Chena R

04 Mei 2024 09:38

Iklan

Chena R

04 Mei 2024 09:38

Pertanyaan

Kalium klorat dibuat dengan elektrolisis KCl dalam larutan basa berdasarkan reaksi: KCl + 3H2O→ KClO3 + 3H2 Untuk membuat I mol KCl03 dibutuhkan muatan listrik sebanyak . ... A. 2 faraday D. 5 faraday B. 3 faraday E. 6 faraday C. 4 faraday

Ikuti Tryout SNBT & Menangkan E-Wallet 100rb

Habis dalam

02

:

01

:

13

:

39

Klaim

0

0


Empty Comment

Belum ada jawaban 🤔

Ayo, jadi yang pertama menjawab pertanyaan ini!

Mau jawaban yang cepat dan pasti benar?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Temukan jawabannya dari Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Larutan kalium permanganat, KMnO4 dapat mengoksidasi larutan natrium oksalat, Na2C2O4 dalam suasana asam menurut reaksi: MnO4- (aq) + C2O4^2- (aq) ––> Mn2+ (aq) + CO2 (g) Jumlah mol gas yang terbentuk untuk setiap 1 mol larutan kalium permanganat yang bereaksi adalah .... a. 2 mol b. 3 mol c. 4 mol d. 5 mol e. 10 mol

