Alvia A

04 Agustus 2024 01:52

Iklan

Alvia A

04 Agustus 2024 01:52

Pertanyaan

Dibantu ya kakak" purwarupa nya tentang sampah plastik 3.merancang dan membuat purwarupa sebagai solusi masalah lingkungan (penjelasan menggunakan text) 4.mengkomonikasikan purwarupa secara lisan,tulisan, dan kegiatan 5.merefleksi kegiatan projek ipas yg telah dilakukan

Ikuti Tryout SNBT & Menangkan E-Wallet 100rb

Habis dalam

02

:

19

:

13

:

39

Klaim

4

1


Iklan

Kevin L

Gold

04 Agustus 2024 03:55

Memahami Tugas Proyek tentang Sampah Plastik Tugas proyek ini meminta kamu untuk: * Membuat Purwarupa: Purwarupa adalah model awal dari suatu produk atau ide. Dalam konteks ini, kamu diminta untuk membuat model awal dari sebuah solusi untuk masalah sampah plastik. Ini bisa berupa produk baru, sistem, atau metode yang bisa mengurangi atau mengatasi masalah sampah plastik. * Menjelaskan Purwarupa: Setelah membuat purwarupa, kamu harus menjelaskan secara rinci bagaimana purwarupa itu bekerja, apa manfaatnya, dan bagaimana purwarupa itu bisa menjadi solusi untuk masalah sampah plastik. Penjelasan ini bisa kamu buat dalam bentuk tulisan. * Mengkomunikasikan Purwarupa: Kamu tidak hanya perlu membuat dan menjelaskan purwarupa, tetapi juga harus menyampaikannya kepada orang lain. Kamu bisa melakukannya dengan cara berbicara (lisan), menulis, atau bahkan melalui demonstrasi atau presentasi. * Merefleksikan Proses: Setelah proyek selesai, kamu diminta untuk memikirkan kembali seluruh proses yang telah kamu lakukan. Apa saja yang sudah berjalan dengan baik? Apa saja kendala yang kamu hadapi? Apa yang bisa kamu pelajari dari proyek ini? Tips untuk Menyelesaikan Tugas: * Brainstorming: Mulailah dengan mencari tahu lebih banyak tentang masalah sampah plastik. Ada banyak sumber informasi yang bisa kamu gunakan, seperti internet, buku, atau wawancara dengan ahli. Setelah itu, coba pikirkan ide-ide kreatif untuk mengatasi masalah ini. * Memilih Solusi: Dari banyak ide yang kamu punya, pilihlah satu ide yang menurutmu paling potensial dan realistis untuk dikembangkan menjadi purwarupa. * Membuat Purwarupa: Purwarupamu bisa dibuat dari berbagai bahan, tergantung pada idemu. Kamu bisa menggunakan bahan-bahan bekas atau bahan-bahan baru. Yang penting adalah purwarupamu bisa berfungsi dan mewakili solusi yang kamu usulkan. * Menulis Penjelasan: Saat menulis penjelasan, pastikan bahasamu mudah dipahami dan kamu menyertakan gambar atau diagram untuk memperjelas idemu. * Berlatih Presentasi: Jika kamu akan mempresentasikan purwarupamu, berlatihlah terlebih dahulu agar kamu bisa menyampaikannya dengan percaya diri dan jelas. Contoh Purwarupa: Sebagai contoh, kamu bisa membuat purwarupa berupa tempat sampah pintar yang bisa memilah sampah secara otomatis. Tempat sampah ini dilengkapi dengan sensor yang bisa mendeteksi jenis sampah dan kemudian memisahkannya ke dalam tempat yang berbeda-beda. Contoh Refleksi: Dalam refleksi, kamu bisa menuliskan hal-hal seperti: * Awalnya saya kesulitan mencari ide untuk purwarupa. Namun, setelah melakukan riset, saya menemukan banyak inspirasi. * Proses pembuatan purwarupa cukup menantang karena saya harus mencari bahan-bahan yang sesuai dan belajar cara menggunakan alat-alat tertentu. * Saya merasa puas dengan hasil akhir proyek ini. Purwarupa yang saya buat berfungsi dengan baik dan saya yakin bisa menjadi solusi yang efektif untuk masalah sampah plastik. Semoga penjelasan ini membantu ya!


