Cintaning A

29 Januari 2024 16:24

Iklan

Iklan

Cintaning A

29 Januari 2024 16:24

Pertanyaan

Landasan politik luar negeri RI, yaitu... a. Alinea I Pembukaan UUD 1945 b. Pasal 13 Ayat 1 dan 2 UUD 1945 c. Pancasila dan UUD 1945 C. d. Sila II Pancasila e. Tap MPR Mohon bantuannya, terima kasih πŸ˜ŠπŸ™

Landasan politik luar negeri RI, yaitu...

a. Alinea I Pembukaan UUD 1945

b. Pasal 13 Ayat 1 dan 2 UUD 1945

c. Pancasila dan UUD 1945 C.

d. Sila II Pancasila 

e. Tap MPR

Mohon bantuannya, terima kasih πŸ˜ŠπŸ™


2

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

13 Februari 2024 06:59

Jawaban terverifikasi

<p>jawabannya adalah C.</p><p><br>Pancasila dan UUD 1945 menjadi landasan politik luar negeri Republik Indonesia karena:</p><p><strong>Pancasila sebagai Dasar Negara:</strong></p><ul><li>Pancasila, sebagai ideologi dan dasar negara Indonesia, memberikan panduan nilai dan prinsip dasar yang mengarahkan kebijakan politik luar negeri. Nilai-nilai seperti gotong royong, perdamaian, dan keadilan sosial menjadi pijakan bagi interaksi Indonesia dengan negara-negara lain.</li></ul><p><strong>UUD 1945:</strong></p><ul><li>UUD 1945, khususnya Pasal foreign policy, memberikan dasar hukum bagi pelaksanaan kebijakan luar negeri. Pasal foreign policy mengamanatkan bahwa politik luar negeri Indonesia harus berdasarkan kemerdekaan, keadilan, dan kedaulatan nasional.</li></ul><p><strong>Konsistensi dengan Sila-Sila Pancasila:</strong></p><ul><li>Setiap Sila dalam Pancasila mencerminkan prinsip yang dapat diaplikasikan dalam konteks hubungan internasional. Misalnya, Sila Ketuhanan Yang Maha Esa dapat menciptakan dasar kerjasama dan perdamaian antarnegara yang berbeda agama.</li></ul><p><strong>Kedaulatan Nasional:</strong></p><ul><li>Poin utama dalam UUD 1945, yaitu kedaulatan nasional, menunjukkan bahwa kebijakan luar negeri Indonesia diarahkan untuk menjaga dan mempertahankan kedaulatan bangsa. Indonesia berkomitmen untuk menjalankan politik luar negeri yang bebas dari campur tangan negara-negara asing.</li></ul><p><strong>Mandat Tap MPR:</strong></p><ul><li>Tap MPR juga dapat menjadi panduan dalam merumuskan kebijakan luar negeri, tetapi secara umum, landasan utama tetaplah Pancasila dan UUD 1945.</li></ul>

jawabannya adalah C.


Pancasila dan UUD 1945 menjadi landasan politik luar negeri Republik Indonesia karena:

Pancasila sebagai Dasar Negara:

  • Pancasila, sebagai ideologi dan dasar negara Indonesia, memberikan panduan nilai dan prinsip dasar yang mengarahkan kebijakan politik luar negeri. Nilai-nilai seperti gotong royong, perdamaian, dan keadilan sosial menjadi pijakan bagi interaksi Indonesia dengan negara-negara lain.

UUD 1945:

  • UUD 1945, khususnya Pasal foreign policy, memberikan dasar hukum bagi pelaksanaan kebijakan luar negeri. Pasal foreign policy mengamanatkan bahwa politik luar negeri Indonesia harus berdasarkan kemerdekaan, keadilan, dan kedaulatan nasional.

Konsistensi dengan Sila-Sila Pancasila:

  • Setiap Sila dalam Pancasila mencerminkan prinsip yang dapat diaplikasikan dalam konteks hubungan internasional. Misalnya, Sila Ketuhanan Yang Maha Esa dapat menciptakan dasar kerjasama dan perdamaian antarnegara yang berbeda agama.

Kedaulatan Nasional:

  • Poin utama dalam UUD 1945, yaitu kedaulatan nasional, menunjukkan bahwa kebijakan luar negeri Indonesia diarahkan untuk menjaga dan mempertahankan kedaulatan bangsa. Indonesia berkomitmen untuk menjalankan politik luar negeri yang bebas dari campur tangan negara-negara asing.

Mandat Tap MPR:

  • Tap MPR juga dapat menjadi panduan dalam merumuskan kebijakan luar negeri, tetapi secara umum, landasan utama tetaplah Pancasila dan UUD 1945.

Iklan

Iklan

Kevin L

Bronze

16 Februari 2024 12:42

Jawaban terverifikasi

Dari pertanyaan yang kamu berikan, tampaknya kamu sedang belajar tentang landasan politik luar negeri Republik Indonesia. Landasan politik luar negeri suatu negara biasanya didasarkan pada konstitusi dan ideologi negara tersebut. Penjelasan: 1. Alinea I Pembukaan UUD 1945 berisi tentang tujuan kemerdekaan Indonesia, yaitu melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial. Hal ini menjadi dasar bagi Indonesia dalam berinteraksi dengan negara lain. 2. Pasal 13 Ayat 1 dan 2 UUD 1945 menjelaskan tentang hubungan luar negeri yang dilakukan oleh pemerintah dan presiden. Ayat 1 menyatakan bahwa pemerintah menentukan kebijakan luar negeri, dan ayat 2 menyatakan bahwa presiden mewakili negara dan pemerintah dalam hubungan luar negeri. 3. Pancasila dan UUD 1945 adalah dasar negara dan konstitusi Indonesia, yang menjadi landasan dalam segala aspek kehidupan berbangsa dan bernegara, termasuk dalam politik luar negeri. 4. Sila II Pancasila, yaitu Kemanusiaan yang Adil dan Beradab, menjadi dasar dalam berinteraksi dengan negara lain, yaitu dengan menghargai hak asasi manusia, menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, dan beradab dalam hubungan internasional. 5. Tap MPR tidak secara spesifik menjadi landasan politik luar negeri, tetapi bisa menjadi pedoman dalam pelaksanaan politik luar negeri jika ada ketentuan yang relevan. Kesimpulan: Dengan demikian, jawaban yang paling tepat adalah c. Pancasila dan UUD 1945, karena keduanya adalah dasar dan konstitusi negara yang menjadi landasan dalam segala aspek kehidupan berbangsa dan bernegara, termasuk dalam politik luar negeri.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Sejak awal kemerdekaan, Indonesia telah menanamkan landasan politik luar negeri dengan mengeluarkan maklumat politik pemerintah tanggal 1 November 1945. Sebutkan dan jelaskan isi maklumat tersebut terkait dengan politik luar negeri!

9

4.0

Jawaban terverifikasi