Umi H

30 Juli 2024 10:47

Iklan

Umi H

30 Juli 2024 10:47

Pertanyaan

Kak bantu tugas laporan 1. Menganalisis data pertumbuhan 2. Membuat grafik pertumbuhan 3. Jelaskan perbedaan pertumbuhan di tempat gelap dan terang Data sudah ku kirim kak๐Ÿ™๐Ÿ™

Kak bantu tugas laporan 

1. Menganalisis data pertumbuhan 

2. Membuat grafik pertumbuhan 

3. Jelaskan perbedaan pertumbuhan di tempat gelap dan terang 

Data sudah ku kirim kak๐Ÿ™๐Ÿ™

alt

Ikuti Tryout SNBT & Menangkan E-Wallet 100rb

Habis dalam

02

:

14

:

19

:

34

Klaim

1

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Shaira S

31 Juli 2024 13:24

Jawaban terverifikasi

<p>soal: jelaskan perbedaan pertumbuhan di tempat gelap dan terang</p><p>jawaban: Tanaman kacang hijau/kecambah yang ditanam di tempat terang memiliki masa pertumbuhan yang lebih lama dari pada yang ditanam di tempat gelap, namun lebih tahan lama karena dapat berfotosintesis menggunakan cahaya matahari yang ada di tempat terang. Sedangkan tanaman kacang hijau yang ditanam di tempat gelap lebih cepat pertumbuhannya dibandingkan yang ditanam pada tempat terang. Hal ini terjadi karena kacang hijau dipengaruhi oleh hormon auksin yang hanya akan bekerja pada tempat gelap.</p><p>&nbsp;</p><p>semoga membantu kak</p>

soal: jelaskan perbedaan pertumbuhan di tempat gelap dan terang

jawaban: Tanaman kacang hijau/kecambah yang ditanam di tempat terang memiliki masa pertumbuhan yang lebih lama dari pada yang ditanam di tempat gelap, namun lebih tahan lama karena dapat berfotosintesis menggunakan cahaya matahari yang ada di tempat terang. Sedangkan tanaman kacang hijau yang ditanam di tempat gelap lebih cepat pertumbuhannya dibandingkan yang ditanam pada tempat terang. Hal ini terjadi karena kacang hijau dipengaruhi oleh hormon auksin yang hanya akan bekerja pada tempat gelap.

 

