Alfri M

22 Mei 2024 06:34

Iklan

Iklan

Alfri M

22 Mei 2024 06:34

Pertanyaan

Jelaskan kaidah tangan kanan yang digunakan untuk menentukan kutub magnet benda magnetik yang dililit kawat berarus listrik!

Jelaskan kaidah tangan kanan yang digunakan untuk menentukan kutub magnet benda magnetik yang dililit kawat berarus listrik!


8

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Kevin L

Bronze

22 Mei 2024 06:51

Jawaban terverifikasi

【Tips】 Kaidah tangan kanan (atau aturan tangan kanan) digunakan untuk menentukan arah medan magnet yang dihasilkan oleh arus listrik yang mengalir melalui kawat. Konsep ini adalah bagian dari elektromagnetisme. 【Deskripsi】 Proses menentukan kutub magnet benda magnetik yang dililit kawat berarus listrik menggunakan kaidah tangan kanan: 1. Ambil tangan kanan Anda. 2. Luruskan jempol Anda; ini akan mewakili arah arus listrik yang mengalir melalui kawat. 3. Luruskan empat jari lainnya; ini akan mewakili arah medan magnet yang dibentuk oleh arus listrik tersebut. 4. Jika Anda menempatkan tangan kanan Anda sedemikian rupa sehingga jempol menunjuk ke arah arus, empat jari Anda yang lain akan melingkar ke arah medan magnet. Sebagai contoh, jika arus mengalir ke atas, medan magnet akan berputar mengelilingi kawat ke arah jarum jam (ketika dilihat dari atas). Namun, penjelasan yang Anda berikan tampaknya sedikit keliru. Dari deskripsi Anda, tampaknya Anda mengacu pada hukum Lorentz yang berkaitan dengan gaya yang dialami oleh partikel bermuatan yang bergerak di dalam medan magnet. Meskipun keduanya berkaitan, kaidah tangan kanan untuk arus dan medan magnet berbeda dengan hukum Lorentz. 【Hasil Akhir】 Kaidah tangan kanan digunakan untuk menentukan arah medan magnet yang dihasilkan oleh arus listrik yang mengalir melalui kawat. Dengan menunjuk jempol ke arah arus dan empat jari lainnya menunjukkan arah medan magnet, kita dapat menentukan arah medan magnet yang dibentuk oleh arus tersebut.


Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

23 Mei 2024 12:50

Jawaban terverifikasi

<p>Kaidah tangan kanan adalah metode yang digunakan untuk menentukan arah medan magnet di sekitar kawat berarus listrik atau menentukan kutub-kutub magnet pada benda magnetik yang dililit kawat berarus listrik, seperti solenoida atau kumparan. Berikut cara menerapkannya:</p><p><strong>Untuk Kawat Lurus Berarus Listrik:</strong></p><ul><li>Genggam kawat dengan tangan kanan.</li><li>Ibu jari menunjuk arah arus listrik (arah aliran arus konvensional, dari positif ke negatif).</li><li>Jari-jari yang melingkari kawat menunjukkan arah medan magnet yang melingkari kawat tersebut. Medan magnet ini berbentuk lingkaran yang mengelilingi kawat.</li></ul><p><strong>Untuk Solenoida atau Kumparan:</strong></p><ul><li>Pegang solenoida atau kumparan dengan tangan kanan.</li><li>Jari-jari tangan menunjuk arah aliran arus listrik dalam lilitan (arus mengalir searah jari-jari melingkar).</li><li>Ibu jari yang menunjuk arah tertentu menunjukkan arah medan magnet utama atau arah kutub utara magnet yang terbentuk di solenoida tersebut.</li></ul><p><strong>Contoh Aplikasi:</strong></p><ul><li>Bayangkan Anda memiliki solenoida (kumparan berbentuk silinder) dan arus listrik mengalir melalui lilitan kawat dari kiri ke kanan di bagian atas solenoida, dan dari kanan ke kiri di bagian bawah.</li><li>Jika Anda memegang solenoida dengan tangan kanan sehingga jari-jari Anda mengikuti arah arus (memutar sesuai dengan arah lilitan), ibu jari Anda akan menunjukkan arah medan magnet utama (kutub utara) dari solenoida tersebut.</li></ul>

Kaidah tangan kanan adalah metode yang digunakan untuk menentukan arah medan magnet di sekitar kawat berarus listrik atau menentukan kutub-kutub magnet pada benda magnetik yang dililit kawat berarus listrik, seperti solenoida atau kumparan. Berikut cara menerapkannya:

Untuk Kawat Lurus Berarus Listrik:

  • Genggam kawat dengan tangan kanan.
  • Ibu jari menunjuk arah arus listrik (arah aliran arus konvensional, dari positif ke negatif).
  • Jari-jari yang melingkari kawat menunjukkan arah medan magnet yang melingkari kawat tersebut. Medan magnet ini berbentuk lingkaran yang mengelilingi kawat.

Untuk Solenoida atau Kumparan:

  • Pegang solenoida atau kumparan dengan tangan kanan.
  • Jari-jari tangan menunjuk arah aliran arus listrik dalam lilitan (arus mengalir searah jari-jari melingkar).
  • Ibu jari yang menunjuk arah tertentu menunjukkan arah medan magnet utama atau arah kutub utara magnet yang terbentuk di solenoida tersebut.

Contoh Aplikasi:

  • Bayangkan Anda memiliki solenoida (kumparan berbentuk silinder) dan arus listrik mengalir melalui lilitan kawat dari kiri ke kanan di bagian atas solenoida, dan dari kanan ke kiri di bagian bawah.
  • Jika Anda memegang solenoida dengan tangan kanan sehingga jari-jari Anda mengikuti arah arus (memutar sesuai dengan arah lilitan), ibu jari Anda akan menunjukkan arah medan magnet utama (kutub utara) dari solenoida tersebut.

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

1. jelaskan hubungan antara sistem pembayaran yang efisien dengan efektivitas tugas bank sentral dalam bidang moneter dan perbankan. 2. sebutkan bentuk alat pembayaran nontunai selain kartu ATM dan debit yang umum digunakan di Indonesia, serta menjelaskan penggunaannya 3. jelaskan peran bank dan lembaga jasa keuangan non-bank dalam menawarkan produk kepada masyarakat untuk mencegah pinjaman online ilegal. 4 . bagaimana praktik pengelolaan dana pensiun oleh perusahaan dan mengusulkan langkah yang tepat untuk memperoleh haknya 5. apa saja jenis lembaga jasa keuangan yang tepat untuk memenuhi kebutuhan pendanaan usaha sesuai dengan kondisi perusahaan.

8

0.0

Jawaban terverifikasi