Rayya R

18 November 2024 11:59

Iklan

Rayya R

18 November 2024 11:59

Pertanyaan

Manfaat edukatif sejarah menurut para ahli

Ikuti Tryout SNBT & Menangkan E-Wallet 100rb

Habis dalam

01

:

17

:

56

:

13

Klaim

2

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Chika A

18 November 2024 15:23

Jawaban terverifikasi

<p>Berikut beberapa pandangan para ahli mengenai manfaat edukatif dari mempelajari sejarah:</p><p><strong>1. R.G. Collingwood</strong><br>Menurut Collingwood, sejarah mengajarkan kita untuk berpikir kritis dan memahami tindakan manusia di masa lalu melalui interpretasi. Dengan mempelajari sejarah, para ahli dapat merekonstruksi pemikiran dan motivasi orang-orang di masa lampau, yang berguna dalam memahami bagaimana manusia mengambil keputusan di berbagai konteks.</p><p><br><strong>2. Benedetto Croce</strong><br>Croce berpendapat bahwa "semua sejarah adalah sejarah kontemporer." Baginya, sejarah memberikan manfaat edukatif dengan membantu para ahli memahami kondisi masa kini melalui analisis peristiwa masa lalu. Ini berarti sejarah tidak hanya melihat masa lampau, tetapi juga memberikan dasar untuk memahami situasi dan masalah saat ini.</p><p><br><strong>3. E.H. Carr</strong><br>Menurut Carr, sejarah memberikan manfaat edukatif dalam membantu kita melihat "kontinuitas dan perubahan" dalam kehidupan manusia. Para ahli dapat memahami pola perkembangan masyarakat dan negara, serta mempelajari perubahan sosial, budaya, dan politik yang berpengaruh pada zaman sekarang.</p><p><br><strong>4. Arnold J. Toynbee</strong><br>Toynbee berpendapat bahwa sejarah memberi wawasan tentang kebangkitan dan kejatuhan peradaban. Melalui sejarah, para ahli dapat memahami faktor-faktor yang menyebabkan perkembangan atau kemunduran suatu bangsa, dan ini bermanfaat sebagai pelajaran untuk mencegah kemunduran dalam konteks saat ini.</p><p><br><strong>5. Karl Popper</strong><br>Popper melihat sejarah sebagai proses belajar dari kesalahan masa lalu. Bagi para ahli, sejarah memungkinkan analisis kritis atas berbagai eksperimen sosial dan politik, membantu mereka memahami mana kebijakan atau tindakan yang berhasil dan yang gagal, serta menghindari pengulangan kesalahan yang sama.</p><p><br><strong>6. John Tosh</strong><br>Tosh menyatakan bahwa sejarah mengajarkan kita keterampilan interpretasi yang sangat penting, khususnya dalam mengolah dan mengkaji bukti secara kritis. Para ahli memperoleh manfaat edukatif dengan kemampuan untuk membedakan mana bukti yang valid dan mana yang tidak, yang merupakan dasar bagi penelitian yang kuat dan andal.</p><p><br><strong>7. Paul Veyne</strong><br>Menurut Veyne, sejarah memberi para ahli perspektif yang luas tentang keanekaragaman budaya dan kehidupan manusia. Sejarah mengajarkan mereka untuk memahami dan menghargai perbedaan budaya, sosial, dan politik, yang bermanfaat dalam mendorong toleransi dan empati dalam masyarakat.</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p>

Berikut beberapa pandangan para ahli mengenai manfaat edukatif dari mempelajari sejarah:

1. R.G. Collingwood
Menurut Collingwood, sejarah mengajarkan kita untuk berpikir kritis dan memahami tindakan manusia di masa lalu melalui interpretasi. Dengan mempelajari sejarah, para ahli dapat merekonstruksi pemikiran dan motivasi orang-orang di masa lampau, yang berguna dalam memahami bagaimana manusia mengambil keputusan di berbagai konteks.


