Aeris A

12 Mei 2023 02:05

Iklan

Iklan

Aeris A

12 Mei 2023 02:05

Pertanyaan

jelaskan mekanisme oogenesis!

jelaskan mekanisme oogenesis!


10

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

KawaiNime A

12 Mei 2023 02:43

Jawaban terverifikasi

<p>Oogenesis adalah proses pembentukan sel telur atau ovum pada wanita. Berikut adalah mekanisme oogenesis:</p><p>Proliferasi: Pada awalnya, sel-sel germinal atau sel induk membelah secara mitosis untuk membentuk oogonium atau sel induk ovum.</p><p>Pertumbuhan: Oogonium kemudian memasuki tahap pertumbuhan dan membentuk folikel primer. Selama tahap ini, oogonium mengalami pertumbuhan dan mengalami beberapa pembelahan.</p><p>Meiosis I: Pada tahap ini, folikel primer mengalami pembelahan meiosis I, menghasilkan sel induk ovum yang lebih besar dan sel-sel polar.</p><p>Meiosis II: Sel induk ovum yang lebih besar kemudian mengalami pembelahan meiosis II, menghasilkan ovum matang dan sel-sel polar tambahan.</p><p>Ovulasi: Ovum matang kemudian dilepaskan dari ovarium dan masuk ke dalam tuba falopi.</p><p>Fertilisasi: Jika ovum bertemu dengan sperma, maka terjadi pembuahan dan pembentukan zigot atau sel telur yang telah dibuahi.</p><p>Mekanisme oogenesis ini berlangsung selama masa reproduksi wanita dan berakhir saat menopause.</p>

Oogenesis adalah proses pembentukan sel telur atau ovum pada wanita. Berikut adalah mekanisme oogenesis:

Proliferasi: Pada awalnya, sel-sel germinal atau sel induk membelah secara mitosis untuk membentuk oogonium atau sel induk ovum.

Pertumbuhan: Oogonium kemudian memasuki tahap pertumbuhan dan membentuk folikel primer. Selama tahap ini, oogonium mengalami pertumbuhan dan mengalami beberapa pembelahan.

Meiosis I: Pada tahap ini, folikel primer mengalami pembelahan meiosis I, menghasilkan sel induk ovum yang lebih besar dan sel-sel polar.

Meiosis II: Sel induk ovum yang lebih besar kemudian mengalami pembelahan meiosis II, menghasilkan ovum matang dan sel-sel polar tambahan.

Ovulasi: Ovum matang kemudian dilepaskan dari ovarium dan masuk ke dalam tuba falopi.

Fertilisasi: Jika ovum bertemu dengan sperma, maka terjadi pembuahan dan pembentukan zigot atau sel telur yang telah dibuahi.

Mekanisme oogenesis ini berlangsung selama masa reproduksi wanita dan berakhir saat menopause.

alt

Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Ciri ciri vertebrata yang hanya dimiliki oleh Aves adalah

448

5.0

Jawaban terverifikasi