Alina N

23 Februari 2024 14:58

Iklan

Iklan

Alina N

23 Februari 2024 14:58

Pertanyaan

Jelaskan langkah apa yang dapat dilakukan oleh pemerintah untuk mengatasi ketidak adilan gender


6

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Anas A

23 Februari 2024 16:39

Jawaban terverifikasi

Upaya pemerintah dalam meningkatkan pemberdayaan kaum perempuan Butir penting yang terkait langsung dengan isu gender, yaitu: -Kesetaraan dan pemberdayaan perempuan, -Menghilangkan kesenjangan gender dalam pendidikan dasar, -Meningkatkan kesehatan ibu dan menurunkan angka kematian Dengan mengacu pada poin-poin ini, upaya yang dilakukan pemerintah dalam meningkatkan pemberdayaan kaum perempuan, yakni: -Meningkatkan jumlah perempuan dalam kegiatan ekonomi atau bidang ketenagakerjaan, -Meningkatkan jumlah perempuan dalam pengambilan keputusan di pemerintahan, -Menargetkan keterwakilan 30 persen perempuan dalam pemilu legislatif, -Menerapkan wajib belajar 12 tahun, -Meningkatkan angka melek huruf melalui program pemberantasan buta huruf atau pendidikan keaksaraan, -Meningkatkan kualitas layanan kesehatan terhadap ibu dan anak, -Memberikan edukasi bagi para ibu hamil dan calon orang tua untuk menggunakan penolong persalinan yang memiliki kualifikasi dan menyusui bayi selama dua tahun


Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

05 Maret 2024 07:17

Jawaban terverifikasi

<p>Pemerintah dapat mengambil sejumlah langkah untuk mengatasi ketidakadilan gender. Beberapa langkah tersebut antara lain:</p><p><strong>Pembentukan Kebijakan Kesetaraan Gender:</strong> Pemerintah dapat merancang kebijakan yang mendorong kesetaraan gender di berbagai sektor, termasuk dalam bidang pendidikan, pekerjaan, kesehatan, dan lainnya. Kebijakan ini harus dirancang untuk memberikan hak dan peluang yang setara bagi semua gender.</p><p><strong>Penguatan Hukum Kesetaraan Gender:</strong> Pemerintah perlu memastikan bahwa hukum-hukum yang ada mendukung kesetaraan gender. Penegakan hukum terhadap tindakan diskriminatif dan kekerasan berbasis gender harus diperkuat untuk memberikan keadilan bagi para korban.</p><p><strong>Pemberdayaan Ekonomi Perempuan:</strong> Langkah-langkah untuk meningkatkan partisipasi ekonomi perempuan, seperti memberikan akses ke pelatihan dan pekerjaan, dapat membantu mengatasi ketidakadilan ekonomi yang sering dihadapi oleh perempuan.</p><p><strong>Pendidikan Kesetaraan Gender:</strong> Peningkatan kesadaran melalui pendidikan adalah kunci untuk mengatasi ketidakadilan gender. Program-program pendidikan yang mendukung pemahaman dan penghargaan terhadap kesetaraan gender perlu diperkuat.</p><p><strong>Akses Kesehatan yang Setara:</strong> Memastikan akses yang setara terhadap layanan kesehatan, termasuk pelayanan reproduksi, dapat membantu mengatasi ketidakadilan dalam aspek kesehatan.</p><p><strong>Penguatan Peran Perempuan dalam Pengambilan Keputusan:</strong> Pemerintah dapat memberdayakan perempuan dalam pengambilan keputusan dengan memastikan representasi perempuan di berbagai tingkat kebijakan.</p><p><strong>Kampanye Kesetaraan Gender:</strong> Pemerintah dapat mengadakan kampanye kesetaraan gender untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya kesetaraan gender dan mengubah persepsi yang tidak adil.</p><p><strong>Pendukung dan Layanan bagi Korban Kekerasan Berbasis Gender:</strong> Pemerintah perlu menyediakan layanan dan dukungan bagi korban kekerasan berbasis gender, termasuk pusat krisis dan pelaporan yang aman.</p><p>Dengan implementasi langkah-langkah ini, pemerintah dapat berperan aktif dalam menciptakan masyarakat yang lebih adil dan setara bagi semua gender.</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p>

Pemerintah dapat mengambil sejumlah langkah untuk mengatasi ketidakadilan gender. Beberapa langkah tersebut antara lain:

Pembentukan Kebijakan Kesetaraan Gender: Pemerintah dapat merancang kebijakan yang mendorong kesetaraan gender di berbagai sektor, termasuk dalam bidang pendidikan, pekerjaan, kesehatan, dan lainnya. Kebijakan ini harus dirancang untuk memberikan hak dan peluang yang setara bagi semua gender.

Penguatan Hukum Kesetaraan Gender: Pemerintah perlu memastikan bahwa hukum-hukum yang ada mendukung kesetaraan gender. Penegakan hukum terhadap tindakan diskriminatif dan kekerasan berbasis gender harus diperkuat untuk memberikan keadilan bagi para korban.

Pemberdayaan Ekonomi Perempuan: Langkah-langkah untuk meningkatkan partisipasi ekonomi perempuan, seperti memberikan akses ke pelatihan dan pekerjaan, dapat membantu mengatasi ketidakadilan ekonomi yang sering dihadapi oleh perempuan.

Pendidikan Kesetaraan Gender: Peningkatan kesadaran melalui pendidikan adalah kunci untuk mengatasi ketidakadilan gender. Program-program pendidikan yang mendukung pemahaman dan penghargaan terhadap kesetaraan gender perlu diperkuat.

Akses Kesehatan yang Setara: Memastikan akses yang setara terhadap layanan kesehatan, termasuk pelayanan reproduksi, dapat membantu mengatasi ketidakadilan dalam aspek kesehatan.

Penguatan Peran Perempuan dalam Pengambilan Keputusan: Pemerintah dapat memberdayakan perempuan dalam pengambilan keputusan dengan memastikan representasi perempuan di berbagai tingkat kebijakan.

Kampanye Kesetaraan Gender: Pemerintah dapat mengadakan kampanye kesetaraan gender untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya kesetaraan gender dan mengubah persepsi yang tidak adil.

Pendukung dan Layanan bagi Korban Kekerasan Berbasis Gender: Pemerintah perlu menyediakan layanan dan dukungan bagi korban kekerasan berbasis gender, termasuk pusat krisis dan pelaporan yang aman.

Dengan implementasi langkah-langkah ini, pemerintah dapat berperan aktif dalam menciptakan masyarakat yang lebih adil dan setara bagi semua gender.

 

 

 


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Arjuna berteman akrab dengan Bambang. Mereka satu kelas dan berasal dari suku yang sama yaitu Jawa. Dalam berkomunikasi di sekolah, Arjuna sering menggunakan bahasa Jawa. Namun, Bambang selalu menanggapinya dengan bahasa Indonesia karena teman-teman mereka berasal dari berbagai daerah. Perilaku Bambang sesuai dengan Pancasila yakni .... A. Mengakui dan menghormati hak-hak orang lain B. Menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban C. Memajukan pergaulan demi persatuan dan kesatuan D. Rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara tolong jawabnya dengan akal sehat dan jangan cari di Google.com yah, lov u &lt;3

13

0.0

Jawaban terverifikasi