semoga membantu kak


Iklan

Nanda R

Community

02 Agustus 2024 08:49

Jawaban terverifikasi

<p>Berikut adalah penjelasan mengenai bagian-bagian sel tumbuhan, termasuk sel <i>Rhoeo discolor</i>:</p><p>1. <strong>Membran Plasma</strong></p><ul><li><strong>Deskripsi:</strong> Lapisan tipis yang mengelilingi sel, terdiri dari lipid dan protein. Membran ini mengontrol masuk dan keluarnya zat dari dalam dan luar sel.</li></ul><p>2. <strong>Dinding Sel</strong></p><ul><li><strong>Deskripsi:</strong> Struktur kaku di luar membran plasma yang memberikan dukungan dan bentuk pada sel. Terbuat dari selulosa pada tumbuhan.</li></ul><p>3. <strong>Sitosol</strong></p><ul><li><strong>Deskripsi:</strong> Cairan kental yang mengisi ruang di dalam sel, tempat berbagai proses metabolik berlangsung.</li></ul><p>4. <strong>Kloroplas</strong></p><ul><li><strong>Deskripsi:</strong> Organela yang mengandung klorofil, berfungsi dalam fotosintesis untuk menghasilkan makanan bagi tumbuhan. Pada sel <i>Rhoeo discolor</i>, kloroplas berada di dalam sitoplasma.</li></ul><p>5. <strong>Vakuola</strong></p><ul><li><strong>Deskripsi:</strong> Kantung berisi cairan yang membantu mengatur tekanan turgor sel dan menyimpan berbagai zat seperti air, garam, dan nutrisi. Pada sel tumbuhan, vakuola biasanya besar dan pusat.</li></ul><p>6. <strong>Nukleus (Inti Sel)</strong></p><ul><li><strong>Deskripsi:</strong> Bagian sel yang mengandung materi genetik (DNA) dan mengontrol aktivitas sel. Nukleus dikelilingi oleh membran inti.</li></ul><p>7. <strong>Retikulum Endoplasma (RE)</strong></p><ul><li><strong>Deskripsi:</strong> Jaringan membran yang terhubung dengan nukleus, berfungsi dalam sintesis dan transportasi protein (RE Kasar) dan lipid (RE Halus).</li></ul><p>8. <strong>Ribosom</strong></p><ul><li><strong>Deskripsi:</strong> Struktur kecil di sitoplasma dan pada RE kasar yang bertanggung jawab untuk sintesis protein.</li></ul><p>9. <strong>Badan Golgi</strong></p><ul><li><strong>Deskripsi:</strong> Organel yang berfungsi memodifikasi, mengemas, dan mendistribusikan protein dan lipid yang dihasilkan oleh retikulum endoplasma.</li></ul><p>10. <strong>Mitokondria</strong></p><ul><li><strong>Deskripsi:</strong> Organel yang berfungsi sebagai "pembangkit tenaga" sel dengan menghasilkan ATP melalui respirasi seluler.</li></ul><p>11. <strong>Plastida</strong></p><ul><li><strong>Deskripsi:</strong> Termasuk kloroplas, plastida lain seperti amiloplas dan kromoplas juga ada di sel tumbuhan, dengan fungsi menyimpan pati atau pigmen.</li></ul><p>12. <strong>Sentrosom dan Mikrotubulus</strong></p><ul><li><strong>Deskripsi:</strong> Terlibat dalam pembentukan mikrotubulus yang membantu dalam pembagian sel.</li></ul><p>Gambar Sel Rhoeo discolor</p><p>Anda dapat mencari gambar sel <i>Rhoeo discolor</i> secara online dengan menggunakan kata kunci "sel Rhoeo discolor" atau "Tradescantia discolor cell diagram". Gambar-gambar ini akan memperlihatkan struktur dan bagian-bagian yang telah dijelaskan di atas.</p><p>Jika Anda memerlukan diagram yang spesifik atau gambar dengan keterangan, Anda dapat menggunakan sumber daya pendidikan atau buku teks biologi yang sering menyertakan gambar dan diagram sel tumbuhan dengan detail.</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>4o mini</p><p>1. Menganalisis data pertumbuhan 2. Membuat grafik pertumbuhan 3. Jelaskan perbedaan pertumbuhan di tempat gelap dan terang</p><p>&nbsp;</p><p>ChatGPT</p><p>Berikut adalah panduan untuk menganalisis data pertumbuhan, membuat grafik pertumbuhan, dan menjelaskan perbedaan pertumbuhan di tempat gelap dan terang:</p><p>1. Menganalisis Data Pertumbuhan</p><p><strong>Langkah-langkah:</strong></p><p><strong>Kumpulkan Data:</strong></p><ul><li>Pastikan Anda memiliki data yang terukur dengan baik, seperti tinggi tanaman, berat, atau parameter lain yang relevan. Data ini bisa berupa angka yang dicatat secara teratur dari waktu ke waktu.