15

0.0

Jawaban terverifikasi

Pilihlah Jawaban Yang Paling Benar 1. Budi Utomo merupakan organisasi pertama di Indonesia yang perjuangannya lebih bersifat nasionalis dibandingkan organisasi organiasi perjuangan sebelumnya yang lebih bersifat kedaerahan. Pada tanggal berapa Budi Utomo itu didirikan* - 2 Mei 1908 - 20 Mei 1928 - 20 Mei 1908 - 2 Mei 1928 2. Budi Utomo mengadakan Kongres Pertama di Yogyakarta pada tanggal* - 2 Mei 1908 - 20 Mei 1908 - 5 Oktober 1908 - 28 Oktober 1908 3. Perjuangan melawan penjajah selalu mengalami kegagalan, penyebab kegagalan perjuangan melawan penjajah adalah* - bangsa Indonesia kekurangan pejuang - kuranganya persatuan dan kesatuan - penjajah terlalu banyak jumlahnya - banyak orang Indonesia yang ikut penjajah 4. Pencipta lagu Indonesia Raya adalah* - W.R. Soepratman - C. Simanjuntak - Muhammad Tabrani - M.H. Thamrin 5. Salah satu pendiri Budi Utomo adalah* - Jokowi - Bung Karno - Dr. Sutomo - Soeharto 6. Sikap positif yang perlu diwujudkan dalam rangka mengisi dan mempertahkan proklamasi Kemerdekaan RI adalah* - Semangat menantang dominasi asing dalam segala bentuk - Semangat tahan derita dan tahan uji - Semangat persatuan dan kesatuan - Semangat opportunitasi yang selalu mementingkan diri sendiri. 7. Setiap tanggal 20 Mei bagi bangsa Indonesia diperingati sebagai hari* - Sumpah pemuda - Kebangkitan nasional - Kemerdekaan Indonesia - Pendidikan Nasional 8. Bentuk penghargaan terhadap para pahlawan bangsa diwujudkan dengan cara* - diteruskan cita-citanya untuk kepentingan bangsa dan Negara - dibuat monumen atau patung pahlawan yang megah - dijadikan nama tempat yang bersejarah - diperingati setiap tahun secara meriah. 9. Contoh sikap patriotisme berbangsa dan bernegara adalah* - bersedia bertugas di daerah terpencil dengan baik - selalu mengenang jasa-jasa para pahlawan bangsa - menyumbangkan harta benda untuk pembangunan - membeli barang barang mewah 10. Persatuan dan kesatuan bangsa sangat penting bagi bangsa Indonesia, hal itu karena* - Bangsa Indonesia memiliki semboyan Bhinneka Tunggal Ika - Pengalaman sejarah Bangsa Indonesia pernah dijajah oleh bangsa barat selama 350 tahun - Dengan persatuan dan kesatuan, bangsa Indonesia akan mampu menghilangkan keanekaragaman - Dengan persatuan dan kesatuan, bangsa Indonesia akan menjadi kokoh dan kuat 11. Tujuan dari siswa yang menyanyikan lagu kebangsaan pada awal kegiatan belajar adalah untuk* - Menanamkan nasionalisme - Menanamkan kebiasaan baik - Mengenal penciptanya - Agar hafal syair lagunya 12. Apa yang telah diperjuangkan dan ditorehkan para pemuda dalam mendorong Kebangkitan Nasional 1908 akan makin berarti apabila kita sebagai generasi penerus bangsa mampu* - Bekerja keras - Bekerja cerdas - Menorehkan prestasi di berbagai bidang - Tiada mengenal putus asa 13. Pada saat ini, upaya memperingati Kebangkitan Nasional 1908 merupakan upaya kita untuk mengingat dan menjadi pendorong agar Indonesia bangkit kembali untuk membangun Indonesia yang maju dan mandiri serta* - Dapat berdiri sejajar dengan bangsa lain - Dapat mengolah kekayaan alam dengan teknologi maju - Dapat menjadi negara yang kompetitif - Dapat melawan ketidakadilan dunia 14. Rasa cinta terhadap tanah air disebut juga dengan* - Sukuisme - Nasionalisme - Imprealisme - Rasisme 15. Dari sejarah Sumpah Pemuda terdapat nilai-nilai persatuan dan kesatuan bangsa dan membuktikan bahwa ternyata berbagai perbedaan dapat disatukan. Yang tidak termasuk dalam nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Sumpah Pemuda adalah* - Cinta bangsa dan tanah air - Sikap rela berkorban - Aktualisasi diri - Bangga dengan produk luar negeri 16. Dalam peristiwa Sumpah Pemuda yang bersejarah, untuk pertama kalinya diperdengarkan lagu kebangsaan Indonesia dan dipublikasikan pertama kali pada tahun 1928 yaitu pada media cetak* - Lembaran Negara - Surat Kabar Sin Po - Berita Negara - Surat Kabar Kompas 17. Gerakan Budi Utomo yaitu sebuah organisasi pertama di Indonesia yang bersifat nasional dan berbentuk modern atau lebih jelasnya sebuah organisasi dengan sistem pengurusan yang tetap, ada anggota, tujuan dan program kerja. Organisasi Budi Utomo sendiri dibentuk oleh pelajar STOVIA yang bernama* - Moh. Hatta - Soeharto - Bung Tomo - Sutomo 18. Lahirnya organisasi kebangsaan di Indonesia mempunyai pengaruh terhadap perubahan bentuk perjuangan bangsa Indonesia yaitu* - Tidak tergantung pada satu pimpinan - Menggunakan persenjataan tradisional - Bersifat lokal kedaerahan - Kurang menggunakan siasat perjuangan diplomasi. 19. Semangat sumpah pemuda bukan hanya menggerakkan pada pemuda untuk meraih kemerdekaan, tetapi juga mempertegas jati diri bangsa Indonesia sebagai sebuah negara yang mencapai puncaknya pada...* - 28 Oktober 1945 - 20 Mei 1908 - 17 Agustus 1945 - 18 Agustus 1945 20. Sumpah pemuda merupakan intisari putusan kerapatan pemuda-pemudi Indonesia yang dikenal dengan kongres pemuda I dan kongres pemuda II melalui kongres itulah kita bisa mengenal istilah ...* - Bhineka tunggal ika berbeda-beda tetap satu jua - Sumpah Pemuda - Kebangkitan Nasional - Satu tanah air, bangsa dan bahasa 21. Awal kebangkitan semangat persatuan dan kesatuan serta nasionalisme bangsa Indonesia ditandai dengan* - Lahirnya Budi Utomo - Tumbangnya Rezim Orde Baru - Dicetuskannya Sumpah Pemuda - Proklamasi Kemerdekaan 22. Peristiwa nasional yang mampu menggerakkan persatuan dan kesatuan bangsa sehingga mewujudkan perasaan sebangsa, setanah air, dan berbahasa satu adalah* - Sumpah Pemuda - Kebangkitan Nasional - Pergerakan Nasional - Proklamasi Kemerdekaan 23. Dalam rangka menjaga keutuhan Negara Kesatuan RI demi terciptanya persatuan dan kesatuan, seluruh bangsa Indonesia hendaknya dapat menuunjung tinggi nilai-nilai persatuan. Nilai-nilai tersebut merupakan cerminan nilai Pancasila yang terdapat pada sila* - I - II - III - V 24. Sikap berani dan pantang menyerah seseorang yang ditunjukkan dengan rela berkorban untuk bangsa dan negara demi keutuhan negara disebut sebagai* - Patriotisme - Chauvenisme - Imprealisme - kolonialisme 25. Dari sekian banyak negara yang menjajah bangsa Indonesia, negara mana yang paling lama menjajah Indonesia* - Jepang - Belanda - Portugal - Inggris 26. Berdasarkan hasil Kongres Pemuda I semua organisasi kepemudaan dilebur dalam satu wadah organisasi dengan nama...