Irhamduwila I

24 Mei 2024 12:24

Iklan

Iklan

Irhamduwila I

24 Mei 2024 12:24

Pertanyaan

Manfaat beriman kepada rasul Allah swt, yaitu akan mendapatkan pahala yang besar dari Allah swt perkara tersebut telah dijelaskan dalam surah ayat


7

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Navniaaa N

24 Mei 2024 14:35

Jawaban terverifikasi

<p>Fungsi iman kepada Rasul Allah</p><p>Pertama adalah mendapatkan rahmat Allah SWT. Dalam Quran surat Al Anbiya ayat 107, Allah SWT berfirman, "Dan Kami tidak mengutus engkau (Muhammad) melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi seluruh alam."</p><p>An-Nisa ayat 136. Artinya: Wahai orang-orang yang beriman! Tetaplah beriman kepada Allah dan Rasul-Nya (Muhammad) dan kepada Kitab (Al-Qur'an) yang diturunkan kepada Rasul-Nya, serta kitab yang diturunkan sebelumnya.</p><p>Apabila seseorang beriman kepada rasul Allah, tentu ia memiliki semangat kerja keras, kesabaran, dan selalu tabah dalam menjalani kehidupan. Ini karena mereka meneladani sikap-sikap tersebut dari para rasul dalam mengemban tugas Allah, sehingga mereka mengaplikasikannya ke dalam kehidupan sehari-hari.</p>

Fungsi iman kepada Rasul Allah

Pertama adalah mendapatkan rahmat Allah SWT. Dalam Quran surat Al Anbiya ayat 107, Allah SWT berfirman, "Dan Kami tidak mengutus engkau (Muhammad) melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi seluruh alam."

An-Nisa ayat 136. Artinya: Wahai orang-orang yang beriman! Tetaplah beriman kepada Allah dan Rasul-Nya (Muhammad) dan kepada Kitab (Al-Qur'an) yang diturunkan kepada Rasul-Nya, serta kitab yang diturunkan sebelumnya.

Apabila seseorang beriman kepada rasul Allah, tentu ia memiliki semangat kerja keras, kesabaran, dan selalu tabah dalam menjalani kehidupan. Ini karena mereka meneladani sikap-sikap tersebut dari para rasul dalam mengemban tugas Allah, sehingga mereka mengaplikasikannya ke dalam kehidupan sehari-hari.


Iklan

Iklan

Dea K

24 Mei 2024 15:21

Jawaban terverifikasi

<p>Manfaat beriman kepada Rasul Allah SWT memang dijelaskan dalam Al-Qur'an. Salah satu contohnya terdapat dalam Surah An-Nisa' (4): Ayat 69:</p><p>"Dan barangsiapa taat kepada Allah dan Rasul-Nya, mereka itu akan bersama-sama dengan orang-orang yang diberi nikmat oleh Allah, yaitu Nabi-nabi, para shiddiqin, orang-orang yang mati syahid, dan orang-orang yang saleh. Dan mereka itulah teman yang sebaik-baiknya."</p><p>&nbsp;</p><p>Ayat ini menunjukkan bahwa orang yang beriman kepada Allah dan Rasul-Nya akan mendapatkan keberuntungan besar, yaitu bergabung dengan para nabi, orang-orang yang jujur, syuhada (orang yang mati syahid), dan orang-orang saleh di akhirat. Ini adalah salah satu manfaat besar bagi orang yang memegang teguh iman kepada Rasulullah SAW.</p><p>-----------------------------------------------------------------------------</p><p>berikut adalah salah satu ayat lain dalam Al-Qur'an yang menunjukkan manfaat dari beriman kepada Rasulullah SAW:</p><p>&nbsp;</p><p>Surah Al-Ahzab (33): Ayat 21:</p><p>"Telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu, yaitu bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah."</p><p>&nbsp;</p><p>Ayat ini menegaskan bahwa Rasulullah SAW adalah contoh yang baik bagi umat manusia. Bagi mereka yang mengharapkan rahmat Allah dan hari kiamat serta banyak menyebut nama Allah, beliau menjadi teladan yang patut diikuti. Dengan mengikuti ajaran dan contoh yang diberikan oleh Rasulullah SAW, manusia akan mendapatkan petunjuk yang benar dalam menjalani kehidupan di dunia ini dan mempersiapkan diri untuk akhirat.</p>

Manfaat beriman kepada Rasul Allah SWT memang dijelaskan dalam Al-Qur'an. Salah satu contohnya terdapat dalam Surah An-Nisa' (4): Ayat 69:

"Dan barangsiapa taat kepada Allah dan Rasul-Nya, mereka itu akan bersama-sama dengan orang-orang yang diberi nikmat oleh Allah, yaitu Nabi-nabi, para shiddiqin, orang-orang yang mati syahid, dan orang-orang yang saleh. Dan mereka itulah teman yang sebaik-baiknya."

 

Ayat ini menunjukkan bahwa orang yang beriman kepada Allah dan Rasul-Nya akan mendapatkan keberuntungan besar, yaitu bergabung dengan para nabi, orang-orang yang jujur, syuhada (orang yang mati syahid), dan orang-orang saleh di akhirat. Ini adalah salah satu manfaat besar bagi orang yang memegang teguh iman kepada Rasulullah SAW.

-----------------------------------------------------------------------------

berikut adalah salah satu ayat lain dalam Al-Qur'an yang menunjukkan manfaat dari beriman kepada Rasulullah SAW:

 

Surah Al-Ahzab (33): Ayat 21:

"Telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu, yaitu bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah."

 

Ayat ini menegaskan bahwa Rasulullah SAW adalah contoh yang baik bagi umat manusia. Bagi mereka yang mengharapkan rahmat Allah dan hari kiamat serta banyak menyebut nama Allah, beliau menjadi teladan yang patut diikuti. Dengan mengikuti ajaran dan contoh yang diberikan oleh Rasulullah SAW, manusia akan mendapatkan petunjuk yang benar dalam menjalani kehidupan di dunia ini dan mempersiapkan diri untuk akhirat.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Dalam rangka mengambil simpati bangsa Indoensia, pemerintah Jepang memberikan janji kemerdekaan. Untuk merealisasikan janji tersebut.. a. Kepala daerah mulai bupati diserahkan kepada orang Indonesia asli b. Bendera Merah Putih boleh dikibarkan berdampingan dengan Bendera Hinomaru e. Pemuda Indonesia yang bergabung dalam barisan PETA diakui sejajar dengan tentara Jepang d. Hukuman terhadap nara pidana dikurangi hingga ada yang dihapus dan dibebaskan e. Lagu Indonesia Raya mulai diajarkan di sekolah dari SD hingga sekolah menengah

7

0.0

Jawaban terverifikasi