Cheryl F

25 Januari 2023 12:01

Iklan

Iklan

Cheryl F

25 Januari 2023 12:01

Pertanyaan

jelaskan tahapan melakukan pola langkah dasar dalam senam lantai


30

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Meanazwa M

28 Januari 2023 06:35

Jawaban terverifikasi

<p>Tahapan melakukan pola langkah dasar dalam senam lantai meliputi:</p><p>1.&nbsp;&nbsp;&nbsp; Pemanasan: Tahap pemanasan dilakukan untuk menyiapkan tubuh agar siap melakukan gerakan senam. Pemanasan dapat dilakukan dengan berjalan di tempat, melakukan gerakan-gerakan ringan, atau mengikuti gerakan senam yang sederhana.</p><p>2.&nbsp;&nbsp;&nbsp; Latihan peregangan: Tahap ini dilakukan untuk meregangkan otot-otot tubuh, khususnya otot-otot yang digunakan dalam senam lantai. Peregangan dapat dilakukan dengan gerakan-gerakan yang sederhana dan dapat dilakukan secara perlahan.</p><p>3.&nbsp;&nbsp;&nbsp; Langkah dasar: Tahap ini dilakukan untuk mempelajari langkah dasar senam lantai seperti plie, tendu, degage, dan ronde. Langkah dasar ini akan digunakan dalam gerakan-gerakan senam yang lebih kompleks.</p><p>4.&nbsp;&nbsp;&nbsp; Gerakan kompleks: Setelah mempelajari langkah dasar, tahap ini dilakukan untuk mengaplikasikan langkah dasar tersebut dalam gerakan-gerakan senam yang lebih kompleks seperti grand plie, grand jete, dan pirouette.</p><p>5.&nbsp;&nbsp;&nbsp; Pendinginan: Setelah melakukan gerakan-gerakan senam, tahap ini dilakukan untuk mengembalikan tubuh ke kondisi normal dan mencegah cedera. Pendinginan dapat dilakukan dengan gerakan-gerakan ringan atau peregangan.</p><p>&nbsp;</p>

Tahapan melakukan pola langkah dasar dalam senam lantai meliputi:

1.    Pemanasan: Tahap pemanasan dilakukan untuk menyiapkan tubuh agar siap melakukan gerakan senam. Pemanasan dapat dilakukan dengan berjalan di tempat, melakukan gerakan-gerakan ringan, atau mengikuti gerakan senam yang sederhana.

2.    Latihan peregangan: Tahap ini dilakukan untuk meregangkan otot-otot tubuh, khususnya otot-otot yang digunakan dalam senam lantai. Peregangan dapat dilakukan dengan gerakan-gerakan yang sederhana dan dapat dilakukan secara perlahan.

3.    Langkah dasar: Tahap ini dilakukan untuk mempelajari langkah dasar senam lantai seperti plie, tendu, degage, dan ronde. Langkah dasar ini akan digunakan dalam gerakan-gerakan senam yang lebih kompleks.

4.    Gerakan kompleks: Setelah mempelajari langkah dasar, tahap ini dilakukan untuk mengaplikasikan langkah dasar tersebut dalam gerakan-gerakan senam yang lebih kompleks seperti grand plie, grand jete, dan pirouette.

5.    Pendinginan: Setelah melakukan gerakan-gerakan senam, tahap ini dilakukan untuk mengembalikan tubuh ke kondisi normal dan mencegah cedera. Pendinginan dapat dilakukan dengan gerakan-gerakan ringan atau peregangan.