</li></ul><p><strong>Organisasi Data:</strong></p><ul><li>Susun data dalam format yang mudah dipahami, seperti tabel. Misalnya, tabel dapat mencantumkan tanggal atau waktu pengukuran dan nilai pertumbuhan.</li></ul><p><strong>Identifikasi Pola:</strong></p><ul><li>Cari pola atau tren dalam data. Apakah ada peningkatan atau penurunan yang konsisten dalam pertumbuhan? Apakah ada perbedaan antara kelompok atau perlakuan yang berbeda?</li></ul><p><strong>Statistik Deskriptif:</strong></p><ul><li>Hitung rata-rata, median, dan deviasi standar untuk memahami distribusi data.</li></ul><p><strong>Bandingkan dengan Hipotesis:</strong></p><ul><li>Bandingkan hasil analisis dengan hipotesis atau tujuan eksperimen untuk menentukan apakah hasil mendukung hipotesis atau tidak.</li></ul><p>2. Membuat Grafik Pertumbuhan</p><p><strong>Langkah-langkah:</strong></p><p><strong>Pilih Jenis Grafik:</strong></p><ul><li>Untuk data pertumbuhan, grafik garis atau grafik batang sering digunakan. Grafik garis baik untuk menunjukkan perubahan dari waktu ke waktu, sementara grafik batang bisa digunakan untuk perbandingan antar kelompok.</li></ul><p><strong>Masukkan Data ke Grafik:</strong></p><ul><li>Di sumbu x (horizontal), letakkan waktu atau parameter lain yang relevan. Di sumbu y (vertikal), letakkan data pertumbuhan seperti tinggi tanaman atau berat.</li></ul><p><strong>Label dan Judul:</strong></p><ul><li>Beri label yang jelas pada sumbu x dan y serta tambahkan judul yang menjelaskan grafik tersebut. Misalnya, "Grafik Pertumbuhan Tanaman di Tempat Terang dan Gelap."</li></ul><p><strong>Tambahkan Legenda (Jika Perlu):</strong></p><ul><li>Jika grafik menunjukkan beberapa kelompok atau perlakuan, tambahkan legenda untuk membedakan antara kelompok.</li></ul><p><strong>Analisis Grafik:</strong></p><ul><li>Tinjau grafik untuk melihat pola pertumbuhan, perbedaan antara perlakuan, dan tren yang muncul dari data.</li></ul><p>3. Jelaskan Perbedaan Pertumbuhan di Tempat Gelap dan Terang</p><p><strong>Perbedaan Pertumbuhan:</strong></p><p><strong>Tempat Terang:</strong></p><ul><li><strong>Fotosintesis:</strong> Tanaman yang ditempatkan di tempat terang dapat melakukan fotosintesis dengan efisien karena mereka mendapatkan cahaya matahari yang cukup. Fotosintesis adalah proses yang menghasilkan energi yang diperlukan untuk pertumbuhan dan pengembangan tanaman.</li><li><strong>Pertumbuhan Optimal:</strong> Tanaman biasanya menunjukkan pertumbuhan yang lebih baik, dengan daun yang lebih hijau dan ukuran tanaman yang lebih besar di tempat terang.</li><li><strong>Produksi Nutrisi:</strong> Produksi glukosa dan oksigen yang lebih banyak mendukung pertumbuhan yang lebih cepat dan sehat.</li></ul><p><strong>Tempat Gelap:</strong></p><ul><li><strong>Pembatasan Fotosintesis:</strong> Tanaman yang ditempatkan di tempat gelap tidak dapat melakukan fotosintesis dengan efektif karena kekurangan cahaya. Ini dapat menghambat produksi energi yang diperlukan untuk pertumbuhan.</li><li><strong>Pertumbuhan Terhambat:</strong> Tanaman di tempat gelap cenderung menunjukkan pertumbuhan yang lebih lambat, daun mungkin menjadi kuning, dan tanaman mungkin menjadi lebih panjang dan lebih kurus (etiolasi) saat mencari cahaya.</li><li><strong>Adaptasi:</strong> Beberapa tanaman mungkin beradaptasi dengan mengubah struktur mereka untuk memaksimalkan penyerapan cahaya, tetapi pertumbuhan mereka masih akan terbatas dibandingkan dengan tanaman yang mendapatkan cahaya yang cukup.</li></ul><p><strong>Contoh:</strong></p><ul><li><strong>Di Tempat Terang:</strong> Tanaman seperti <i>basil</i> atau <i>tomat</i> yang mendapatkan cahaya matahari penuh biasanya menunjukkan pertumbuhan yang lebih baik dibandingkan tanaman di tempat gelap.</li><li><strong>Di Tempat Gelap:</strong> Tanaman seperti <i>selada</i> atau <i>kangkung</i> yang kekurangan cahaya mungkin akan lebih kecil, dengan daun yang lebih pucat dan batang yang lebih panjang daripada tanaman di tempat terang.</li></ul>

