Nabila S

08 April 2024 06:32

Iklan

Iklan

Nabila S

08 April 2024 06:32

Pertanyaan

Kalau bisa sambil diberi penjelasan ya

Kalau bisa sambil diberi penjelasan ya

alt

16

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Salsabila M

Community

20 April 2024 08:18

Jawaban terverifikasi

Mematuhi peraturan dan norma-norma yang berlaku, serta menolak ajakan untuk mengganti dasar negara, menolak ajakan untuk memisahkan diri dari NKRI, dan menolak penyebaran kebencian merupakan perilaku yang sesuai dengan tugas menjaga, merawat, dan melindungi keutuhan NKRI. Berdasarkan pernyataan tentang Tujuan Wawasan Nusantara, kesatuan wilayah dalam konsep pulau-pulau yang tersebar memiliki maksud satu kesatuan wilayah yang dihubungkan oleh lautan, bukan wilayah yang terpisah antara satu sama lain. Apabila Indonesia tidak memiliki Deklarasi Djuanda, yang akan terjadi adalah siapa pun bebas masuk wilayah meski mengancam kedaulatan negara, karena Deklarasi Djuanda menetapkan laut di antara pulau-pulau sebagai penghubung antarpulau dan mengatur batas-batas wilayah negara.


Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

21 April 2024 11:15

Jawaban terverifikasi

<p>Perilaku yang sesuai dengan pernyataan tersebut adalah mematuhi aturan dan norma yang berlaku. Dengan mematuhi aturan dan norma yang berlaku, warga negara turut menjaga, merawat, dan melindungi buah NKR.</p><p>Kesatuan wilayah dalam konsep pulau-pulau yang tersebar memiliki maksud "satu kesatuan wilayah yang dihubungkan oleh lautan." Konsep ini menggambarkan bahwa meskipun wilayah Indonesia terdiri dari banyak pulau yang tersebar, namun kesemuanya dihubungkan oleh lautan, sehingga membentuk satu kesatuan wilayah.</p><p>Apabila Indonesia tidak memiliki Deklarasi Djuanda, yang akan terjadi adalah "negara Indonesia kehilangan kedaulatan atas wilayah perairannya." Deklarasi Djuanda penting karena menetapkan bahwa laut di antara pulau-pulau bukan lagi sebagai pemisah, tetapi sebagai penghubung antarpulau, yang secara efektif mengamankan kedaulatan negara atas wilayah perairannya.</p>

Perilaku yang sesuai dengan pernyataan tersebut adalah mematuhi aturan dan norma yang berlaku. Dengan mematuhi aturan dan norma yang berlaku, warga negara turut menjaga, merawat, dan melindungi buah NKR.

Kesatuan wilayah dalam konsep pulau-pulau yang tersebar memiliki maksud "satu kesatuan wilayah yang dihubungkan oleh lautan." Konsep ini menggambarkan bahwa meskipun wilayah Indonesia terdiri dari banyak pulau yang tersebar, namun kesemuanya dihubungkan oleh lautan, sehingga membentuk satu kesatuan wilayah.

Apabila Indonesia tidak memiliki Deklarasi Djuanda, yang akan terjadi adalah "negara Indonesia kehilangan kedaulatan atas wilayah perairannya." Deklarasi Djuanda penting karena menetapkan bahwa laut di antara pulau-pulau bukan lagi sebagai pemisah, tetapi sebagai penghubung antarpulau, yang secara efektif mengamankan kedaulatan negara atas wilayah perairannya.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

fungsi kuadrat adalah...

0

0.0

Jawaban terverifikasi