Naomi N

11 Juni 2024 14:42

Iklan

Iklan

Naomi N

11 Juni 2024 14:42

Pertanyaan

Jika waktu tempuh dari titik E ke titik F adalah 6 sekon, maka cepat rambat gelombang di atas adalah.... A. 20 m/s B. 15 m/s C. 10 m/s D. 5 m/s


17

2


Iklan

Iklan

Zhara G

12 Juni 2024 12:06

Mana panjang tali nya??


Iklan

Iklan

Daniel N

19 Juni 2024 11:57

<p>Untuk mencari cepat rambat gelombang, kita dapat menggunakan rumus:</p><p>\[ v = \frac{d}{t} \]</p><p>dengan:<br>- \( v \) = cepat rambat gelombang,<br>- \( d \) = jarak yang dilalui gelombang,<br>- \( t \) = waktu tempuh.</p><p>Dari soal, diketahui waktu tempuh (\( t \)) dari titik E ke titik F adalah 6 sekon. Kita perlu mengetahui jarak (\( d \)) yang dilalui gelombang.</p><p>Namun, jika kita berasumsi bahwa gelombang yang dimaksud adalah gelombang elektromagnetik seperti cahaya, kita dapat menggunakan kecepatan cahaya dalam vakum sebagai jarak yang dilalui dalam waktu tersebut. Kecepatan cahaya dalam vakum adalah \( 3 \times 10^8 \) meter per detik atau 300,000,000 m/s.</p><p>Jika waktu tempuh gelombang dari E ke F adalah 6 sekon, maka jarak yang dilalui gelombang adalah:</p><p>\[ d = v \cdot t = 300,000,000 \ \text{m/s} \times 6 \ \text{s} = 1,800,000,000 \ \text{meter} \]</p><p>Namun, opsi yang diberikan dalam soal adalah dalam satuan meter per detik (m/s), bukan dalam angka absolut seperti dalam kasus kecepatan cahaya. Oleh karena itu, jika kita harus memilih dari opsi yang diberikan, kita perlu memperkirakan kecepatan gelombang tersebut.</p><p>Dari pilihan yang ada (20 m/s, 15 m/s, 10 m/s, 5 m/s), kita dapat mencoba membandingkan dengan estimasi kecepatan gelombang elektromagnetik lainnya seperti kecepatan suara di udara (sekitar 343 m/s pada suhu 20°C).</p><p>Dalam konteks ini, jika kita asumsikan gelombang yang kita bicarakan adalah gelombang suara dan waktu tempuhnya adalah 6 detik, maka kecepatan suara dapat dihitung dengan:</p><p>\[ v = \frac{d}{t} = \frac{d}{6} \]</p><p>Kita tidak memiliki nilai pasti untuk \( d \), tetapi dari pilihan yang diberikan, kecepatan gelombang suara pada suhu 20°C sekitar 343 m/s. Dari opsi yang diberikan (20 m/s, 15 m/s, 10 m/s, 5 m/s), yang paling dekat dengan kecepatan suara adalah 20 m/s.</p><p>Jadi, berdasarkan perkiraan bahwa gelombang mungkin adalah gelombang suara dan mempertimbangkan opsi yang ada, jawaban yang paling mendekati adalah:</p><p>A. 20 m/s Moga membantu kamu ya Naomi &lt;3</p>

Untuk mencari cepat rambat gelombang, kita dapat menggunakan rumus:

\[ v = \frac{d}{t} \]

dengan:
- \( v \) = cepat rambat gelombang,
- \( d \) = jarak yang dilalui gelombang,
- \( t \) = waktu tempuh.

Dari soal, diketahui waktu tempuh (\( t \)) dari titik E ke titik F adalah 6 sekon. Kita perlu mengetahui jarak (\( d \)) yang dilalui gelombang.

Namun, jika kita berasumsi bahwa gelombang yang dimaksud adalah gelombang elektromagnetik seperti cahaya, kita dapat menggunakan kecepatan cahaya dalam vakum sebagai jarak yang dilalui dalam waktu tersebut. Kecepatan cahaya dalam vakum adalah \( 3 \times 10^8 \) meter per detik atau 300,000,000 m/s.

Jika waktu tempuh gelombang dari E ke F adalah 6 sekon, maka jarak yang dilalui gelombang adalah:

\[ d = v \cdot t = 300,000,000 \ \text{m/s} \times 6 \ \text{s} = 1,800,000,000 \ \text{meter} \]

Namun, opsi yang diberikan dalam soal adalah dalam satuan meter per detik (m/s), bukan dalam angka absolut seperti dalam kasus kecepatan cahaya. Oleh karena itu, jika kita harus memilih dari opsi yang diberikan, kita perlu memperkirakan kecepatan gelombang tersebut.

Dari pilihan yang ada (20 m/s, 15 m/s, 10 m/s, 5 m/s), kita dapat mencoba membandingkan dengan estimasi kecepatan gelombang elektromagnetik lainnya seperti kecepatan suara di udara (sekitar 343 m/s pada suhu 20°C).

Dalam konteks ini, jika kita asumsikan gelombang yang kita bicarakan adalah gelombang suara dan waktu tempuhnya adalah 6 detik, maka kecepatan suara dapat dihitung dengan:

\[ v = \frac{d}{t} = \frac{d}{6} \]

Kita tidak memiliki nilai pasti untuk \( d \), tetapi dari pilihan yang diberikan, kecepatan gelombang suara pada suhu 20°C sekitar 343 m/s. Dari opsi yang diberikan (20 m/s, 15 m/s, 10 m/s, 5 m/s), yang paling dekat dengan kecepatan suara adalah 20 m/s.

Jadi, berdasarkan perkiraan bahwa gelombang mungkin adalah gelombang suara dan mempertimbangkan opsi yang ada, jawaban yang paling mendekati adalah:

A. 20 m/s Moga membantu kamu ya Naomi <3


Mau jawaban yang terverifikasi?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Kihajar STEM Paket 3Tahun 2021 A-ASebuah + 6 Pesawat terbang dapat mengudara karena beberapa teknologinya, salah satunya adalah mesin jet. Akan tetapi, saat mengudara pengaruh dari udara di sekitar pesawat pun mempengaruhi gerak dari pesawat tersebut. Oleh karena itu, konstruksi pesawat dibuat supaya dapat dikondisikan dengan posisi aliran saat terbang atau akan mendarat sesuai dengan kondisi aliran udara yang berada di atas sayap pesawat dan di bawah pesawat. Kondisi saat sayap pesawat pada posisi (b) yaitu . A. Kondisi saat terbang konstan B. Kondisi saat akan mendarat C. Kondisi saat akan lepas landas D. Kondisi saat darurat Bahasa Indonesia: E. Kondisi saat pesawat akan berbelok

116

0.0

Jawaban terverifikasi