Syfa S

14 November 2023 03:43

Iklan

Syfa S

14 November 2023 03:43

Pertanyaan

Ceramati kutipan puisi berikut! Nyanyian Angsa ….. Ia pergi kepada dokter. Banyak pasien lebih menunggu. Ia duduk di antara mereka. Tiba-tiba orang-orang menyingkir dan menutup hidup mereka. Ia meledak marah tapi buru-buru juru rawat menariknya. Ia diberi giliran lebih dulu dan tak ada orang yang memprotesnya. …. Karya: W.S Hendra Kalimat kritik yang tepat sesuai dengan bait puisi tersebut adalah… a.Penyair menggunakan kata-kata bermakna konotasi sehingga pembaca sulit memahami isi puisi tersebut. b. Majas dalam puisi tersebut sangat beragam sehingga sulit bagi pembaca untuk menguraikan maksud puisi. c. Puisi tersebut menggunakan pilihan rima yang sama dalam baitnya sehingga memperindah puisi ketika dibacakan. d. Puisi tersebut menggambarkan suasanan takut dan tegang seperti yang dialami penyair ketika sedang bertemu dokter. e. Kata-kata dalam puisi tersebut bermakna denotasi sehingga mempermudah pembaca dalam memahami isi puisi.

Ceramati kutipan puisi berikut!

                    Nyanyian Angsa 
…..
Ia pergi kepada dokter. 
Banyak pasien lebih menunggu. 
Ia duduk di antara mereka. 
Tiba-tiba orang-orang menyingkir dan menutup 
hidup mereka. 
Ia meledak marah 
tapi buru-buru juru rawat menariknya. 
Ia diberi giliran lebih dulu 
dan tak ada orang yang memprotesnya. 
….
Karya: W.S Hendra

Kalimat kritik yang tepat sesuai dengan bait puisi tersebut adalah…


a.Penyair menggunakan kata-kata bermakna konotasi sehingga pembaca sulit memahami isi puisi tersebut. 


b. Majas dalam puisi tersebut sangat beragam sehingga sulit bagi pembaca untuk menguraikan maksud puisi. 


c. Puisi tersebut menggunakan pilihan rima yang sama dalam baitnya sehingga memperindah puisi ketika dibacakan. 


d. Puisi tersebut menggambarkan suasanan takut dan tegang seperti yang dialami penyair ketika sedang bertemu dokter. 


e. Kata-kata dalam puisi tersebut bermakna denotasi sehingga mempermudah pembaca dalam memahami isi puisi.
   

Belajar bareng Champions

Brain Academy Champions

Hanya di Brain Academy

Habis dalam

02

:

01

:

23

:

09

Klaim

7

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Zahra P

19 November 2023 11:46

Jawaban terverifikasi

<p>Kalimat kritik yang tepat sesuai dengan bait puisi tersebut adalah <i><strong>a. Penyair menggunakan kata-kata bermakna konotasi sehingga pembaca sulit memahami isi puisi tersebut.</strong></i></p><p><strong>Penjelasan</strong>: Bait puisi tersebut menggambarkan situasi di mana penyair pergi ke dokter dan mendapatkan perlakuan yang berbeda dari pasien lainnya. Namun, penjelasan dalam bait puisi tersebut menggunakan kata-kata yang lebih ambigu dan bermakna konotasi, sehingga dapat membingungkan pembaca dalam memahami makna sebenarnya. Hal ini dapat menyebabkan sulitnya pembaca untuk menginterpretasi isi puisi dengan jelas.</p><p>&nbsp;</p><p>- SEMOGA MEMBANTU -</p>

Kalimat kritik yang tepat sesuai dengan bait puisi tersebut adalah a. Penyair menggunakan kata-kata bermakna konotasi sehingga pembaca sulit memahami isi puisi tersebut.

Penjelasan: Bait puisi tersebut menggambarkan situasi di mana penyair pergi ke dokter dan mendapatkan perlakuan yang berbeda dari pasien lainnya. Namun, penjelasan dalam bait puisi tersebut menggunakan kata-kata yang lebih ambigu dan bermakna konotasi, sehingga dapat membingungkan pembaca dalam memahami makna sebenarnya. Hal ini dapat menyebabkan sulitnya pembaca untuk menginterpretasi isi puisi dengan jelas.

 

- SEMOGA MEMBANTU -


Iklan

Mercon M

Community

30 April 2024 13:54

<p>Jawabannya adalah d. Puisi tersebut menggambarkan suasanan takut dan tegang seperti yang dialami penyair ketika sedang bertemu dokter.</p><p>&nbsp;</p><p>Pembahasan:&nbsp;</p><p>Bait puisi tersebut menggambarkan situasi di ruang tunggu dokter di mana banyak pasien yang menunggu. Ketika penyair diberi giliran lebih dulu, suasana ruangan berubah secara tiba-tiba dan orang-orang menyingkir dan menutup hidup mereka, menunjukkan suasana yang tegang dan takut. Oleh karena itu, kalimat kritik yang tepat adalah yang mencerminkan penggambaran suasana tersebut. Jawaban (d) menggambarkan kesan takut dan tegang yang sesuai dengan suasana yang digambarkan dalam bait puisi tersebut.</p>

Jawabannya adalah d. Puisi tersebut menggambarkan suasanan takut dan tegang seperti yang dialami penyair ketika sedang bertemu dokter.

 

Pembahasan: 

Bait puisi tersebut menggambarkan situasi di ruang tunggu dokter di mana banyak pasien yang menunggu. Ketika penyair diberi giliran lebih dulu, suasana ruangan berubah secara tiba-tiba dan orang-orang menyingkir dan menutup hidup mereka, menunjukkan suasana yang tegang dan takut. Oleh karena itu, kalimat kritik yang tepat adalah yang mencerminkan penggambaran suasana tersebut. Jawaban (d) menggambarkan kesan takut dan tegang yang sesuai dengan suasana yang digambarkan dalam bait puisi tersebut.


Buka akses jawaban yang telah terverifikasi

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Iklan