li>Bi-ji kacang hijau</li><li>Kapas atau kertas tisu</li><li>Wadah (misalnya piring atau tray)</li><li>Air</li><li>Alat ukur (misalnya penggaris)</li><li>Lampu (jika diperlukan untuk percobaan dengan cahaya)</li></ul><p>5. Prosedur</p><ol><li>Siapkan wadah dan lapisi dengan kapas atau kertas tisu yang sudah dibasahi.</li><li>Sebar bi-ji kacang hijau di atas kapas atau tisu basah.</li><li>Letakkan wadah di tempat yang mendapatkan cahaya cukup dan suhu yang sesuai.</li><li>Amati setiap hari dan tambahkan air jika kapas atau tisu mulai kering.</li><li>Catat perkembangan bi-ji kacang hijau setiap hari, termasuk panjang akar dan tunas.</li></ol><p>6. Hasil Pengamatan</p><p>Berikan tabel atau grafik yang menunjukkan hasil pengamatan setiap hari, termasuk perubahan panjang akar dan tunas.</p><p>7. Pembahasan</p><p>Diskusikan hasil pengamatan, bagaimana faktor-faktor seperti air, cahaya, dan suhu mempengaruhi pertumbuhan dan perkecambahan kacang hijau. Bandingkan dengan teori yang ada dan jelaskan setiap perbedaan yang mungkin timbul.</p><p>8. Kesimpulan</p><p>Simpulkan hasil dari praktikum, apakah tujuan praktikum tercapai, dan bagaimana faktor-faktor yang diuji mempengaruhi perkecambahan kacang hijau.</p><p>9. Daftar Pustaka</p><p>Cantumkan sumber-sumber teori dan referensi yang digunakan dalam penyusunan laporan ini.</p><p><strong>Dasar Teori Referensi:</strong></p><ol><li>Taiz, L., &amp; Zeiger, E. (2010). <i>Plant Physiology</i> (5th ed.). Sinauer Associates.</li><li>Salisbury, F. B., &amp; Ross, C. W. (1992). <i>Plant Physiology</i> (4th ed.). Wadsworth Publishing Company.</li><li>Hopkins, W. G., &amp; Hüner, N. P. A. (2009). <i>Introduction to Plant Physiology</i> (4th ed.). Wiley.</li></ol><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>4o</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p>

 

Berikut adalah contoh laporan praktikum biologi tentang pertumbuhan dan perkecambahan kacang hijau, termasuk dasar teori yang relevan:

Laporan Praktikum Biologi

Pertumbuhan dan Perkecambahan Kacang Hijau

1. Judul Praktikum

Pertumbuhan dan Perkecambahan Kacang Hijau

2. Tujuan Praktikum

Mengamati proses perkecambahan kacang hijau dan faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan tanaman kacang hijau.

3. Dasar Teori

Perkecambahan adalah proses dimana bi-ji yang dormant (istirahat) mulai tumbuh menjadi tanaman baru. Proses ini melibatkan beberapa tahapan penting, yaitu imbibisi, aktivasi enzim, dan perkembangan embrio. Ada dua tipe perkecambahan yaitu epigeal (kotiledon muncul ke permukaan tanah) dan hipogeal (kotiledon tetap berada di bawah permukaan tanah). Kacang hijau (Vigna radiata) mengalami perkecambahan tipe epigeal.

Tahapan Perkecambahan:

  1. Imbibisi: Bi-ji menyerap air, mengakibatkan bi-ji mengembang dan kulit bi-ji retak.
  2. Aktivasi Enzim: Air yang terserap mengaktifkan enzim-enzim yang memecah cadangan makanan dalam bi-ji menjadi bentuk yang dapat digunakan oleh embrio.
  3. Perkembangan Embrio: Akar embrio (radikula) pertama kali muncul dan mulai tumbuh ke bawah mencari air dan nutrisi, diikuti oleh plumula yang tumbuh ke atas menuju cahaya.

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perkecambahan:

  1. Air: Diperlukan untuk imbibisi dan aktivasi enzim.
  2. Oksigen: Diperlukan untuk respirasi selular yang menyediakan energi untuk pertumbuhan embrio.
  3. Suhu: Suhu optimal diperlukan untuk aktivitas enzimatik dan metabolisme.
  4. Cahaya: Beberapa bi-ji membutuhkan cahaya untuk berkecambah, sementara yang lain tidak.

4. Alat dan Bahan

  • Bi-ji kacang hijau
  • Kapas atau kertas tisu
  • Wadah (misalnya piring atau tray)
  • Air
  • Alat ukur (misalnya penggaris)
  • Lampu (jika diperlukan untuk percobaan dengan cahaya)

5. Prosedur

  1. Siapkan wadah dan lapisi dengan kapas atau kertas tisu yang sudah dibasahi.
  2. Sebar bi-ji kacang hijau di atas kapas atau tisu basah.
  3. Letakkan wadah di tempat yang mendapatkan cahaya cukup dan suhu yang sesuai.
  4. Amati setiap hari dan tambahkan air jika kapas atau tisu mulai kering.
  5. Catat perkembangan bi-ji kacang hijau setiap hari, termasuk panjang akar dan tunas.

6. Hasil Pengamatan

Berikan tabel atau grafik yang menunjukkan hasil pengamatan setiap hari, termasuk perubahan panjang akar dan tunas.

7. Pembahasan

Diskusikan hasil pengamatan, bagaimana faktor-faktor seperti air, cahaya, dan suhu mempengaruhi pertumbuhan dan perkecambahan kacang hijau. Bandingkan dengan teori yang ada dan jelaskan setiap perbedaan yang mungkin timbul.

8. Kesimpulan

Simpulkan hasil dari praktikum, apakah tujuan praktikum tercapai, dan bagaimana faktor-faktor yang diuji mempengaruhi perkecambahan kacang hijau.

9. Daftar Pustaka

Cantumkan sumber-sumber teori dan referensi yang digunakan dalam penyusunan laporan ini.

Dasar Teori Referensi:

  1. Taiz, L., & Zeiger, E. (2010). Plant Physiology (5th ed.). Sinauer Associates.
  2. Salisbury, F. B., & Ross, C. W. (1992). Plant Physiology (4th ed.). Wadsworth Publishing Company.
  3. Hopkins, W. G., & Hüner, N. P. A. (2009). Introduction to Plant Physiology (4th ed.). Wiley.

 

 

4o

 

 


Iklan

Riezkia T

03 Agustus 2024 00:44

Jawaban terverifikasi

<p>Dasar teori terkait kacang hijau bisa dicari melalui jurnal-jurnal ilmiah. Anda bisa dengan website spt pada gambar berikut</p>

Dasar teori terkait kacang hijau bisa dicari melalui jurnal-jurnal ilmiah. Anda bisa dengan website spt pada gambar berikut

alt
alt

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke AiRIS

Yuk, cobain chat dan belajar bareng AiRIS, teman pintarmu!

Chat AiRIS

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Teks 1 Salah Kelas Pagi itu, Joni nampak bahagia sekali. Di meja makan, ibunya bertanya kepada Joni. "Jon, Ibu perhatikan dari tadi kamu senyum-senyum sendiri?" "Anu, Bu, semalam ibu wali kelas membagikan jadwal tatap muka terbatas. Senang rasanya karena besok aku bisa bertemu teman-teman. Belajar daring di rumah membosankan, Bu. Apalagi kalau zoom meeting Matematika." "Memangnya kenapa kalau Matematika, Jon?" Ibu bertanya kembali. "Gurunya galak, Bu, materinya juga susah, wong diajarkan di kelas saja masih susah pahamnya, apalagi daring," jawab Joni. "Oh, begitu," Ibu menimpali. "Ya sudah, Bu. Joni pamit, ya." Joni langsung pergi sambil mencium tangan ibunya. Sekolah sudah nampak ramai. Joni berjalan sambil sesekali melihat jadwal mapel yang dibagikan wali kelasnya. Lalu, dia segera masuk kelas dan ternyata sudah ada guru di dalam kelas. "Selamat pagi, Pak. Maaf, saya terlambat." "Selamat pagi juga, Nak, silakan duduk," sahut Pak Guru. Joni langsung mencari kursi dan duduk tanpa melihat kanan kiri. Saat mengeluarkan buku catatan, Joni mengedarkan pandangannya dan langsung kaget. Semua seperti asing. Dia seperti tidak mengenali teman sekelasnya, apalagi semuanya memakai masker. Dia berusaha meyakinkan diri sendiri bahwa mereka adalah teman kelasnya. Tidak berapa lama, Joni kaget ketika melihat ke papan tulis Pak Guru sedang menjelaskan soal Matematika, padahal seingatnya jadwal pagi itu adalah Bahasa Indonesia. "Astaga, ini kan kelasku satu tahun yang lalu, ini kan kelas satu. Sekarang kan aku sudah naik kelas dua." Keringat dingin keluar di wajah Joni, lalu dia memberanikan diri menemui Pak Guru. "Maaf, Pak, karena sudah satu tahun daring, saya lupa kalau sekarang saya sudah kelas dua. Saya salah masuk kelas, Pak." Semua peserta didik pun tertawa. Dengan wajah malu, Joni keluar kelas. Teks 2 PKH Pada suatu hari, dua orang ibu rumah tangga sedang berbincang-bincang di depan rumah. Mereka sedang asyik membahas tentang bantuan pemerintah yang dinamakan PKH. Bu Tuti : Mar, aku semakin heran dengan pemerintah sekarang. Bu Marni Loh, kenapa, Bu? Ada masalah? (penasaran) Bu Tuti : Ya jelas ada. Kalau enggak ada, buat apa saya repot-repot membahas masalah ini? Bu Marni: Oalah, Bu, sempat-sempatnya memikirkan pemerintah, memangnya pemerintah memikirkan nasib kita? Bu Tuti : Jangan salah. Tuh, lihat tetangga sebelah kita. Dia dapat bantuan dari pemerintah. Setiap bulan, dia rutin mengambil sembako di warung dekat balai desa sana. Bu Marni Masa? Enggak salah, sampeyan, Bu? Dia, kan, lumayan mampu. Lihat saja, kulkas ada, mesin cuci punya, motor dua, kalau pergi perhiasannya selalu menempel di tangannya. Benar enggak salah, Bu? (sedikit tidak percaya) Bu Tuti : Nah, itu yang membuat saya bingung. Kenapa dia dapat bantuan? Padahal, kalau dipikir, dia tergolong keluarga mampu. Coba kita bandingkan dengan tetangga kita yang lain. Ada yang jauh lebih berhak mendapatkan bantuan itu sebenarnya. Bu Marni : Iya betul Bu. Ngomong-ngomong, bantuan apa yang bisa dia dapat, Bu? Bu Tuti Bu Marni: Masa kamu enggak tahu? Itu, loh, bantuan PKH. Oh, yang rumahnya ditempeli stiker "Keluarga Miskin" itu, to? Bu Tuti Nah, itu kamu tahu, Mar. (mengacungkan jempol kepada Bu Marni) Bu Marni Bu Tuti Ya tahu lah, Bu. Apa, sih, yang tidak saya ketahui? Mar, PKH itu apa, to? (penasaran) Bu Marni Program Keluarga Harapan. Bu Tuti : Harapan apa? Bu Marni Harapan biar dikasih sembako tiap bulan, ha...ha...ha... Bu Tuti : Ngawur kamu, Mar. Tulislah persamaan dan perbedaan kedua teks tersebut

8

3.7

Jawaban terverifikasi

1.Pancasila adalah fondasi sekaligus pedoman dalam penyelenggaraan negara Indonesia. Dengan demikian Pancasila berfungsi sebagai.... a. dasar negara b. idelogi negara c. pandangan hidup bangsa d. cita-cita nasional 2.Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) dibentuk oleh pemerintah pendudukan Jepang pada tanggal 1 Maret 1945 bertepatan dengan hari ulang tahun Kaisar Hirohito. Wakil ketua BPUPKI ketika itu dijabat oleh .... a. Ir. Soekarno dan Mr. Soepomo b. K.R.T Radjiman Wediodiningrat c. Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta d. Ichibangase Yosio dan Radern Pandji Soeroso 3.Ir. Soekarno mengemukakan gagasannya tentang dasar negara pada tanggal .... a. 4 Juni 1945 b. 3 Juni 1945 c. 2 Juni 1945 d. 1 Juni 1945 4."Negara Indonesia adalah negara kesatuan yang berbentuk republik". Pernyataan tersebut tercantum di dalam UUD 1945 .... a. Pasal 1 Ayat 1 b. Pasal 1 Ayat 2 c. Pasal 1 Ayat 3 d. Pasal 18 5.Pemilu pada 15 Desember 1955 dilaksanakan untuk memilih anggota.... a.MPRS b.KNIP c.DPR d.konstitusi 6.Pemilihan umum (pemilu) merupakan proses memilih orang untuk mengisi jabatan-jabatan politik tertentu mulai dari presiden, wakil rakyat dari tingkat pusat sampai daerah. Di Indonesia pemilu dilaksanakan tiap .... a. 3 tahun sekali b. 4 tahun sekali c. 5 tahun sekali d. 6 tahun sekali 7.Pemilu merupakan salah satu syarat terbentuknya pemerintahan yang .... a. bersih b. terbuka c. transparan d. demokratis 8.Perhatikan pernyataan di bawah ini ! (1) Memperlakukan peserta pemilu secara adil dan setara (2) Menyuarakan pemilu (3) Menyampaikan informasi kegiatan pemilu kepada masyarakat (4) Melaporkan penyelenggaraan pemilu Pernyataan-pernyataan di atas merupakan tugas .... a. KPU b. rakyat c. presiden d. PPS 9.Pemilu tahun 2004 dibagi menjadi tiga tahap. Tahap pertama pemilu tersebut adalah untuk memilih .... a. anggota DPR dan DPRD b. anggota KPU c. persaingan calon presiden dan wakil presiden d. partai politik 10.Indonesia merupakan negara demokrasi yang menerapkan teori trias politika, yaitu eksekutif legislatif, dan yudikatif. Pemegang kekuasaan legislatif pada tingkat pemerintah desa ialah .... a. BPD b. kepala desa c. Sekretaris desa d. perangkat desa 11.Munurut UUD 1945, BPK merupakan lembaga yang bebas dan mandiri. Anggota BPK dipilih oleh Dewan Perwakilan Rakyat dengan Memperhatikan pertimbangan Dewan Perwakilan Daerah, dan diresmikan oleh .... a. presiden b. DPR c. MPR d. MK 12.Perhatikan pernyataan berikut ini ! (1) Perlindungan konstitusional (2) Kebebasan menyatakan pendapat (3) Kebebasan untuk berserikat (4) Jaminan hak asasi manusia (5) Badan peradilan dikendalikan pemerintah Prinsip-prinsip demokrasi ditunjukkan oleh nomor .... a. (1), (2), (3), (4), dan (5) b. (1), (2), (3), dan (4) c. (1), (2), dan (3) d. (1), dan (2) 13.Tiap negara memiliki sistem untuk menjalankan kehidupan pemerintahannya. Sistem tersebut adalah sistem pemerintahan. Ada beberapa macam sistem pemerintahan si dunia ini. Saat ini, Indonesia menganut sistem pemerintahan .... a. sosialisasi b. komunis c. Presidensial d. parlementer 14.Dalam penyelenggaraan urusan pemerintahan, khusus nya pemerintahan daerah, sangat berhubungan erat dengan beberapa asas dalam pemerintahan suatu negara. Asas-asas yang dimaksud adalah .... a. desentralisasi, dekonsentrasi, dan tugas pembantuan b. desentralisasi, konsentrasi, dan tugas pembantuan c. desentralisasi, dekonsentrasi, dan tugas utama d. desentralisasi, dekonsentrasi, dan sentralisasi 15.Bacalah pernyataan-pernyataan berikut ini ! (1) Melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia (2) Memajukan kesejahteraan umum (3) Mencerdaskan kehidupan bangsa (4) Menciptakan masyarakat yang jujur dan adil (5) Ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial. Tujuan nasional bangsa Indonesia tercantum pada nomor .... a. (1), (2), (3), (4), dan (5) b. (1), (2), (3), dan (4) c. (1), (2), (3), dan (5) d. (1), (2), dan (3) 16.Anggota komisi Yudisial di angkat diberhentikan oleh .... a. presiden dan para menteri b. presiden dengan persetujuan DPR RI c. DPR RI dan MPR d. Mahkamah Agung 17.Lembaga tinggi negeri ini menurut UUD 45 sebelum diamandemen memiliki fungsi memberi masukan atau pertimbangan kepada presiden. Lembaga tinggi negara ini juga berkewajiban memberi jawaban atas pertanyaan presiden dan berhak mengajukan usul kepada pemerintah. Namun sekarang, lembaga tinggi negara ini sudah dihapuskan. Lembaga yang dimaksudkan adalah .... a. Dewan Pertimbangan Daerah b. Dewan Pertimbangan Agung c. Mahkamah Konstitusi d. Mahkamah Agung 18.Memantau dan mengevaluasi penyelenggaraan pemerintahan kabupaten dan atau kota bagi kepala daerah atau provinsi. Pernyataan ini merupakan tugas dan wewenang .... a. presiden b. kepala daerah c. wakil presiden d. wakil kepala daerah 19.Fungsi anggaran yang dijalankan oleh DPR ditunjukkan oleh .... a. Kekuasaan dalam membentuk UU b. mengesahkan rancangan APBN yang telah diajukan oleh presiden c. mengawasi jalannya pemerintahan d. menindak pelaku kejahatan 20.Basis daerah pemilihan anggota DPD adalah provinsi. Tiap provinsi diwakili oleh perwakilan DPD, yang terdiri dari .... a. 2 anggota b. 3 anggota c. 5 anggota d. 4 anggota

6

5.0

Jawaban terverifikasi