Ahmad S

20 Maret 2024 02:36

Iklan

Iklan

Ahmad S

20 Maret 2024 02:36

Pertanyaan

Masyarakat Majemuk merupakan masyarakat yang terdiri atas dua atau lebih komunitas maupun kelompok-kelompok yang secara budaya dan ekonomi trpisah secara memiliki struktur kelembagaan yang berbeda satu dengan lainnya. Berikut merupakan ciri-ciri masyarakat Majemuk, kecuali... A. Kurang mengembangkan konsensus di antara para anggota masyarakat tentang nilai-nilai sosial yang bersifat dasar. B. Mata pencahariannya tidak lagi bergantung pada alam C. Adanya kekuasaan politik oleh suatu kelompok atas kelompok yang lain. D. Kecenderungan terjadinya konbik lebih besar di antara kelompok satu dengan yang lain. E. Integrasi sosial tumbuh di antara kelompok sosial yang satu dengan yang lain.

Masyarakat Majemuk merupakan masyarakat yang terdiri atas dua atau lebih komunitas maupun kelompok-kelompok yang secara budaya dan ekonomi trpisah secara memiliki struktur kelembagaan yang berbeda satu dengan lainnya. Berikut merupakan ciri-ciri masyarakat Majemuk, kecuali...

A. Kurang mengembangkan konsensus di antara para anggota masyarakat tentang nilai-nilai sosial yang bersifat dasar.
B. Mata pencahariannya tidak lagi bergantung pada alam
C. Adanya kekuasaan politik oleh suatu kelompok atas kelompok yang lain.
D. Kecenderungan terjadinya konbik lebih besar di antara kelompok satu dengan yang lain.
E. Integrasi sosial tumbuh di antara kelompok sosial yang satu dengan yang lain.


6

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

S. Agita

Mahasiswa/Alumni Politeknik Negeri Jember

20 Maret 2024 21:36

Jawaban terverifikasi

Jawaban yang benar adalah C. Adanya kekuasaan politik oleh suatu kelompok atas kelompok yang lain. Pembahasan: Karakteristik masyarakat majemuk adalah adanya keberagaman budaya, ekonomi, dan struktur kelembagaan di antara kelompok-kelompok yang ada. Masyarakat majemuk cenderung menekankan integrasi sosial antara kelompok-kelompok tersebut, bukan dominasi atau kekuasaan politik satu kelompok atas kelompok lainnya.


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Kepercayaan sebagian masyarakat bahwa banyak anak banyak rezeki, sekarang ini sudah tidak sesuai lagi karena dapat menimbulkan masalah sosial. Ilustrasi tersebut menggambarkan gejala sosial yang berkaitan dengan keinginan di masyarakat dan tingkat peledakan pertumbuhan penduduk di masyarakat. Hal yang mendasari gejala sosial tersebut menjadi sebuah masalah sosial adalah…. A. Pihak penentu masalah sosial B. Persepsi mengenai masalah sosial C. Masalah manifes dan masalah laten D. Perbedaan antara standar dan realitas E. Ukuran nilai dan norma Tolong bantu kak :")

9

0.0

Jawaban terverifikasi