Sabrinah A

14 Februari 2024 12:39

Iklan

Iklan

Sabrinah A

14 Februari 2024 12:39

Pertanyaan

maksud dari "konsensus merupakan pengembangan sikap solidaritas dan perasaan manusiawi"

maksud dari "konsensus merupakan pengembangan sikap solidaritas dan perasaan manusiawi"


9

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

17 Februari 2024 07:12

Jawaban terverifikasi

<p><br>Maksud dari pernyataan "konsensus merupakan pengembangan sikap solidaritas dan perasaan manusiawi" adalah bahwa konsensus, atau kesepakatan bersama dalam suatu masyarakat atau kelompok, dapat menjadi landasan bagi pengembangan sikap solidaritas dan perasaan manusiawi di antara anggotanya.</p><p>Konsensus terjadi ketika anggota masyarakat atau kelompok sepakat pada nilai-nilai, norma-norma, tujuan, atau keputusan bersama. Proses mencapai konsensus ini melibatkan dialog, negosiasi, dan pemahaman bersama. Ketika individu atau kelompok dapat mencapai konsensus, hal ini dapat memperkuat rasa persatuan dan solidaritas di antara mereka.</p><p>Sikap solidaritas mengacu pada rasa persatuan, saling mendukung, dan keterlibatan bersama dalam masyarakat. Perasaan manusiawi menunjukkan pemahaman, empati, dan perhatian terhadap kebutuhan dan kepentingan sesama manusia. Jadi, melalui konsensus, masyarakat dapat membangun sikap solidaritas dan perasaan manusiawi, menciptakan dasar untuk kerjasama dan koeksistensi yang harmonis.</p>


Maksud dari pernyataan "konsensus merupakan pengembangan sikap solidaritas dan perasaan manusiawi" adalah bahwa konsensus, atau kesepakatan bersama dalam suatu masyarakat atau kelompok, dapat menjadi landasan bagi pengembangan sikap solidaritas dan perasaan manusiawi di antara anggotanya.

Konsensus terjadi ketika anggota masyarakat atau kelompok sepakat pada nilai-nilai, norma-norma, tujuan, atau keputusan bersama. Proses mencapai konsensus ini melibatkan dialog, negosiasi, dan pemahaman bersama. Ketika individu atau kelompok dapat mencapai konsensus, hal ini dapat memperkuat rasa persatuan dan solidaritas di antara mereka.

Sikap solidaritas mengacu pada rasa persatuan, saling mendukung, dan keterlibatan bersama dalam masyarakat. Perasaan manusiawi menunjukkan pemahaman, empati, dan perhatian terhadap kebutuhan dan kepentingan sesama manusia. Jadi, melalui konsensus, masyarakat dapat membangun sikap solidaritas dan perasaan manusiawi, menciptakan dasar untuk kerjasama dan koeksistensi yang harmonis.


Iklan

Iklan

Salsabila M

Community

09 Maret 2024 22:47

Jawaban terverifikasi

<p>Maksud dari pernyataan "konsensus merupakan pengembangan sikap solidaritas dan perasaan manusiawi" adalah bahwa tercapainya kesepakatan atau konsensus dalam suatu kelompok atau masyarakat membantu memperkuat rasa solidaritas dan perasaan kemanusiaan di antara anggotanya. Berikut adalah beberapa penjelasan lebih lanjut:</p><p><strong>Konsensus dan Solidaritas:</strong></p><ul><li>Konsensus mencerminkan persetujuan atau kesepakatan bersama terhadap suatu ide, kebijakan, atau tindakan. Ketika suatu kelompok mencapai konsensus, hal ini menciptakan ikatan sosial yang lebih kuat di antara anggotanya.</li><li>Solidaritas merujuk pada rasa persatuan, keterikatan, dan saling mendukung di dalam kelompok. Konsensus membantu membangun solidaritas karena anggota kelompok merasa bahwa kepentingan bersama dan nilai-nilai bersama telah diakui dan diterima.</li></ul><p><strong>Perasaan Manusiawi:</strong></p><ul><li>Konsensus juga berkontribusi pada pengembangan perasaan manusiawi atau empati di antara anggota kelompok. Dalam mencapai kesepakatan, anggota kelompok perlu memahami dan menghargai perspektif dan kebutuhan masing-masing anggota.</li><li>Proses mencapai konsensus melibatkan komunikasi yang baik, mendengarkan pandangan orang lain, dan mencari solusi yang dapat diterima oleh semua. Hal ini membantu memperkuat perasaan manusiawi dan pengertian di antara anggota kelompok.</li></ul><p>Jadi, intinya, pernyataan tersebut menyiratkan bahwa konsensus bukan hanya sekadar mencapai kesepakatan, tetapi juga merupakan sarana untuk memperkuat ikatan sosial, solidaritas, dan perasaan kemanusiaan di dalam kelompok atau masyarakat.</p>

Maksud dari pernyataan "konsensus merupakan pengembangan sikap solidaritas dan perasaan manusiawi" adalah bahwa tercapainya kesepakatan atau konsensus dalam suatu kelompok atau masyarakat membantu memperkuat rasa solidaritas dan perasaan kemanusiaan di antara anggotanya. Berikut adalah beberapa penjelasan lebih lanjut:

Konsensus dan Solidaritas:

  • Konsensus mencerminkan persetujuan atau kesepakatan bersama terhadap suatu ide, kebijakan, atau tindakan. Ketika suatu kelompok mencapai konsensus, hal ini menciptakan ikatan sosial yang lebih kuat di antara anggotanya.
  • Solidaritas merujuk pada rasa persatuan, keterikatan, dan saling mendukung di dalam kelompok. Konsensus membantu membangun solidaritas karena anggota kelompok merasa bahwa kepentingan bersama dan nilai-nilai bersama telah diakui dan diterima.

Perasaan Manusiawi:

  • Konsensus juga berkontribusi pada pengembangan perasaan manusiawi atau empati di antara anggota kelompok. Dalam mencapai kesepakatan, anggota kelompok perlu memahami dan menghargai perspektif dan kebutuhan masing-masing anggota.
  • Proses mencapai konsensus melibatkan komunikasi yang baik, mendengarkan pandangan orang lain, dan mencari solusi yang dapat diterima oleh semua. Hal ini membantu memperkuat perasaan manusiawi dan pengertian di antara anggota kelompok.

Jadi, intinya, pernyataan tersebut menyiratkan bahwa konsensus bukan hanya sekadar mencapai kesepakatan, tetapi juga merupakan sarana untuk memperkuat ikatan sosial, solidaritas, dan perasaan kemanusiaan di dalam kelompok atau masyarakat.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Keberadaan dan kekuasaan lembaga tinggi negara di Indonesia diatur oleh UUD 1945. Hal ini menunjukkan bahwa UUD 1945 merupakan … . A. Konstitusi tertulis Indonesia C. Hukum Dasar di Indonesia B. Hukum tertinggi di Indonesia D. Dasar Negara Indonesia

9

5.0

Jawaban terverifikasi