Berikut adalah penjelasan mengenai bagian-bagian sel tumbuhan, termasuk sel Rhoeo discolor:

1. Membran Plasma

  • Deskripsi: Lapisan tipis yang mengelilingi sel, terdiri dari lipid dan protein. Membran ini mengontrol masuk dan keluarnya zat dari dalam dan luar sel.

2. Dinding Sel

  • Deskripsi: Struktur kaku di luar membran plasma yang memberikan dukungan dan bentuk pada sel. Terbuat dari selulosa pada tumbuhan.

3. Sitosol

  • Deskripsi: Cairan kental yang mengisi ruang di dalam sel, tempat berbagai proses metabolik berlangsung.

4. Kloroplas

  • Deskripsi: Organela yang mengandung klorofil, berfungsi dalam fotosintesis untuk menghasilkan makanan bagi tumbuhan. Pada sel Rhoeo discolor, kloroplas berada di dalam sitoplasma.

5. Vakuola

  • Deskripsi: Kantung berisi cairan yang membantu mengatur tekanan turgor sel dan menyimpan berbagai zat seperti air, garam, dan nutrisi. Pada sel tumbuhan, vakuola biasanya besar dan pusat.

6. Nukleus (Inti Sel)

  • Deskripsi: Bagian sel yang mengandung materi genetik (DNA) dan mengontrol aktivitas sel. Nukleus dikelilingi oleh membran inti.

7. Retikulum Endoplasma (RE)

  • Deskripsi: Jaringan membran yang terhubung dengan nukleus, berfungsi dalam sintesis dan transportasi protein (RE Kasar) dan lipid (RE Halus).

8. Ribosom

  • Deskripsi: Struktur kecil di sitoplasma dan pada RE kasar yang bertanggung jawab untuk sintesis protein.

9. Badan Golgi

  • Deskripsi: Organel yang berfungsi memodifikasi, mengemas, dan mendistribusikan protein dan lipid yang dihasilkan oleh retikulum endoplasma.

10. Mitokondria

  • Deskripsi: Organel yang berfungsi sebagai "pembangkit tenaga" sel dengan menghasilkan ATP melalui respirasi seluler.

11. Plastida

  • Deskripsi: Termasuk kloroplas, plastida lain seperti amiloplas dan kromoplas juga ada di sel tumbuhan, dengan fungsi menyimpan pati atau pigmen.

12. Sentrosom dan Mikrotubulus

  • Deskripsi: Terlibat dalam pembentukan mikrotubulus yang membantu dalam pembagian sel.

Gambar Sel Rhoeo discolor

Anda dapat mencari gambar sel Rhoeo discolor secara online dengan menggunakan kata kunci "sel Rhoeo discolor" atau "Tradescantia discolor cell diagram". Gambar-gambar ini akan memperlihatkan struktur dan bagian-bagian yang telah dijelaskan di atas.

Jika Anda memerlukan diagram yang spesifik atau gambar dengan keterangan, Anda dapat menggunakan sumber daya pendidikan atau buku teks biologi yang sering menyertakan gambar dan diagram sel tumbuhan dengan detail.

 

 

4o mini

1. Menganalisis data pertumbuhan 2. Membuat grafik pertumbuhan 3. Jelaskan perbedaan pertumbuhan di tempat gelap dan terang

 

ChatGPT

Berikut adalah panduan untuk menganalisis data pertumbuhan, membuat grafik pertumbuhan, dan menjelaskan perbedaan pertumbuhan di tempat gelap dan terang:

1. Menganalisis Data Pertumbuhan

Langkah-langkah:

Kumpulkan Data:

  • Pastikan Anda memiliki data yang terukur dengan baik, seperti tinggi tanaman, berat, atau parameter lain yang relevan. Data ini bisa berupa angka yang dicatat secara teratur dari waktu ke waktu.

Organisasi Data:

  • Susun data dalam format yang mudah dipahami, seperti tabel. Misalnya, tabel dapat mencantumkan tanggal atau waktu pengukuran dan nilai pertumbuhan.

Identifikasi Pola:

  • Cari pola atau tren dalam data. Apakah ada peningkatan atau penurunan yang konsisten dalam pertumbuhan? Apakah ada perbedaan antara kelompok atau perlakuan yang berbeda?

Statistik Deskriptif:

  • Hitung rata-rata, median, dan deviasi standar untuk memahami distribusi data.

Bandingkan dengan Hipotesis:

  • Bandingkan hasil analisis dengan hipotesis atau tujuan eksperimen untuk menentukan apakah hasil mendukung hipotesis atau tidak.

2. Membuat Grafik Pertumbuhan

Langkah-langkah:

Pilih Jenis Grafik:

  • Untuk data pertumbuhan, grafik garis atau grafik batang sering digunakan. Grafik garis baik untuk menunjukkan perubahan dari waktu ke waktu, sementara grafik batang bisa digunakan untuk perbandingan antar kelompok.

Masukkan Data ke Grafik:

  • Di sumbu x (horizontal), letakkan waktu atau parameter lain yang relevan. Di sumbu y (vertikal), letakkan data pertumbuhan seperti tinggi tanaman atau berat.

Label dan Judul:

  • Beri label yang jelas pada sumbu x dan y serta tambahkan judul yang menjelaskan grafik tersebut. Misalnya, "Grafik Pertumbuhan Tanaman di Tempat Terang dan Gelap."

Tambahkan Legenda (Jika Perlu):

  • Jika grafik menunjukkan beberapa kelompok atau perlakuan, tambahkan legenda untuk membedakan antara kelompok.

Analisis Grafik:

  • Tinjau grafik untuk melihat pola pertumbuhan, perbedaan antara perlakuan, dan tren yang muncul dari data.