Iklan

Mau jawaban yang terverifikasi?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

TEKS 1 Pengaruh budaya asing terhadap gaya hidup remaja di indonesia Perkembangan teknologi saat ini turut ditandai dengan perkembangan budaya yang ada di Indonesia. Seperti telah dibahas di atas, bahwa budaya asing bebas masuk begitu saja tanpa ada filterisasi. Pada umumnya, usia remaja merupakan usia kritis di mana apa yang ia lihat menyenangkan pasti akan ditiru. Budaya-budaya tersebut dapat masuk dengan mudah melalui apa saja, misalnya televisi dengan bentuk film,video klip, internet, dan macam-macam alat tekhnologi lainnya. Saat ini internet bukan merupakan sarana yang langka lagi, sarana ini bisa digunakan di mana saja dan kapan saja oleh pengguna. Biasanya, masyarakat lebih sering mengakses sesuatu yang baru melalui internet. Saat ini, banyak warung internet atau biasa kita sebut dengan warnet menjamur di mana-mana sehingga memudahkan orang-orang untuk mengakses internet. Di warnet inilah kadang-kadang banyak remaja dapat mengakses hal-hal negatif secara bebas tanpa pengawasan. Ada beberapa pihak warnet yang memblok situs negatif ini tetapi ada juga beberapa warnet yang tidak memblok situs ini sehingga dapat dibuka secara bebas. Internet sering disalahgunakan untuk kepentingan yang kurang baik. Norma agama merupakan norma yang paling prioritas diutamakan dalam kehidupan. Agama merupakan pondasi dasar jiwa atau pondasi utama pokok yang wajib kita tanamkan dalam diri manusia. Kerabat yang dapat menanamkan norma tersebut hanyalah kelompok kecil terdekat yakni keluarga. Keluarga merupakan rumah bagi anak-anaknya. Keluarga merupakan tempat sandaran yang paling nyaman dan aman bagi anak-anaknya. Keluarga merupakan sarana bertanya bagi seorang anak dan orang tua wajib menjawab serta menjelaskan hal-hal yang ditanyakan oleh sang anak. Keluarga, yakni khususnya orang tua. Wajib menanamkan nilai agama bagi anak-anaknya. Di dalam agama, sangat jelas ada perintah yang harus dilaksanakan dan larangan yang harus dijauhi. Semua itu dilakukan demi terciptanya kehidupan yang selaras, serasi, dan seimbang. Keluarga, sekolah, dan lingkungan sosial merupakan tiga elemen penting yang dekat dengan sosok anak. Sehingga ada keterkaitan di antara ketiganya. Orangtua harus bisa mengambil porsi lebih banyak di antara porsi yang lainnya. Sekolah juga tidak kalah penting, lembaga ini harus menjadi panutan pusat pendidikan bagi si anak. Ungkungan sosial juga yang mengarahkan anak agar bisa mengikuti arus yang lebih baik. Sumber: http!/muhammadhamhamdy.blogspot.com TEKS 2 Lingkungan Keluarga Sehat Membentuk Pribadi Remaja Sehat Remaja yang memiliki kepribadian sehat terlahir dari keluarga yang sehat. Keluarga yang sehat adalah keluarga yang harmonis. Ayah, ibu, dan anak-anak dalam keluarga harmonis memiliki hubungan batin yang bahagia, serasi, rukun, dan damai. Keluarga seperti ini sangat jauh dari konflik. Dalam keluarga yang bahagia, rukun dan damai inilah remaja akan tumbuh sebagai pribadi yang sehat dan bahagia. Hal apa saja yang dapat membuktikan bahwa keluarga yang sehat akan menjadi lingkungan yang sangat baik untuk tumbuh kembang remaja? Pertama, ketentraman dalam keluarga akan membuat remaja merasa nyaman tinggal di rumah dan tidak akan mencari pelarian ke lingkungan luar apalagi mencari hal-hal negatif sebagai penghilang rasa tertekannya. Kedua, orang tua yang rukun dan dapat menjadi teladan bagi anak-anak sangat membantu membentuk figur anak yang balk. Coba bayangkan kalau ayah, ibu, atau keduanya memiliki karakter yang sangat tidak mencerminkan kepribadian yang baik, maka anak akan kehilangan sosok terbaik dalam lingkungan terdekatnya. Berdasarkan penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa keluarga yang harmonis, tentram, dan rukun akan sangat potensial membentuk kepribadian yang baik bagi para remaja. Sudah saatnya para orang tua menyadari pentingnya upaya mereka untuk kehidupan dan masa depan para remaja. 18. Penulisan judul teks 1 kurang tepat, perbaikannya adalah .... a. Pengaruh Budaya Asing Terhadap Gaya Hidup Remaja Di Indonesia b. Pengaruh Budaya Asing Terhadap Gaya Hidup Remaja di Indonesia c. Pengaruh Budaya Asing terhadap Gaya Hidup Remaja di Indonesia d. Pengaruh budaya asing terhadap gaya hidup remaja di Indonesia

