Azzizah C

20 September 2024 05:16

Iklan

Azzizah C

20 September 2024 05:16

Pertanyaan

Lakukan tugas kelompok berikut dengan disiplin dan cermat sesuai petunjuk kerja! Lakukanlah kegiatan pengamatan di sekitar kalian! Amatilah orang-orang mendapatkan amanah di sekitar kalian! Analisislah cara orang tersebut menerima amanahnya dan sikap setelah orang tersebut mendapat amanah! Tulis hasil pengamatan kalian pada selembar kertas dan presentasikan di depan kelas!

8 dari 10 siswa nilainya naik

dengan paket belajar pilihan

Habis dalam

01

:

13

:

28

:

12

Klaim

10

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Daniel N

29 September 2024 11:38

Jawaban terverifikasi

<p>1. <strong>Pembagian Tugas</strong></p><ul><li>Tentukan anggota kelompok dan bagi tugas. Misalnya, satu orang bertanggung jawab untuk mengamati orang yang menerima amanah, satu orang untuk mencatat pengamatan, dan satu orang untuk menyiapkan presentasi.</li></ul><p>2. <strong>Pengamatan</strong></p><ul><li><strong>Identifikasi Subjek:</strong> Pilih orang-orang di sekitar yang sedang menerima amanah, seperti guru, ketua kelas, atau pengurus organisasi.</li><li><strong>Perhatikan Cara Menerima Amanah:</strong><ul><li>Apakah mereka menerima dengan penuh rasa tanggung jawab?</li><li>Apakah ada rasa syukur atau hormat saat menerima tugas?</li></ul></li><li><strong>Sikap Setelah Menerima Amanah:</strong><ul><li>Apakah mereka menunjukkan komitmen dalam melaksanakan amanah?</li><li>Perhatikan bagaimana mereka berinteraksi dengan orang lain setelah menerima amanah tersebut.</li></ul></li></ul><p>3. <strong>Mencatat Hasil Pengamatan</strong></p><ul><li>Buat catatan tentang:<ul><li>Nama orang yang diamati.</li><li>Jenis amanah yang diterima.</li><li>Cara dan sikap saat menerima amanah.</li><li>Tindakan atau sikap setelah amanah diterima.</li></ul></li></ul><p>4. <strong>Analisis</strong></p><ul><li>Diskusikan dalam kelompok tentang pengamatan yang telah dilakukan.</li><li>Buat kesimpulan tentang pentingnya amanah dan bagaimana sikap seseorang dapat memengaruhi pelaksanaan tugas tersebut.</li></ul><p>5. <strong>Menulis Hasil Pengamatan</strong></p><ul><li>Tulis hasil pengamatan secara sistematis:<ul><li>Judul</li><li>Pendahuluan (tujuan pengamatan)</li><li>Deskripsi pengamatan (cari dan ringkas dari catatan)</li><li>Analisis (sikap dan perilaku)</li><li>Kesimpulan</li></ul></li></ul><p>6. <strong>Presentasi</strong></p><ul><li>Siapkan presentasi dengan ringkasan hasil pengamatan.</li><li>Gunakan poin-poin kunci untuk memudahkan pemahaman.</li><li>Ajak anggota kelompok untuk berpartisipasi dalam presentasi.</li></ul><p>Contoh Hasil Pengamatan:</p><p>Judul: Pengamatan Terhadap Penerimaan Amanah di Sekitar Kami</p><p><strong>Pendahuluan:</strong> Tujuan pengamatan ini adalah untuk memahami cara orang menerima amanah dan sikap mereka setelahnya.</p><p><strong>Pengamatan:</strong></p><p><strong>Subjek:</strong> Bapak Guru Matematika</p><ul><li><strong>Amanah:</strong> Menjadi ketua panitia acara sekolah.</li><li><strong>Cara Menerima:</strong> Menerima dengan senyuman, mengucapkan terima kasih.</li><li><strong>Sikap Setelahnya:</strong> Mengajak diskusi dengan anggota panitia dan menyusun rencana kerja.</li></ul><p><strong>Subjek:</strong> Ketua OSIS</p><ul><li><strong>Amanah:</strong> Memimpin rapat organisasi.</li><li><strong>Cara Menerima:</strong> Menunjukkan antusiasme, berkomitmen untuk menjalankan amanah.</li><li><strong>Sikap Setelahnya:</strong> Aktif mengoordinasi kegiatan dan memotivasi anggota.</li></ul><p><strong>Analisis:</strong> Amanah yang diterima dengan rasa tanggung jawab akan mendorong individu untuk berperforma lebih baik dan berkomitmen pada tugasnya.</p><p><strong>Kesimpulan:</strong> Menerima amanah dengan baik dan sikap positif sangat mempengaruhi keberhasilan pelaksanaan tugas.</p><p>&nbsp;</p><p>Semoga membantu kamu Azizah^^</p>

