Zurrarida Z

09 Juni 2024 13:38

Zurrarida Z

09 Juni 2024 13:38

Pertanyaan

Dalam komponen sistem pembayaran terdapat alat pembayaran dan instrumen. Apakah perbedaan dua komponen tersebut?

Dalam komponen sistem pembayaran terdapat alat pembayaran dan instrumen. Apakah perbedaan dua komponen tersebut?

Belajar bareng Champions

Brain Academy Champions

Hanya di Brain Academy

Habis dalam

02

:

23

:

11

:

12

Klaim

1

2

Jawaban terverifikasi

Navniaaa N

10 Juni 2024 02:40

Jawaban terverifikasi

<p><strong>_</strong><i><strong>Sistem pembayaran tunai</strong></i> menggunakan uang <i><strong>kartal (uang kertas dan logam) </strong></i>sebagai <strong>alat pembayaran</strong>.&nbsp;</p><p>_Sedangkan pada <strong>sistem pembayaran</strong> non-tunai, <i><strong>instrumen </strong></i>yang digunakan berupa <strong>Alat Pembayaran</strong> <i><strong>Menggunakan Kartu (APMK), cek, bilyet giro, nota debit, maupun uang elektronik (card based dan server based).</strong></i></p><p>Komponen sistem pembayaran yang tidak bisa dikesampingkan perannya adalah saluran pembayaran. Untuk memastikan pembayaran nontunai berjalan dengan aman, dibutuhkan saluran yang diatur oleh hukum negara. Adapun beberapa saluran pembayaran yang sah menurut negara adalah kartu kredit, kartu debit, ATM, EDC, dan e-wallet.</p>

_Sistem pembayaran tunai menggunakan uang kartal (uang kertas dan logam) sebagai alat pembayaran

_Sedangkan pada sistem pembayaran non-tunai, instrumen yang digunakan berupa Alat Pembayaran Menggunakan Kartu (APMK), cek, bilyet giro, nota debit, maupun uang elektronik (card based dan server based).

Komponen sistem pembayaran yang tidak bisa dikesampingkan perannya adalah saluran pembayaran. Untuk memastikan pembayaran nontunai berjalan dengan aman, dibutuhkan saluran yang diatur oleh hukum negara. Adapun beberapa saluran pembayaran yang sah menurut negara adalah kartu kredit, kartu debit, ATM, EDC, dan e-wallet.


Nanda R

Community

18 Juni 2024 04:45

Jawaban terverifikasi

<p>Dalam konteks sistem pembayaran, terdapat dua komponen utama yang menjadi bagian penting, yaitu alat pembayaran dan instrumen pembayaran. Berikut adalah perbedaan antara keduanya:</p><p><strong>Alat Pembayaran</strong>:</p><ul><li><strong>Definisi</strong>: Alat pembayaran merujuk kepada media atau sarana yang digunakan untuk melakukan transaksi pembayaran.</li><li><strong>Contoh</strong>: Contoh alat pembayaran meliputi uang tunai (uang kertas dan logam), kartu kredit, kartu debit, cek, giro, dan transfer bank.</li><li><strong>Fungsi</strong>: Alat pembayaran berfungsi sebagai media pertukaran yang memudahkan individu atau bisnis dalam melakukan pembelian barang dan jasa, serta dalam pembayaran tagihan atau transfer dana.</li></ul><p><strong>Instrumen Pembayaran</strong>:</p><ul><li><strong>Definisi</strong>: Instrumen pembayaran merujuk kepada mekanisme atau metode yang diatur atau digunakan dalam melakukan transaksi pembayaran.</li><li><strong>Contoh</strong>: Contoh instrumen pembayaran meliputi transfer antarbank, transfer elektronik, direct debit, e-wallet (dompet elektronik), payment gateway, dan lain sebagainya.</li><li><strong>Fungsi</strong>: Instrumen pembayaran berfungsi sebagai cara atau prosedur yang diikuti untuk mengizinkan transfer nilai dari pembayar ke penerima secara aman dan efisien.</li></ul><p><strong>Perbedaan Utama</strong>:</p><ul><li><strong>Nature</strong>: Alat pembayaran adalah media fisik atau virtual yang digunakan untuk melakukan transaksi, sementara instrumen pembayaran adalah prosedur atau metode yang mengatur atau memfasilitasi transfer nilai.</li><li><strong>Contoh</strong>: Alat pembayaran konkret seperti uang tunai atau kartu kredit, sedangkan instrumen pembayaran mencakup proses transfer elektronik atau penggunaan e-wallet.</li><li><strong>Fungsi</strong>: Alat pembayaran memungkinkan transaksi, sementara instrumen pembayaran memfasilitasi proses dan keamanan transaksi.</li></ul><p>Dengan memahami perbedaan antara alat pembayaran dan instrumen pembayaran, pelaku ekonomi dan pengguna jasa keuangan dapat memilih cara terbaik untuk melakukan transaksi berdasarkan kebutuhan dan preferensi mereka.</p>

Dalam konteks sistem pembayaran, terdapat dua komponen utama yang menjadi bagian penting, yaitu alat pembayaran dan instrumen pembayaran. Berikut adalah perbedaan antara keduanya:

Alat Pembayaran:

  • Definisi: Alat pembayaran merujuk kepada media atau sarana yang digunakan untuk melakukan transaksi pembayaran.
  • Contoh: Contoh alat pembayaran meliputi uang tunai (uang kertas dan logam), kartu kredit, kartu debit, cek, giro, dan transfer bank.
  • Fungsi: Alat pembayaran berfungsi sebagai media pertukaran yang memudahkan individu atau bisnis dalam melakukan pembelian barang dan jasa, serta dalam pembayaran tagihan atau transfer dana.

Instrumen Pembayaran:

  • Definisi: Instrumen pembayaran merujuk kepada mekanisme atau metode yang diatur atau digunakan dalam melakukan transaksi pembayaran.
  • Contoh: Contoh instrumen pembayaran meliputi transfer antarbank, transfer elektronik, direct debit, e-wallet (dompet elektronik), payment gateway, dan lain sebagainya.
  • Fungsi: Instrumen pembayaran berfungsi sebagai cara atau prosedur yang diikuti untuk mengizinkan transfer nilai dari pembayar ke penerima secara aman dan efisien.

Perbedaan Utama:

  • Nature: Alat pembayaran adalah media fisik atau virtual yang digunakan untuk melakukan transaksi, sementara instrumen pembayaran adalah prosedur atau metode yang mengatur atau memfasilitasi transfer nilai.
  • Contoh: Alat pembayaran konkret seperti uang tunai atau kartu kredit, sedangkan instrumen pembayaran mencakup proses transfer elektronik atau penggunaan e-wallet.
  • Fungsi: Alat pembayaran memungkinkan transaksi, sementara instrumen pembayaran memfasilitasi proses dan keamanan transaksi.

Dengan memahami perbedaan antara alat pembayaran dan instrumen pembayaran, pelaku ekonomi dan pengguna jasa keuangan dapat memilih cara terbaik untuk melakukan transaksi berdasarkan kebutuhan dan preferensi mereka.


Buka akses jawaban yang telah terverifikasi

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

dalam suatu pertemuan desa, perbandingan banyak peserta laki-laki dan perempuan adalah 5 : 3 jika banyak peserta laki-laki yang hadir 120 orang lebih banyak daripada perempuan berapa jumlah peserta yang hadir dalam pertemuan tersebut

13

0.0

Jawaban terverifikasi