Samuel W

28 Januari 2024 12:47

Iklan

Iklan

Samuel W

28 Januari 2024 12:47

Pertanyaan

1.dapatkah manusia hidup tanpa energi, jelaskan 2.mengapa energi fosil tidak dapat diperbarui dan merupakan energi yang dapat menyebabkan pencemaran udara 3.bagaimana proses perubahan energi angin menjadi energi listrik yang dimanfaatkan oleh negara belanda sebagai energi utama untuk menyedot air dari sungai ke laut 4.jelaskan mengapa air dan angin merupakan energi yang tidak pernah habis 5.apa yang dimaksud biodisel,dan apakah biodisel dapat dapat mencemarkan lingkungan 6.bagaimana proses perubahan energi cahaya atau matahari menjadi energi yang lain

1.dapatkah manusia hidup tanpa energi, jelaskan

2.mengapa energi fosil tidak dapat diperbarui dan merupakan energi yang dapat menyebabkan pencemaran udara

3.bagaimana proses perubahan energi angin menjadi energi listrik yang dimanfaatkan oleh negara belanda sebagai energi utama untuk menyedot air dari sungai ke laut

4.jelaskan mengapa air dan angin merupakan energi yang tidak pernah habis

5.apa yang dimaksud biodisel,dan apakah biodisel dapat dapat mencemarkan lingkungan

6.bagaimana proses perubahan energi cahaya atau matahari menjadi energi yang lain 


1

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

20 Februari 2024 15:05

Jawaban terverifikasi

<p><strong>1. Manusia dan Ketergantungan pada Energi:</strong> Manusia tidak dapat hidup tanpa energi. Energi diperlukan untuk menjalankan fungsi-fungsi tubuh, termasuk proses metabolisme dan aktivitas fisik. Energi yang diperoleh manusia sebagian besar berasal dari makanan yang dikonsumsi, yang mengandung nutrisi yang kemudian diubah menjadi energi melalui proses metabolisme.</p><p>&nbsp;</p><p><strong>2. Energi Fosil dan Pencemaran Udara:</strong></p><ul><li>Energi fosil seperti batu bara, minyak bumi, dan gas alam terbentuk dalam waktu yang sangat lama dan tidak dapat diperbarui dalam skala waktu manusia. Ketika bahan bakar fosil dibakar untuk menghasilkan energi, ini menghasilkan emisi gas rumah kaca dan polutan udara, seperti karbon dioksida (CO2), sulfur dioksida (SO2), dan nitrogen oksida (NOx). Emisi ini dapat menyebabkan pencemaran udara dan perubahan iklim.</li></ul><p>&nbsp;</p><p><strong>3. Energi Angin untuk Penyedot Air di Belanda:</strong></p><ul><li>Di Belanda, energi angin dimanfaatkan melalui turbin angin untuk menghasilkan energi listrik. Energi listrik ini kemudian digunakan untuk mengoperasikan pompa air yang menyedot air dari sungai dan memompanya ke laut. Proses ini membantu mengatur tingkat air di sungai dan melindungi negara dari banjir.</li></ul><p>&nbsp;</p><p><strong>4. Air dan Angin sebagai Energi yang Tidak Pernah Habis:</strong></p><ul><li>Air dan angin termasuk dalam sumber energi terbarukan. Energi angin diperoleh dari pergerakan udara, sementara energi hidro termasuk dalam energi yang berasal dari aliran air. Proses siklus air dan dinamika atmosfer membuatnya menjadi sumber energi yang dapat diperbaharui secara alami.</li></ul><p>&nbsp;</p><p><strong>5. Biodiesel dan Dampak Lingkungan:</strong></p><ul><li>Biodiesel adalah bahan bakar yang dihasilkan dari sumber-sumber alami, seperti minyak nabati atau lemak hewani. Penggunaan biodiesel dapat mengurangi emisi gas rumah kaca dibandingkan dengan bahan bakar fosil konvensional. Namun, produksi biodiesel dari tanaman dapat memiliki dampak lingkungan jika melibatkan deforestasi atau penggunaan lahan yang tidak berkelanjutan.</li></ul><p>&nbsp;</p><p><strong>6. Proses Konversi Energi Matahari:</strong></p><ul><li>Energi matahari dapat diubah menjadi berbagai bentuk energi melalui berbagai teknologi, termasuk panel surya fotovoltaik. Panel surya ini menangkap sinar matahari dan mengonversikannya menjadi energi listrik melalui efek fotovoltaik. Proses ini bersifat bersih dan berkelanjutan karena tidak menghasilkan emisi gas rumah kaca atau polutan udara saat menghasilkan listrik.</li></ul>

1. Manusia dan Ketergantungan pada Energi: Manusia tidak dapat hidup tanpa energi. Energi diperlukan untuk menjalankan fungsi-fungsi tubuh, termasuk proses metabolisme dan aktivitas fisik. Energi yang diperoleh manusia sebagian besar berasal dari makanan yang dikonsumsi, yang mengandung nutrisi yang kemudian diubah menjadi energi melalui proses metabolisme.