1. Pembagian Tugas

  • Tentukan anggota kelompok dan bagi tugas. Misalnya, satu orang bertanggung jawab untuk mengamati orang yang menerima amanah, satu orang untuk mencatat pengamatan, dan satu orang untuk menyiapkan presentasi.

2. Pengamatan

  • Identifikasi Subjek: Pilih orang-orang di sekitar yang sedang menerima amanah, seperti guru, ketua kelas, atau pengurus organisasi.
  • Perhatikan Cara Menerima Amanah:
    • Apakah mereka menerima dengan penuh rasa tanggung jawab?
    • Apakah ada rasa syukur atau hormat saat menerima tugas?
  • Sikap Setelah Menerima Amanah:
    • Apakah mereka menunjukkan komitmen dalam melaksanakan amanah?
    • Perhatikan bagaimana mereka berinteraksi dengan orang lain setelah menerima amanah tersebut.

3. Mencatat Hasil Pengamatan

  • Buat catatan tentang:
    • Nama orang yang diamati.
    • Jenis amanah yang diterima.
    • Cara dan sikap saat menerima amanah.
    • Tindakan atau sikap setelah amanah diterima.

4. Analisis

  • Diskusikan dalam kelompok tentang pengamatan yang telah dilakukan.
  • Buat kesimpulan tentang pentingnya amanah dan bagaimana sikap seseorang dapat memengaruhi pelaksanaan tugas tersebut.

5. Menulis Hasil Pengamatan

  • Tulis hasil pengamatan secara sistematis:
    • Judul
    • Pendahuluan (tujuan pengamatan)
    • Deskripsi pengamatan (cari dan ringkas dari catatan)
    • Analisis (sikap dan perilaku)
    • Kesimpulan

6. Presentasi

  • Siapkan presentasi dengan ringkasan hasil pengamatan.
  • Gunakan poin-poin kunci untuk memudahkan pemahaman.
  • Ajak anggota kelompok untuk berpartisipasi dalam presentasi.

Contoh Hasil Pengamatan:

Judul: Pengamatan Terhadap Penerimaan Amanah di Sekitar Kami

Pendahuluan: Tujuan pengamatan ini adalah untuk memahami cara orang menerima amanah dan sikap mereka setelahnya.

Pengamatan:

Subjek: Bapak Guru Matematika

  • Amanah: Menjadi ketua panitia acara sekolah.
  • Cara Menerima: Menerima dengan senyuman, mengucapkan terima kasih.
  • Sikap Setelahnya: Mengajak diskusi dengan anggota panitia dan menyusun rencana kerja.

Subjek: Ketua OSIS

  • Amanah: Memimpin rapat organisasi.
  • Cara Menerima: Menunjukkan antusiasme, berkomitmen untuk menjalankan amanah.
  • Sikap Setelahnya: Aktif mengoordinasi kegiatan dan memotivasi anggota.

