Najmi S

22 April 2024 14:11

Iklan

Iklan

Najmi S

22 April 2024 14:11

Pertanyaan

Dari pernyataan diatas, merupakan ancaman terhadap integritas NKRI ditunjukkan pada nomor

Dari pernyataan diatas, merupakan ancaman terhadap integritas NKRI ditunjukkan pada nomor

alt

6

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

26 April 2024 01:16

Jawaban terverifikasi

<p>jawabannya adalah A.</p><p>&nbsp;</p><p>Pernyataan (1), (3), dan (4) mencerminkan ancaman terhadap integritas NKRI karena mereka semua merupakan peristiwa yang mengancam persatuan dan kesatuan Indonesia:</p><p>(1) Agresi militer Belanda II: Agresi militer Belanda kedua terjadi pada tahun 1948-1949, di mana Belanda mencoba untuk merebut kembali wilayah-wilayah yang telah diserahkan kepada Republik Indonesia, mengancam integritas wilayah NKRI.</p><p>(3) Kekerasan bersenjata di Aceh: Konflik bersenjata di Aceh merupakan ancaman terhadap integritas NKRI karena bertujuan untuk memisahkan wilayah Aceh dari Indonesia.</p><p>(4) Pemberontakan PKI di Madiun tahun 1948: Pemberontakan PKI di Madiun merupakan ancaman terhadap integritas NKRI karena mencoba untuk menggulingkan pemerintahan yang sah dan memecah belah persatuan Indonesia.</p><p>Pilihan Α mengandung pernyataan (1), (3), dan (4), yang semuanya merupakan ancaman terhadap integritas NKRI.</p><p>&nbsp;</p>

jawabannya adalah A.

 

Pernyataan (1), (3), dan (4) mencerminkan ancaman terhadap integritas NKRI karena mereka semua merupakan peristiwa yang mengancam persatuan dan kesatuan Indonesia:

(1) Agresi militer Belanda II: Agresi militer Belanda kedua terjadi pada tahun 1948-1949, di mana Belanda mencoba untuk merebut kembali wilayah-wilayah yang telah diserahkan kepada Republik Indonesia, mengancam integritas wilayah NKRI.

(3) Kekerasan bersenjata di Aceh: Konflik bersenjata di Aceh merupakan ancaman terhadap integritas NKRI karena bertujuan untuk memisahkan wilayah Aceh dari Indonesia.

(4) Pemberontakan PKI di Madiun tahun 1948: Pemberontakan PKI di Madiun merupakan ancaman terhadap integritas NKRI karena mencoba untuk menggulingkan pemerintahan yang sah dan memecah belah persatuan Indonesia.

Pilihan Α mengandung pernyataan (1), (3), dan (4), yang semuanya merupakan ancaman terhadap integritas NKRI.

 


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Berikut merupakan kedudukan pembukaan UUD 1945 …. A. sebagai pendukung hak bangsa dan warga negara Indonesia B. pancasila bukanlah dasar dari pembukaan UUD 1945 C. sebagai pernyataan untuk melawan penjajahan diatas dunia D. sebagai tertib hukum tertinggi di negara Indonesia

1

0.0

Jawaban terverifikasi