3. Jelaskan Perbedaan Pertumbuhan di Tempat Gelap dan Terang

Perbedaan Pertumbuhan:

Tempat Terang:

  • Fotosintesis: Tanaman yang ditempatkan di tempat terang dapat melakukan fotosintesis dengan efisien karena mereka mendapatkan cahaya matahari yang cukup. Fotosintesis adalah proses yang menghasilkan energi yang diperlukan untuk pertumbuhan dan pengembangan tanaman.
  • Pertumbuhan Optimal: Tanaman biasanya menunjukkan pertumbuhan yang lebih baik, dengan daun yang lebih hijau dan ukuran tanaman yang lebih besar di tempat terang.
  • Produksi Nutrisi: Produksi glukosa dan oksigen yang lebih banyak mendukung pertumbuhan yang lebih cepat dan sehat.

Tempat Gelap:

  • Pembatasan Fotosintesis: Tanaman yang ditempatkan di tempat gelap tidak dapat melakukan fotosintesis dengan efektif karena kekurangan cahaya. Ini dapat menghambat produksi energi yang diperlukan untuk pertumbuhan.
  • Pertumbuhan Terhambat: Tanaman di tempat gelap cenderung menunjukkan pertumbuhan yang lebih lambat, daun mungkin menjadi kuning, dan tanaman mungkin menjadi lebih panjang dan lebih kurus (etiolasi) saat mencari cahaya.
  • Adaptasi: Beberapa tanaman mungkin beradaptasi dengan mengubah struktur mereka untuk memaksimalkan penyerapan cahaya, tetapi pertumbuhan mereka masih akan terbatas dibandingkan dengan tanaman yang mendapatkan cahaya yang cukup.

Contoh:

  • Di Tempat Terang: Tanaman seperti basil atau tomat yang mendapatkan cahaya matahari penuh biasanya menunjukkan pertumbuhan yang lebih baik dibandingkan tanaman di tempat gelap.
  • Di Tempat Gelap: Tanaman seperti selada atau kangkung yang kekurangan cahaya mungkin akan lebih kecil, dengan daun yang lebih pucat dan batang yang lebih panjang daripada tanaman di tempat terang.

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Teks 1 Salah Kelas Pagi itu, Joni nampak bahagia sekali. Di meja makan, ibunya bertanya kepada Joni. "Jon, Ibu perhatikan dari tadi kamu senyum-senyum sendiri?" "Anu, Bu, semalam ibu wali kelas membagikan jadwal tatap muka terbatas. Senang rasanya karena besok aku bisa bertemu teman-teman. Belajar daring di rumah membosankan, Bu. Apalagi kalau zoom meeting Matematika." "Memangnya kenapa kalau Matematika, Jon?" Ibu bertanya kembali. "Gurunya galak, Bu, materinya juga susah, wong diajarkan di kelas saja masih susah pahamnya, apalagi daring," jawab Joni. "Oh, begitu," Ibu menimpali. "Ya sudah, Bu. Joni pamit, ya." Joni langsung pergi sambil mencium tangan ibunya. Sekolah sudah nampak ramai. Joni berjalan sambil sesekali melihat jadwal mapel yang dibagikan wali kelasnya. Lalu, dia segera masuk kelas dan ternyata sudah ada guru di dalam kelas. "Selamat