* - PPM - PPI - PIR - PI 27. Sumpah Pemuda merupakan babak baru bagi perjuangan bangsa Indonesia karena hal-hal berikut ini, kecuali...* - Perjuangan menggunakan senjata meriam dan rudal - Para pemuda sadar bahwa perjuangan yang bersifat lokal adalah sia-sia - Mereka juga sadar bahwa hanya dengan persatuan dan kesatuan cita-cita kemerdekaan dapat diraih - Perjuangan yang bersifat lokal kedaerahan berubah menjadi perjuangan yang bersifat nasional 28. Organisasi Boedi Oetomo didirikan oleh para pemuda Indonesia memiliki tujuan utama...* - Membantu penduduk yang fakir dan miskin - Menjual hasil rempah rempah kepada belanda, dan keuntunganya untuk kesejahteraan penduduk - Pendidikan dan pengajaran - membantu pihak jepang untuk mengalahkan belanda 29. Hidup di jaman now yang sangat akrab dengan media sosial tentu kita sering membaca HOAX (berita palsu yang menyesatkan) bagaimana sikap anda, Sebagai pelajar yang memahami dan menerapkan nilai nilai Kebangkitan Nasional, harus bersikap* - Membiarkan saja dan ikut menyebarkan - berusaha mencari tahu kebenarannya dengan bertanya kepada guru atau orang tua - Membalas dengan membuat info lain yang menyesatkan - Berusaha menenangkan diri 30. Pengaruh sumpah pemuda 28 Oktober 1928 bagi perjuangan bangsa Indonesia adalah* - Memperkuat semangat dan tekad para pemuda untuk bersatu - Belanda bersikap lunak kepada pejuang indonesia - Mempercepat proses kemerdekaan indonesia - Para pemuda makin berani melawan penjajah 31.Berikut ini merupakan katakteristik yang dimiliki oleh budaya Indonesia, kecuali...* - hasil dari budidaya individu - merupakan kebanggan nasional - hasil dari budidaya masyarakat Indonesia yang sudah ada sebelum tahun 1945 - berasal dari budaya-budaya lokal daerah dan budaya nasional 32. Pembangunan nasional harus didasarkan pada pembangunan karakter dan semangat gotong royong. Hal tersebut merupakan contoh dari tujuan pemajuan budaya, yaitu...* - haluan pembangunan nasional - mencerdaskan kehidupan bangsa - meningkatkan kesejahteraan rakyat - melestarikan warisan budaya Indonesia 33. Dalam pemajuan budaya, hendaknya kebudayaan dilaksanakan dengan semangat kerja sama yang tulus. Hal tersebut merupakan asas.... dalam pemajuan kebudayaan.* - keberlanjutan - kelokalan - keterpaduan - gotong royong 34. Investasi kebudayaan atau pencatatan kebudayaan merupakan salah satu upaya pemajuan kebudayaan. Hasil dari pencatatan ini umumnya akan mengalami peningkatan, misalnya pada tahun 2016 tercatat ada 50 warisan budaya tak benda berupa adat istiadat dan ritual di seluruh Indonesia. Ternyata pada tahun 2018 ditemukan lebih banyak lagi yang jumlahnya mencapai 72. Oleh karena itu, dapat disimpulkan kebudayaan Indonesia makin berkembang tiap tahunnya. Hal sesuai dengan salah satu tujuan pemajuan kebudayaan nasional, yaitu...* - memperkaya keragaman budaya - mencerdaskan kehidupan bangsa - menciptakan masyrakat yang sejahtera - meningkatkan citra bangsa di mata dunia 35. Pengenalan kebudayaan tradisional Indonesia perlu dilakukan sejak dini. Hal ini penting dilakukan agar generasi muda tidak lupa dengan asalnya dan malah mengikuti kebudayaan asing dari negara lain. Uraian tersebut berkaitan erat dengan tujuan pemajuan kebudayaan nasional, yaitu...* - memperteguh jati diri bangsa - mewujudkan masyarakat madani - mencerdaskan kehidupan bangsa - memperkaya keberagaman budaya 36. Pemajuan kebudayaan Indonesia harus dilakukan dengan memperhatikan karakteristik daerahnya masing-masing. Hal ini merupakan penjabaran dari salah satu asas pemajuan kebudayaan, yaitu...* - keberagaman - kelokalan - kesederajatan - keselarasan 37. Berikut yang bukan merupakan tujuan pemajuan kebudayaan adalah...* - memperteguh jati diri bangsa - mengembangkan nilai luhur bangsa - mewujudkan masyarakat madani - menerima kebudayaan asing sebagai kebudayaan bangsa 38. Anak-anak dari SMP Ruan Raya memainkan permainan tradisional bakiak. Permainan ini melatih keseimbangan, konsentrasi serta kerja sama tim sehingga dapat memupuk karakter anak. Ilustrasi tersebut sesuai dengan tujuan pemajuan kebudayaan nasional, yaitu...* - memperkaya keragaman budaya - mencerdaskan kehidupan bangsa - meningkatkan kesejahteraan rakyat - memperteguh persatuan dan kesatuan bangsa 39. Perhatikan pernyataan berikut ini! (1) Merawat alat musik tradisional (2) Menulis penelitian seputar batik dan memublikasikannya (3) Menggelar lomba robotik (4) Menggeluti hobi fotograi Dari pernyataan tersebut, yang merupakan upaya melestarikan budaya nasional ditunjukkan oleh nomor ….* - 1 dan 2 - 1 dan 3 - 2 dan 3 - 2 dan 4 40. Setiap bangsa memiliki karakteristik budaya masing-masing, termasuk bangsa Indonesia. Hal tersebut terjadi karena adanya nilai-nilai yang mendasari kebudayaan bangsa Indonesia yang membedakannya dari - kebudayaanbangsa-bangsalain. Pernyataanyangsesuaidenganparagraf tersebut yaitu...* - budaya nasional memiliki persamaan dan perbedaan dengan budaya bangsa lain - gaya berpakaian dan berbahasa bukan merupakan bagian dari suatu budaya - budaya nasional menjadi identitas dan jati diri yang terdapat pada suatu bangsa budaya nasional dapat tersisih oleh budaya yang terdapat pada bangsa-bangsa lain

