Piw P

28 April 2024 11:07

Iklan

Iklan

Piw P

28 April 2024 11:07

Pertanyaan

Ekosistem Abiotik : batu, tanah, udara Biotik : bunga, kupu-kupu, laba-laba, burung Rantai makanan Bunga - kupu kupu - laba laba - burung Berikan contoh pola interaksi nya

Ekosistem
Abiotik : batu, tanah, udara 
Biotik : bunga, kupu-kupu, laba-laba, burung

Rantai makanan 
Bunga - kupu kupu - laba laba - burung

 

Berikan contoh pola interaksi nya


2

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

29 April 2024 04:20

Jawaban terverifikasi

<p>Contoh pola interaksi dalam ekosistem yang Anda berikan adalah pola interaksi makanan atau rantai makanan. Dalam rantai makanan yang Anda tunjukkan:</p><ol><li>Bunga sebagai produsen, menghasilkan makanan melalui fotosintesis.</li><li>Kupu-kupu sebagai konsumen tingkat pertama, memakan nektar atau bagian-bagian bunga.</li><li>Laba-laba sebagai konsumen tingkat kedua, memakan kupu-kupu.</li><li>Burung sebagai konsumen tingkat ketiga, memakan laba-laba.</li></ol><p>Interaksi ini mencerminkan aliran energi dan transfer nutrisi dari satu organisme ke organisme lain dalam ekosistem. Ini juga menunjukkan bagaimana keberadaan setiap organisme memengaruhi organisme lain dalam rantai makanan tersebut. Misalnya, penurunan populasi kupu-kupu dapat mempengaruhi populasi laba-laba, yang pada gilirannya dapat memengaruhi populasi burung yang bergantung pada laba-laba sebagai sumber makanan.</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p>

Contoh pola interaksi dalam ekosistem yang Anda berikan adalah pola interaksi makanan atau rantai makanan. Dalam rantai makanan yang Anda tunjukkan:

  1. Bunga sebagai produsen, menghasilkan makanan melalui fotosintesis.
  2. Kupu-kupu sebagai konsumen tingkat pertama, memakan nektar atau bagian-bagian bunga.
  3. Laba-laba sebagai konsumen tingkat kedua, memakan kupu-kupu.
  4. Burung sebagai konsumen tingkat ketiga, memakan laba-laba.

Interaksi ini mencerminkan aliran energi dan transfer nutrisi dari satu organisme ke organisme lain dalam ekosistem. Ini juga menunjukkan bagaimana keberadaan setiap organisme memengaruhi organisme lain dalam rantai makanan tersebut. Misalnya, penurunan populasi kupu-kupu dapat mempengaruhi populasi laba-laba, yang pada gilirannya dapat memengaruhi populasi burung yang bergantung pada laba-laba sebagai sumber makanan.

 

 

 


Iklan

Iklan

Bella R

28 April 2024 13:02

<p>Berdasarkan gambar tersebut, beberapa contoh pola interaksi yang dapat diberikan adalah:</p><p>1. Pemangsaan (Predasi)<br>Burung memangsa laba-laba, laba-laba memangsa kupu-kupu. Ini merupakan contoh interaksi pemangsaan di mana konsumen memangsa mangsa untuk memperoleh nutrisi.</p><p>2. Pencaharian Makan (Herbivori)<br>Kupu-kupu memakan bunga. Ini merupakan contoh interaksi herbivori di mana hewan memakan tumbuhan.</p><p>3. Penyerbukan<br>Kupu-kupu dapat membantu penyerbukan bunga saat mengisap nektar. Ini merupakan interaksi mutualisme antara kupu-kupu dan bunga.</p><p>4. Ketergantungan pada Faktor Abiotik<br>Semua komponen biotik (bunga, kupu-kupu, laba-laba, burung) bergantung pada faktor abiotik seperti batu, tanah, dan udara untuk bertahan hidup dalam ekosistem.</p><p>Jadi, pola interaksi yang ditunjukkan meliputi pemangsaan, pencaharian makan, penyerbukan, dan ketergantungan pada faktor abiotik, yang semuanya saling terkait dalam menjaga keseimbangan ekosistem.</p>

Berdasarkan gambar tersebut, beberapa contoh pola interaksi yang dapat diberikan adalah:

1. Pemangsaan (Predasi)
Burung memangsa laba-laba, laba-laba memangsa kupu-kupu. Ini merupakan contoh interaksi pemangsaan di mana konsumen memangsa mangsa untuk memperoleh nutrisi.

2. Pencaharian Makan (Herbivori)
Kupu-kupu memakan bunga. Ini merupakan contoh interaksi herbivori di mana hewan memakan tumbuhan.

3. Penyerbukan
Kupu-kupu dapat membantu penyerbukan bunga saat mengisap nektar. Ini merupakan interaksi mutualisme antara kupu-kupu dan bunga.

4. Ketergantungan pada Faktor Abiotik
Semua komponen biotik (bunga, kupu-kupu, laba-laba, burung) bergantung pada faktor abiotik seperti batu, tanah, dan udara untuk bertahan hidup dalam ekosistem.

Jadi, pola interaksi yang ditunjukkan meliputi pemangsaan, pencaharian makan, penyerbukan, dan ketergantungan pada faktor abiotik, yang semuanya saling terkait dalam menjaga keseimbangan ekosistem.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

contoh interaksi komponen biotik dan abiotik di sawah

4

0.0

Jawaban terverifikasi