 

2. Energi Fosil dan Pencemaran Udara:

  • Energi fosil seperti batu bara, minyak bumi, dan gas alam terbentuk dalam waktu yang sangat lama dan tidak dapat diperbarui dalam skala waktu manusia. Ketika bahan bakar fosil dibakar untuk menghasilkan energi, ini menghasilkan emisi gas rumah kaca dan polutan udara, seperti karbon dioksida (CO2), sulfur dioksida (SO2), dan nitrogen oksida (NOx). Emisi ini dapat menyebabkan pencemaran udara dan perubahan iklim.

 

3. Energi Angin untuk Penyedot Air di Belanda:

  • Di Belanda, energi angin dimanfaatkan melalui turbin angin untuk menghasilkan energi listrik. Energi listrik ini kemudian digunakan untuk mengoperasikan pompa air yang menyedot air dari sungai dan memompanya ke laut. Proses ini membantu mengatur tingkat air di sungai dan melindungi negara dari banjir.

 

4. Air dan Angin sebagai Energi yang Tidak Pernah Habis:

  • Air dan angin termasuk dalam sumber energi terbarukan. Energi angin diperoleh dari pergerakan udara, sementara energi hidro termasuk dalam energi yang berasal dari aliran air. Proses siklus air dan dinamika atmosfer membuatnya menjadi sumber energi yang dapat diperbaharui secara alami.

 

5. Biodiesel dan Dampak Lingkungan:

  • Biodiesel adalah bahan bakar yang dihasilkan dari sumber-sumber alami, seperti minyak nabati atau lemak hewani. Penggunaan biodiesel dapat mengurangi emisi gas rumah kaca dibandingkan dengan bahan bakar fosil konvensional. Namun, produksi biodiesel dari tanaman dapat memiliki dampak lingkungan jika melibatkan deforestasi atau penggunaan lahan yang tidak berkelanjutan.

 

6. Proses Konversi Energi Matahari:

  • Energi matahari dapat diubah menjadi berbagai bentuk energi melalui berbagai teknologi, termasuk panel surya fotovoltaik. Panel surya ini menangkap sinar matahari dan mengonversikannya menjadi energi listrik melalui efek fotovoltaik. Proses ini bersifat bersih dan berkelanjutan karena tidak menghasilkan emisi gas rumah kaca atau polutan udara saat menghasilkan listrik.

Iklan

Iklan

Salsabila M

Community

27 April 2024 03:12

Jawaban terverifikasi

<ol><li>Manusia tidak dapat hidup tanpa energi. Energi diperlukan untuk menjalankan berbagai fungsi fisiologis dalam tubuh manusia, seperti pernapasan, pencernaan, gerakan otot, dan pemeliharaan suhu tubuh. Energi juga diperlukan untuk menjaga fungsi sistem saraf, termasuk fungsi otak dan sistem penglihatan. Tanpa energi, tubuh manusia tidak akan mampu bertahan hidup.</li><li>Energi fosil tidak dapat diperbarui karena proses pembentukannya memakan waktu yang sangat lama, jutaan tahun, dari sisa-sisa organisme yang telah mati dan terkubur dalam lapisan-lapisan tanah. Penggunaan energi fosil, seperti batu bara, minyak bumi, dan gas alam, menyebabkan pencemaran udara karena pembakarannya menghasilkan emisi gas rumah kaca dan partikel-partikel polutan yang dapat merusak lingkungan dan kesehatan manusia.</li><li>Proses perubahan energi angin menjadi energi listrik dimulai dengan penggunaan turbin angin yang dapat mengubah energi kinetik angin menjadi energi mekanik. Turbin angin tersebut terhubung ke generator listrik yang mengubah energi mekanik menjadi energi listrik. Di Belanda, energi angin dimanfaatkan untuk menyedot air dari sungai ke laut dengan menggunakan pompa angin, di mana energi listrik yang dihasilkan dari turbin angin digunakan untuk menggerakkan pompa-pompa tersebut.</li><li>Air dan angin merupakan energi yang tidak pernah habis karena keduanya adalah sumber energi yang terus-menerus diperbaharui oleh siklus alam. Proses penguapan air dari permukaan laut dan daratan, serta gerakan atmosfer yang disebabkan oleh perbedaan suhu dan tekanan udara, menjadikan angin dan air sebagai sumber energi yang tidak terbatas.</li><li>Biodiesel adalah bahan bakar alternatif yang diproduksi dari bahan-bahan organik, seperti minyak nabati atau lemak hewan. Meskipun biodiesel dianggap lebih ramah lingkungan daripada bahan bakar fosil karena menghasilkan emisi gas buang yang lebih rendah, tetapi proses produksi biodiesel juga dapat mencemarkan lingkungan jika tidak dilakukan dengan benar. Produksi biodiesel dapat menyebabkan deforestasi, perubahan penggunaan lahan, dan penggunaan air yang besar, serta limbah dan polusi air yang disebabkan oleh proses pemrosesan bahan baku.</li><li>Proses perubahan energi cahaya atau matahari menjadi energi yang lain, seperti energi listrik melalui panel surya, melibatkan penggunaan sel surya atau photovoltaic (PV) yang dapat mengubah energi cahaya matahari menjadi energi listrik melalui proses fotoelektrik. Ketika sinar matahari mengenai sel surya, elektron-elektron dalam sel tersebut dilepaskan, menciptakan arus listrik yang dapat digunakan untuk menggerakkan peralatan listrik. Proses ini merupakan contoh dari konversi langsung energi cahaya menjadi energi listrik.</li></ol><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p><br>&nbsp;</p>