3

5.0

Jawaban terverifikasi

Kampung Rawajati di kampung hijau Kramat jati selain peduli untuk membuat lingkungan hijau oleh tanaman terlihat juga kesadaran warga yang cukup tinggi untuk andil terhadap pengelolaan sampah dan bijak sebuah sentra pengumpulan sampah disediakan di area kampung menampung aneka sampah rumah tangga para ibu turut andil dengan memisahkan sampah dapur seperti kulit bawang batang sayuran kulit buah dan kulit telur kemudian dikumpulkan di sentra bersama dengan sampah kebun campuran sampah dapur dan sampah kebun dari warga kemudian diolah menjadi kompos setiap warga diperbolehkan mengambil kompos untuk menyuburkan apa yang dilakukan warga kampung rawa jadi terhadap sampah konsumsi sampah konsumsi ada yang berupa sampah organik sampah organik adalah sampahyang berasal dari sisa makhluk hidup yang terdapat di alam seperti tumbuhan dan hewan serta berbagai hasil olahannya sehingga dapat terurai secara alami sampah organik termasuk sampah yang ramah lingkungan di kampung rawa jadi dilakukan gunungan sampah sisa makanan yang menimbulkan aromati rakyat mengapa demikian beberapa warga memiliki lubang biopori atau lubang resapan di halaman rumah sampah bisa makanan tiap hari dituang ke dalam lubang biopori dan diberikan membusuk di sana ketika membusuk sampah-sampah tersebut akan menjadi penyebab tanah di sekitarnya ada juga sampah konsumsi berupa sampah anorganik yaitu sampah yang tidak akan dapat terurai oleh bakteri secara alami beberapa contoh sampah anorganik adalah sampah-sampah plastik yang kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari seperti botol kemasan plastik botol kaca besi serta peralatan pakai lainnya memiliki ruang sampah sebagai tempat menyetorkan sampah-rempah dari sini setiap minggu sampah yang berkumpul di sentra diambil oleh beberapa pengepul untuk dibawa ke tempat pengolahan air pengelolaan sampah mengeluarkan daftar harga beli untuk tiap kg sampah yang disebarkan warga semakin banyak warga menyetorkan sampah tentu semakin bertambah pula saldo tabungan sampahnya selain mengurangi tumbuhan sampah warga pun senang karena memperoleh manfaat penggunaan berupa ruang dari sampah yang dihasilkannya bahkan beberapa anak memiliki tabungan sama sendirinya mereka berlomba mengumpulkan botol dan kemasan plastik untuk menambah saldo tabungan sebagian dari sampah anorganik juga dikumpulkan warga untuk diolah menjadi aneka kerajinan yang bernilai jual vas bunga alas gelas dompet serta tas dirangkai cantik dari aneka botol plastik dan kemasan bekas kegiatan ini dilakukan oleh beberapa ibu di waktu luang mereka mengisi waktu mengurangi tumpukan sampah dan menambah uang belanja tentunya menjadi hal positif yang bermanfaat bagi warga dan lingkungan Pertanyaannya Apa kata kunci pada judul bacaan di atas? Informasi apa yang diperoleh dari bacaan berdasarkan kata kunci? Bagaimana cara warga kampung Rawajati terhadap pengelolaan sampah konsumsi? Apa kata kunci pada judul bacaan di atas? Informasi apa yang diperoleh