22

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Bacalah teks berikut! (1) Indonesia berinovasi dengan menciptakan Kayuh Wooden Bike, sepeda kayu listrik yang diklaim sebagai yang pertama di dunia oleh para penggagasnya. Sepeda unik ramah lingkungan berbahan dasar kayu yang menggabungkan teknologi, kultur, dan alam ini digagas oleh tiga pemuda asal Depok, Jawa Barat, yakni Didi Diarsa bersama dua rekannya, Maulidan Isbar dan Gambar T. Ardhika. (2) Dalam [... ], mereka mengaku terinspirasi oleh tiga hal, yaitu keinginan untuk memanfaatkan kayu, membangun kembali gaya hidup bersepeda, dan meminimalisir masalah kemacetan serta juga polusi khas kota besar. Didi berujar bahwa kayu yang digunakan bukan sembarangan karena diolah dari limbah pohon karet. Menurut Maulidan, pohon karet di Indonesia jumlahnya sangat banyak. Tiap tahunnya pohon karet ditebang dan ditanam kembali sehingga cukup banyak yang terbuang percuma atau sekadar dijadikan sebagai kayu bakar. Terlebih lagi, kayu pohon karet dianggap lebih tahan lama dan lebih elastis jika dibandingkan jenis kayu dari pohon lain. (3) Setelah membuat sepeda bersama rekan-rekannya sejak tahun 2014 dan mengadakan riset khusus selama delapan bulan untuk teknologi bending (pembengkokkan dan penekukan) pada frame atau rangka sepeda, Maulidan dan tim menemukan adanya daya elastisitas kayu karet yang ternyata sangat tinggi. Pasalnya, ketika kayu karet dibengkokkan, kayu karet bisa menekuk atau melipat dari ujung ke ujung. (4) Didi menjelaskan bahwa kayu sepeda juga dilapisi semacam pernis, anti rayap dan keropos karena kayunya sudah tua dan matang. Jadi, kecil kemungkinannya untuk patah. Oleh karena itu, kekuatan sepeda kayu buatannya bisa bertahan atau digunakan setidaknya hingga lima tahun. (5) Tak hanya unggul soal jenis kayu, Kayuh Wooden Bike juga menggunakan teknologi bernama sistem elektrik hybrid. Sistem ini memungkinkan pemakai sepeda bisa memilih menggunakan pedal ataupun tenaga listrik. (6) Sepeda Kayuh dibuat di kawasan Tapas, Depok, Jawa Barat. Harganya dipatok beragam mulai dari Rp3,5 juta hingga belasan juta perunit untuk model sepeda listrik. Sejak diproduksi pada tahun 2015 silam, Kayuh Wooden Bike sudah menghasilkan ratusan sepeda kayu. Pembelinya pun meluas hingga ke berbagai daerah seperti Sumatra, Kalimantan, Bali, Bandung, Jabodetabek, dan Yogyakarta. (7) Selain menggunakan perhitungan geometri yang matang agar minim risiko gagal, pembuatan sepeda ini juga sesuai standar internasional dengan menggunakan bahan-bahan alami dan nonkimia. Dengan keunikannya, tak mengherankan jika sepeda kayu diminati oleh banyak orang termasuk dari mancanegara. Pada tahun 2017 saja, sepeda ini mendapatkan pesanan untuk dikirim ke negara Spanyol, Inggris, Belanda, Australia, hingga Dubai. Dengan produksi hingga 50 unit per bulan, Didi dan Idan mengaku mampu mengantongi omzet hingga Rp200 juta sebulan. Sumber: http s://beritaga r. id/ Kata yang paling tepat untuk melengkapi titik-titik pada kalimat pertama paragraf kedua adalah .... A. menciptakan B. membuat C. pembentukannya D. prosesnya E. penciptaannya

