Lily S

15 April 2022 03:40

Iklan

Lily S

15 April 2022 03:40

Pertanyaan

Lingkungan Sekolah Kebersihan lingkungan sekolah adalah salah satu faktor penting untuk menciptakan kenyamanan dalam proses Kegiatan belajar mengajar. Selain untuk menciptakan kenyamanan dalam proses KBM (Kegiatan Belajar Mengajar), kebersihan diperlulcan untuk menjaga kesehatan para siswa. Siswa akan lebih senang belajar dalam suasana yang asri dan bersih. Namun, masih banyak siswa yang kurang menjaga kebersihan lingkungan sekolah. di laci meja kelas biasanya banyak ditemukan sampah bekas makanan atau minuman. Siswa masih kurang kesadaran dalam menjaga kebersihan lingkungan. Masih banyak yang membuang sampah tidak pada tempatnya. Penyebab mereka tidak menjaga kebersihan salah satunya adalah mcreka malas, dan kurang kesadaran menjaga kebersihan. Padahal disenap tnik lingkungan sekolah sudah disediakan tempat sampah. Kurang kesadaran akan kebersihan dan malas itulah penyakit siswa siswi sekolah pada saat ini. Akibat tidak menjaga kebersihan lingkungan sekolah, lingkungan sekolah menjadi bau, kotor serta banyak serangga. Laci-laci meja kelas yang banyak sampah akan menjadi sarang nyamuk dan serangga. Ruang kelas yang tidak dibersihkan akan kotor dan nenimbulkan ketidaknyamanan dalam proses belajar mengajar. Sampah yang bcrscrakan atau tempat sampah yang tidak dibersihkan akan menimbulkan bau yang menyengat dan penyakit-penyakit baru. Alasan lain adalah para siswa berpikiran bahwa, kebersihan sekolah merupakan tanggung jawab penjaga dan perawat sekolah sehingga mereka dengan enaknya membuang sampah sembarangan. Padahal kebersihan sekolah merupakan tanggung jawab seluruh warga sekolah. Semua alasan tersbut merupakan alasan yang tidak mendasar dan tidak didukung dengan argumen yang kuat. Kesehatan dan kebersihan lingkungan hanis tetap dijaga karena limgkungan sekolah yang bersih dan sehat akan mendukung kesehatan para warga sekolah. Tidak hanya warga sekolajih, tetapi warga di sekitar sekolah juga akan mendapat damapak positif dari lingkungan sekolah yang bersih dan sehat. Semua warga sekolah tanpa kecuali harus tetap menjaga kebersihan lingkungan di sekitar sekolah. Pelaksanaan kebersihan sekolah dapat dilakukan dengan cara membuat daftar piket bagi siswa untuk memberihkan kelas dan lingkungan di sekitar kelas. Selain itu juga dapat dengan memaksimalkan fungsi petugas kebersihan sekolah dalam membersihkan dan menata lingkungan di sekitar sekolah agar tampak bersih indah dan rapi. Menjaga kebersihan di lingkungan sekolah perlu dilakukan. Dengan cara reboisasi, membersihkan kelas dan sekolah, lingkungan sekolah akan terasa nyaman untuk ditinggali warganya. Perlu diberikan sanksi yang tegas kepada siswa yang membuang sampah sembarangan. Selain itu, diadakan bersih sekolah setiap bulan yaitu kerja bakti warga sekolah untuk membersihkan sekolahnya agar siswa-siswa memiliki tanggung jawab dan rasa memiliki terhadap sekolahnya. Soal: 1. Identifikasilah teks tersebut, kemudian tulislah bagian-bagian teks tersebut sesuai dengan struktur teks diskusi!

Ikuti Tryout SNBT & Menangkan E-Wallet 100rb

Habis dalam

02

:

05

:

06

:

