Layla A

27 Februari 2024 07:34

Iklan

Iklan

Layla A

27 Februari 2024 07:34

Pertanyaan

Kearifan lokal tujuan dan unsurnya...


8

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Miftah F

27 Februari 2024 11:36

Jawaban terverifikasi

<p><strong>Unsur-Unsur Kearifan Lokal</strong>:</p><ul><li><strong>Nilai Lokal</strong>: Kearifan lokal memuat nilai-nilai lokal yang disepakati dan dilaksanakan oleh masyarakat demi kepentingan bersama.</li><li><strong>Keterampilan Lokal</strong>: Mencerminkan kemampuan masyarakat dalam mengelola lingkungan alam dan sosialnya.</li><li><strong>Pengetahuan Lokal</strong>: Setiap masyarakat memiliki pengetahuan lokal tentang lingkungan hidupnya.</li><li><strong>Hukum Lokal</strong>: Norma-norma yang mengatur perilaku dan interaksi dalam masyarakat lokal.</li><li><strong>Kepercayaan Lokal</strong>: Keyakinan dan praktik spiritual yang khas bagi masyarakat setempat</li></ul><p>&nbsp;</p><p><strong>Fungsi Kearifan Lokal</strong></p><ul><li>Konservasi dan Pelestarian Sumber Daya Alam</li><li>Sebagai petuah kepercayaan, sastra dan pantangan&nbsp;</li><li>Sebagai sarana perwujudan etika dan moral</li><li>Sebagai sarana integrasi sosial</li><li>Sebagai sarana dalam mengembangkan kebudayaan serta ilmu pengetahuan</li></ul><p><br>&nbsp;</p>

Unsur-Unsur Kearifan Lokal:

  • Nilai Lokal: Kearifan lokal memuat nilai-nilai lokal yang disepakati dan dilaksanakan oleh masyarakat demi kepentingan bersama.
  • Keterampilan Lokal: Mencerminkan kemampuan masyarakat dalam mengelola lingkungan alam dan sosialnya.
  • Pengetahuan Lokal: Setiap masyarakat memiliki pengetahuan lokal tentang lingkungan hidupnya.
  • Hukum Lokal: Norma-norma yang mengatur perilaku dan interaksi dalam masyarakat lokal.
  • Kepercayaan Lokal: Keyakinan dan praktik spiritual yang khas bagi masyarakat setempat

 

Fungsi Kearifan Lokal

  • Konservasi dan Pelestarian Sumber Daya Alam
  • Sebagai petuah kepercayaan, sastra dan pantangan 
  • Sebagai sarana perwujudan etika dan moral
  • Sebagai sarana integrasi sosial
  • Sebagai sarana dalam mengembangkan kebudayaan serta ilmu pengetahuan


 


Iklan

Iklan

Sumber W

Silver

27 Februari 2024 17:52

Jawaban terverifikasi

<p>Kearifan lokal adalah tata nilai atau perilaku hidup masyarakat lokal secara arif dalam berinteraksi dengan lingkungannya. Kearifan lokal tidak hanya berhenti pada etika tetapi juga pada norma, tindakan, dan tingkah laku masyarakat.</p><p>Kearifan lokal memiliki sejumlah fungsi yang positif bagi masyarakat. Berikut adalah beberapa fungsi kearifan lokal tersebut:</p><p>1.&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; Berfungsi untuk konservasi dan pelestarian sumber daya alam;</p><p>2.&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; Berfungsi untuk pengembangan sumber daya manusia;</p><p>3.&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; Berfungsi untuk pengembangan kebudayaan dan ilmu pengetahuan;</p><p>4.&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; Berfungsi sebagai petuah, kepercayaan, sastra dan pantangan;</p><p>5.&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; Bermakna sosial, misalnya upacara integrasi komunal atau kekerabatan dan pada upacara pertanian;</p><p>6.&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; Bermakna etika dan moral, yang terwujud dalam upacara Ngaben dan selamatan roh;</p><p>7.&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; Bermakna politik atau hubungan kekuasaan patron-client, dsb.</p><p>&nbsp;</p><p><strong>Unsur-Unsur Kearifan Lokal</strong></p><p>Berikut adalah lima unsur yang terkandung dalam kearifan lokal.</p><p>1. <strong>Nilai Lokal</strong></p><p>Kearifan lokal memuat nilai-nilai lokal yang disepakati dan dilaksanakan oleh masyarakat demi kepentingan bersama. Salah satu contoh adalah masyarakat Jawa mempunyai tradisi Kenduri.</p><p>2. <strong>Keterampilan Lokal</strong></p><p>Kearifan lokal mencerminkan kemampuan masyarakat dalam mengelola lingkungan alam dan sosialnya. Keterampilan lokal yang dimiliki masyarakat dipengaruhi oleh kondisi geografis tempat masyarakat tersebut tinggal.</p><p>3. <strong>Pengetahuan Lokal</strong></p><p>Setiap masyarakat mempunyai pengetahuan lokal tentang lingkungan hidupnya. Pengetahuan tersebut memiliki kaitan dengan perubahan dan siklus iklim, jenis flora dan fauna, kondisi geografis, kondisi demografis, serta kondisi sosiografis.</p><p>4. <strong>Hukum Lokal</strong></p><p>Kearifan lokal memuat hukum lokal yang disepakati bersama. Hukum lokal biasanya berupa hukum adat yang cenderung tidak lepas dari unsur keagamaan.</p><p>5. <strong>Kepercayaan Lokal</strong></p><p>Kearifan lokal mengandung unsur-unsur kepercayaan lokal masyarakat. Kepercayaan lokal memiliki kaitan dengan pemahaman spiritualitas masyarakat lokal.</p>

