Apriyani N

24 Juni 2024 04:24

Iklan

Iklan

Apriyani N

24 Juni 2024 04:24

Pertanyaan

Diketahui dua elektrode sebagai berikut. Ag+(aq) + e- → Ag(s) E° = +0,80 V Mg2+(aq) + 2e- → Mg(s) E° = -2,37 V Tuliskan reaksi elektrode dan reaksi selnya.


2

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Winson W

01 Juli 2024 12:05

Jawaban terverifikasi

Jawaban : Reaksi elektrode adalah reaksi secara spesifik, antara katoda atau anoda. Sedangkan reaksi sel adalah reaksi gabungan katoda dan anoda. Pada sel tersebut, diketahui terdapat 2 logam, yakni Ag dan Mg. Dilihat dari potensial selnya, karena Eosel Mg lebih kecil dari Ag, sehingga, Mg berperan sebagai kutub negatif (anoda) dan Ag berperan sebagai kutub positif (katoda). Reaksi-reaksinya : 1. Katoda : Ag+(aq) + e- -> Ag(s) 2. Anoda : Mg(s) -> Mg2+(aq) + 2e- Ketika reaksi digabung , ternyata elektron Ag dan Mg tidak sejumlah. Maka, reaksi katoda harus dikali dua untuk menghasilkan jumlah elektron yang sama, namun tidak mengubah nilai potensial selnya. Sehingga reaksi lengkapnya adalah : 2Ag+(aq) + 2e- + Mg(s) -> Mg2+(aq) + 2Ag(s) + 2e- Elektron dapat dieleminasi 2Ag+(aq) + Mg(s) -> Mg2+(aq) + 2Ag(s) Dan nilai Eoselnya = Eokatoda - Eo anoda Eosel = 0,8 - (-2,37) V Eosel = +3,17 V. Semoga membantu.


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Perhatikan data berikut. Pasangan produk dan si stem koloid yang tepat ditunjukkan oleh nomor .... A. I dan II B. II dan Ill C. I dan IV D. II dan IV E. Ill dan V

1

0.0

Jawaban terverifikasi