pagi, Pak. Maaf, saya terlambat." "Selamat pagi juga, Nak, silakan duduk," sahut Pak Guru. Joni langsung mencari kursi dan duduk tanpa melihat kanan kiri. Saat mengeluarkan buku catatan, Joni mengedarkan pandangannya dan langsung kaget. Semua seperti asing. Dia seperti tidak mengenali teman sekelasnya, apalagi semuanya memakai masker. Dia berusaha meyakinkan diri sendiri bahwa mereka adalah teman kelasnya. Tidak berapa lama, Joni kaget ketika melihat ke papan tulis Pak Guru sedang menjelaskan soal Matematika, padahal seingatnya jadwal pagi itu adalah Bahasa Indonesia. "Astaga, ini kan kelasku satu tahun yang lalu, ini kan kelas satu. Sekarang kan aku sudah naik kelas dua." Keringat dingin keluar di wajah Joni, lalu dia memberanikan diri menemui Pak Guru. "Maaf, Pak, karena sudah satu tahun daring, saya lupa kalau sekarang saya sudah kelas dua. Saya salah masuk kelas, Pak." Semua peserta didik pun tertawa. Dengan wajah malu, Joni keluar kelas. Teks 2 PKH Pada suatu hari, dua orang ibu rumah tangga sedang berbincang-bincang di depan rumah. Mereka sedang asyik membahas tentang bantuan pemerintah yang dinamakan PKH. Bu Tuti : Mar, aku semakin heran dengan pemerintah sekarang. Bu Marni Loh, kenapa, Bu? Ada masalah? (penasaran) Bu Tuti : Ya jelas ada. Kalau enggak ada, buat apa saya repot-repot membahas masalah ini? Bu Marni: Oalah, Bu, sempat-sempatnya memikirkan pemerintah, memangnya pemerintah memikirkan nasib kita? Bu Tuti : Jangan salah. Tuh, lihat tetangga sebelah kita. Dia dapat bantuan dari pemerintah. Setiap bulan, dia rutin mengambil sembako di warung dekat balai desa sana. Bu Marni Masa? Enggak salah, sampeyan, Bu? Dia, kan, lumayan mampu. Lihat saja, kulkas ada, mesin cuci punya, motor dua, kalau pergi perhiasannya selalu menempel di tangannya. Benar enggak salah, Bu? (sedikit tidak percaya) Bu Tuti : Nah, itu yang membuat saya bingung. Kenapa dia dapat bantuan? Padahal, kalau dipikir, dia tergolong keluarga mampu. Coba kita bandingkan dengan tetangga kita yang lain. Ada yang jauh lebih berhak mendapatkan bantuan itu sebenarnya. Bu Marni : Iya betul Bu. Ngomong-ngomong, bantuan apa yang bisa dia dapat, Bu? Bu Tuti Bu Marni: Masa kamu enggak tahu? Itu, loh, bantuan PKH. Oh, yang rumahnya ditempeli stiker "Keluarga Miskin" itu, to? Bu Tuti Nah, itu kamu tahu, Mar. (mengacungkan jempol kepada Bu Marni) Bu Marni Bu Tuti Ya tahu lah, Bu. Apa, sih, yang tidak saya ketahui? Mar, PKH itu apa, to? (penasaran) Bu Marni Program Keluarga Harapan. Bu Tuti : Harapan apa? Bu Marni Harapan biar dikasih sembako tiap bulan, ha...ha...ha... Bu Tuti : Ngawur kamu, Mar. Tulislah persamaan dan perbedaan kedua teks tersebut

