Costavina M

03 Maret 2024 15:26

Iklan

Iklan

Costavina M

03 Maret 2024 15:26

Pertanyaan

Jelaskan sebab-sebab terbentuknya identitas individu yang terbentuk secara sosial


3

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Suli P

05 Maret 2024 02:27

Jawaban terverifikasi

Identitas individu yang terbentuk secara sosial dipengaruhi oleh berbagai faktor. Pertama, pengaruh keluarga memainkan peran kunci dalam membentuk nilai-nilai, norma, dan identitas kultural seseorang. Kedua, interaksi dengan teman sebaya dan lingkungan sosial lainnya memengaruhi perkembangan identitas individu melalui proses sosialisasi. Selain itu, pengaruh media dan budaya populer juga dapat membentuk persepsi diri seseorang. Faktor-faktor ini saling berinteraksi dan membentuk identitas individu yang unik. Proses ini kompleks dan melibatkan dinamika antara pengalaman pribadi dan pengaruh sosial eksternal.


Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

07 Maret 2024 21:42

Jawaban terverifikasi

<p>Identitas individu yang terbentuk secara sosial dipengaruhi oleh sejumlah faktor yang berasal dari interaksi sosial dan lingkungan sekitarnya. Beberapa sebab utama terbentuknya identitas individu yang bersifat sosial melibatkan:</p><p><strong>Interaksi dengan Lingkungan Sosial:</strong></p><ul><li>Identitas individu sering kali terbentuk melalui interaksi sosial dengan keluarga, teman, rekan kerja, dan masyarakat pada umumnya. Respons dan umpan balik dari lingkungan ini memainkan peran penting dalam membentuk persepsi diri seseorang.</li></ul><p><strong>Ketertarikan dan Keanggotaan dalam Kelompok:</strong></p><ul><li>Partisipasi dalam kelompok-kelompok sosial, seperti keluarga, teman sebaya, kelompok agama, atau komunitas tertentu, dapat memberikan kerangka identitas individu. Keanggotaan dalam kelompok ini dapat membentuk nilai, norma, dan ekspektasi yang mempengaruhi identitas seseorang.</li></ul><p><strong>Budaya dan Tradisi:</strong></p><ul><li>Identitas individu sering kali terkait erat dengan budaya dan tradisi yang ada dalam masyarakat tempat individu tersebut tumbuh besar. Nilai-nilai, norma, dan praktik budaya turut membentuk identitas seseorang.</li></ul><p><strong>Pendidikan:</strong></p><ul><li>Pengalaman pendidikan, baik di lingkungan formal maupun informal, dapat membentuk identitas individu. Sekolah, perguruan tinggi, dan pembelajaran sepanjang hidup memainkan peran dalam membentuk pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang memengaruhi identitas.</li></ul><p><strong>Paparan Media dan Teknologi:</strong></p><ul><li>Pengaruh media massa, sosial media, dan teknologi informasi juga dapat membentuk identitas individu. Paparan terhadap berbagai pandangan, nilai, dan tren melalui media dapat memengaruhi cara individu memandang diri mereka sendiri dan dunia sekitarnya.</li></ul><p><strong>Peran Keluarga:</strong></p><ul><li>Keluarga memiliki dampak besar dalam membentuk identitas individu. Nilai-nilai, tradisi, dan norma keluarga memainkan peran penting dalam membentuk dasar identitas seseorang.</li></ul><p><strong>Pengalaman Hidup:</strong></p><ul><li>Pengalaman hidup, baik yang menyenangkan maupun sulit, dapat membentuk identitas individu. Keberhasilan, kegagalan, dan peristiwa-peristiwa hidup lainnya turut memainkan peran dalam membentuk persepsi diri seseorang.</li></ul>

Identitas individu yang terbentuk secara sosial dipengaruhi oleh sejumlah faktor yang berasal dari interaksi sosial dan lingkungan sekitarnya. Beberapa sebab utama terbentuknya identitas individu yang bersifat sosial melibatkan:

Interaksi dengan Lingkungan Sosial:

  • Identitas individu sering kali terbentuk melalui interaksi sosial dengan keluarga, teman, rekan kerja, dan masyarakat pada umumnya. Respons dan umpan balik dari lingkungan ini memainkan peran penting dalam membentuk persepsi diri seseorang.

Ketertarikan dan Keanggotaan dalam Kelompok:

  • Partisipasi dalam kelompok-kelompok sosial, seperti keluarga, teman sebaya, kelompok agama, atau komunitas tertentu, dapat memberikan kerangka identitas individu. Keanggotaan dalam kelompok ini dapat membentuk nilai, norma, dan ekspektasi yang mempengaruhi identitas seseorang.

Budaya dan Tradisi:

  • Identitas individu sering kali terkait erat dengan budaya dan tradisi yang ada dalam masyarakat tempat individu tersebut tumbuh besar. Nilai-nilai, norma, dan praktik budaya turut membentuk identitas seseorang.

Pendidikan:

  • Pengalaman pendidikan, baik di lingkungan formal maupun informal, dapat membentuk identitas individu. Sekolah, perguruan tinggi, dan pembelajaran sepanjang hidup memainkan peran dalam membentuk pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang memengaruhi identitas.

Paparan Media dan Teknologi:

  • Pengaruh media massa, sosial media, dan teknologi informasi juga dapat membentuk identitas individu. Paparan terhadap berbagai pandangan, nilai, dan tren melalui media dapat memengaruhi cara individu memandang diri mereka sendiri dan dunia sekitarnya.

Peran Keluarga:

  • Keluarga memiliki dampak besar dalam membentuk identitas individu. Nilai-nilai, tradisi, dan norma keluarga memainkan peran penting dalam membentuk dasar identitas seseorang.

Pengalaman Hidup:

  • Pengalaman hidup, baik yang menyenangkan maupun sulit, dapat membentuk identitas individu. Keberhasilan, kegagalan, dan peristiwa-peristiwa hidup lainnya turut memainkan peran dalam membentuk persepsi diri seseorang.

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

mengapa tiap warga Indonesia diharapkan memahami keberagaman bangsa Indonesia. jelaskan

0

5.0

Jawaban terverifikasi