Fanny S

17 Februari 2024 04:02

Iklan

Fanny S

17 Februari 2024 04:02

Pertanyaan

Kapal motor (KM) Nurul Hidayah tenggelam di perairan Kepulauan Seribu, Jumat (23/12/2022). Kapal dengan gross tonnage 19 itu disebut tenggelam pada pukul 08.35 WIB setelah mengalami mati mesin dan diterjang ombak. KM Nurul Hidayah mati mesin di sekitar Pulau Laki, lalu terombang-ambing sampai mendekati Pulau Payung, sebelum akhirnya terbalik dan tenggelam. "Tadi pagi itu kapal melakukan pelayaran dari Pelabuhan Nelayan di Kronjo, Tangerang menuju ke Pulau Kelapa di Kepulauan Seribu," ungkap Fazzli Kepala Kantor SAR Jakarta. Setelah mesin mati, kapal tersebut juga diterjang ombak dan angin kencang karena cuaca yang buruk. Fazzli menerangkan, mulanya kapal itu terbalik. Tak lama setelahnya, kapal itu langsung tenggelam di perairan tersebut. "Seluruh ABK yang berjumlah enam orang itu berhasil diselamatkan oleh KM Doa Ibu, yang melakukan pelayaran dengan rute yang sama," jelas Fazzli. Setelah mengevakuasi korban tenggelam, KM Doa Ibu melanjutkan perjalanan menuju Pulau Kelapa. Seluruh awak kapal pun dinyatakan selamat tanpa ada kekurangan sedikit pun.Tuliskan kalimat yang mengandung konjungsi kausalitas berdasarkan berita di atas!

Kapal motor (KM) Nurul Hidayah tenggelam di perairan Kepulauan Seribu, Jumat (23/12/2022). Kapal dengan gross tonnage 19 itu disebut tenggelam pada pukul 08.35 WIB setelah mengalami mati mesin dan diterjang ombak. KM Nurul Hidayah mati mesin di sekitar Pulau Laki, lalu terombang-ambing sampai mendekati Pulau Payung, sebelum akhirnya terbalik dan tenggelam.

"Tadi pagi itu kapal melakukan pelayaran dari Pelabuhan Nelayan di Kronjo, Tangerang menuju ke Pulau Kelapa di Kepulauan Seribu," ungkap Fazzli Kepala Kantor SAR Jakarta.

Setelah mesin mati, kapal tersebut juga diterjang ombak dan angin kencang karena cuaca yang buruk. Fazzli menerangkan, mulanya kapal itu terbalik. Tak lama setelahnya, kapal itu langsung tenggelam di perairan tersebut.

"Seluruh ABK yang berjumlah enam orang itu berhasil diselamatkan oleh KM Doa Ibu, yang melakukan pelayaran dengan rute yang sama," jelas Fazzli.

Setelah mengevakuasi korban tenggelam, KM Doa Ibu melanjutkan perjalanan menuju Pulau Kelapa. Seluruh awak kapal pun dinyatakan selamat tanpa ada kekurangan sedikit pun.Tuliskan kalimat yang mengandung konjungsi kausalitas berdasarkan berita di atas!

8 dari 10 siswa nilainya naik

dengan paket belajar pilihan

Habis dalam

01

:

13

:

50

:

34

Klaim

8

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

MUHAMMAD N

17 Februari 2024 13:17

Jawaban terverifikasi

<p>"KM Nurul Hidayah tenggelam di perairan Kepulauan Seribu karena mengalami mati mesin dan diterjang ombak."</p>

"KM Nurul Hidayah tenggelam di perairan Kepulauan Seribu karena mengalami mati mesin dan diterjang ombak."


Iklan

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Iklan