Neni M

12 Mei 2024 05:25

Iklan

Iklan

Neni M

12 Mei 2024 05:25

Pertanyaan

Jelaskan 3 faktor permasalahan yang muncul ketika pembuatan kerajinan ?

Jelaskan 3 faktor permasalahan yang muncul ketika pembuatan kerajinan ?


22

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

12 Mei 2024 05:43

Jawaban terverifikasi

<p><br>Dalam pembuatan kerajinan, terdapat beberapa faktor permasalahan yang mungkin muncul. Berikut adalah tiga faktor permasalahan yang sering dihadapi dalam proses pembuatan kerajinan:</p><p><strong>Bahan Baku:</strong></p><ul><li>Ketersediaan: Salah satu permasalahan utama adalah ketersediaan bahan baku yang dibutuhkan untuk pembuatan kerajinan. Bahan baku bisa langka atau sulit ditemukan, terutama jika kerajinan tersebut menggunakan bahan yang spesifik atau tidak umum.</li><li>Kualitas: Kualitas bahan baku juga dapat menjadi permasalahan. Bahan baku yang kurang berkualitas dapat mengakibatkan hasil akhir yang tidak memuaskan atau rentan terhadap kerusakan.</li></ul><p><strong>Keterampilan dan Teknik:</strong></p><ul><li>Keterampilan: Keterampilan dan keahlian dalam teknik pembuatan kerajinan sangat penting. Kurangnya keterampilan atau pengalaman dalam menggunakan teknik tertentu dapat mengakibatkan kesulitan dalam menyelesaikan kerajinan dengan baik.</li><li>Inovasi: Dalam beberapa kasus, kurangnya inovasi dalam penggunaan teknik atau desain baru juga dapat menjadi permasalahan. Keterbatasan dalam eksplorasi ide-ide baru dapat menghambat perkembangan dan daya saing produk kerajinan.</li></ul><p><strong>Manajemen Produksi:</strong></p><ul><li>Waktu: Masalah terkait waktu adalah hal umum dalam produksi kerajinan. Penjadwalan yang tidak tepat, keterlambatan dalam pengiriman bahan baku, atau proses produksi yang memakan waktu dapat menyebabkan keterlambatan dalam penyelesaian produk.</li><li>Biaya: Manajemen biaya yang buruk dapat mengganggu proses produksi. Biaya produksi yang tidak terkontrol, pemborosan bahan baku, atau biaya tenaga kerja yang tinggi dapat mempengaruhi keuntungan perusahaan atau harga jual produk.</li></ul><p><br>&nbsp;</p>


Dalam pembuatan kerajinan, terdapat beberapa faktor permasalahan yang mungkin muncul. Berikut adalah tiga faktor permasalahan yang sering dihadapi dalam proses pembuatan kerajinan:

Bahan Baku:

  • Ketersediaan: Salah satu permasalahan utama adalah ketersediaan bahan baku yang dibutuhkan untuk pembuatan kerajinan. Bahan baku bisa langka atau sulit ditemukan, terutama jika kerajinan tersebut menggunakan bahan yang spesifik atau tidak umum.
  • Kualitas: Kualitas bahan baku juga dapat menjadi permasalahan. Bahan baku yang kurang berkualitas dapat mengakibatkan hasil akhir yang tidak memuaskan atau rentan terhadap kerusakan.

Keterampilan dan Teknik:

  • Keterampilan: Keterampilan dan keahlian dalam teknik pembuatan kerajinan sangat penting. Kurangnya keterampilan atau pengalaman dalam menggunakan teknik tertentu dapat mengakibatkan kesulitan dalam menyelesaikan kerajinan dengan baik.
  • Inovasi: Dalam beberapa kasus, kurangnya inovasi dalam penggunaan teknik atau desain baru juga dapat menjadi permasalahan. Keterbatasan dalam eksplorasi ide-ide baru dapat menghambat perkembangan dan daya saing produk kerajinan.

Manajemen Produksi:

  • Waktu: Masalah terkait waktu adalah hal umum dalam produksi kerajinan. Penjadwalan yang tidak tepat, keterlambatan dalam pengiriman bahan baku, atau proses produksi yang memakan waktu dapat menyebabkan keterlambatan dalam penyelesaian produk.
  • Biaya: Manajemen biaya yang buruk dapat mengganggu proses produksi. Biaya produksi yang tidak terkontrol, pemborosan bahan baku, atau biaya tenaga kerja yang tinggi dapat mempengaruhi keuntungan perusahaan atau harga jual produk.


