Avita R

17 Maret 2024 22:13

Iklan

Iklan

Avita R

17 Maret 2024 22:13

Pertanyaan

Jelaskan perbedaan dari dekomposer dan detritivor ditinjau dari cara memecah bahan organik dan ukuran tubuh!


2

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Salsabila M

Community

19 Maret 2024 02:01

Jawaban terverifikasi

<p>Perbedaan antara dekomposer dan detritivor dapat dilihat dari cara mereka memecah bahan organik dan ukuran tubuh. Berikut adalah penjelasan lebih lanjut:</p><p><strong>Cara Memecah Bahan Organik:</strong></p><ul><li><strong>Dekomposer</strong>: Dekomposer adalah organisme yang memecah bahan organik menjadi zat-zat anorganik melalui proses dekomposisi. Proses dekomposisi ini melibatkan mikroorganisme seperti bakteri dan fungi, serta beberapa invertebrata seperti cacing tanah. Mikroorganisme dekomposer mengeluarkan enzim untuk menguraikan bahan organik menjadi senyawa-senyawa anorganik yang sederhana.</li><li><strong>Detritivor</strong>: Detritivor adalah organisme yang secara fisik mengonsumsi bahan organik mati atau detritus untuk memperoleh energi. Mereka mengunyah atau menggerogoti sisa-sisa organik menjadi bagian yang lebih kecil sebelum mengonsumsinya. Contoh detritivor termasuk serangga detritivor seperti kumbang tanah dan cacing tanah.</li></ul><p><strong>Ukuran Tubuh:</strong></p><ul><li><strong>Dekomposer</strong>: Dekomposer umumnya merupakan mikroorganisme yang sangat kecil, seperti bakteri dan fungi. Mereka terlalu kecil untuk terlihat dengan mata telanjang dan seringkali hanya bisa dilihat dengan menggunakan mikroskop.</li><li><strong>Detritivor</strong>: Detritivor bisa berukuran lebih besar dibandingkan dekomposer. Beberapa detritivor seperti cacing tanah atau serangga detritivor memiliki ukuran tubuh yang cukup besar sehingga dapat dilihat dengan mata telanjang.</li></ul>

Perbedaan antara dekomposer dan detritivor dapat dilihat dari cara mereka memecah bahan organik dan ukuran tubuh. Berikut adalah penjelasan lebih lanjut:

Cara Memecah Bahan Organik:

  • Dekomposer: Dekomposer adalah organisme yang memecah bahan organik menjadi zat-zat anorganik melalui proses dekomposisi. Proses dekomposisi ini melibatkan mikroorganisme seperti bakteri dan fungi, serta beberapa invertebrata seperti cacing tanah. Mikroorganisme dekomposer mengeluarkan enzim untuk menguraikan bahan organik menjadi senyawa-senyawa anorganik yang sederhana.
  • Detritivor: Detritivor adalah organisme yang secara fisik mengonsumsi bahan organik mati atau detritus untuk memperoleh energi. Mereka mengunyah atau menggerogoti sisa-sisa organik menjadi bagian yang lebih kecil sebelum mengonsumsinya. Contoh detritivor termasuk serangga detritivor seperti kumbang tanah dan cacing tanah.

Ukuran Tubuh:

  • Dekomposer: Dekomposer umumnya merupakan mikroorganisme yang sangat kecil, seperti bakteri dan fungi. Mereka terlalu kecil untuk terlihat dengan mata telanjang dan seringkali hanya bisa dilihat dengan menggunakan mikroskop.
  • Detritivor: Detritivor bisa berukuran lebih besar dibandingkan dekomposer. Beberapa detritivor seperti cacing tanah atau serangga detritivor memiliki ukuran tubuh yang cukup besar sehingga dapat dilihat dengan mata telanjang.

Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

contoh permasalahan lingkungan kemudian tentukan penyebab dan cara menanggulanginya

2

0.0

Jawaban terverifikasi