 


Iklan

Iklan

Putu N

30 Desember 2023 01:25

Jawaban terverifikasi

<p>Tahapan melakukan pola langkah dasar dalam senam lantai dapat dijelaskan sebagai berikut:</p><p>1. Pemanasan: Lakukan pemanasan sebelum memulai latihan senam lantai. Pemanasan dapat berupa jogging ringan, stretching, dan gerakan-gerakan lain yang melibatkan seluruh tubuh untuk menghangatkan otot-otot.</p><p>2. Sikap awal: Mulailah dengan berdiri tegak, kaki rapat, dan lengan di samping tubuh. Pastikan postur tubuh Anda tegak dan kaki dalam posisi yang nyaman.</p><p>3. Langkah pertama: Langkah pertama dalam senam lantai adalah melakukan gerakan dasar seperti jongkok. Mulailah dengan membungkukkan lutut dan menurunkan pinggul ke arah lantai. Pastikan punggung tetap lurus dan pandangan ke depan.</p><p>4. Gerakan lanjutan: Setelah melakukan jongkok, Anda dapat melanjutkan dengan gerakan-gerakan lain seperti roll depan, roll belakang, handstand, cartwheel, atau gerakan lainnya sesuai dengan tingkat keahlian dan kemampuan Anda.</p><p>5. Koordinasi dan keseimbangan: Penting untuk mengembangkan koordinasi dan keseimbangan dalam senam lantai. Latihan seperti berjalan di atas garis, melakukan gerakan melompat, atau melakukan gerakan-gerakan yang melibatkan perpindahan berat tubuh dapat membantu meningkatkan keterampilan ini.</p><p>6. Peregangan: Setelah selesai melakukan pola langkah dasar, jangan lupa untuk melakukan peregangan untuk mengembalikan otot-otot ke keadaan semula dan mencegah cedera. Fokus pada peregangan otot-otot yang terlibat dalam latihan senam lantai, seperti peregangan punggung, kaki, dan lengan.</p><p>Selalu ingat untuk melakukannya dengan hati-hati dan sesuai dengan kemampuan Anda. Jika Anda pemula, disarankan untuk mendapatkan bimbingan dari instruktur senam atau pelatih yang berpengalaman untuk memastikan teknik yang benar dan mencegah cedera.</p>

Tahapan melakukan pola langkah dasar dalam senam lantai dapat dijelaskan sebagai berikut:

1. Pemanasan: Lakukan pemanasan sebelum memulai latihan senam lantai. Pemanasan dapat berupa jogging ringan, stretching, dan gerakan-gerakan lain yang melibatkan seluruh tubuh untuk menghangatkan otot-otot.

2. Sikap awal: Mulailah dengan berdiri tegak, kaki rapat, dan lengan di samping tubuh. Pastikan postur tubuh Anda tegak dan kaki dalam posisi yang nyaman.

3. Langkah pertama: Langkah pertama dalam senam lantai adalah melakukan gerakan dasar seperti jongkok. Mulailah dengan membungkukkan lutut dan menurunkan pinggul ke arah lantai. Pastikan punggung tetap lurus dan pandangan ke depan.

4. Gerakan lanjutan: Setelah melakukan jongkok, Anda dapat melanjutkan dengan gerakan-gerakan lain seperti roll depan, roll belakang, handstand, cartwheel, atau gerakan lainnya sesuai dengan tingkat keahlian dan kemampuan Anda.

5. Koordinasi dan keseimbangan: Penting untuk mengembangkan koordinasi dan keseimbangan dalam senam lantai. Latihan seperti berjalan di atas garis, melakukan gerakan melompat, atau melakukan gerakan-gerakan yang melibatkan perpindahan berat tubuh dapat membantu meningkatkan keterampilan ini.

6. Peregangan: Setelah selesai melakukan pola langkah dasar, jangan lupa untuk melakukan peregangan untuk mengembalikan otot-otot ke keadaan semula dan mencegah cedera. Fokus pada peregangan otot-otot yang terlibat dalam latihan senam lantai, seperti peregangan punggung, kaki, dan lengan.

Selalu ingat untuk melakukannya dengan hati-hati dan sesuai dengan kemampuan Anda. Jika Anda pemula, disarankan untuk mendapatkan bimbingan dari instruktur senam atau pelatih yang berpengalaman untuk memastikan teknik yang benar dan mencegah cedera.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

tujuan mendribling dalam bola basket

117

0.0

Jawaban terverifikasi