  1. Manusia tidak dapat hidup tanpa energi. Energi diperlukan untuk menjalankan berbagai fungsi fisiologis dalam tubuh manusia, seperti pernapasan, pencernaan, gerakan otot, dan pemeliharaan suhu tubuh. Energi juga diperlukan untuk menjaga fungsi sistem saraf, termasuk fungsi otak dan sistem penglihatan. Tanpa energi, tubuh manusia tidak akan mampu bertahan hidup.
  2. Energi fosil tidak dapat diperbarui karena proses pembentukannya memakan waktu yang sangat lama, jutaan tahun, dari sisa-sisa organisme yang telah mati dan terkubur dalam lapisan-lapisan tanah. Penggunaan energi fosil, seperti batu bara, minyak bumi, dan gas alam, menyebabkan pencemaran udara karena pembakarannya menghasilkan emisi gas rumah kaca dan partikel-partikel polutan yang dapat merusak lingkungan dan kesehatan manusia.
  3. Proses perubahan energi angin menjadi energi listrik dimulai dengan penggunaan turbin angin yang dapat mengubah energi kinetik angin menjadi energi mekanik. Turbin angin tersebut terhubung ke generator listrik yang mengubah energi mekanik menjadi energi listrik. Di Belanda, energi angin dimanfaatkan untuk menyedot air dari sungai ke laut dengan menggunakan pompa angin, di mana energi listrik yang dihasilkan dari turbin angin digunakan untuk menggerakkan pompa-pompa tersebut.
  4. Air dan angin merupakan energi yang tidak pernah habis karena keduanya adalah sumber energi yang terus-menerus diperbaharui oleh siklus alam. Proses penguapan air dari permukaan laut dan daratan, serta gerakan atmosfer yang disebabkan oleh perbedaan suhu dan tekanan udara, menjadikan angin dan air sebagai sumber energi yang tidak terbatas.
  5. Biodiesel adalah bahan bakar alternatif yang diproduksi dari bahan-bahan organik, seperti minyak nabati atau lemak hewan. Meskipun biodiesel dianggap lebih ramah lingkungan daripada bahan bakar fosil karena menghasilkan emisi gas buang yang lebih rendah, tetapi proses produksi biodiesel juga dapat mencemarkan lingkungan jika tidak dilakukan dengan benar. Produksi biodiesel dapat menyebabkan deforestasi, perubahan penggunaan lahan, dan penggunaan air yang besar, serta limbah dan polusi air yang disebabkan oleh proses pemrosesan bahan baku.
  6. Proses perubahan energi cahaya atau matahari menjadi energi yang lain, seperti energi listrik melalui panel surya, melibatkan penggunaan sel surya atau photovoltaic (PV) yang dapat mengubah energi cahaya matahari menjadi energi listrik melalui proses fotoelektrik. Ketika sinar matahari mengenai sel surya, elektron-elektron dalam sel tersebut dilepaskan, menciptakan arus listrik yang dapat digunakan untuk menggerakkan peralatan listrik. Proses ini merupakan contoh dari konversi langsung energi cahaya menjadi energi listrik.