Analisis: Amanah yang diterima dengan rasa tanggung jawab akan mendorong individu untuk berperforma lebih baik dan berkomitmen pada tugasnya.

Kesimpulan: Menerima amanah dengan baik dan sikap positif sangat mempengaruhi keberhasilan pelaksanaan tugas.

 

Semoga membantu kamu Azizah^^


Iklan

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

1.Bacalah kutipan drama berikut! Abah: "Kalau cari suami harus yang jelas masa depannya, jangan seperti si Kabayan!" Iteung: "Tapi Kang Kabayan mah baik nyaah sama Iteung." Abah: "Baik? Baik apanya? Kalau memang baik pasti suka ngirim uang, paling sedikit ngirim ikan kesenangan Abah. Ikan gurame!" Ambu: "Abah teh kumaha. Apa-apa selalu saja diukur pakai uang." Tokoh Iteung pada kutipan drama tersebut akan lebih menarik jika menggunakan kostum a. celana panjang dan kaos dengan rambut panjang dibiarkan terurai b. celana panjang dan kaos dengan rambut dikepang dua c. kebaya dan celana panjang dengan rambut dibiarkan terurai d. kebaya dan kain dengan rambut di kepang dua 2.Jo : "Hey, jalan yang bener dong!" (keluar dari mobil) Yuda: (tampak terkejut dan menguasai diri) "Maaf Pak." Jo: (melotot) "Maaf, maaf!" (1) Bapak: "Sudahlah Jo, dia sudah minta maaf kok, lagi pula ayah buru- buru nanti terlambat ke kantor." (cepat menyusul keluar dari mobil) Jo : "Tidak bisa, dia harus diberi pela- jaran!" (nyaris melayangkan tinju) (2) Bapak : "Sabar Jo. (melihat kasihan pada Yuda) "Kau pergilah, Nak!" Yuda : "Terima kasih, Pak!" (3) Bapak "Hey, apa yang kau bawa, Nak?" (heran) "Kamu jual lukisan?" Yuda : "lya Pak, ini lukisan kaca." (4) Bapak: "Sungguh baru kali ini aku melihat lukisan kaca, biasanya saya di rumah memajang lukisan kanvas, lukisan kertas, lukisan bulu, dan lain-lain. Tapi, lukisan ini? Ah ya berapa kamu menjual ini?" Yuda: "Yang mana Pak?" (5) Bapak: "Semuanya. Ah sudah jangan bingung, gini aja gimana kalau lukisan itu saya beli lima juta rupiah." Yuda : "Apa? Lima juta!" (6) Bapak: "Apa kurang?" Yuda : "Cu... kup, Pak." Bukti latar waktu dalam kutipan drama tersebut terdapat pada dialog nomor .... a. (1) b. (3) c. (4) d. (6) 3.Perhatikan penggalan drama berikut! "Dari mana saja kau, Badar? Hari sudah petang tapi kau baru pulang," tanya ayah sambil berkacak pinggang. Dialog tersebut diucapkan dengan nada a. keras sambil bercanda b. marah dan serius c. rendah dan penuh tanya d. penuh kasih sayang 4.Cermati kutipan bacaan berikut! "Mohammad-san inilah rumahku." Toshihiko berkata ketika kami sampai di depan sebuah rumah kayu yang sederhana. Lalu berteriak, "Ibu! Ibu! Inilah tamu yang kita tunggu. Lihatlah, seorang Indonesia yang tersesat di kebun anggur Katsunuma. Bukankah ini suatu kehormatan bagi kita?" Bacaan tersebut termasuk teks fiksi karena a. memiliki unsur tema dan tokoh b. bersifat sistematis berdasarkan fakta yang ada c. narasi dan dialog menggunakan ragam bahasa baku d. menggunakan peribahasa untuk membandingkan suatu hal 5.Perhatikan teks berikut! Perkembangan teknologi informatika dalam satu dekade terakhir mengalami lonjakan luar biasa. Munculnya internet memudahkan setiap orang mendapat akses informasi. Tidak hanya sekadar berita, melalui internet orang bisa ber- jualan, memasang iklan, menikmati musik, dan memungkinkan