Cantika W

12 Juni 2022 12:16

Iklan

Iklan

Cantika W

12 Juni 2022 12:16

Pertanyaan

Jika anda adalah salah satu tim dalam rangka pengembangan suatu usaha. Hal apa saja yang perlu dipersiapkan mulai dari perencanaan dan implementasi rencana pengembangan usaha tersebut?


17

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

N. Tanggara

Mahasiswa/Alumni Universitas Atma Jaya Yogyakarta

13 Juni 2022 01:33

Jawaban terverifikasi

Jawabannya adalah membuat deskripsi usaha, melakukan riset pasar, menyusun strategi pemasaran, membuat rencana manajemen dan operasional, menjalankan proses produksi, melakukan pemantauan dan evaluasi, serta melakukan rencana pengembangan usaha. Langkah-langkah pengembangan suatu usaha adalah sebagai berikut: 1. Membuat deskripsi usaha: Langkah awal yang harus disiapkan adalah ide atau gambaran terkait deskripsi dari usaha yang akan dijalankan. 2. Melakukan riset pasar: Setelah menetapkan usaha yang ingin dijalankan, maka perlu dilakukan riset pasar. Tujuannya untuk mengetahui selera dan target konsumen, sehingga membuat produk atau jasa yang ditawarkan bisa memiliki target konsumen yang jelas. 3. Menyusun strategi pemasaran: Strategi pemasaran dilakukan dengan mempelajari kelebihan dan kekurangan produk kompetitor serta mempelajari hasil target pasar. 4. Membuat rencana manajemen dan operasional: Rencana manajemen penting untuk keberlangsungan usaha. Hal ini meliputi penentuan bahan baku, sistem produksi, tugas dan tanggung jawab pihak manajemen dan karyawan, serta penyusunan anggaran dan modal. 5. Menjalankan proses produksi: Langkah selanjutnya adalah menerapkannya pada proses produksi, kemudian meluncurkan produk tersebut ke konsumen. 6. Pemantauan dan evaluasi: Memantau produk yang sudah didistribusikan dan mengevaluasi produk untuk melihat seberapa diterima produk itu di pasar. 7. Melakukan rencana pengembangan usaha: Apabila dari hasil evaluasi didapatkan hasil bahwa konsumen dapat menerima produk tersebut dengan baik, maka dapat dilakukan rencana pengembangan usaha. Contohnya menambah variasi produk, menambah jaringan penjualan, dsb. Yang perlu dipersiapkan mulai lagi dari poin 2-6. Jadi, jawabannya adalah membuat deskripsi usaha, melakukan riset pasar, menyusun strategi pemasaran, membuat rencana manajemen dan operasional, menjalankan proses produksi, melakukan pemantauan dan evaluasi, serta melakukan rencana pengembangan usaha.


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

35. Salah satu tujuan promosi diantaranya... A Membuat pemilik usaha menjadi terkenal B. Memperbanyak reseller C. Untuk menyebarkan informasi produk kepada masyarakat D. Untuk mengetahui konsumen E. Untuk mengetahui pesaing

196

0.0

Jawaban terverifikasi