 

 

 


 


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Anita sedang mengamati keanekaragaman hayati yang ada di lingkungan sekitar rumahnya. Ia menemukan organisme yang hidup di tempat lembab, setelah diamati lebih dekat bentuknya seperti tumbuhan kecil yang belum dapat dibedakan akar, batang, dan daunnya. Organisme yang sedang diamati oleh Anita juga memiliki rizoid untuk menyerap air dan mineral dari substrat. Jika Anita mengamati organisme tersebut dengan mikroskop, hal yang akan ditemukan oleh Anita adalah .... A. tidak memiliki membran inti sel dan materi genetiknya terkumpul dalam suatu daerah yang tidak dilapisi membran yang disebut dengan nukleoid B. mahluk hidup uniseluler yang memiliki nukelus dan pada sitoplasmanya, ditemukan vakuola yang besar C. memiliki membran inti sel dan terdapat organel klorofil yang berperan dalam proses fotosintesis D. mahluk hidup multiseluler yang tidak memiliki membran inti sel dan pada sitoplasmanya terdapat banyak vakuola berukuran kecil

5

0.0

Jawaban terverifikasi

Pro dan Kontra Puisi Esai Selama ini, kita mengenal beberapa jenis puisi seperti puisi deskriptif, puisi lirik, puisi naratif, dan lain sebagainya. Namun, bagaimana jika kemudian muncul puisi esai sebagai jenis puisi baru. Hal inilah yang menjadi polemik atau kontroversi di kalangan penyair dan pemerhati sastra pada beberapa tahun lalu. Perdebatan pun terjadi cukup ramai di media masa cetak maupun elektronik hingga menimbulkan berbagai pro dan kontra. Kalangan penyair dan sastrawan pun beberapa ada yang bersikap mendukung/pro tetapi tidak sedikit pula yang menentang/kontra. Pihak yang mendukung beranggapan bahwa perpuisian Indonesia saat ini mirip dengan kondisi Amerika Serikat sekitar tahun 2006. Pada saat itu, puisi makin sulit dipahami dan seakan berada di wilayah yang lain. Penulisannya mengalami kebuntuan dan tidak mengalami perubahan berarti selama puluhan tahun. Munculnya puisi esai dianggap sebagai upaya menjadikan puisi dekat dan dapat mudah dipahami masyarakat umum. Hal ini terutama ditunjukan dengan kehadiran catatan kaki yang merupakan upaya menjelaskan dan mengaitkan isi puisi dengan konteks sosial di luar puisi. Beberapa pihak yang mendukung bahkan tergerak untuk memunculkan angkatan baru puisi esai selain angkatan yang sudah ada sebelumnya. Hal ini ditunjukan dengan penerbitan 34 buku puisi esai di 34 provinsi di seluruh Indonesia yang melibatkan 170 orang dari kalangan penyair, aktivis, penulis, jurnalis, hingga peneliti. Dalam penyebarannya, puisi esai saat ini bahkan sudah mencapai beberapa negara tetangga seperti Malaysia, Brunei, dan Thailand. Adapun, pihak yang menentang berargumen bahwa puisi pada dasarnya identik dengan tulisan fiksi dan bersifat imajinatif. Hal ini berbeda dengan esai yang merupakan teks yang bersifat faktual dan realistis sehingga keduanya tidak bisa gabungkan. Selain itu, terkait klaim beberapa pihak sebagai pencipta pertama jenis puisi esai yang beredar dianggap menyesatkan. Hal ini karena puisi semacam itu bukanlah hal yang baru sebab sebenarnya telah ada sejak masa Alexander Pope, penyair Inggris abad ke 18. Beberapa penyair Indonesia juga pernah menulis puisi dengan tema sosial berbentuk transparan dan memiliki catatan kaki sejenis puisi esai. Beberapa pihak juga menyoroti masifnya gerakan puisi esai karena adanya pihak tertentu yang menjadi sponsor dan mendanai dengan maksud dan tujuan tertentu seperti popularitas dan elektabilitas. Apapun itu, pro kontra kemunculan puisi esai saat ini memang tak terhindarkan. Perdebatan pun tetap berlanjut hingga kini. Sekali pun demikian, diakui atau tidak, aksistensi puisi esai akhirnya menjadi fenomena tersendiri dalam dunia sastra. Dalam sudut pandang positif, hal ini menunjukan kreativitas sastrawan Indonesia dan dapat mengaktifkan kembali diskusi intelektual sesama penyair, sastrawan, maupun masyarakat luas tentang perpuisian Indonesia. Mungkin suatu nanti ada penjelasan dan tempat tersendiri puisi esai. Bahkan hal ini mungkin menjadi pembuka kemunculan jenis puisi- puisi baru lainnya yang menambah dinamika perpuisian dan sastra Indonesia. Semoga. Setelah itu analisislah 1.bagian isu 2.bagian isi/argumen 3.kesimpulan 4.saran

3

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan