Laksmana P

05 April 2024 09:08

Iklan

Iklan

Laksmana P

05 April 2024 09:08

Pertanyaan

jelaskan penyebab perubahan nilai rupiah menurut salah satu teori perubahan nilai uang dan contohnya

jelaskan penyebab perubahan nilai rupiah menurut salah satu teori perubahan nilai uang dan contohnya


6

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

06 April 2024 05:23

Jawaban terverifikasi

<p>Salah satu teori yang menjelaskan perubahan nilai mata uang, termasuk nilai rupiah, adalah Teori Paritas Daya Beli (Purchasing Power Parity Theory). Teori ini menyatakan bahwa nilai tukar antara dua mata uang harus mencerminkan perbedaan dalam daya beli keduanya.</p><p>Menurut Teori Paritas Daya Beli, perubahan nilai mata uang bisa terjadi karena adanya perbedaan dalam tingkat inflasi antara dua negara yang mata uangnya dibandingkan. Dalam situasi di mana inflasi di suatu negara lebih tinggi daripada di negara lain, daya beli mata uang negara tersebut akan menurun, sehingga nilai mata uangnya cenderung melemah terhadap mata uang negara lain yang memiliki tingkat inflasi yang lebih rendah.</p><p>Contoh perubahan nilai rupiah menurut Teori Paritas Daya Beli adalah sebagai berikut:</p><p>Misalkan Indonesia mengalami inflasi yang lebih tinggi dibandingkan dengan Amerika Serikat. Ini berarti daya beli rupiah akan menurun lebih cepat dibandingkan dengan dolar AS. Sebagai akibatnya, menurut Teori Paritas Daya Beli, nilai tukar rupiah terhadap dolar AS akan cenderung melemah. Sebagai contoh, jika sebelumnya nilai tukar adalah 1 USD = 10.000 IDR, namun karena inflasi yang tinggi di Indonesia, daya beli rupiah menurun sehingga nilai tukar menjadi 1 USD = 15.000 IDR. Hal ini mencerminkan pelemahan nilai rupiah terhadap dolar AS sebagai akibat dari perbedaan dalam tingkat inflasi antara kedua negara.</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p><br>&nbsp;</p>

Salah satu teori yang menjelaskan perubahan nilai mata uang, termasuk nilai rupiah, adalah Teori Paritas Daya Beli (Purchasing Power Parity Theory). Teori ini menyatakan bahwa nilai tukar antara dua mata uang harus mencerminkan perbedaan dalam daya beli keduanya.

Menurut Teori Paritas Daya Beli, perubahan nilai mata uang bisa terjadi karena adanya perbedaan dalam tingkat inflasi antara dua negara yang mata uangnya dibandingkan. Dalam situasi di mana inflasi di suatu negara lebih tinggi daripada di negara lain, daya beli mata uang negara tersebut akan menurun, sehingga nilai mata uangnya cenderung melemah terhadap mata uang negara lain yang memiliki tingkat inflasi yang lebih rendah.

Contoh perubahan nilai rupiah menurut Teori Paritas Daya Beli adalah sebagai berikut:

Misalkan Indonesia mengalami inflasi yang lebih tinggi dibandingkan dengan Amerika Serikat. Ini berarti daya beli rupiah akan menurun lebih cepat dibandingkan dengan dolar AS. Sebagai akibatnya, menurut Teori Paritas Daya Beli, nilai tukar rupiah terhadap dolar AS akan cenderung melemah. Sebagai contoh, jika sebelumnya nilai tukar adalah 1 USD = 10.000 IDR, namun karena inflasi yang tinggi di Indonesia, daya beli rupiah menurun sehingga nilai tukar menjadi 1 USD = 15.000 IDR. Hal ini mencerminkan pelemahan nilai rupiah terhadap dolar AS sebagai akibat dari perbedaan dalam tingkat inflasi antara kedua negara.

 

 

 


 


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Perhatikan paragraf berikut! Dodol betawi adalah salah satu makanan asli dari suku Betawi. Makanan ini terbuat dari ketan, gula merah, gula pasir, dan santan yang dimasak di atas tungku dengan bahan bakar kayu selama 8 jam. Karena proses pembuatannya yang rumit, hanya sedikit orang yang ahli membuat dodol betawi. Gagasan pokok terdapat dalam kutipan …. A. Dodol betawi adalah salah satu makanan asli dari suku Betawi. B. Dodol betawi terbuat dari ketan, gula merah, gula pasir, dan santan. C. Dodol betawi dimasak di atas tungku dengan bahan bakar kayu selama 8 jam. D. Karena proses pembuatannya yang rumit, hanya sedikit orang yang ahli membuat dodol betawi.

3

0.0

Jawaban terverifikasi