Anji V

15 April 2022 04:41

Iklan

Iklan

Anji V

15 April 2022 04:41

Pertanyaan

Judul buku: Studi Melayu Subjudul: Kesaksian Perempuan Melayu di Antara Dua Dunia Penulis: Yusmar Yusuf Gemuruh reformasi dan otonomi daerah yang berlangsung setelah kejatuhan Soeharto berdampak luas terhadap sendi-sendi kehidupan: sosial-politik, ekonomi, dan kebudayaan. Khusus dalam gerakan kebudayaan dan politik identitas yang dipersepsikan oieh perempuan Melayu di Riau memberi makna tersendiri tentang kedudukan mereka di dalam keindonesiaan dan di kemelayuan. Di satu sisi, mereka mengalami fase-fase dilematis dalam menentukan identitas kultural sebagai perempuan. Perjalanan panjang peradaban menempatkan perempuan dalam posisi lemah, tetapi secara pasif telah terperangkap pada persoalan peran danidentitas yang selama ini dikonstruksi berdasarkan desain hesar lelaki. Riau sebagai satu entitas kebudayaan meletakkan dirinya sebagai episentrum kebudayaan Melayu di Indonesia bahkan di Asia Tenggara apabila merujuk pada visi Provinsi Riau (Visi Riau 2020). Di sini, hendak dinukil perjalanan panjang peradaban dan kebudayaan Melayu yang meletakkan perempuan berada padaposisi penting dalam kebudayaan dan politik. Selain itu, peran perempuan juga ada dalam seluruh ruang, baik kehidupan domestik maupun kehidupan karier. 1. Buku tersebut dapat digolongkan sebagai buku .... A. fiksi B. ilmiah C. imajinatif D. sastra Melayu E. sastra baru


22

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

A. Yuliati

Mahasiswa/Alumni STKIP PGRI PASURUAN

02 Agustus 2022 02:51

Jawaban terverifikasi

Jawaban untuk soal ini adalah B. Buku ilmiah atau buku nonfiksi adalah buku yang berisi hasil dari penelitian terlebih dahulu. Ciri-ciri buku ilmiah adalah sebagai berikut. 1. Berdasarkan hasil penelitian. 2. Menggunakan bahasa baku 3. Informatif. 4. Sistematis. Berdasarkan uraian di atas, buku tersebut termasuk digolongkan sebagai buku ilmiah karena berdasarkan data dan penelitian, dibuktikan pada kutipan "Riau sebagai satu entitas kebudayaan meletakkan dirinya sebagai episentrum kebudayaan Melayu di Indonesia bahkan di Asia Tenggara apabila merujuk pada visi Provinsi Riau (Visi Riau 2020)". Jadi, jawaban yang tepat adalah B.


Iklan

Iklan

Elisabeth T

31 Oktober 2023 11:07

Kelemahan teks tersebut adalah


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

(1) Kisah pembuatan film biasanya melewati proses yang panjang dan rumit. (2) Ide membuat film dan cerita datang dari Castle Production yang bergerak di bidang film animasi ini sangat bermanfaat. (3) Castle cukup berhasil bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk menyaring siswa SMK yang memiliki kemampuan untuk membuat gambar. (4) Dari seleksi gambar animasi kiriman siswa, Castle memilih lima puluh siswa SMK, tiga di antaranya perempuan, untuk mengikuti pelatihan menggambar animasi lalu memproduksi film animasi. (5) Untuk keperluan itu, Castle mengerahkan animator profesional seperti Boy Wahyudi dan Dony Moersito untuk mengajar mereka. Kalimat utama paragraf tersebut terletak pada kalimat nomor ... A. (1) D. (4) B. (2) E. (5) C. (3)

985

5.0

Jawaban terverifikasi