Muhammad F

15 Maret 2024 06:08

Iklan

Iklan

Muhammad F

15 Maret 2024 06:08

Pertanyaan

Empat buah dari dilempar sekaligus. Peluang bahwa empat buah bilangan yang dihasilkan dapat disusun menjadi deret aritmatika dengan selisih 1 adalah..

Empat buah dari dilempar sekaligus. Peluang bahwa empat buah bilangan yang dihasilkan dapat disusun menjadi deret aritmatika dengan selisih 1 adalah.. 

 

alt

198

1


Iklan

Iklan

Anindita R

15 Maret 2024 13:45

<p>SOAL Empat buah dadu dilempar sekaligus. Peluang bahwa empat buah bilangan yang dihasilkan dapat disusun menjadi deret aritmatika dengan selisih 1 adalah...</p><p>a. 1/6&nbsp;</p><p>b. 1/12&nbsp;</p><p>c. 1/18&nbsp;</p><p>d. 1/24&nbsp;</p><p>e . 1/36</p><p>Untuk mendapatkan deret aritmatika dengan selisih 1 dari empat bilangan dadu, perhatikan bahwa deret aritmatika dengan selisih 1 dapat memiliki dua bentuk yaitu:</p><ol><li>Bilangan genap berturut-turut, misalnya 2, 3, 4, 5.</li><li>Bilangan ganjil berturut-turut, misalnya 1, 2, 3, 4.</li></ol><p>Pertama, mari kita hitung jumlah kemungkinan untuk masing-masing bentuk deret:</p><p>Deret dengan bilangan genap berturut-turut:</p><ul><li>Angka yang mungkin untuk setiap dadu adalah 2, 4, atau 6 (karena hanya ingin bilangan genap).</li><li>Jumlah kemungkinan adalah 3^4 karena ada 4 dadu yang dilempar dan setiap dadu memiliki 3 kemungkinan bilangan yang memenuhi syarat.</li><li>Dari kemungkinan ini, hanya satu cara untuk mendapatkan deret genap berturut-turut yaitu 2, 4, 6, 8 (karena selisihnya harus 2 antara bilangan-bilangan tersebut).</li><li>Jadi, jumlah kemungkinan deret genap berturut-turut adalah 1.</li></ul><p>Deret dengan bilangan ganjil berturut-turut:</p><ul><li>Angka yang mungkin untuk setiap dadu adalah 1, 3, atau 5 (karena hanya ingin bilangan ganjil).</li><li>Jumlah kemungkinan juga 3^4 karena setiap dadu memiliki 3 kemungkinan bilangan yang memenuhi syarat.</li><li>Dari kemungkinan ini, hanya satu cara untuk mendapatkan deret ganjil berturut-turut yaitu 1, 3, 5, 7 (karena selisihnya harus 2 antara bilangan-bilangan tersebut).</li><li>Jadi, jumlah kemungkinan deret ganjil berturut-turut adalah 1.</li></ul><p>Total jumlah kemungkinan untuk mendapatkan deret aritmatika dengan selisih 1 adalah 1 + 1 = 2 dari total 3^4 = 81 kemungkinan hasil lemparan dadu.</p><p>Jadi, peluangnya adalah 2/81. Namun, opsi yang Anda berikan tidak menyertakan jawaban yang sesuai. Jika kami harus memilih yang paling dekat, maka yang terdekat adalah&nbsp;</p><p>1/36 (e), tetapi jawaban yang benar seharusnya adalah &nbsp;2/81.</p><p>&nbsp;</p><p>maaf kalo salah:)</p>

SOAL Empat buah dadu dilempar sekaligus. Peluang bahwa empat buah bilangan yang dihasilkan dapat disusun menjadi deret aritmatika dengan selisih 1 adalah...

a. 1/6 

b. 1/12 

c. 1/18 

d. 1/24 

e . 1/36

Untuk mendapatkan deret aritmatika dengan selisih 1 dari empat bilangan dadu, perhatikan bahwa deret aritmatika dengan selisih 1 dapat memiliki dua bentuk yaitu:

  1. Bilangan genap berturut-turut, misalnya 2, 3, 4, 5.
  2. Bilangan ganjil berturut-turut, misalnya 1, 2, 3, 4.

Pertama, mari kita hitung jumlah kemungkinan untuk masing-masing bentuk deret:

Deret dengan bilangan genap berturut-turut:

  • Angka yang mungkin untuk setiap dadu adalah 2, 4, atau 6 (karena hanya ingin bilangan genap).
  • Jumlah kemungkinan adalah 3^4 karena ada 4 dadu yang dilempar dan setiap dadu memiliki 3 kemungkinan bilangan yang memenuhi syarat.
  • Dari kemungkinan ini, hanya satu cara untuk mendapatkan deret genap berturut-turut yaitu 2, 4, 6, 8 (karena selisihnya harus 2 antara bilangan-bilangan tersebut).
  • Jadi, jumlah kemungkinan deret genap berturut-turut adalah 1.

Deret dengan bilangan ganjil berturut-turut:

  • Angka yang mungkin untuk setiap dadu adalah 1, 3, atau 5 (karena hanya ingin bilangan ganjil).
  • Jumlah kemungkinan juga 3^4 karena setiap dadu memiliki 3 kemungkinan bilangan yang memenuhi syarat.
  • Dari kemungkinan ini, hanya satu cara untuk mendapatkan deret ganjil berturut-turut yaitu 1, 3, 5, 7 (karena selisihnya harus 2 antara bilangan-bilangan tersebut).
  • Jadi, jumlah kemungkinan deret ganjil berturut-turut adalah 1.

Total jumlah kemungkinan untuk mendapatkan deret aritmatika dengan selisih 1 adalah 1 + 1 = 2 dari total 3^4 = 81 kemungkinan hasil lemparan dadu.

Jadi, peluangnya adalah 2/81. Namun, opsi yang Anda berikan tidak menyertakan jawaban yang sesuai. Jika kami harus memilih yang paling dekat, maka yang terdekat adalah 

1/36 (e), tetapi jawaban yang benar seharusnya adalah  2/81.

 

maaf kalo salah:)


Nizelia K

25 April 2024 16:04

C jawabannya

Iklan

Iklan

Mau jawaban yang terverifikasi?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Fina Lina dan Rina pergi ke minimarket untuk membeli makanan. Fina membeli 1 snack 3 permen dan 1 minuman botol dengan harga 8000. Lina membeli satu snack, satu permen dan satu minuman botol dengan harga 6000 Rina membeli 2 snack 1 permen dan 1 minuman dengan harga 9000 Buatlah model matematika dari cerita tersebut

10

5.0

Jawaban terverifikasi