individu mengetahui berbagai peristiwa secara intensif. Berdasarkan wacana tersebut, istilah yang dapat dideretkan dalam indeks dengan tepat adalah a. akses-individu-informatika-informasi- teknologi b. akses-iklan-individu-intensif-internet C. iklan-individu-informasi-intensif-internet d. individu-informasi-intensif-internet-iklan 6.Perhatikan kutipan indeks berikut! Gaib 8 Ilmu Fisika 7 Ilustrasi 57 Imajinasi 59 Implikasi 54 Magnetis 65 Pengetahuan eksakta 46 Pengetahuan keras 47 Pengetahuan lunak 48 Pengetahuan non-eksakta 45 Berikut ini pernyataan yang tidak benar berdasarkan indeks tersebut adalah a. Di halaman 46, kita dapat mempelajari materi pengetahuan keras. b. Materi tentang implikasi dapat kita jumpai di halaman 54. C. Di halaman 45 kita dapat mempelajari pengetahuan non-eksakta d. Pengetahuan eksakta dapat kita pelajari di halaman 46. *kutipan teks drama berikut untuk soal nomor 7 - 9* (1) Mayor: "Berapa lama lagi aku harus menunggu? Lihat semburat matahari sudah terlihat." (sambil menggebrak meja) (2) Kopral: "Sabarlah sedikit, Pak." (3) Mayor "Jangan ditawar lagi." (4) Kopral: "Apanya, Pak?" (5) Mayor: "Kesabarannya! Sejak kemarin kesabaran saya habis. Sabar itu prinsip. Tidak bisa ditawar- tawar, ngerti?" (6) Kopral: "Kalau begitu kuralat ucapanku tadi." (7) Mayor: "Ya, tapi pertanyaanku belum Bung jawab. Berapa lama lagi? Semburat matahari sudah terlihat tu!" 7.Dialog pada kutipan teks drama tersebut yang berisi kramagung ditandai dengan nomor a. (1) b. (3) c. (4) d. (5) 8.Latar disertai bukti nomor pada kutipan drama tersebut adalah .... a.. siang hari, bukti pada dialog nomor (7) b. menjelang maghrib, bukti pada dialog nomor (5) c.pagi hari, bukti pada dialog nomor (7) d. sore hari, bukti pada dialog nomor (1) 9.Amanat yang sesuai dengan kutipan teks drama tersebut adalah .... a. Kemarahan bukanlah cara penyelesaian masalah yang bijak. b. Seorang bawahan tidak sepatutnya melawan atasan sekalipun untuk membela kebenaran. c. Kita harus lebih banyak bersabar menghadapi apa pun. d. Kita harus mengikuti keinginan atasan walaupun tidak sejalan dengannya. *kutipan drama berikut untuk soal nomor 10-13* Fikri: "Hai sobat. Lho ada apa ini? Kamu kok kelihatan sedih?" Bayu: "Enggak. Perasaan kamu saja." Fikri: "Ayolah... Aku kenal kamu dari kecil. Aku bisa tahu kamu sedih, senang, malas, atau marah? Ayo katakan padaku siapa tahu aku bisa membantu." Bayu: "Kamu ini tau aja. Hari ini hari terakhir aku harus membayar SPP. Bapakku masih di luar kota. Ibuku sakit. Aku bingung harus bagaimana." Fikri :"Kenapa harus bingung. Aku bisa membantumu." Bayu: "Maksudmu?" Fikri: "Ya... membantumu. Aku punya uang tabungan dan cukup untuk membayar SPP mu." Bayu: "Wah... enggak ... enggak ... enggak aku tidak bisa menggunakan uang tabunganmu." Fikri: "Ayolah teman... aku tulus... kapan-kapan kamu dapat mengembalikannya." 10. Tema yang digambarkan pada kutipan drama tersebut adalah a. persahabatan antara kedua orang b. tolong-menolong antarteman yang mem- butuhkan c. persahabatan yang didukung oleh kedua orang tua d. masalah ekonomi keluarga yang tak kunjung reda 11.Tokoh Fikri dalam kutipan drama tersebut memiliki watak a. rendah hati b. tinggi hati c. baik hati d. kecil hati 12. Kutipan drama suasana tersebut menceritakan a. haru b. kaget c. kecewa d. sedih 13.