Kearifan lokal adalah tata nilai atau perilaku hidup masyarakat lokal secara arif dalam berinteraksi dengan lingkungannya. Kearifan lokal tidak hanya berhenti pada etika tetapi juga pada norma, tindakan, dan tingkah laku masyarakat.

Kearifan lokal memiliki sejumlah fungsi yang positif bagi masyarakat. Berikut adalah beberapa fungsi kearifan lokal tersebut:

1.       Berfungsi untuk konservasi dan pelestarian sumber daya alam;

2.       Berfungsi untuk pengembangan sumber daya manusia;

3.       Berfungsi untuk pengembangan kebudayaan dan ilmu pengetahuan;

4.       Berfungsi sebagai petuah, kepercayaan, sastra dan pantangan;

5.       Bermakna sosial, misalnya upacara integrasi komunal atau kekerabatan dan pada upacara pertanian;

6.       Bermakna etika dan moral, yang terwujud dalam upacara Ngaben dan selamatan roh;

7.       Bermakna politik atau hubungan kekuasaan patron-client, dsb.

 

Unsur-Unsur Kearifan Lokal

Berikut adalah lima unsur yang terkandung dalam kearifan lokal.

1. Nilai Lokal

Kearifan lokal memuat nilai-nilai lokal yang disepakati dan dilaksanakan oleh masyarakat demi kepentingan bersama. Salah satu contoh adalah masyarakat Jawa mempunyai tradisi Kenduri.

2. Keterampilan Lokal

Kearifan lokal mencerminkan kemampuan masyarakat dalam mengelola lingkungan alam dan sosialnya. Keterampilan lokal yang dimiliki masyarakat dipengaruhi oleh kondisi geografis tempat masyarakat tersebut tinggal.

3. Pengetahuan Lokal

Setiap masyarakat mempunyai pengetahuan lokal tentang lingkungan hidupnya. Pengetahuan tersebut memiliki kaitan dengan perubahan dan siklus iklim, jenis flora dan fauna, kondisi geografis, kondisi demografis, serta kondisi sosiografis.

4. Hukum Lokal

Kearifan lokal memuat hukum lokal yang disepakati bersama. Hukum lokal biasanya berupa hukum adat yang cenderung tidak lepas dari unsur keagamaan.

5. Kepercayaan Lokal

Kearifan lokal mengandung unsur-unsur kepercayaan lokal masyarakat. Kepercayaan lokal memiliki kaitan dengan pemahaman spiritualitas masyarakat lokal.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

2. Pak Arbi selalu mengajarkan kepada anak- anaknya untuk menghormati orang yang lebih tua dan menyayangi orang yang lebih muda. Kondisi tersebut menunjukkan bahwa Pak Arbi menjalankan salah satu fungsi lembaga keluarga, yaitu fungsi.... A. Afeksi B. Proteksi C. Sosialisasi D. Pemberian status E. Pengawasan sosial

0

0.0

Jawaban terverifikasi