Yohanes A

06 April 2022 00:48

Iklan

Iklan

Yohanes A

06 April 2022 00:48

Pertanyaan

Ciri ciri vertebrata yang hanya dimiliki oleh Aves adalah


597

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

A. Agustina

Mahasiswa/Alumni Universitas Padjadjaran

06 April 2022 01:21

Jawaban terverifikasi

Halo Yohanes, Kakak bantu jawab ya :) Ciri-ciri vertebrata yang hanya dimiliki oleh Aves diantaranya adalah alat gerak berupa sayap dan tubuh ditutupi oleh bulu. Aves adalah kelas dari filum Chordata yang khas. Semua anggotanya memiliki bulu (bukan rambut) yang menutupi tubuhnya. Bulu ini bertujuan untuk melindungi tubuh dari hujan dan panas, penarik lawan jenis, membantu saat terbang, serta lainnya. Alat gerak burung adalah kaki dan sayap untuk terbang. Jadi, ciri-ciri vertebrata yang hanya dimiliki oleh Aves diantaranya adalah alat gerak berupa sayap dan tubuh ditutupi oleh bulu. Semoga membantu!


Renandha S

23 Februari 2024 05:12

Burung atau Aves adalah kelompok vertebrata yang memiliki ciri-ciri unik yang membedakannya dari kelompok vertebrata lainnya. Beberapa ciri-ciri khusus yang dimiliki oleh burung atau Aves adalah: 1. Bulu dan Pengepakan: Burung memiliki bulu yang meliputi tubuh mereka. Bulu ini berfungsi sebagai isolasi termal, perlindungan, dan membantu dalam terbang. Pengepakan (keramahan bulu oleh paruh) adalah aktivitas yang dilakukan burung untuk merapikan dan merawat bulu-bulu mereka. 2. Tulang Hoh: Burung memiliki tulang hoh yang membuat tubuh mereka ringan dan memfasilitasi kemampuan terbang. Tulang tersebut terdiri dari rongga-rongga udara yang terhubung dengan saluran pernapasan. 3. Paruh Kaku: Burung memiliki paruh yang keras dan tidak bersisik. Bentuk dan ukuran paruh bervariasi sesuai dengan jenis makanan dan perilaku makan burung tersebut. 4. Sayap dan Kemampuan Terbang: Sayap adalah adaptasi utama yang memungkinkan burung terbang. Sayap terdiri dari tulang dan bulu yang bekerja bersama untuk menciptakan angkat dan dorongan udara yang diperlukan untuk terbang. 5. Otot Penerbangan yang Efisien: Burung memiliki otot dada yang kuat yang terhubung dengan sayap mereka, memberikan kekuatan untuk menghasilkan gerakan penerbangan. 6. Sistem Respirasi yang Efisien: Burung memiliki sistem respirasi yang sangat efisien dengan paru-paru yang tetap, serta sirkulasi udara yang unik yang memungkinkan pertukaran oksigen dan karbon dioksida yang efisien. 7. Telur dengan Kulit Kalsium: Burung bertelur, dan telurnya memiliki cangkang kalsium yang keras. Proses peneluran (incubation) juga umumnya dilakukan oleh induk burung. 8. Poni Kaudal (Pygostyle): Burung memiliki struktur tulang ekor yang disebut poni kaudal, yang mendukung bulu-bulu ekor dan berfungsi sebagai stempel dalam penerbangan. 9. Sistem Navigasi yang Canggih: Banyak burung memiliki kemampuan navigasi yang luar biasa, seperti migrasi jarak jauh dengan menggunakan petunjuk alam, seperti matahari, bintang, dan medan magnetik bumi. Ciri-ciri ini memberikan adaptasi yang memungkinkan burung untuk menguasai berbagai habitat dan ekologi yang berbeda serta menjalankan berbagai perilaku, seperti terbang, mencari makan, dan berkembang biak.

Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

pada saat pelajaran olahraga, pak guru meminta siswa untuk bermain pemanasan senam, gerakan yang dilakukan adalah merentangkan tangan untuk merapikan barisan dan untuk mengatur jaraknya dengan siswa sebelahnya. setelah barisan dan jarak sudah sesuai, siswa kembali menurunkan tangannya. gerakan tersebut adalah cerminan dari gerakan…

379

2.0

Jawaban terverifikasi