Dika E

01 Oktober 2023 13:07

Iklan

Iklan

Dika E

01 Oktober 2023 13:07

Pertanyaan

Sebagian besar gim yang beredar saat ini sengaja didesain untuk menimbulkan efek kecanduan bagi para pemainnya. Seseorang yang kecanduan pada suatu gim akan menguntungkan pembuat gim karena pembelian peralatan, karakter, atau sejenisnya juga semakin meningkat. Namun, keuntungan yang didapatkan oleh produsen gim ini justru menimbulkan dampak yang buruk bagi kesehatan psikologis para pemainnya. Gim dapat memengaruhi kepribadian dan tutur kata seseorang. Misalnya, banyak pelajar yang ketahuan membolos sekolah hanya untuk bermain gim di warnet. Kita juga sering mendengar kasus pemain gim daring yang berusaha mencuri ID pemain lain dengan berbagai cara. Setelah itu, mereka berusaha mengambil uang atau melucuti perlengkapan yang dimiliki pemain lain. Pencurian ID ini biasanya juga berlanjut pada pencurian akun media sosial, seperti Facebook atau email. Para pemain gim juga sering terdengar berbicara kasar dan kotor. Entah fenomena ini terjadi di seluruh dunia atau hanya di Indonesia, tetapi sejauh ini, para pemain gim daring di warnet-warnet sering mengucapkan kata- kata kotor dan kasar saat bermain. Rasa asyik saat memainkan gim sering kali membuat berbagai kegiatan para pemainnya terbengkalai. Waktu beribadah, mengerjakan tugas sekolah, dan mengerjakan tugas di rumah menjadi terbengkalai karena bermain gim. Apalagi banyak gim yang terus berjalan meskipun permainan tersebut sudah dimatikan. Oleh karena itu, banyak pemain yang selalu memikirkan gim tersebut meskipun ia sedang tidak memainkannya. Tuliskan sebuah paragraf penutup untuk melengkapi teks pidato tersebut

Sebagian besar gim yang beredar saat ini sengaja didesain untuk menimbulkan

efek kecanduan bagi para pemainnya. Seseorang yang kecanduan pada suatu

gim akan menguntungkan pembuat gim karena pembelian peralatan, karakter,

atau sejenisnya juga semakin meningkat. Namun, keuntungan yang didapatkan

oleh produsen gim ini justru menimbulkan dampak yang buruk bagi kesehatan

psikologis para pemainnya.

Gim dapat memengaruhi kepribadian dan tutur kata seseorang. Misalnya, banyak pelajar yang ketahuan membolos sekolah hanya untuk bermain gim di warnet. Kita juga sering mendengar kasus pemain gim daring yang berusaha mencuri ID pemain lain dengan berbagai cara. Setelah itu, mereka berusaha mengambil uang atau melucuti perlengkapan yang dimiliki pemain lain. Pencurian ID ini biasanya juga berlanjut pada pencurian akun media sosial, seperti Facebook atau email. Para pemain gim juga sering terdengar berbicara kasar dan kotor. Entah fenomena ini terjadi di seluruh dunia atau hanya di Indonesia, tetapi sejauh ini, para pemain gim daring di warnet-warnet sering mengucapkan kata- kata kotor dan kasar saat bermain.

Rasa asyik saat memainkan gim sering kali membuat berbagai kegiatan para pemainnya terbengkalai. Waktu beribadah, mengerjakan tugas sekolah, dan mengerjakan tugas di rumah menjadi terbengkalai karena bermain gim. Apalagi banyak gim yang terus berjalan meskipun permainan tersebut sudah dimatikan. Oleh karena itu, banyak pemain yang selalu memikirkan gim tersebut meskipun ia sedang tidak memainkannya.

