Andy D

13 Juni 2022 07:23

Iklan

Iklan

Andy D

13 Juni 2022 07:23

Pertanyaan

Cermati penggunaan kata memutarbalikkan pada kalimat berikut. Para penyelundup *narkoba itu memutarbalikkan fatka ketika dimintai keterangan oleh para petugas di bandara. Pernyataan berikut yang benar berdasarkan kalimat tersebut adalah ... A. Penggunaan kata “memutarbalikkan” seharusnya “memutar-balikkan” karena kebanyakan orang menggunakannya seperti itu. B. Penggunaan kata “memutarbalikkan” sudah tepat karena kata gabung (putar balik) bila mendapatkan awalan dan akhiran sekaligus ditulis serangkai. C. Penggunaan kata “memutarbaikkan” seharusnya “memutar-balikkan” karena merupakan kata berimbuhan yang sudah lama. D. Penggunaan kata “memutarbalikkan” seharusnya “memutar-balikkan” karena sudah dibakukan oleh masyarakat. E. Penggunaan kata “memutarbalikkan” seharusnya “memutar-balikkan” karena sudah sesuai dengan buku Ejaan yang Disempurnakan.


87

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

A. Rahmawati

13 Juni 2022 10:08

Jawaban terverifikasi

Jawaban yang tepat adalah pilihan B. Berikut adalah pembahasannya. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, afiks adalah bentuk terikat yang apabila ditambahkan pada kata dasar atau bentuk dasar akan mengubah makna kata, seperti prefiks, infiks, konfiks, dan sufiks. 1. Prefiks adalah imbuhan awalan, seperti me-, di-, ber-, atau ter-. 2. Infiks adalah imbuhan sisipan, seperti -el-, -em-, atau -er-. 3. Konfiks adalah imbuhan gabungan, seperti me--kan, di--kan, atau pe--kan. 4. Sufiks adalah imbuhan akhiran, seperti -i, -kan, atau -an. Berdasarkan pemaparan tersebut, apabila kata dasar berupa kata majemuk bergabung dengan konfiks, penulisan ditulis serangkai tanpa jeda spasi atau pun tanda baca lain. Penulisan "memutarbalikkan" pada kalimat tersebut sudah tepat sebab terdiri dari kata majemuk "putar balik" ditambah dengan konfiks "me-kan". Dengan demikian, ajwaban yang tepat adalah pilihan B.


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

(1) Kisah pembuatan film biasanya melewati proses yang panjang dan rumit. (2) Ide membuat film dan cerita datang dari Castle Production yang bergerak di bidang film animasi ini sangat bermanfaat. (3) Castle cukup berhasil bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk menyaring siswa SMK yang memiliki kemampuan untuk membuat gambar. (4) Dari seleksi gambar animasi kiriman siswa, Castle memilih lima puluh siswa SMK, tiga di antaranya perempuan, untuk mengikuti pelatihan menggambar animasi lalu memproduksi film animasi. (5) Untuk keperluan itu, Castle mengerahkan animator profesional seperti Boy Wahyudi dan Dony Moersito untuk mengajar mereka. Kalimat utama paragraf tersebut terletak pada kalimat nomor ... A. (1) D. (4) B. (2) E. (5) C. (3)

587

0.0

Jawaban terverifikasi