30

4.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Kampung Rawajati Di Kampung Hijau Rawajati, selain peduli untuk membuat lingkungan hijau oleh tanaman, terlihat juga kesadaran warga yang cukup tinggi untuk andil terhadap pengelolaan sampah dengan bijak. Sebuah sentra pengumpulan sampah disediakan di area kampung untuk menampung aneka sampah rumah tangga. Para ibu turut andil dengan memisahkan sampah dapur seperti kulit bawang, batang sayuran, kulit buah, dan kulit telur kemudian dikumpulkan di sentra bersama dengan sampah kebun. Campuran sampah dapur dan sampah kebun dari warga kemudian diolah menjadi kompos. Setiap warga diperbolehkan mengambil kompos untuk penyubur tanaman. Apa yang dilakukan warga kampung Rawajati terhadap sampah konsumsi? sampah konsumsi ada yang berupa sampah organik. Sampah organik adalah sampah yang berasal dari sisa makhluk hidup yang terdapat di alam seperti tumbuhan dan hewan serta berbagai hasil olahannya sehingga dapat terurai secara alami. Sampah organik termasuk sampah yang ramah lingkungan. Di Kampung Rawajati tidak akan ditemukan gunungan sampah sisa makanan yang menimbulkan aroma tidak sedap. Mengapa demikian? Beberapa warga memiliki lubang biopori atau lubang resapan di halaman rumah. Sampah sisa makanan tiap hari dituang ke dalam lubang biopori dan dibiarkan membusuk di sana. Ketika kelak membusuk, sampah-sampah tersebut akan menjadi penyubur tanah di sekitarnya. Ada juga sampah konsumsi berupa sampah anorganik yaitu sampah yang tidak akan dapat terurai oleh bakteri secara alami. Beberapa contoh sampah anorganik adalah sampah-sampah plastik yang kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari seperti botol kemasan plastik, botol kaca, besi, serta barang tak terpakai lainnya. Warga Rawajati memiliki bank sampah, sebagai tempat menyetorkan sampah-sampah jenis ini. Setiap Minggu sampah yang terkumpul di sentra diambil oleh beberapa pengepul untuk dibawa ke tempat pengolahan akhir. Pengelola bank sampah mengeluarkan daftar harga beli untuk tiap kg sampah yang disetorkan warga. Semakin banyak warga menyetorkan sampah, tentu semakin bertambah pula saldo tabungan sampahnya. Selain mengurangi tumpukan sampah, warga pun senang karena memperoleh manfaat dan keuntungan berupa uang dari sampah yang dihasilkannya. Bahkan beberapa anak memiliki tabungan sampahnya sendiri. Mereka berlomba mengumpulkan botol dan kemasan plastik untuk menambah saldo tabungan. Sebagian dari sampah anorganik, juga dikumpulkan warga untuk diolah menjadi aneka kerajinan yang bernilai jual. Vas bunga, alas gelas, dompet, serta tas dirangkai cantik dari aneka botol plastik dan kemasan bekas. Kegiatan ini dilakukan oleh beberapa ibu di waktu luang mereka. Mengisi waktu, mengurangi tumpukan sampah, dan menambah uang belanja tentunya menjadi hal positif yang bermanfaat bagi warga dan lingkungan. Jawablah pertanyaan berikut dengan benar! 1. Apa judul bacaan di atas? Apa kata kunci pada judul bacaan di atas? Apa isi bacaan di atas sudah sesuai dengan kata kunci yang kamu sebutkan? Ungkapkan pendapatmu secara lisan di depan teman-teman dan gurumu! 2. Bagaimana dengan pengelolaan sampah di sekitarmu? Apa yang dapat kamu lakukan terhadap sampah di rumahmu? Tuliskan jawabanmu dalam kolom berikut!

1

4.3

Jawaban terverifikasi

Cermati teks eksposisi berikut! Gerakan Pelajar Bawa Tempat Makan dan Minum Terobosan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim, melarang anak buahnya menggunakan kantong plastik dan botol kemasan plastik sekali pakai di kantornya patut diacungi jempol. Lebih bagus lagi kalau Mas Menteri membuat aturan serupa bukan sekadar imbauan untuk pelajar-pelajar di seluruh Indonesia agar sampah plastik di negeri kita tidak terus menumpuk dan tak terurus. Berdasarkan data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), sampah plastik menempati rangking kedua dalam jenis sampah yang paling dominan dihasilkan di Indonesia, yakni sebesar 15 persen. Angka ini tidak bisa dibilang kecil sebab jumlah timbunan sampah secara nasional sebesar 175.000 ton per hari atau setara 64 juta ton per tahun jika menggunakan asumsi sampah yang dihasilkan setiap orang per hari sebesar 0,7 kg. Berbagai upaya sebetulnya sudah dilakukan untuk mengurangi sampah plastik, seperti kampanye diet plastik, membuat bank sampah, mendaur ulang sampah, kebijakan plastik berbayar, menggunakan tas kain saat belanja, dan lain sebagainya. Namun, tampaknya itu masih belum maksimal dan signifikan. Karena itu, Mas Menteri dan pihak sekolah perlu bekerja sama dalam hal ini. Demi mengurangi sampah plastik, penulis mengusulkan kepada Mas Menteri sebagai pembuat kebijakan, dan pihak sekolah sebagai pelaksana agar membuat dan melaksanakan aturan membawa tempat makan dan minum bagi pelajar. Tentu saja para guru juga harus membawanya sebagai contoh untuk murid-muridnya. Salah satu sumber sampah plastik adalah di sekolah. Di kantin sekolah, kita bisa melihat sehari-hari para siswa membeli makanan dan minuman yang dikemas atau dibungkus dengan plastik. Contohnya, siomay, batagor, nasi uduk, nasi rames, nasi goreng, air mineral, es teh, dan jus mangga. Sudah begitu, makanan dan minuman itu dimasukkan ke kantong kresek dan diminum menggunakan sedotan plastik. Akibatnya, sampah plastik terus diproduksi di sekolah setiap harinya. Nah, jika siswa membawa tempat makan dan tempat minum, wadah tersebut dapat digunakan untuk makanan dan minuman yang dibelinya di kantin. Wadahnya bisa di-reuse dan di-refill. Jadi, kantin hemat pembelian plastik karena tidak perlu lagi menyiapkan kantong kresek, sedotan, sendok atau garpu plastik, bungkus plastik makanan, gelas plastik minuman, dan lain sebagainya. Kantin cukup menyediakan makanan dan minumannya saja. Kantin juga tidak perlu lagi menjual air mineral kemasan gelas atau botol plastik. Air mineral bisa dijual dengan menggunakan galon dispenser. Dengan begitu, sampah plastik di sekolah akan berkurang. Apalagi jumlah sekolah di Indonesia sangat banyak sehingga akan banyak sekali sampah plastik yang berkurang. Namun masalahnya, bagi sebagian pelajar, membawa tempat makan dan minum mungkin terasa merepotkan, ribet, malu, dan memberatkan. Tidak praktis jika dibandingkan membeli langsung di kantin. Para guru, khususnya guru IPA Biologi, perlu menggedor kesadaran murid-muridnya bahwa repot, ribet, malu, dan berat membawa tempat makan dan minum tidak seberapa bila dibandingkan dengan dahsyatnya dampak buruk sampah plastik bagi lingkungan. Repot, ribet, malu, dan berat adalah bentuk pengorbanan untuk kelestarian lingkungan pada masa depan. Tak berlebihan juga jika guru mengakui mereka sebagai pahlawan lingkungan. Sumber: republika.co.id b. Tentukan bagian-bagian teks tersebut yang berupa argumen, dan penegasan ulang.

2

5.0

Jawaban terverifikasi