Hilya H

31 Maret 2024 00:10

Iklan

Iklan

Hilya H

31 Maret 2024 00:10

Pertanyaan

Kondensasi adalah


3

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Dela A

Community

31 Maret 2024 00:10

Jawaban terverifikasi

<p>Kondensasi <strong>adalah pembuatan koloid dengan memperbesar ukuran partikel.</strong></p>

Kondensasi adalah pembuatan koloid dengan memperbesar ukuran partikel.


Iklan

Iklan

Salsabila M

Community

31 Maret 2024 03:11

Jawaban terverifikasi

<p><br>Dalam kimia, istilah "kondensasi" memiliki beberapa arti tergantung pada konteks penggunaannya. Berikut adalah beberapa makna umum dari kondensasi dalam kimia:</p><p><strong>Kondensasi dalam Konteks Perubahan Fasa</strong>: Kondensasi dapat merujuk pada proses perubahan fasa dari gas menjadi cairan. Ini adalah kebalikan dari penguapan, di mana uap air atau gas lainnya kehilangan energi termal dan mengembun menjadi bentuk cair. Contoh umum kondensasi adalah pembentukan embun di pagi hari saat uap air dalam udara dingin mengembun menjadi titik-titik air di permukaan benda-benda.</p><p><strong>Kondensasi dalam Konteks Reaksi Kimia</strong>: Kondensasi juga dapat merujuk pada reaksi kimia di mana dua molekul atau lebih bergabung untuk membentuk molekul yang lebih besar, seringkali dengan pelepasan air atau senyawa lain sebagai produk sampingan. Contohnya adalah reaksi kondensasi dalam pembentukan polimer, di mana monomer-monomer bergabung untuk membentuk rantai polimer yang lebih panjang.</p><p><strong>Kondensasi dalam Konteks Reaksi Hidrolisis</strong>: Dalam konteks hidrolisis, kondensasi merujuk pada langkah dalam reaksi di mana dua molekul bergabung untuk membentuk senyawa yang lebih besar, seringkali dengan melepaskan air sebagai produk sampingan. Ini berlawanan dengan hidrolisis, di mana senyawa tersebut dipecah menjadi dua atau lebih senyawa yang lebih kecil dengan bantuan air. Contoh kondensasi dalam konteks hidrolisis adalah pembentukan ester dari asam karboksilat dan alkohol.</p>


Dalam kimia, istilah "kondensasi" memiliki beberapa arti tergantung pada konteks penggunaannya. Berikut adalah beberapa makna umum dari kondensasi dalam kimia:

Kondensasi dalam Konteks Perubahan Fasa: Kondensasi dapat merujuk pada proses perubahan fasa dari gas menjadi cairan. Ini adalah kebalikan dari penguapan, di mana uap air atau gas lainnya kehilangan energi termal dan mengembun menjadi bentuk cair. Contoh umum kondensasi adalah pembentukan embun di pagi hari saat uap air dalam udara dingin mengembun menjadi titik-titik air di permukaan benda-benda.

Kondensasi dalam Konteks Reaksi Kimia: Kondensasi juga dapat merujuk pada reaksi kimia di mana dua molekul atau lebih bergabung untuk membentuk molekul yang lebih besar, seringkali dengan pelepasan air atau senyawa lain sebagai produk sampingan. Contohnya adalah reaksi kondensasi dalam pembentukan polimer, di mana monomer-monomer bergabung untuk membentuk rantai polimer yang lebih panjang.

Kondensasi dalam Konteks Reaksi Hidrolisis: Dalam konteks hidrolisis, kondensasi merujuk pada langkah dalam reaksi di mana dua molekul bergabung untuk membentuk senyawa yang lebih besar, seringkali dengan melepaskan air sebagai produk sampingan. Ini berlawanan dengan hidrolisis, di mana senyawa tersebut dipecah menjadi dua atau lebih senyawa yang lebih kecil dengan bantuan air. Contoh kondensasi dalam konteks hidrolisis adalah pembentukan ester dari asam karboksilat dan alkohol.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

FPB dari 36 dan 42 adalah ....

5

0.0

Jawaban terverifikasi