Andy D

26 Mei 2022 17:55

Iklan

Iklan

Andy D

26 Mei 2022 17:55

Pertanyaan

Maka ada pun saudaraku seibu-sebapak itu, empat orang laki-laki, semuanya itu abangku maka aku inilah yang bungsu. Adapun abang-abangku yang tersebut itu semuanya mati tatkala lagi kecil, ada yang mati umur enam bulan, ada umur setahun, ada yang dua tahun, ada yang tiga tahun. Demikianlah halnya sehingga bunda pun seperti laku orang gila sebab mati anak-anaknya itu. Maka senantiasa duduk menangis dan dukacita juga. Maka beberapa lamanya dalam hal yang demikian, datanglah seorang Arab, Sayyid yang bernama Habib Abdullah, bangsa Hadad. Maka adalah ia itu aulia. Maka sangat dipermulia orang akan dia dalam Malaka; maka segala laki-laki dan perempuan pergilah berguru kepadanya dari hal-hal perkara agama Islam. Maka bundaku juga tiada pergi senantiasa duduk menangis sebab terkenangkan anak-anaknya yang mati itu. Maka sehari-hari ia mendengar bundaku menangis; maka disuruhnya panggil bundaku, diperiksanya akan bundaku itu duduk menangis-nangis. Maka oleh bapakku diceritakannyalah segala hal anak-anaknya habis mati itu. Maka kata tuan itu, "Baiklah engkau katakan kepada istrimu, janganlah ia menangis, Insya Allah nanti diberi Allah kepadanya seorang anak laki-laki. Maka apabila beranak kelak engkau namakan dengan namaku" (Hikayat Abdullah) Nilai sosial yang terkandung dalam kutipan karya sastra melayu klasik tersebut adalah .... A. Ibu yang memerhatikan kesehatan anak-anaknya dengan kasih sayang. B. Adanya keinginan seseorang untuk mengasuh anaknya sendiri. C. Rasa sedih yang dalam seorang ibu atas kematian anaknya. D. Penyebar ajaran agama Islam dengan ikhlas atau tanpa pamrih. E. Adanya perasaan tolong-menolong antarsesama dalam berbagai hal.


41

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

D. Permana

29 Juni 2022 02:46

Jawaban terverifikasi

Jawaban yang tepat adalah C. Berikut pembahasannya. Nilai sosial adalah nilai yang berkaitan dengan tata pergaulan antara individu dalam masyarakat. Hikayat di soal berisi tentang saudara kandung empat orang laki-laki tokoh aku telah meninggal. Bunda menangis dan terus berduka karena anak-anaknya telah meninggal saat masih kecil. Beberapa lama kemudian, ada seorang Sayyid bernama Habib Abdullah yang dimuliakan oleh orang-orang Malaka. Bunda tidak seperti orang lainnya yang berguru, Bunda hanya terus menangisi anak-anaknya itu. Habib Abdullah memeriksanya dan mengatakan bahwa Insya Allah nanti akan diberi seorang anak laki-laki. Dengan demikian, nilai sosial yang terkandung dalam kutipan karya sastra melayu klasik tersebut adalah rasa sedih yang dalam seorang ibu atas kematian anaknya Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah C.


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Assalamu’alaikum Wr. Wb Yang kami hormati bapak dan ibu serta para hadirirn sekalian yang berbahagia. Puji syukur kita sanjungkan kehadirat Allah swt, karena dengan limpahan dan karunia-Nya kita bisa berkumpul di sini. Salawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada junjungan Nabi besar Muhammad saw, karena beliau menyiarkan agama yang haq, yakni agama islam, agama yang diridai oleh Allah swt. Semoga kita sekalian termasuk ke dalam umat-Nya yang diberkahi. Amin ya rabbal alamin. Hadirin sekalian yang berbahagia! Dirasa amat penting sekali jiwa sosial untuk diterapkan di lingkungan keluarga, sanak saudara, bahkan juga di masyarakat luas. Karena dengan jiwa sosial, maka terjalinlah di antara kita saling tolong-menolong, dan kasih sayang. Sehngga orang-orang yang butuh akan pertolongan kita, akan mendapatkan haq-Nya. Perhatikan kalimat berikut! Puji syukur kita sanjungkan kehadirat Allah swt, karena dengan limpahan karuniaNya kita bisa berkumpul di sini. Kalimat tersebut termasuk …. A. salam pembuka B. ucapan terima kasih C. pengenalan topik D. tema E. judul

846

0.0

Jawaban terverifikasi