Riz R

29 Januari 2024 23:46

Iklan

Riz R

29 Januari 2024 23:46

Pertanyaan

KOMNAS HAM menerima laporan dari masyarakat bahwa terjadi dugaan pelanggaran HAM di daerahnya, KOMNAS HAM segera menindaklanjuti laporan tersebut dengan mencari dan menemukan bukti terjadinya pelanggaran HAM dalam kasus terkait. Dengan demikian, KOMNAS HAM dapat menentukan kasus tersebut termasuk pelanggaran HAM atau bukan. Dalam kasus tersebut KOMNAS HAM berkedudukan sebagai.... A.Penuntut umum B.Tim Ad Hoc C.Penyelidik D.Penyidik E.Saksi

8 dari 10 siswa nilainya naik

dengan paket belajar pilihan

Habis dalam

01

:

19

:

01

:

11

Klaim

1

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Rizki F

29 Januari 2024 23:48

Jawaban terverifikasi

B.Tim Ad Hoc Penjelasan: Tim khusus biasanya dibentuk untuk menangani kasus-kasus khusus, misalnya dugaan pelanggaran HAM. Mereka ditugaskan untuk menyelidiki dan menganalisis insiden dengan tetap menghormati prinsip-prinsip hak asasi manusia. Terkait hal itu, Komnasham akan membentuk tim khusus untuk menyelidiki laporan pelanggaran HAM yang diterima dari masyarakat dan memastikan apakah benar terjadi pelanggaran HAM.


Iklan

Nanda R

Community

28 April 2024 13:21

<p>jawabannya adalah C.</p><p>&nbsp;</p><p>Sebagai penyelidik, KOMNAS HAM memiliki peran untuk melakukan penyelidikan terhadap dugaan pelanggaran hak asasi manusia (HAM) yang dilaporkan oleh masyarakat. Tugas utama mereka adalah untuk mengumpulkan bukti dan informasi terkait dengan kasus tersebut dengan tujuan untuk memverifikasi kebenaran laporan dan menentukan apakah terjadi pelanggaran HAM atau tidak.</p><p>Proses penyelidikan biasanya melibatkan langkah-langkah seperti wawancara dengan saksi, pengumpulan dokumen, analisis forensik, dan pemeriksaan lokasi kejadian. Tujuan dari penyelidikan ini adalah untuk mengumpulkan bukti yang cukup untuk menentukan apakah ada pelanggaran HAM yang telah terjadi.</p><p>Setelah melakukan penyelidikan, KOMNAS HAM dapat menghasilkan laporan yang berisi temuan mereka dan rekomendasi untuk langkah-langkah selanjutnya, seperti pengadilan atau tindakan lain yang sesuai dengan hukum. Sebagai lembaga independen yang bertanggung jawab atas perlindungan dan penegakan HAM, KOMNAS HAM memainkan peran penting dalam memastikan bahwa pelanggaran HAM diberantas dan keadilan ditegakkan.</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p>

jawabannya adalah C.

 

Sebagai penyelidik, KOMNAS HAM memiliki peran untuk melakukan penyelidikan terhadap dugaan pelanggaran hak asasi manusia (HAM) yang dilaporkan oleh masyarakat. Tugas utama mereka adalah untuk mengumpulkan bukti dan informasi terkait dengan kasus tersebut dengan tujuan untuk memverifikasi kebenaran laporan dan menentukan apakah terjadi pelanggaran HAM atau tidak.

Proses penyelidikan biasanya melibatkan langkah-langkah seperti wawancara dengan saksi, pengumpulan dokumen, analisis forensik, dan pemeriksaan lokasi kejadian. Tujuan dari penyelidikan ini adalah untuk mengumpulkan bukti yang cukup untuk menentukan apakah ada pelanggaran HAM yang telah terjadi.

Setelah melakukan penyelidikan, KOMNAS HAM dapat menghasilkan laporan yang berisi temuan mereka dan rekomendasi untuk langkah-langkah selanjutnya, seperti pengadilan atau tindakan lain yang sesuai dengan hukum. Sebagai lembaga independen yang bertanggung jawab atas perlindungan dan penegakan HAM, KOMNAS HAM memainkan peran penting dalam memastikan bahwa pelanggaran HAM diberantas dan keadilan ditegakkan.

 

 

 


Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Iklan