34

Klaim

6

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

N. Dwi

16 April 2022 02:59

Jawaban terverifikasi

Halo, Lily S. Terima kasih sudah bertanya di Roboguru. Kakak bantu jawab, ya. Analisis struktur teks diskusi di atas adalah sebagai berikut. 1. Paragraf (1) dan (2) merupakan pendahuluan. 2. Paragraf (3), (4), dan (5) merupakan struktur argumen pendukung. 3. Paragraf (6) dan (7) merupakan argumen penentang. 4. Paragraf (8) merupakan simpulan. Untuk memahami jawaban tersebut, perhatikan pembahasan berikut. Teks diskusi merupakan catatan hal-hal penting tentang suatu masalah dalam pertemuan ilmiah. Selain tentang pembahasan masalah, teks diskusi bertujuan untuk menyampaikan sebuah informasi. Struktur teks diskusi adalah sebagai berikut. 1. Pendahuluan (isu), bagian awal yang menjelaskan gambaran umum tentang fenomena atau permasalahan yang akan dibahas dalam kegiatan diskusi. 2. Argumen pendukung, bagian isi yang menyampaikan dukungan terhadap permasalahan yang dibahas dalam bentuk argumen. 3. Argumen penentang, bagian isi yang menyampaikan penolakan terhadap permasalahan yang dibahas dalam bentuk argumen. 3. Simpulan atau saran, bagian penutup yang berisi hasil diskusi, rekomendasi, atau solusi dari permasalahan yang dibahas. Berikut adalah analisis struktur teks diskusi di atas. 1. Paragraf (1) dan (2) merupakan pendahuluan. Hal tersebut karena paragraf (1) berisi pengenalan isu atau masalah yang akan dibahas. Pengenalan isu tersebut terlihat dalam kutipan "Kebersihan lingkungan sekolah adalah salah satu faktor penting untuk menciptakan kenyamanan dalam proses Kegiatan belajar mengajar."Sementara itu, pengenalan isu dalam paragraf (2) terlihat dalam kutipan "masih banyak siswa yang kurang menjaga kebersihan lingkungan sekolah." Keduanya masih berkaitan membahas kebersihan lingkungan sekolah. 2. Paragraf (3), (4), dan (5) merupakan argumen pendukung. Paragraf tersebut berisi dukungan tentang masalah siswa yang membuang sampah sembarangan. Ketiga paragraf tersebut menyampaikan alasan-alasan penyebab siswa membuang sampah sembarangan. Argumen dukungan dapat dilihat mulai dari paragraf (3), yaitu "Penyebab mereka tidak menjaga kebersihan salah satunya adalah mereka malas, dan kurang kesadaran menjaga kebersihan." 3. Paragraf (6) dan (7) merupakan argumen penentang. Paragraf tersebut berisi penolakan terkait alasan penyebab kebersihan lingkungan. Penolakan tersebut dapat dilihat dalam paragraf (6), yaitu "Semua alasan tersebut merupakan alasan yang tidak mendasar dan tidak didukung dengan argumen yang kuat." Selain itu, paragraf (7) juga memperkuat penolakan tersebut, yaitu "Semua warga sekolah tanpa kecuali harus tetap menjaga kebersihan lingkungan di sekitar sekolah." 4. Paragraf (8) merupakan simpulan atau saran. Paragraf tersebut berisi simpulan akhir yang terdapat dalam kalimat (1), yaitu "Menjaga kebersihan di lingkungan sekolah perlu dilakukan." Sementara itu, saran disampaikan dalam kalimat (2), (3), dan (4). Dengan demikian, analisis struktur teks diskusi di atas adalah sebagai berikut. 1. Paragraf (1) dan (2) merupakan pendahuluan. 2. Paragraf (3), (4), dan (5) merupakan struktur argumen pendukung. 3. Paragraf (6) dan (7) merupakan argumen penentang. 4. Paragraf (8) merupakan simpulan. Semoga membantu, ya. :)


Iklan

Viqih R

13 Maret 2023 02:51

Hak asasi politik merupakan hak ikut serta dalam pemerintahan dan hak dasar manusia dalam kehidupan berpolitik. Hak tersebut tidak bisa dirampas begitu saja. Setiap orang memiliki hak asasi politik. Contoh hak asasi politik adalah


Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke AiRIS

Yuk, cobain chat dan belajar bareng AiRIS, teman pintarmu!

Chat AiRIS

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Assalamu’alaikum Wr. Wb Yang kami hormati bapak dan ibu serta para hadirirn sekalian yang berbahagia. Puji syukur kita sanjungkan kehadirat Allah swt, karena dengan limpahan dan karunia-Nya kita bisa berkumpul di sini. Salawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada junjungan Nabi besar Muhammad saw, karena beliau menyiarkan agama yang haq, yakni agama islam, agama yang diridai oleh Allah swt. Semoga kita sekalian termasuk ke dalam umat-Nya yang diberkahi. Amin ya rabbal alamin. Hadirin sekalian yang berbahagia! Dirasa amat penting sekali jiwa sosial untuk diterapkan di lingkungan keluarga, sanak saudara, bahkan juga di masyarakat luas. Karena dengan jiwa sosial, maka terjalinlah di antara kita saling tolong-menolong, dan kasih sayang. Sehngga orang-orang yang butuh akan pertolongan kita, akan mendapatkan haq-Nya. Perhatikan kalimat berikut! Puji syukur kita sanjungkan kehadirat Allah swt, karena dengan limpahan karuniaNya kita bisa berkumpul di sini. Kalimat tersebut termasuk …. A. salam pembuka B. ucapan terima kasih C. pengenalan topik D. tema E. judul

164

0.0

Jawaban terverifikasi