(sambil terpogoh-pogoh masuk kamar tamu, Naja menangis) Naja: "Bu, aku sudah tidak kuat lagi kalau begini." Ibu: "Percayalah, Nak, masalah ini akan segera teratasi. Tuhan Maha Pengatur dan Mahabaik." Naja: "Tapi kapan? Kapan? Aku bosan sudah!" Ibu: "Bersabarlah, Nak. Jika sabar, masalah akan terurai satu per satu." (sambil membelai rambut Naja dengan penuh Kesabaran). Dalam struktur teks drama, kutipan tersebut merupakan bagian .... a. orientasi b. resolusi c. komplikasi d. epilog *kutipan buku berikut untuk soal nomor 14 dan 15* Bumi adalah tempat di mana kita, manusia, dan makhluk hidup lainnya berada. Bumi sering disebut juga sebagai planet biru. Kenapa? Karena bumi kalau dilihat dari luar angkasa terlihat dengan warna dominan biru. Tahukah kamu warna biru bumi yang terlihat dari angkasa raya itu? Itu adalah lautan. Karena sekitar 70% permukaan bumi merupakan lautan yang sangat luas. Sisanya 30% merupakan daratan yang tersusun atas dataran, gunung, dan lembah. Bumi juga dikelilingi oleh lapisan atmosfer yang merupakan pelindung bumi. 14. Teks tersebut tergolong sebagai karya nonfiksi karena .... a. berisi cerita karangan manusia b. bersifat informatif dan berisi kenyataan c. berasal dari imajinasi pengarang d. memiliki makna ganda 15. Inti dari kutipan buku tersebut adalah .... a. memaparkan tentang alam dan kerusakannya b. memaparkan secara detail tentang bumi c. menggambarkan tentang jenis-jenis atmosfer d. menjelaskan jenis-jenis planet 16.Bacalah kutipan teks fiksi berikut! Kehidupan keluarga ini sangat sederhana. Ayah dan Ibu setiap hari membanting tulang di ladang, seolah-olah kepala jadi betis, betis jadi kepala demi beberapa mulut yang harus dipenuhi. Orang tua ini ikhlas bekerja dengan tanggung jawab demi keluarga dan anak-anaknya kelak supaya jadi orang. Tak ada rotan akar pun jadi, begitulah kata orang tua itu. Daya tarik cuplikan teks fiksi tersebut tampak pada..... a. konflik dalam cerita b. latar cerita c. gaya bahasa penulis d. tema cerita 17.Perhatikan cuplikan teks berikut! Perempuan memang paling rentan terhadap anemia, terutama anemia karena kekurangan zat besi. Darah memang sangat penting bagi perempuan. Hal ini terutama pada saat hamil, zat besi itu dibagi dua, yaitu bagi si ibu dan janinnya. Apabila si ibu mengalami anemia, bisa terjadi abortus, lahir prematur, dan juga kematian saat melahirkan. Bahkan, bagi janin, zat besi juga dibutuhkan, terutama juga ada kaitannya dengan kecerdasan. Topik untuk diskusi berdasarkan bacaan tersebut adalah a. manfaat zat besi bagi bayi b. kesehatan ibu dan janin C. anemia sebagai penyakit berbahaya bagi perempuan d. sebab-sebab tingginya kernatian bayi dan anak di Indonesia *indeks berikut untuk soal nomor 18 dan 19* Aliterasi, 89, 93 Amanat, 5, 70 Arbitrer, 3, 65 Artikel, 8, 90 Balada, 25, 75 Drama, 89, 99 Epilog, 34, 36, 74 Fiksi, 3, 25, 90 18. Berdasarkan indeks buku nonfiksi tersebut, kita dapat menemukan istilah epilog di halaman.... a. 3,65 b. 25,75 c. 34, 36, dan 74 d. 3, 25, dan 90 19. Berdasarkan indeks buku tersebut, saat membuka halaman 25 kita dapat menemukan kata .... a. balada dan epilog b. balada dan fiksi c. balada dan drama d. balada

