Hikmal A

17 Maret 2020 01:41

Iklan

Iklan

Hikmal A

17 Maret 2020 01:41

Pertanyaan

Data APBD provinsi Rinaria berikut ini. Pendapatan Pendapatan asli daerah                                   : Rp64.150M Dana perimbangan                                          : Rp79.100M Lain – lain pendapatan daerah yang sah         :Rp.52.750M B. Belanja 1) Belanja langsung  Belanja pegawai                                        :Rp49.750M Subsidi                                                        :Rp37.250M Belanja sosial                                              : Rp37.400M 2) Belanja tak langsung Belanja barang dan jasa                              :Rp52.575M Belanja modal                                             :Rp29.250M Berdasarkan APBD tersebut, dampak terhadap kegiatan ekonomi Provinsi Rinaria adalah .


278

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

M. Bahrudin

Mahasiswa/Alumni Universitas Indonesia

24 Desember 2021 08:52

Jawaban terverifikasi

Halo, Hikmal. Terimakasih sudah bertanya di Roboguru. Kakak bantu jawab ya. Pembahasan : Dari soal di atas, kita bisa menyimpulkan bahwa neraca pembayaran Provinsi Rinaria dalam kondisi defisit. Neraca pembayaran defisit artinya jumlah pengeluaran negara lebih besar dibandingkan dengan penerimaan negara. Kondisi defisit tidak selamanya merugikan untuk perekonomian. Defisit pada neraca pembayaran ini, memerlukan pembayaran ke luar negeri lebih besar daripada transaksi yang mendatangkan penerimaan dari luar negeri. Beberapa dampak dari defisit yaitu: produsen dalam negeri tidak dapat bersaing dengan barang impor, perusahaan diancam bangkrut, pendapatan negara menurun, dan perlunya pendanaan dari hutang. Jadi, dampak terhadap kegiatan ekonomi Provinsi Rinaria adalah produsen dalam negeri tidak dapat bersaing dengan barang impor, perusahaan diancam bangkrut, pendapatan negara menurun, dan perlunya pendanaan dari hutang. Semoga membantu ya. Jangan lupa untuk selalu aktif menggunakan Roboguru untuk membantu belajarmu yaa. Semangat!


Iklan

Iklan

Indah N

17 Maret 2020 04:21

Jika kita lihat pada data APBN provinsi Rinaria, pengeluaran (belanja) lebih besar dari pada pendapatan daerahnya. Hal ini mengakibatkan defisit, sebab pemerintah daerah akan melakukan cara untuk menutup kekurangan tersebut dengan utang. Hal ini sangat membebankan rakyat dimana pajak akan dinaikkan untuk anggaran tersebut.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

kelebihan dan kelemahan sistem upah menurut waktu?

4

3.0

Jawaban terverifikasi