Imtikhana N

27 Februari 2022 23:46

Iklan

Iklan

Imtikhana N

27 Februari 2022 23:46

Pertanyaan

Jika 2a mol timah(II) direaksikan dengan larutan 2a mol ion besi (III), terbentuk larutan ion timah (IV) dan besi (II). Jika reaksi berlangsung sempurna, pernyataan berikut yang tidak benar adalah ... A. Ion besi (II) yang terbentuk sebanyak 2a mol B. Tersisa ion timah(II) sebanyak a mol C. Ion timah(II) dan besi (III) habis bereaksi D. Ion timah (IV) yang terbentuk sebanyak a mol E. Ion yang menjadi pereaksi pembatas adalah besi (III)


1

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

A. Faishal

16 Maret 2022 23:18

Jawaban terverifikasi

Halo Imtikhana, saya bantu jawab ya. Jawaban yang tepat dari soal adalah B. Tersisa ion timah(II) sebanyak a mol Pertama, kita samakan muatan ruas kanan dan kiri, menjadi Sn2++2Fe3+ → Sn4+ + 2Fe2+ Masukkan mol dalam persamaan reaksi: Sn2+ + 2Fe3+ → Sn4+ + 2Fe2+ Mol awal : 2a 2a - - Mol reaksi: a 2a a 2a Mol sisa : a - a 2a Dari persamaan reaksi bisa kita dapatkan: 1. ion timah(II) yang tersisa sebesar a mol 2. Tidak tersisa ion besi(III), artinya ion besi(III) bertindak sebagai pereaksi pembatas 3. Ion timah(IV) yang terbentuk sebesar a mol 4. Ion besi(II) yang terbentuk sebesar 2a mol Jadi, jawaban yang benar dari pertanyaan di atas adalah B. Tersisa ion timah(II) sebanyak a mol. Semoga membantu ya.


Iklan

Iklan

A. Faishal

09 Maret 2022 00:35

Halo Imtikhana, saya bantu jawab ya. Jawaban yang tepat dari soal adalah C. Ion timah(II) dan besi(III) habis bereaksi. Pertama, kita samakan muatan ruas kanan dan kiri, menjadi Sn2++2Fe3+ → Sn4+ + 2Fe2+ Masukkan mol dalam persamaan reaksi: Sn2+ + 2Fe3+ → Sn4+ + 2Fe2+ Mol awal : 2a 2a - - Mol reaksi: a 2a a 2a Mol sisa : a - a 2a Dari persamaan reaksi bisa kita dapatkan: 1. ion timah(II) yang tersisa sebesar a mol 2. Tidak tersisa ion besi(III), artinya ion besi(III) bertindak sebagai pereaksi pembatas 3. Ion timah(IV) yang terbentuk sebesar a mol 4. Ion besi(II) yang terbentuk sebesar 2a mol Jadi, jawaban yang benar dari pertanyaan di atas adalah C. Ion timah(II) dan besi(III) habis bereaksi. Semoga membantu ya.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

tuliskan struktur isomer cis dan trans dari 2-pentena

5

0.0

Jawaban terverifikasi