18

0.0

Jawaban terverifikasi

1.Pancasila adalah fondasi sekaligus pedoman dalam penyelenggaraan negara Indonesia. Dengan demikian Pancasila berfungsi sebagai.... a. dasar negara b. idelogi negara c. pandangan hidup bangsa d. cita-cita nasional 2.Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) dibentuk oleh pemerintah pendudukan Jepang pada tanggal 1 Maret 1945 bertepatan dengan hari ulang tahun Kaisar Hirohito. Wakil ketua BPUPKI ketika itu dijabat oleh .... a. Ir. Soekarno dan Mr. Soepomo b. K.R.T Radjiman Wediodiningrat c. Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta d. Ichibangase Yosio dan Radern Pandji Soeroso 3.Ir. Soekarno mengemukakan gagasannya tentang dasar negara pada tanggal .... a. 4 Juni 1945 b. 3 Juni 1945 c. 2 Juni 1945 d. 1 Juni 1945 4."Negara Indonesia adalah negara kesatuan yang berbentuk republik". Pernyataan tersebut tercantum di dalam UUD 1945 .... a. Pasal 1 Ayat 1 b. Pasal 1 Ayat 2 c. Pasal 1 Ayat 3 d. Pasal 18 5.Pemilu pada 15 Desember 1955 dilaksanakan untuk memilih anggota.... a.MPRS b.KNIP c.DPR d.konstitusi 6.Pemilihan umum (pemilu) merupakan proses memilih orang untuk mengisi jabatan-jabatan politik tertentu mulai dari presiden, wakil rakyat dari tingkat pusat sampai daerah. Di Indonesia pemilu dilaksanakan tiap .... a. 3 tahun sekali b. 4 tahun sekali c. 5 tahun sekali d. 6 tahun sekali 7.Pemilu merupakan salah satu syarat terbentuknya pemerintahan yang .... a. bersih b. terbuka c. transparan d. demokratis 8.Perhatikan pernyataan di bawah ini ! (1) Memperlakukan peserta pemilu secara adil dan setara (2) Menyuarakan pemilu (3) Menyampaikan informasi kegiatan pemilu kepada masyarakat (4) Melaporkan penyelenggaraan pemilu Pernyataan-pernyataan di atas merupakan tugas .... a. KPU b. rakyat c. presiden d. PPS 9.Pemilu tahun 2004 dibagi menjadi tiga tahap. Tahap pertama pemilu tersebut adalah untuk memilih .... a. anggota DPR dan DPRD b. anggota KPU c. persaingan calon presiden dan wakil presiden d. partai politik 10.Indonesia merupakan negara demokrasi yang menerapkan teori trias politika, yaitu eksekutif legislatif, dan yudikatif. Pemegang kekuasaan legislatif pada tingkat pemerintah desa ialah .... a. BPD b. kepala desa c. Sekretaris desa d. perangkat desa 11.Munurut UUD 1945, BPK merupakan lembaga yang bebas dan mandiri. Anggota BPK dipilih oleh Dewan Perwakilan Rakyat dengan Memperhatikan pertimbangan Dewan Perwakilan Daerah, dan diresmikan oleh .... a. presiden b. DPR c. MPR d. MK 12.Perhatikan pernyataan berikut ini ! (1) Perlindungan konstitusional (2) Kebebasan menyatakan pendapat (3) Kebebasan untuk berserikat (4) Jaminan hak asasi manusia (5) Badan peradilan dikendalikan pemerintah Prinsip-prinsip demokrasi ditunjukkan oleh nomor .... a. (1), (2), (3), (4), dan (5) b. (1), (2), (3), dan (4) c. (1), (2), dan (3) d. (1), dan (2) 13.Tiap negara memiliki sistem untuk menjalankan kehidupan pemerintahannya. Sistem tersebut adalah sistem pemerintahan. Ada beberapa macam sistem pemerintahan si dunia ini. Saat ini, Indonesia menganut sistem pemerintahan .... a. sosialisasi b. komunis c. Presidensial d. parlementer 14.Dalam penyelenggaraan urusan pemerintahan, khusus nya pemerintahan daerah, sangat berhubungan erat dengan beberapa asas dalam pemerintahan suatu negara. Asas-asas yang dimaksud adalah .... a. desentralisasi, dekonsentrasi, dan tugas pembantuan b. desentralisasi, konsentrasi, dan tugas pembantuan c. desentralisasi, dekonsentrasi, dan tugas utama d. desentralisasi, dekonsentrasi, dan sentralisasi 15.Bacalah pernyataan-pernyataan berikut ini ! (1) Melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia (2) Memajukan kesejahteraan umum (3) Mencerdaskan kehidupan bangsa (4) Menciptakan masyarakat yang jujur dan adil (5) Ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial. Tujuan nasional bangsa Indonesia tercantum pada nomor .... a. (1), (2), (3), (4), dan (5) b. (1), (2), (3), dan (4) c. (1), (2), (3), dan (5) d. (1), (2), dan (3) 16.Anggota komisi Yudisial di angkat diberhentikan oleh .... a. presiden dan para menteri b. presiden dengan persetujuan DPR RI c. DPR RI dan MPR d. Mahkamah Agung 17.Lembaga tinggi negeri ini menurut UUD 45 sebelum diamandemen memiliki fungsi memberi masukan atau pertimbangan kepada presiden. Lembaga tinggi negara ini juga berkewajiban memberi jawaban atas pertanyaan presiden dan berhak mengajukan usul kepada pemerintah. Namun sekarang, lembaga tinggi negara ini sudah dihapuskan. Lembaga yang dimaksudkan adalah .... a. Dewan Pertimbangan Daerah b. Dewan Pertimbangan Agung c. Mahkamah Konstitusi d. Mahkamah Agung 18.Memantau dan mengevaluasi penyelenggaraan pemerintahan kabupaten dan atau kota bagi kepala daerah atau provinsi. Pernyataan ini merupakan tugas dan wewenang .... a. presiden b. kepala daerah c. wakil presiden d. wakil kepala daerah 19.Fungsi anggaran yang dijalankan oleh DPR ditunjukkan oleh .... a. Kekuasaan dalam membentuk UU b. mengesahkan rancangan APBN yang telah diajukan oleh presiden c. mengawasi jalannya pemerintahan d. menindak pelaku kejahatan 20.Basis daerah pemilihan anggota DPD adalah provinsi. Tiap provinsi diwakili oleh perwakilan DPD, yang terdiri dari .... a. 2 anggota b. 3 anggota c. 5 anggota d. 4 anggota