12

1.0

Jawaban terverifikasi

1. Jong Minahasa merupakan organisasi kepemudaan yang berasal dari Minahasa, Sulawesi Utara. Organisasi ini bergerak dibidang a. politik dan pendidikan b. agama dan politik c. kesenian, olahraga, dan budaya d. politik, pendidikan, dan agama 2.Salah satu nilai perjuangan 1945 yang harus dihayati dan dilaksanakan oleh generasi muda adalah...... a. suka berdiskusi b. anti pada orang asing c. rela berkorban d. mempertahankan diri 3. Upaya nyata pembelaan negara bagi para pemuda Indonesia adalah.... a. memperingati sumpah pemuda b. membantu orang tua c. mempertahankan kemerdekaan d. mendirikan organisasi pemuda 4. Salah satu contoh semangat dan komitmen kebangsaan kita adalah... a. membiarkan para petinggi negara untuk berjuang sendiri b. terus berjuang dan pantang menyerah untuk membela tanah air c. melakukan demonstrasi kepada petinggi negara d. menyerahkan segala urusan bangsa pada Polri 5.Dalam rangka untuk pembelaan negara, setiap warga negara memenuhi syarat- syarat tertentu dan dilarang untuk a. mengutamakan kepentingan pribadi dengan mengorbankan negara b. menggunakan hak pribadi dalam menentukan pemilihan pekerjaan c. menolak mobilisasi pada saat negara mendapat ancaman musuh d. memilih pekerjaan yang sesuai dengan bakat dan kemampuan 6.Equality before the law mengandung makna a. hukum yang lebih rendah harus mengacu pada hukum yang lebih tinggi b. setiap warga negara memiliki persamaan kedudukan di depan hukum c. hukum menjunjung tinggi adanya perbedaan pendapat d. setiap warga Negara harus tunduk dan taat pada hukum yang berlaku 7. Tindakan bela negara yang bisa dilakukan di lingkungan negara adalah a. patuh terhadap nasihat orang tua b. menjadi anggota militer c. mengajak teman mengikuti kegiatan ekstrakurikuler d. menjaga lingkungan sekitar 8.Soetomo seorang tokoh yang penuh dedikasi, berjuang demi bangsa dan negara dengan cara yang damai dan modern. Cara yang dipakai tidak lagi melalui perjuangan fisik. Perjuangannya diubah dari yang sifatnya lokal kedaerahan menjadi terorganisasi. Dikemudian hari terbukti cukup ampuh bahwa dengan kesadaran rasa kebersamaan sebagai satu bangsa, pergerakan kebangsaan ini dapat berhasil. Peran Soetomo dalam membangun semangat dan komitmen kebangsaan adalah a. mengembangkan sifat kesukuan b. mengambangkan sifat individualisme c. mengutamakan kepentingan golongan d. mengutamakan persatuan dan kesatuan 9.Setiap warga negara memiliki hak dan kewajiban yang sama dalam rangka bela negara dan bangsa. Hal ini adalah pandangan Indonesia sebagai satu