 

Tuliskan sebuah paragraf penutup untuk melengkapi teks pidato tersebut 


3

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Meikarlina S

Community

02 Oktober 2023 07:38

Jawaban terverifikasi

<p>Sebagai penutup, penting bagi kita semua untuk menyadari dampak negatif yang ditimbulkan oleh kecanduan gim, baik bagi kesehatan psikologis maupun kehidupan sehari-hari para pemainnya. Kita harus bijaksana dalam mengatur waktu dan batasan dalam bermain gim, serta menjaga keseimbangan antara kegiatan rekreasi dan tanggung jawab kita sebagai individu. Orang tua dan pendidik juga memiliki peran penting dalam mengawasi dan membimbing anak-anak serta remaja agar tidak terjerumus ke dalam kecanduan gim. Mari kita bersama-sama menciptakan lingkungan yang sehat dan kondusif, di mana teknologi dan gim dapat dinikmati secara bertanggung jawab, tanpa mengorbankan kualitas hidup dan kesejahteraan kita.</p>

Sebagai penutup, penting bagi kita semua untuk menyadari dampak negatif yang ditimbulkan oleh kecanduan gim, baik bagi kesehatan psikologis maupun kehidupan sehari-hari para pemainnya. Kita harus bijaksana dalam mengatur waktu dan batasan dalam bermain gim, serta menjaga keseimbangan antara kegiatan rekreasi dan tanggung jawab kita sebagai individu. Orang tua dan pendidik juga memiliki peran penting dalam mengawasi dan membimbing anak-anak serta remaja agar tidak terjerumus ke dalam kecanduan gim. Mari kita bersama-sama menciptakan lingkungan yang sehat dan kondusif, di mana teknologi dan gim dapat dinikmati secara bertanggung jawab, tanpa mengorbankan kualitas hidup dan kesejahteraan kita.


Iklan

Iklan

Kevin L

Bronze

02 Oktober 2023 08:18

Jawaban terverifikasi

Dalam rangka melihat gambaran keseluruhan, penting untuk menyadari bahwa gim, meskipun merupakan hiburan yang menyenangkan, juga memiliki potensi dampak negatif yang signifikan. Kecanduan gim dapat merusak kesehatan psikologis, mengganggu aktivitas sehari-hari, dan bahkan membawa dampak buruk pada perilaku sosial. Oleh karena itu, sangat penting bagi kita semua, terutama generasi muda, untuk menjaga keseimbangan antara bermain gim dan melaksanakan tanggung jawab serta menjalani kehidupan yang seimbang. Edukasi dan kesadaran tentang potensi risiko ini adalah langkah awal yang penting dalam memastikan bahwa kita dapat menikmati dunia permainan dengan bijaksana dan sehat secara psikologis.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Bacalah kutipan buku nonfiksi berikut! Puputan Upacara puputan atau dhautan bagi masyarakat Jawa merupakan upacara yang dilakukan dalam rangkaian upacara kelahiran seorang anak. Upacara ini dilaksanakan pada sore hari ketika tali pusar si bayi telah putus atau lepas (puput atau dhaut berarti lepas). Waktu yang diperlukan untuk penyelenggaraan puputan tidak dapat ditentukan secara pasti Hal ini bergantung kepada lama tidaknya tali pusar si bayi lepas dengan sendirinya. Tali pusar si bayi dapat putus sebelum seminggu bahkan lebih dari seminggu sejak kelahiran. Keluarga si bayi harus siap mengadakan upacara puputan jika sewaktu- waktu tali pusar tersebut putus. Upacara ini diselenggarakan dengan mengadakan kenduri atau selamatan yang dihadiri oleh kerabat dan tetangga terdekat. Sesajian (makanan) yang disediakan dalam upacara puputan, antara lain nasi gudangan yang terdiri atas nasi dengan lauk-pauk, sayur-mayur dan parutan kelapa, bubur merah, bubur putih, dan jajan pasar. Upacara puputan biasanya ditandai dengan dipasangnya sawuran (bawang merah, dlingo bengle yang dimasukkan ke ketupat), dan aneka macam duri kemarung di sudut- sudut kamar bayi. Selain sawuran dipasang juga daun nanas yang diberi warna hitam putih (bergaris-garis), daun apa-apa, awar-awar, girang, dan duri kemarung. Di halaman rumah dipasang tumbak sewu, yaitu sapu lidi yang didirikan dengan tegak. Di tempat tidur si bayi diletakkan benda-benda tajam seperti pisau dan gunting. Dalam upacara puputan dhautan terdapat makna atau lambang atau yang tersirat dalam makanan dan alat yang digunakan tersebut. Sumber: Maryani, Indonesia nan Indah: Upacara Adat, Semarang. Alprin, 2019 Buatlah rangkuman isi kutipan buku nonfiksi tersebut!

357

0.0

Jawaban terverifikasi