1

0.0

Jawaban terverifikasi

Membuat Baterai dari Kentang Ada berbagai sumber listrik yang dapat diperbarui dan ramah lingkungan, misalnya kentang. Kentang adalah salah satu jenis umbi-umbian yang mengandung larutan elektrolit. Elektrolit adalah senyawa yang larutannya dapat mengalirkan arus listrik. Adanya senyawa pengantar listrik pada kentang dapat dibuktikan dengan nyalanya lampu LED (light emitting diode) ketika dihubungkan dengan kentang. Kentang dapat menjadi elektrolit karena mengandung garam dan air. Apabila garam bereaksi dengan air akan menjadi larutan garam yang mampu menghasilkan listrik atau disebut larutan elektrolit. Berikut laporan percobaan membuat baterai dari kentang. Alat dan Bahan 1. 5 buah kentang; 2. lampu LED atau bohlam kecil; 3. kabel; 4. penjepit buaya; 5. lempengan tembaga; 6. lempengan seng; 7. tembaga dan seng dapat diganti dengan isi baterai yang biasanya berwarna hitam. Langkah-Langkah Percobaan 1. Tusukkan lempengan tembaga dan seng pada kentang mentah. 2. Jepitlah kabel pada lempengan tersebut, kemudian hubungkan dengan lampu. 3. Amatilah lampu tersebut. 4. Apabila lampu belum menyala, tambahkan kentang agar arus listrik bertambah Hasil Percobaan Pada percobaan menghubungkan tiga buah kentang dengan kabel yang telah dipasang lampu LED, lampu tidak berhasil menyala. Hal tersebut disebabkan arus listrik dari tiga buah kentang tidak cukup kuat untuk menyalakan satu lampu. Namun, saat dihubungkan dengan empat buah kentang, lampu dapat menyala walaupun redup. Sementara itu, saat dihubungkan dengan lima buah kentang, lampu dapat menyala dengan terang. Jumlah Kentang: 1 Kondisi Lampu: Tidak Menyala Jumlah Kentang: 2 Kondisi Lampu: Tidak Menyala Jumlah Kentang: 3 Kondisi Lampu: Tidak Menyala Jumlah Kentang: 4 Kondisi Lampu: Menyala Redup Jumlah Kentang: 5 Kondisi Lampu: Menyala Terang Simpulan Berdasarkan percobaan yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa kentang dapat mengalirkan arus listrik karena getah kentang memengaruhi logam seng dan tembaga secara kimiawi layaknya larutan elektrolit dalam aki. · Lampu dapat menyala karena adanya arus listrik yang mengalir dari kentang. Seperti halnya baterai pada lampu senter, kentang dan lempenganlempengan tersebut juga menghasilkan arus listrik walaupun lemah. Getah pada kentang mampu memengaruhi logam seng dan tembaga secara kimiawi layaknya elektolit dalam aki. Susunan tersebut disebut elemen galvani karena orang yang pertama kali melakukan eksperimen tersebut adalah seorang dokter dari ltalia yang bernama Galvani. Meskipun kentang dapat menghasilkan arus listrik, kentang tidak dapat menghidupkan lampu tanpa adanya elektrode. Arus listrik dapat dialirkan melalui seng (katoda) dan tembaga (anoda). Meskipun baterai kentang dapat dimanfaatkan layaknya baterai biasa, baterai tersebut memiliki kelemahan. Baterai kentang hanya bisa digunakan paling lama satu hari. Apabila baterai kentang dibiarkan selama beberapa hari, kentang akan membusuk dan mengeluarkan bau tak sedap. Tuliskan tiga manfaat yang dapat kamu peroleh setelah membaca teks laporan percobaan tersebut.