2. Benedetto Croce
Croce berpendapat bahwa "semua sejarah adalah sejarah kontemporer." Baginya, sejarah memberikan manfaat edukatif dengan membantu para ahli memahami kondisi masa kini melalui analisis peristiwa masa lalu. Ini berarti sejarah tidak hanya melihat masa lampau, tetapi juga memberikan dasar untuk memahami situasi dan masalah saat ini.


3. E.H. Carr
Menurut Carr, sejarah memberikan manfaat edukatif dalam membantu kita melihat "kontinuitas dan perubahan" dalam kehidupan manusia. Para ahli dapat memahami pola perkembangan masyarakat dan negara, serta mempelajari perubahan sosial, budaya, dan politik yang berpengaruh pada zaman sekarang.


4. Arnold J. Toynbee
Toynbee berpendapat bahwa sejarah memberi wawasan tentang kebangkitan dan kejatuhan peradaban. Melalui sejarah, para ahli dapat memahami faktor-faktor yang menyebabkan perkembangan atau kemunduran suatu bangsa, dan ini bermanfaat sebagai pelajaran untuk mencegah kemunduran dalam konteks saat ini.


5. Karl Popper
Popper melihat sejarah sebagai proses belajar dari kesalahan masa lalu. Bagi para ahli, sejarah memungkinkan analisis kritis atas berbagai eksperimen sosial dan politik, membantu mereka memahami mana kebijakan atau tindakan yang berhasil dan yang gagal, serta menghindari pengulangan kesalahan yang sama.


6. John Tosh
Tosh menyatakan bahwa sejarah mengajarkan kita keterampilan interpretasi yang sangat penting, khususnya dalam mengolah dan mengkaji bukti secara kritis. Para ahli memperoleh manfaat edukatif dengan kemampuan untuk membedakan mana bukti yang valid dan mana yang tidak, yang merupakan dasar bagi penelitian yang kuat dan andal.


7. Paul Veyne
Menurut Veyne, sejarah memberi para ahli perspektif yang luas tentang keanekaragaman budaya dan kehidupan manusia. Sejarah mengajarkan mereka untuk memahami dan menghargai perbedaan budaya, sosial, dan politik, yang bermanfaat dalam mendorong toleransi dan empati dalam masyarakat.

 

 


Iklan

Rendi R

Community

19 November 2024 11:08

Jawaban terverifikasi

<p>&nbsp;</p><p>Manfaat edukatif dari sejarah menurut para ahli dapat dirinci sebagai berikut:</p><p>1. <strong>Ki Hajar Dewantara</strong></p><p>Sejarah memiliki nilai <strong>pendidikan karakter</strong>, membantu individu memahami nilai-nilai luhur, moral, dan budaya bangsa. Dengan belajar sejarah, seseorang dapat meneladani perjuangan dan pengorbanan generasi terdahulu untuk membangun sikap nasionalisme dan rasa cinta tanah air.</p><p>2. <strong>Mohammad Hatta</strong></p><p>Sejarah memberikan <strong>pemahaman terhadap pengalaman masa lalu</strong>, sehingga manusia bisa belajar dari kesalahan sebelumnya dan membuat keputusan yang lebih baik untuk masa depan.</p><p>3. <strong>Herodotus</strong> (Bapak Sejarah)</p><p>Sejarah dianggap sebagai <strong>guru kehidupan</strong> (<i>historia magistra vitae</i>). Melalui sejarah, manusia dapat memahami pola-pola perilaku manusia dan masyarakat yang berulang, serta menggunakannya sebagai pelajaran untuk menghindari bencana yang sama.</p><p>4. <strong>Roeslan Abdulgani</strong></p><p>Sejarah berfungsi sebagai sarana pembelajaran untuk <strong>memahami dinamika kehidupan bangsa dan negara</strong>, sekaligus menanamkan semangat dan motivasi untuk membangun masa depan yang lebih baik.</p><p>5. <strong>Kuntowijoyo</strong></p><p>Sejarah memiliki manfaat edukatif dalam <strong>memahami identitas bangsa</strong>. Dengan memahami sejarah, masyarakat dapat mengetahui jati diri mereka, asal-usul bangsa, dan nilai-nilai yang mendasari keberlangsungan masyarakat.</p><p>6. <strong>Sartono Kartodirdjo</strong></p><p>Belajar sejarah membantu manusia menjadi <strong>rasional dan kritis</strong>. Pemahaman sejarah melatih seseorang untuk berpikir berdasarkan data, fakta, dan bukti empiris, bukan sekadar asumsi atau dogma.</p><p>7. <strong>Taufik Abdullah</strong></p><p>Sejarah tidak hanya memberikan pengetahuan, tetapi juga membentuk kesadaran masyarakat akan <strong>pentingnya persatuan dalam keberagaman</strong>, mengingat sejarah bangsa yang beragam namun tetap bersatu dalam membentuk Indonesia.</p><p><strong>Kesimpulan</strong>: Manfaat edukatif sejarah menurut para ahli meliputi penguatan nilai-nilai moral, pembentukan karakter, pelajaran dari masa lalu, pengembangan pola pikir kritis, serta penanaman identitas dan nasionalisme. Semua ini penting untuk membentuk individu dan masyarakat yang lebih baik di masa depan.</p>