kesatuan a. wilayah b. politik c. pertahanan dan keamanan d. kesatuan ekonomi 10.Menjaga nama baik bangsa dan negara merupakan perwujudan pembelaan bang- sa dan negara yang dapat kita lihat dalam tindakan a. selalu menggunakan produk luar negeri b. selalu mengadakan wisata ke luar negeri c. berkompetisi di bidang olahraga d. mau menjadi warga negara asing 11. Wujud partisipasi siswa dalam usaha bela negara dapat dilakukan melalui a. Milsuk, Wamil, dan Organisasi Pertahanan Wilayah b. Satpam, Satgas, dan Milsuk c. Hansip, Satpam, dan preman d. PMR, PMI dan Tim SAR 12.Salah satu hal yang menjadi alasan demografis tentang pentingnya usaha pembelaan negara adalah.... a. Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia b. Indonesia terletak pada posisi silang dunia c. wilayah Indonesia sangat strategis d. Indonesia memiliki sumber daya alam yang melimpah 13. Alasan historis pentingnya usaha pembelaan negara seperti berikut, kecuali .... a. Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia b. Indonesia pernah dijajah oleh bangsa asing lebih kurang tiga setengah abad lamanya c. kemerdekaan Indonesia berkat kegigihan perjuangan seluruh rakyatnya d. sejak dahulu banyak negara yang ingin menguasai Indonesia 14. Ancaman terhadap keutuhan Negara Ke- satuan Republik Indonesia yang berasal dari luar negeri seperti berikut, kecuali a. agresi berupa penggunaan kekuatan bersenjata oleh negara lain terhadap kedaulatan negara b. pemberontakan bersenjata c. aksi teror bersenjata yang dilakukan oleh teroris internasional d. disintegrasi bangsa, melalui gerakan- gerakan separatis 15.Nilai-nilai yang terdapat dalam Pancasila, Proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945 dan UUD 1945 merupakan nilai dasar dari jiwa dan semangat 45. Nilai-nilai 45 lahir dan berkembang dalam perjuangan bangsa Indonesia dan merupakan daya dorong mental spiritual yang kuat untuk mencapai kemerdekaan adalah a. nasionalisme b. chauvinisme c. mudah menyerah d. diskriminasi 16.Generasi muda adalah generasi penerus enbangsa yang memiliki semangat, penuh rasa ingin tahu dan senantiasa menggebu- gebu untuk berjuang karena kelak. melanjutkan cita-cita bangsanya. Namun, semangat generasi muda juga dapat luntur dan hancur. Salah satu faktor penyebab lunturnya semangat kebangsaan generasi muda adalah a. munculnya rasa iri sebagian masyarakat terhadap para publik figur b. kurangnya keteladanan dari para pejabat negara di masyarakat c. tingginya semangat untuk memperlihatkan kekayaan pribadi d. rendahnya kemampuan seseorang mengendalikan keinginannya