20

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Sahabat yang Tergadai Rina dan Maya telah bersahabat sejak kecil. Mereka tinggal di kompleks perumahan yang sama, duduk di bangku sekolah yang sama, bahkan berbagi mimpi untuk bisa terus bersama hingga dewasa. Setiap sore, Rina selalu datang ke rumah Maya untuk bermain atau sekadar mengerjakan PR bersama. Rumah Maya terasa hangat dan nyaman, penuh dengan canda tawa dan rasa kekeluargaan. Maya adalah teman yang selalu mendukung Rina dalam segala hal, tak peduli apa yang terjadi. Namun, suatu hari segalanya berubah. Ayah Maya, yang sebelumnya memiliki usaha sukses, mengalami kebangkrutan. Usahanya gulung tikar setelah dihadapkan pada masalah keuangan yang tak terduga. Keluarga Maya terpaksa menjual rumah mereka dan pindah ke sebuah rumah kontrakan kecil di pinggiran kota. Maya tak lagi bisa mengenakan seragam baru yang biasa mereka beli bersama di awal tahun ajaran. Kini, pakaian Maya tampak kusam, dan sepatu yang dia kenakan mulai berlubang di ujungnya. Pada awalnya, Rina tetap berteman dengan Maya seperti biasa. Mereka masih bertemu di sekolah, dan Rina sesekali mengundang Maya ke rumahnya. Namun, Rina mulai mendengar bisik-bisik dari teman-teman lainnya. "Kenapa masih berteman dengan Maya? Keluarganya sudah jatuh miskin. Nanti kamu jadi terlihat seperti dia." Salah seorang teman di kelas berkata dengan nada mengejek. Bisikan-bisikan itu semakin keras, bahkan beberapa di antaranya terang-terangan menertawakan Maya di depan Rina. Rina merasa tersudut. Di satu sisi, dia merasa bersalah kepada Maya, sahabatnya sejak kecil, yang tidak pernah memintanya apa-apa kecuali persahabatan tulus. Namun di sisi lain, dia merasa takut dijauhi oleh teman-teman lain yang mulai memandang rendah Maya. Rina mulai menjaga jarak. Suatu sore, Maya mendatangi Rina. "Kenapa kamu menjauh? Aku merindukanmu, Rina," Maya bertanya dengan mata yang penuh harap, mencoba mencari jawaban atas perubahan sikap sahabatnya. Rina menghindari tatapan Maya, menunduk dan berpura-pura sibuk dengan bukunya. "Aku sibuk sekarang, banyak tugas. Maaf, Maya." Maya terdiam. Hatinya hancur. Dia tahu apa yang sebenarnya terjadi, tapi dia berharap itu tidak benar. Namun, kenyataannya terlalu menyakitkan untuk diabaikan. Sejak itu Maya tak pernah lagi mengajak Rina berbicara. Mereka masih bertemu di sekolah, tetapi Maya belajar untuk menahan diri dari rasa sakit ditinggalkan. Waktu berlalu, dan pertemanan mereka tergerus oleh jarak yang diciptakan Rina. Suatu hari, sekolah mengadakan reuni kecil bagi siswa-siswa angkatan mereka. Maya, yang sekarang telah menemukan jalan hidupnya sendiri, datang dengan percaya diri. Dia tak lagi terjebak dalam bayang-bayang masa lalu. Rina melihat Maya dari jauh, merasa tertampar oleh keberadaan sahabatnya yang dulu. Maya telah tumbuh menjadi sosok yang mandiri dan sukses, meski tanpa dirinya. Rina mendekat dengan perasaan bersalah. "Maya... maafkan aku." Maya menatapnya, senyumnya tenang. "Rina, aku sudah memaafkanmu sejak lama. Aku hanya belajar bahwa tidak semua hal bisa kita pertahankan, bahkan persahabatan. Kadang, orang berubah, dan itu tidak apa-apa. Yang penting, kita tetap berdiri dan melanjutkan hidup." Rina menahan air matanya. Pada saat itu, dia menyadari bahwa dia telah kehilangan lebih dari sekadar seorang sahabat. Dia telah kehilangan kesempatan untuk setia pada seseorang yang benar-benar berarti dalam hidupnya. Tapi, waktu tak bisa diputar kembali. Rina hanya bisa menerima kenyataan bahwa persahabatan mereka telah tergadai oleh ketakutan dan gengsi. Maya pun berbalik dan melangkah pergi, meninggalkan Rina dalam kesunyian yang menyesakkan. Ubahlah cerpen tersebut menjadi sebuah adegan 1, adegan 2, adegan 3, dan adegan 4

5

0.0

Jawaban terverifikasi