Eldina M

17 April 2024 00:03

Iklan

Iklan

Eldina M

17 April 2024 00:03

Pertanyaan

Contoh digital competence, digital usage dan digital transformation....

Contoh digital competence, digital usage dan digital transformation....


6

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

ItsmeJacky I

23 April 2024 08:51

Jawaban terverifikasi

<p><strong>Digital Competence</strong>:</p><ul><li><strong>Digital competence</strong> mengacu pada kemampuan individu untuk beroperasi secara efektif dalam lingkungan digital.</li><li>Ini melibatkan pemahaman tentang teknologi, keterampilan dalam menggunakan perangkat dan aplikasi digital, serta kemampuan untuk beradaptasi dengan perubahan teknologi.</li><li><strong>Digital competence</strong> mencakup aspek teknis, literasi digital, dan pemahaman etika dalam penggunaan teknologi digital.</li></ul><p><strong>Digital Usage</strong>:</p><ul><li><strong>Digital usage</strong> merujuk pada pengaplikasian kompetensi digital dalam konteks tertentu.</li><li>Ini melibatkan penggunaan teknologi digital untuk mencapai tujuan tertentu, seperti dalam pendidikan, bisnis, atau kehidupan sehari-hari.</li><li>Contohnya, penggunaan media sosial, pengelolaan data, dan komunikasi melalui platform digital termasuk dalam <strong>digital usage.</strong></li></ul><p><strong>Digital Transformation</strong>:</p><ul><li><strong>Digital transformation</strong> adalah proses di mana organisasi atau individu mengadopsi teknologi digital secara menyeluruh untuk mengubah cara mereka beroperasi.</li><li>Ini melibatkan inovasi, perubahan proses bisnis, dan penerapan teknologi baru untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas.</li><li>Contoh <strong>digital transformation</strong> termasuk migrasi dari sistem manual ke sistem berbasis cloud, otomatisasi proses bisnis, dan penggunaan analisis data untuk pengambilan keputusan.</li></ul>

Digital Competence:

  • Digital competence mengacu pada kemampuan individu untuk beroperasi secara efektif dalam lingkungan digital.
  • Ini melibatkan pemahaman tentang teknologi, keterampilan dalam menggunakan perangkat dan aplikasi digital, serta kemampuan untuk beradaptasi dengan perubahan teknologi.
  • Digital competence mencakup aspek teknis, literasi digital, dan pemahaman etika dalam penggunaan teknologi digital.

Digital Usage:

  • Digital usage merujuk pada pengaplikasian kompetensi digital dalam konteks tertentu.
  • Ini melibatkan penggunaan teknologi digital untuk mencapai tujuan tertentu, seperti dalam pendidikan, bisnis, atau kehidupan sehari-hari.
  • Contohnya, penggunaan media sosial, pengelolaan data, dan komunikasi melalui platform digital termasuk dalam digital usage.

Digital Transformation:

  • Digital transformation adalah proses di mana organisasi atau individu mengadopsi teknologi digital secara menyeluruh untuk mengubah cara mereka beroperasi.
  • Ini melibatkan inovasi, perubahan proses bisnis, dan penerapan teknologi baru untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas.
  • Contoh digital transformation termasuk migrasi dari sistem manual ke sistem berbasis cloud, otomatisasi proses bisnis, dan penggunaan analisis data untuk pengambilan keputusan.

Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

26 April 2024 10:26

Jawaban terverifikasi

<p>berikut adalah contoh dari digital competence, digital usage, dan digital transformation:</p><p><strong>Digital Competence (Kompetensi Digital)</strong>:</p><ul><li><strong>Keterampilan Pemrograman</strong>: Kemampuan untuk menguasai bahasa pemrograman tertentu seperti Python, Java, atau JavaScript.</li><li><strong>Literasi Data</strong>: Kemampuan untuk memahami, menganalisis, dan menginterpretasikan data secara efektif menggunakan alat analisis data seperti Microsoft Excel atau Python pandas.</li><li><strong>Keamanan Cyber</strong>: Kemampuan untuk mengidentifikasi risiko keamanan cyber, memahami cara mengamankan sistem, dan bertindak untuk melindungi data pribadi atau perusahaan dari serangan cyber.</li></ul><p><strong>Digital Usage (Penggunaan Digital)</strong>:</p><ul><li><strong>E-commerce</strong>: Penggunaan platform e-commerce seperti Tokopedia, Shopee, atau Bukalapak untuk berbelanja online.</li><li><strong>Media Sosial</strong>: Aktif menggunakan platform media sosial seperti Facebook, Instagram, atau Twitter untuk berinteraksi, berbagi konten, atau membangun jaringan sosial.</li><li><strong>Telekonferensi</strong>: Menggunakan aplikasi seperti Zoom, Google Meet, atau Microsoft Teams untuk melakukan rapat atau pertemuan secara virtual.</li></ul><p><strong>Digital Transformation (Transformasi Digital)</strong>:</p><ul><li><strong>Adopsi Cloud Computing</strong>: Migrasi infrastruktur TI dari sistem lokal ke platform cloud seperti Amazon Web Services (AWS), Microsoft Azure, atau Google Cloud Platform untuk meningkatkan fleksibilitas, skalabilitas, dan efisiensi.</li><li><strong>Implementasi IoT (Internet of Things)</strong>: Menghubungkan perangkat fisik ke internet untuk mengumpulkan dan berbagi data, serta mengotomatisasi proses bisnis. Contohnya adalah sensor pintar di industri manufaktur untuk monitoring mesin atau sistem rumah pintar yang terhubung.</li><li><strong>Penerapan Big Data Analytics</strong>: Memanfaatkan teknologi dan alat analisis data canggih untuk mengekstraksi wawasan bisnis dari volume besar data yang dihasilkan oleh perusahaan. Contohnya adalah analisis data pelanggan untuk meningkatkan pengalaman pelanggan atau prediksi permintaan pasar.</li></ul><p><br>&nbsp;</p>

berikut adalah contoh dari digital competence, digital usage, dan digital transformation:

Digital Competence (Kompetensi Digital):

  • Keterampilan Pemrograman: Kemampuan untuk menguasai bahasa pemrograman tertentu seperti Python, Java, atau JavaScript.
  • Literasi Data: Kemampuan untuk memahami, menganalisis, dan menginterpretasikan data secara efektif menggunakan alat analisis data seperti Microsoft Excel atau Python pandas.
  • Keamanan Cyber: Kemampuan untuk mengidentifikasi risiko keamanan cyber, memahami cara mengamankan sistem, dan bertindak untuk melindungi data pribadi atau perusahaan dari serangan cyber.

Digital Usage (Penggunaan Digital):

  • E-commerce: Penggunaan platform e-commerce seperti Tokopedia, Shopee, atau Bukalapak untuk berbelanja online.
  • Media Sosial: Aktif menggunakan platform media sosial seperti Facebook, Instagram, atau Twitter untuk berinteraksi, berbagi konten, atau membangun jaringan sosial.
  • Telekonferensi: Menggunakan aplikasi seperti Zoom, Google Meet, atau Microsoft Teams untuk melakukan rapat atau pertemuan secara virtual.

Digital Transformation (Transformasi Digital):

  • Adopsi Cloud Computing: Migrasi infrastruktur TI dari sistem lokal ke platform cloud seperti Amazon Web Services (AWS), Microsoft Azure, atau Google Cloud Platform untuk meningkatkan fleksibilitas, skalabilitas, dan efisiensi.
  • Implementasi IoT (Internet of Things): Menghubungkan perangkat fisik ke internet untuk mengumpulkan dan berbagi data, serta mengotomatisasi proses bisnis. Contohnya adalah sensor pintar di industri manufaktur untuk monitoring mesin atau sistem rumah pintar yang terhubung.
  • Penerapan Big Data Analytics: Memanfaatkan teknologi dan alat analisis data canggih untuk mengekstraksi wawasan bisnis dari volume besar data yang dihasilkan oleh perusahaan. Contohnya adalah analisis data pelanggan untuk meningkatkan pengalaman pelanggan atau prediksi permintaan pasar.


 


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

bagaimana hubungan antara kemajuan bangsa dengan literasi digital?

35

0.0

Jawaban terverifikasi