Lulu L

22 Juli 2022 16:02

Iklan

Iklan

Lulu L

22 Juli 2022 16:02

Pertanyaan

Cermati puisi berikut! Jangan di Sini Kita Berhenti Kenapa di sini kita berhenti Jalan masih panjang untuk kita lewati Jangan takut pada rintangan yang menghalangi Lewatilah, hiraukanlah teriakkan yang menghujam hati Toh, nanti mereka juga bakal mengerti lni jurang bakal kita lompati Dan lihat, di seberang sana mentari telah menanti Jangan di sini kita berhenti Jalan masih panjang untuk kita lalui Kalimat tanggapan (esai) yang sesuai dengan isi puisi tersebut adalah .... A. lsi puisi tersebut mengisahkan seseorang yang kecewa terhadap keinginannya yang tak pernah terwujud. B. Pengarang ingin menyampaikan bahwa setiap orang mempunyai jalan hidup masing-masing dan jangan iri dengan orang lain. C. Puisi tersebut menjelaskan bahwa kita hendaknya dapat meraih cita-cita dengan menuntut ilmu sepanjang hayat. D. Puisi tersebut mengajak kita agar tidak menyerah dalam menghadapi rintangan hidup demi mencapai masa depan cerah. E. Penulis ingin mengungkapkan pengalaman dalam kehidupannya tentang cobaan yang dilalui seseorang.


111

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

M. Beni

Mahasiswa/Alumni Universitas Muria Kudus

11 Oktober 2022 23:19

Jawaban terverifikasi

Jawaban yang benar adalah D. Yuk simak pembahasan berikut. Esai adalah karangan yang berisi pembahasan tentang sebuah topik berdasarkan sudut pandang penulisnya. Bait pertama puisi tersebut menceritakan agar tidak mudah menyerah menghadapi rintangan dalam hidup seperti pada kalimat "jalan masih panjang" yang berarti perjalanan hidup masih lama. Bait kedua berisi harapan akan masa depan yang cerah yang terdapat pada kalimat "mentari telah menanti" yang berarti masa depan atau kehidupan yang akan datang lebih baik. Sehingga kalimat tanggapan (esai) yang sesuai dengan kutipan puisi tersebut adalah ajakan agar kita tidak mudah menyerah menghadapi rintangan dalam hidup demi mencapai masa depan yang cerah. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah D.


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

(1) Kisah pembuatan film biasanya melewati proses yang panjang dan rumit. (2) Ide membuat film dan cerita datang dari Castle Production yang bergerak di bidang film animasi ini sangat bermanfaat. (3) Castle cukup berhasil bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk menyaring siswa SMK yang memiliki kemampuan untuk membuat gambar. (4) Dari seleksi gambar animasi kiriman siswa, Castle memilih lima puluh siswa SMK, tiga di antaranya perempuan, untuk mengikuti pelatihan menggambar animasi lalu memproduksi film animasi. (5) Untuk keperluan itu, Castle mengerahkan animator profesional seperti Boy Wahyudi dan Dony Moersito untuk mengajar mereka. Kalimat utama paragraf tersebut terletak pada kalimat nomor ... A. (1) D. (4) B. (2) E. (5) C. (3)

509

5.0

Jawaban terverifikasi