70

0.0

Jawaban terverifikasi

Cermati teks laporan percobaan berikut! Uji Percobaan Kandungan *Boraks* pada Bakso Bakso adalah salah satu makanan yang banyak digemari masyarakat Indonesia. Makanan dengan bentuk bola-bola yang terbuat dari tepung dan daging ini biasanya disajikan dengan mi, gorengan, dan sayur. Teksturnya yang kenyal membuat bakso begitu disukai oleh semua kalangan. Saat ini, para penikmat bakso dibuat resah karena banyak beredar bakso yang dicampur dengan boraks. Boraks adalah zat kimia yang bukan termasuk kategori yang diperbolehkan sebagai bahan tambahan dalam makanan. Boraks umumnya digunakan dalam industri nonpangan, seperti industri kertas, gelas, keramik, kayu, dan produk antiseptik toilet. Dalam industri farmasi, boraks digunakan untuk ramuan bahan baku obat, seperti bedak, larutan kompres, obat ales mulut, semprot hidung, salep, dan pencuci mata. Bahan industri tersebut tidak boleh dikonsumsi karena beracun. Agar dapat mengetahui apakah bakso yang biasa kita konsumsi mengandung boraks atau tidak, kita dapat melakukan uji percobaan dengan mudah. Hal ini dilakukan supaya kita bisa menjaga kesehatan dan terhindar dari konsumsi zat berbahaya. Untuk menguji boraks pada bakso, alat dan bahan yang perlu kita siapkan sebagai berikut. 1. pipet tetes; 2. labu takar; 3. cawan; 4. pisau; 5. korek api; 6. bakso; 7. larutan etanol. Setelah semua alat dan bahan disiapkan, langkah-langkah yang perlu kita lakukan sebagai berikut. 1. Ambillah larutan etanol yang ada pada labu takar dengan menggunakan pipet tetes. 2. Teteskan larutan tersebut pada bakso yang ada di cawan. 3. Bakso yang telah diberi larutan etanol *dibakar* menggunakan korek *api*. 4. Tunggu beberapa saat sambil mengamati perubahan yang terjadi, baik perubahan pada bakso maupun *api* yang *membakar* bakso tersebut . 5. Catat hasil pengamatan yang dilakukan. Hasil uji kandungan boraks pada bakso dapat dilihat dalam tabel berikut. Sampel: Bakso Perlakuan Uji: Ditambahkan larutan etanol, kemudian sampel *dibakar* menggunakan korek *api* Reaksi: Sampel yang *dibakar* menimbulkan nyala *api* Hasil: + Keterangan: + = positif mengandung boraks - = tidak mengandung boraks Setelah melakukan indentifikasi boraks dengan membakar bakso yang telah diberi larutan etanol, hasilnya adalah bakso tersebut menimbulkan nyala *api* yang berwarna kehijauan. Hal tersebut membuktikan bahwa bakso tersebut mengandung boraks sehingga tidak aman untuk dikonsumsi. Berikut yang tidak termasuk langkah-langkah dari percobaan tersebut adalah..... a. Mengambil larutan etanol yang ada pada labu takar dengan menggunakan pipet tetes. b. Bakso yang telah diberi larutan etanol *dibakar* menggunakan korek *api*. c. Meneteskan larutan etanol pada bakso yang ada di cawan. d. Bakso dihaluskan menggunakan gilingan.

33

4.5

Jawaban terverifikasi