Khayla A

04 Maret 2024 12:24

Iklan

Iklan

Khayla A

04 Maret 2024 12:24

Pertanyaan

Ciri ciri cacing hati


1

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Salsabila M

Community

07 Maret 2024 12:20

Jawaban terverifikasi

<p>Cacing hati, atau lebih dikenal dengan nama ilmiah Fasciola hepatica, adalah parasit internal yang menyerang hati pada manusia dan hewan, terutama ternak. Berikut adalah beberapa ciri-ciri cacing hati:</p><p><strong>Bentuk Tubuh:</strong></p><ul><li>Cacing hati memiliki tubuh pipih dan panjang, dengan ujung yang melebar seperti daun.</li></ul><p><strong>Ukuran:</strong></p><ul><li>Panjangnya biasanya antara 2 hingga 5 sentimeter.</li></ul><p><strong>Warna:</strong></p><ul><li>Warna cacing hati dapat bervariasi dari merah muda hingga coklat tua atau hitam.</li></ul><p><strong>Alat Penghisap:</strong></p><ul><li>Cacing hati memiliki alat penghisap di kedua ujungnya yang membantu mereka melekat pada dinding saluran empedu atau kandung empedu.</li></ul><p><strong>Siklus Hidup:</strong></p><ul><li>Siklus hidup cacing hati melibatkan dua inang. Cacing ini melewati fase larva dalam air dan memasuki inang pertama melalui tumbuhan air atau air minum terkontaminasi. Di dalam inang pertama (biasanya siput air), larva berkembang menjadi stadium infektif yang dapat ditelan oleh inang kedua (manusia atau hewan).</li></ul><p><strong>Lokasi Infeksi:</strong></p><ul><li>Cacing hati biasanya menginfeksi hati manusia dan hewan, terutama ternak seperti domba dan sapi.</li></ul><p><strong>Gejala Infeksi:</strong></p><ul><li>Infeksi cacing hati pada manusia dapat menyebabkan gejala seperti nyeri perut, peningkatan ukuran hati, demam, mual, dan penurunan berat badan.</li></ul><p><strong>Pengobatan:</strong></p><ul><li>Pengobatan infeksi cacing hati melibatkan penggunaan obat antiparasit yang diresepkan oleh profesional kesehatan.</li></ul>

Cacing hati, atau lebih dikenal dengan nama ilmiah Fasciola hepatica, adalah parasit internal yang menyerang hati pada manusia dan hewan, terutama ternak. Berikut adalah beberapa ciri-ciri cacing hati:

Bentuk Tubuh:

  • Cacing hati memiliki tubuh pipih dan panjang, dengan ujung yang melebar seperti daun.

Ukuran:

  • Panjangnya biasanya antara 2 hingga 5 sentimeter.

Warna:

  • Warna cacing hati dapat bervariasi dari merah muda hingga coklat tua atau hitam.

Alat Penghisap:

  • Cacing hati memiliki alat penghisap di kedua ujungnya yang membantu mereka melekat pada dinding saluran empedu atau kandung empedu.

Siklus Hidup:

  • Siklus hidup cacing hati melibatkan dua inang. Cacing ini melewati fase larva dalam air dan memasuki inang pertama melalui tumbuhan air atau air minum terkontaminasi. Di dalam inang pertama (biasanya siput air), larva berkembang menjadi stadium infektif yang dapat ditelan oleh inang kedua (manusia atau hewan).

Lokasi Infeksi:

  • Cacing hati biasanya menginfeksi hati manusia dan hewan, terutama ternak seperti domba dan sapi.

Gejala Infeksi:

  • Infeksi cacing hati pada manusia dapat menyebabkan gejala seperti nyeri perut, peningkatan ukuran hati, demam, mual, dan penurunan berat badan.

Pengobatan:

  • Pengobatan infeksi cacing hati melibatkan penggunaan obat antiparasit yang diresepkan oleh profesional kesehatan.

Iklan

Iklan

Caca C

07 Maret 2024 11:45

Cacing hati adalah infeksi pada hati yang disebabkan oleh parasit berupa cacing pipih. Ciri-ciri cacing hati antara lain: 1. Demam 2. Penyakit kuning atau ikterus 3. Nyeri perut 4. Mual dan muntah 5. Perubahan berat badan 6. Pembengkakan hati


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

solusi jika salah satu komponen ekosistem punah

12

0.0

Jawaban terverifikasi