Simon B

25 Mei 2022 06:04

Iklan

Iklan

Simon B

25 Mei 2022 06:04

Pertanyaan

Gajah dan Semut tujuh gajah cemas (1) menitijemput serabut (2) tujuh semut turun gunung (3) terkekeh kekeh (4) perjalanan kalbu (5) (Sutardji Calzoum Bachri) Maksud puisi di atas lebih jelas dinyatakan dengan nomor .... A. (1) B. (2) C. (3) D. (4) E. (5)


161

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

N. Dwi

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

14 Agustus 2022 07:31

Jawaban terverifikasi

Jawaban yang benar adalah E. Untuk memahami jawaban tersebut, berikut pembahasannya. Puisi adalah ragam sastra yang memperhatikan irama, matra, rima, larik, dan bait dengan menggunakan kata kiasan dalam bentuk larik dan bait. Cara menentukan maksud puisi dalam puisi, yaitu: a) membaca puisi dengan sakasama, b) menandai beberapa kata/lambang dalam puisi, c) menemukan arti dari kata/lambang tersebut, dan d) menemukan maksud puisi. Berdasarkan penjelasan, maksud puisi di atas lebih jelas dinyatakan dengan nomor (5), yaitu "perjalanan kalbu". Kata "kalbu tersebut memiliki makna batin. Larik nomor (5) menjelaskan perjalanan batin. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah E.


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis

Dapatkan akses pembahasan sepuasnya
tanpa batas dan bebas iklan!

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Rana : "Sebenarnya itu lukisan terakhirku, ayahku tidak suka melihatku melukis. la meminta kepadaku untuk fokus sekolah dulu." Meli : "Lalu, bagaimana dengan karyaku yang lain seperti puisi dan karya sastra lainnya?" Rana : "Kalau soal itu, ayahku tidak mengetahui karena kalau membuat puisi dan karya sastra lainnya, ayahku menganggap aku sedang belajar." Penggalan drama di atas mengandung konjungsi...

12

0.0

Jawaban terverifikasi

Bacalah teks berikut. (1) K-pop adalah salah satu pesan verbal melalui media entertainment musik. (2) Di Korea K-pop bukan sekadar genre musik, tetapi sudah menjadi kebudayaan dan gaya hidup dan sudah tidak dapat terlepas dari negara tersebut. (3) Populernya budaya tersebut menjadi topik yang sering diperbincangkan belakangan ini. (4) Indonesia menjadi salah satu negara yang terpengaruh sangat besar oleh budaya K-pop. (5) Itu dapat ditunjukkan dengan banyaknya boy band dan girl band yang meniru boy band dan girl band Korea. (6) Hal tersebut menyebabkan ketidakstabilan budaya di Indonesia, karena anak mudanya lebih tertarik mempelajari budaya negara lain dibandingkan dengan budaya negara sendiri. (7) Sangat ironis memang, ketika melihat kecintaan para penerus bangsa terhadap budaya negara sendiri sedikit demi sedikit terkikis karena pengaruh budaya negara lain (K-Pop). (8) Dengan memvirusnya budaya K-pop di Indonesia, menjadikan negara kita negara yang tidak mempunyai identitas yang jelas. (9) Kenapa tidak, negara kita ini adalah negara yang sangat mudah dipengaruhi oleh kebudayaan asing. (10) Karena K-pop memang menjadi salah satu senjata negara Korea Selatan untuk menyebarkan budaya dan paham mereka serta bisa dikatakan imperialisme budaya. (11) lmperialisme budaya ini disebabkan oleh globalisasi yang semakin menggurita. (12) Bahkan, negara maju pun akan sangat mudah menyebarkan kebudayaan mereka ke seluruh penjuru dunia melalui media massa. (13) Sementara itu, negara-negara berkembang akan sangat rentan terpengaruh, termasuk negara Indonesia. Diadaptasi dari http://www.kompasiana.com/ajenkoya/agresi-budaya-korea-melalui-k-pop-di-indonesia-54t90928a33311b9188b4bcf Apa gagasan utama paragraf ke-2 pada teks di atas? A. Negara maju menyebarkan budaya ke negara berkembang. B. Globalisasi menyebabkan imperialisme budaya. C. Budaya K-pop menggejala di seluruh dunia. D. Indonesia rentan terpengaruh budaya asing. E. Indonesia tidak mempunyai identitas yang jelas.

16

0.0

Jawaban terverifikasi