Elshanum E

29 Januari 2024 20:05

Iklan

Iklan

Elshanum E

29 Januari 2024 20:05

Pertanyaan

Max Weber berpendapat bahwa pokok kajian sosiologi adalah tindakan sosial. Bertolak dari konsep dasar tentang tindakan sosial, Max Weber menyebutkan adanya lima ciri pokok yang menjadi sasaran penelitian ilmu sosiologi. Identifikasikan lima ciri pokok tersebut!

Max Weber berpendapat bahwa pokok kajian sosiologi adalah tindakan sosial. Bertolak dari konsep dasar tentang tindakan sosial, Max Weber menyebutkan adanya lima ciri pokok yang menjadi sasaran penelitian ilmu sosiologi. Identifikasikan lima ciri pokok tersebut!


1

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Dela A

Community

29 Januari 2024 20:10

Jawaban terverifikasi

<p>Jawaban yang tepat untuk soal tersebut adalah<br>Lima ciri pokok yang menjadi sasaran penelitian ilmu sosiologi menurut Max Weber sebagai berikut.<br>1. Tindakan manusia yang menurut si pelaku mengandung makna subjektif.<br>2. Tindakan nyata serta yang bersifat batiniah sepenuhnya dan bersifat subjektif.<br>3. Tindakan yang meliputi pengaruh positif dari suatu situasi, tindakan yang sengaja diulang, serta tindakan dalam bentuk persetujuan secara diam-diam.<br>4. Tindakan itu diarahkan kepada seseorang atau kepada beberapa individu.<br>5. Tindakan itu memperhatikan tindakan orang lain dan terarah kepada orang lain.</p>

Jawaban yang tepat untuk soal tersebut adalah
Lima ciri pokok yang menjadi sasaran penelitian ilmu sosiologi menurut Max Weber sebagai berikut.
1. Tindakan manusia yang menurut si pelaku mengandung makna subjektif.
2. Tindakan nyata serta yang bersifat batiniah sepenuhnya dan bersifat subjektif.
3. Tindakan yang meliputi pengaruh positif dari suatu situasi, tindakan yang sengaja diulang, serta tindakan dalam bentuk persetujuan secara diam-diam.
4. Tindakan itu diarahkan kepada seseorang atau kepada beberapa individu.
5. Tindakan itu memperhatikan tindakan orang lain dan terarah kepada orang lain.


Iklan

Iklan

Kevin L

Bronze

10 Februari 2024 01:29

Jawaban terverifikasi

Pertanyaan ini berkaitan dengan konsep tindakan sosial dalam ilmu sosiologi yang dikemukakan oleh Max Weber. Max Weber adalah seorang sosiolog terkenal yang berpendapat bahwa pokok kajian sosiologi adalah tindakan sosial. Dalam konsep ini, Weber mengidentifikasi lima ciri pokok yang menjadi sasaran penelitian ilmu sosiologi. Penjelasan: 1. Tindakan manusia yang menurut pelaku mengandung makna yang subyektif: Ini berarti bahwa tindakan tersebut memiliki makna atau tujuan tertentu bagi individu yang melakukan tindakan tersebut. 2. Tindakan nyata dan bersifat membatin sepenuhnya: Ini berarti bahwa tindakan tersebut bukan hanya terlihat dari luar, tetapi juga mencakup proses internal individu, seperti pikiran dan perasaan. 3. Tindakan yang meliputi pengaruh positif dari suatu situasi: Ini berarti bahwa tindakan tersebut dipengaruhi oleh situasi atau konteks di mana tindakan tersebut terjadi. 4. Tindakan diarahkan kepada seseorang atau kepada beberapa individu: Ini berarti bahwa tindakan tersebut ditujukan untuk mempengaruhi orang lain, baik secara langsung maupun tidak langsung. 5. Tindakan yang memperhatikan tindakan orang lain atau terarah kepada orang itu: Ini berarti bahwa tindakan tersebut melibatkan interaksi sosial, di mana individu merespons atau bereaksi terhadap tindakan orang lain. Kesimpulan: Lima ciri pokok tindakan sosial menurut Max Weber adalah 1) tindakan manusia yang menurut pelaku mengandung makna yang subyektif, 2) tindakan nyata dan bersifat membatin sepenuhnya, 3) tindakan yang meliputi pengaruh positif dari suatu situasi, 4) tindakan diarahkan kepada seseorang atau kepada beberapa individu, dan 5) tindakan yang memperhatikan tindakan orang lain atau terarah kepada orang itu. Semoga penjelasan ini membantu kamu memahami konsep ini lebih baik πŸ™‚.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Menurut Max Weber, paradigma definisi sosial berusaha memahami dan menafsirkan alasan individu melakukan tindakan sosial dan maka dari tindakan tersebut. Identifikasikan beberapa teori utama yang lahir dari paradigma definisi sosial!

3

0.0

Jawaban terverifikasi

bacalah kalimat persuasif berikut, kemudian temukanlah satu kalimat persuasif serta lima pendapat dan fakta dalam teks tersebut! Pentingnya Sarapan Pagi Menurut penelitian yang dilakukan International Journal of Gastronomy and Food Science konsumsi sarapan dengan makanan bergizi seimbang dapat memberikan energi di pagi hari. Tidak adanya asupan di awal hari membuat tubuh tidak memiliki energi untuk beraktivitas.Tidak hanya itu, melewatkan sarapan pagi juga menjadi penyebab tubuh mudah lelah dan pikiran sulit berkonsentrasi. Menunda sarapan terus-menerus saat beraktivitas tidak akan menghasilkan output yang maksimal pada kegiatan yang sedang dikerjakan, terlebih untuk pelajar. Tanpa sarapan akan membuat pelajar sulit menerima materi pelajaran di sekolah. Selain itu, sarapan juga dapat menjaga berat badan ideal. Hal ini didukung oleh hasil penelitian dari National Weight Control Registry yang menyebutkan bahwa berat badan dapat turun hingga 15 kg per tahun jika rutin melakukan sarapan. Oleh karena itu, mulai dari sekarang mari terapkan pola hidup sehat dengan membiasakan diri sarapan pagi sebelum melakukan kegiatan dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung vitamin dan mineral, serta nutrisi lainnya. Makan makanan yang bergizi, seperti oat atau bubur gandum, buah, dan sayuran dapat menjadi pilihan untuk sarapan pagi. Sarapan tidak perlu makanan yang terlalu berat dengan porsi yang banyak. Hal yang paling penting adalah tubuh terisi energi. Sarapan itulah yang akan membuat setiap orang memiliki tubuh kuat dan sehat untuk beraktivitas. Selain itu, pikiran akan lebih fokus dalam mengerjakan segala kegiatan.

4

5.0

Jawaban terverifikasi