 


Iklan

Iklan

Dea K

12 Mei 2024 07:12

Jawaban terverifikasi

<p>Dalam pembuatan kerajinan, beberapa faktor permasalahan yang mungkin muncul meliputi:</p><p>&nbsp;</p><p><strong>Bahan Baku:</strong> Masalah terkait bahan baku dapat muncul dalam bentuk ketersediaan, kualitas, atau biaya. Jika bahan baku sulit ditemukan atau terlalu mahal, hal ini dapat menghambat produksi kerajinan. Selain itu, kualitas bahan baku juga sangat penting karena dapat memengaruhi hasil akhir produk. Misalnya, jika bahan baku tidak berkualitas baik, produk akhir mungkin tidak memenuhi standar atau tahan lama.</p><p><strong>Keterampilan dan Teknik:</strong> Pembuatan kerajinan sering kali memerlukan keterampilan khusus dan penguasaan teknik tertentu. Jika para pembuat kerajinan tidak memiliki keterampilan atau pengetahuan yang cukup, hasil akhir mungkin tidak memuaskan atau bahkan tidak dapat diselesaikan. Selain itu, terkadang teknik yang digunakan memerlukan alat atau perlengkapan khusus yang mungkin tidak tersedia atau sulit diakses.</p><p><strong>Desain dan Inovasi:</strong> Desain yang menarik dan inovatif dapat menjadi faktor penting dalam kesuksesan kerajinan. Permasalahan dapat muncul jika desain tidak menarik bagi pasar target atau jika produk tidak memiliki keunggulan yang membedakannya dari produk serupa yang sudah ada. Selain itu, kurangnya inovasi dalam proses pembuatan dan desain juga dapat menyebabkan produk menjadi ketinggalan zaman atau kurang diminati oleh konsumen.</p><p>&nbsp;</p><p>Memecahkan masalah-masalah ini memerlukan perencanaan yang matang, manajemen yang efisien, dan kemampuan untuk beradaptasi dengan perubahan. Kolaborasi dengan pemasok bahan baku yang handal, pelatihan untuk meningkatkan keterampilan, serta investasi dalam riset dan pengembangan dapat membantu mengatasi permasalahan yang muncul dalam pembuatan kerajinan.</p>

Dalam pembuatan kerajinan, beberapa faktor permasalahan yang mungkin muncul meliputi:

 

Bahan Baku: Masalah terkait bahan baku dapat muncul dalam bentuk ketersediaan, kualitas, atau biaya. Jika bahan baku sulit ditemukan atau terlalu mahal, hal ini dapat menghambat produksi kerajinan. Selain itu, kualitas bahan baku juga sangat penting karena dapat memengaruhi hasil akhir produk. Misalnya, jika bahan baku tidak berkualitas baik, produk akhir mungkin tidak memenuhi standar atau tahan lama.

Keterampilan dan Teknik: Pembuatan kerajinan sering kali memerlukan keterampilan khusus dan penguasaan teknik tertentu. Jika para pembuat kerajinan tidak memiliki keterampilan atau pengetahuan yang cukup, hasil akhir mungkin tidak memuaskan atau bahkan tidak dapat diselesaikan. Selain itu, terkadang teknik yang digunakan memerlukan alat atau perlengkapan khusus yang mungkin tidak tersedia atau sulit diakses.

Desain dan Inovasi: Desain yang menarik dan inovatif dapat menjadi faktor penting dalam kesuksesan kerajinan. Permasalahan dapat muncul jika desain tidak menarik bagi pasar target atau jika produk tidak memiliki keunggulan yang membedakannya dari produk serupa yang sudah ada. Selain itu, kurangnya inovasi dalam proses pembuatan dan desain juga dapat menyebabkan produk menjadi ketinggalan zaman atau kurang diminati oleh konsumen.

 

Memecahkan masalah-masalah ini memerlukan perencanaan yang matang, manajemen yang efisien, dan kemampuan untuk beradaptasi dengan perubahan. Kolaborasi dengan pemasok bahan baku yang handal, pelatihan untuk meningkatkan keterampilan, serta investasi dalam riset dan pengembangan dapat membantu mengatasi permasalahan yang muncul dalam pembuatan kerajinan.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Sikap keperwiraan yang patut diteladani dari sosok pendiri Daulah Ayyubiyah adalahsikap toleransi dengan pemeluk agama lain, saat Sultan Salahuddin Al-Ayyubiberhasil menguasaiBaitul Maqdis. Wujud tolerasi itu adalah

5

0.0

Jawaban terverifikasi