 

Manfaat edukatif dari sejarah menurut para ahli dapat dirinci sebagai berikut:

1. Ki Hajar Dewantara

Sejarah memiliki nilai pendidikan karakter, membantu individu memahami nilai-nilai luhur, moral, dan budaya bangsa. Dengan belajar sejarah, seseorang dapat meneladani perjuangan dan pengorbanan generasi terdahulu untuk membangun sikap nasionalisme dan rasa cinta tanah air.

2. Mohammad Hatta

Sejarah memberikan pemahaman terhadap pengalaman masa lalu, sehingga manusia bisa belajar dari kesalahan sebelumnya dan membuat keputusan yang lebih baik untuk masa depan.

3. Herodotus (Bapak Sejarah)

Sejarah dianggap sebagai guru kehidupan (historia magistra vitae). Melalui sejarah, manusia dapat memahami pola-pola perilaku manusia dan masyarakat yang berulang, serta menggunakannya sebagai pelajaran untuk menghindari bencana yang sama.

4. Roeslan Abdulgani

Sejarah berfungsi sebagai sarana pembelajaran untuk memahami dinamika kehidupan bangsa dan negara, sekaligus menanamkan semangat dan motivasi untuk membangun masa depan yang lebih baik.

5. Kuntowijoyo

Sejarah memiliki manfaat edukatif dalam memahami identitas bangsa. Dengan memahami sejarah, masyarakat dapat mengetahui jati diri mereka, asal-usul bangsa, dan nilai-nilai yang mendasari keberlangsungan masyarakat.

6. Sartono Kartodirdjo

Belajar sejarah membantu manusia menjadi rasional dan kritis. Pemahaman sejarah melatih seseorang untuk berpikir berdasarkan data, fakta, dan bukti empiris, bukan sekadar asumsi atau dogma.

7. Taufik Abdullah

Sejarah tidak hanya memberikan pengetahuan, tetapi juga membentuk kesadaran masyarakat akan pentingnya persatuan dalam keberagaman, mengingat sejarah bangsa yang beragam namun tetap bersatu dalam membentuk Indonesia.

Kesimpulan: Manfaat edukatif sejarah menurut para ahli meliputi penguatan nilai-nilai moral, pembentukan karakter, pelajaran dari masa lalu, pengembangan pola pikir kritis, serta penanaman identitas dan nasionalisme. Semua ini penting untuk membentuk individu dan masyarakat yang lebih baik di masa depan.


Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Yth. Para Ahli Matematika Aku ada tugas tolong bantu menyelesaikan nya

10

5.0

Jawaban terverifikasi