12

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Cara Menyikat Gigi dengan Benar Meskipun dilakukan setiap hari, ternyata tidak semua orang menyikat gigi" dengan benar. Lalu, bagaimana cara menyikat gigi secara benar? Berikut ini cara menyikat gigi secara benar yang dapat kalian lakukan. Pertama, perhatikan posisi sikat gigi. Cara memegang sikat gigi adalah posisikan sikat gigi pada permukaan gigi dekat tepi gusi dengan posisi sikat agak miring membentuk sudut 45°. Jadi, posisi sikat gigi tidak seluruhnya menempel pada permukaan gigi. Kedua, perhatikan gerakan saat menyikat gigi. Sikatlah gigi dari sisi depan gigi di salah satu sisi mulut. Gerakkan sikat gigi secara melingkar berlawanan jarum jam selama 20 detik untuk setiap bagian. Gerakan ini bertujuan membersihkan plak yang terselip di celah gigi dan gusi. Setelah sisi depan, sikatlah gigi bagian belakang, sisi atas, dan sisi bawah dengan gerakan maju mundur secara perlahan. Pastikan semua permukaan gigi sudah disikat. Untuk menyikat bagian gigi seri, peganglah sikat gigi secara vertikal. Anda dapat menggunakan ujung kepala sikat gigi untuk menyikat dengan gerakan ke atas dan ke bawah. Ketiga, bersihkan lidah. Untuk membersihkan permukaan lidah dengan pembersih khusus lidah. Ada jenis sikat gigi yang dilengkapi pembersih lidah. Cara menggunakannya, letakkan alat tersebut pada bagian belakang lidah, lalu tarik hingga bagian ujung depan lidah. Ulangi beberapa kali. Keempat, bersihkan sela-sela gigi. Untuk membersihkan sela-sela gigi, gunakan benang gigi. Setelah itu, bilas sisa kotoran yang terdapat di gigi dan mulut dengan air bersih. Beberapa orang yang memiliki masalah khusus dengan mulut bisa menggunakan obat kunmr nonalkohol. Misalnya, untuk menghilangkan bau mulut. Waktu ideal untuk menggosok gigi adalah dua menit. Hindari menyikat gigi terlalu keras. Hal tersebut dapat menyebabkan gusi berdarah dan terjadi peradangan. Gesekan yang terlalu keras juga menyebabkan pengikisan lapisan pelindung gigi (enamel gigi) . Untuk memastikan apakah gigi sudah bersih atau belum, dapat menggunakan ujung lidah. Jika permukaan gigi m.li.ih terasa kasar, artinya gigi belum benar-benar bersih. Enamel gigi adalah .... A. lapisan pelindung gigi B. lapisan pelindung gusi C. sela-sela gigi D. bagian permukaan lidah

1

0.0

Jawaban terverifikasi

Sekarang kita telah memasuki tahun 1446 H tepatnya di bulan Muharram, bulan pertama yang mengawali penanganan Hijriyah. Ada yang wajib kita sadari bahwa penetapan tahun Hijriyah bukan sekedar memberikan kesan, perubahan dan tanggal. lebih daripada itu, penetapan komentum hijriyah nabi S.A.W dari Mekkah ke yatsrib yang kelak telah menjadi Madinah suatu kota yang menginspirasi, mencerahkan dan berkemajuan seakan memberikan kesan pada kita setiap. Kita melangkah kapanpun itu dan dimanapun itu umat Islam dalam petunjuk yang Allah berikan pada mereka. Kurikulum kehidupan yang dibentuk oleh Allah sempurna pasti memberikan warna-warna yang mencerahkan sehingga dapat merubah suatu yang tertinggal menjadi berkemajuan, merubah suatu yang cenderung jenuh, menjadi sesuatu yang terang dan mencerahkan, merubah suasana yang sulit menjadi lapang inilah ciri khas muslim dengan membawa tuntunan Islam. Hijriyah juga dipahami di hadis nabi S.A.W dalam meninggalkan sesuatu yang kurang baik menuju kepada setiap yang mulia, meninggalkan yang salah dan menuju yang sholeh maka segala yang dilakukan itu dinamakan Muharram, segala sikap negatif disebut Muharram hukumnya haram. Jika kita ingin menjadikan semua itu sebagai landasan dan waktu serta momentum untuk memulai meninggalkan segala yang dilarang maka, secepatnya tambah alif lam di depan Muharram yang jadinya Al Muharram (bulan pertama di tahun Hijriyah) kata Muharram yang bukan sekedar menunjukkan waktu berubah, mengganti bulan, mengganti waktunya tapi esensinya ini memberikan pelajaran yang dalam kepada kita semua. Jika kita ingin berhijrah maka mulailah meninggalkan segala sesuatu yang Allah dan rasulnya larang maka dengan itu akan terbuka peluang-peluang kebaikan yang mampu dilakukan oleh seluruh tubuh kita. tolong text tersebut dirangkum intinya

3

5.0

Jawaban terverifikasi