Nama S

11 Juni 2024 11:48

Iklan

Iklan

Nama S

11 Juni 2024 11:48

Pertanyaan

Cari istilah terkait dunia bisnis seperti B2B B2C C2C dan berikan contoh-contohnya.

Cari istilah terkait dunia bisnis seperti B2B B2C C2C dan berikan contoh-contohnya.
 


4

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Navniaaa N

11 Juni 2024 16:27

Jawaban terverifikasi

<p>1. Klasifikasi model bisnis ecommerce</p><p>B2B ecommerce🌷</p><p>B2C ecommerce🌷</p><p>C2C ecommerce🌷</p><p><br>&nbsp;</p><p>Perdagangan elektronik atau ecommerce mencakup semua pasar online yang menghubungkan pembeli dan penjual. Internet digunakan untuk memproses semua transaksi elektronik. Hal pertama yang perlu dipikirkan adalah jenis transaksi bisnis yang akan Anda lakukan. Ketika Anda ingin menjalani bisnis ecommerce, siapa target pasar Anda? Apakah bisnis Anda B2B, B2C, C2C?</p><p><br><br>&nbsp;</p><p>a. B2B eCommerce🌷</p><p>Model B2B fokus pada penyediaan produk dari satu bisnis ke bisnis lainnya. Meskipun banyak bisnis ecommerce di area ini adalah penyedia jasa/layanan, Anda juga akan menemukan perusahaan software, perusahaan supplier dan pemasok perabot kantor, perusahaan hosting, dan berbagai model bisnis ecommerce lainnya dari sektor ini.</p><p>model bisnis ecommerce b2b_</p><p>Contoh e-commerce B2B (business to business) Indonesia yang mungkin Anda kenal adalah Ralali.com, IndoTrading.com, Kawan Lama, Electronic City, Indonetwork, dan Mbiz. Bisnis tersebut memiliki platform ecommerce yang khusus menyasar perusahaan dan bekerja dalam lingkungan tertutup. Di Indonesia, model bisnis ecommerce B2B belum tergarap maksimal oleh para pelaku bisnis. Salah satu startup tanah air yang sukses membidik peluang pasar ini adalah MBiz, anak usaha Grup Lippo.MBiz didirikan Juli 2015 fokus pada e-procurement khusus B2B dan B2G.</p><p><br>b. <strong>B2C eCommerce🌷</strong></p><p>Sektor ecommerce B2C (<i>business to consumer</i>) adalah model bisnis yang lazim dilakukan di pasar ecommerce. Bahkan sektor B2C adalah model bisnis yang selalu ada dipikiran orang saat mendengar kata ‘ecommerce’. Transaksi ecommerce B2C menyerupai model ritel tradisional, di mana bisnis menjual jasa/produk kepada individu, namun bisnis dijalankan dengan platform online alih-alih dengan toko fisik.</p><p><br>Contoh pemain ecommerce B2C di Indonesia adalah Blibli, Jd.id, dan Lazada. Namun, dari laporan DailySocial mengindikasikan adanya peleburan batas antara ecommerce B2C dan C2C yang dilihat dari penilaian reputasi. Penilaian terhadap reputasi umumnya didasarkan pada kepercayaan konsumen yang terbentuk dari beberapa faktor, diantaranya jaminan produk, kualitas layanan, hingga efektivitas sistem yang disajikan.</p><p>c. C2C eCommerce🌷</p><p>Model bisnis ecommerce ketiga adalah C2C (consumer to consumer), yang kemudian terbagi lagi menjadi dua model yaitu marketplace dan classifieds/P2P. Dalam kategori C2C e-commerce ini, konsumen individu dapat menjual maupun membeli produk dari konsumen lainnya. Bukalapak, Shopee, dan Tokopedia merupakan beberapa contoh online marketplace yang paling dikenal di Indonesia.</p><p>Selain melalui marketplace, kegiatan jual beli juga juga dapat dilakukan secara langsung antar individu, tanpa adanya termasuk dari pihak ketiga. Beberapa contoh platform dengan model bisnis ini adalah OLX, Kaskus, hingga melalui Instagram.</p>

1. Klasifikasi model bisnis ecommerce

B2B ecommerce🌷

B2C ecommerce🌷

C2C ecommerce🌷


 

Perdagangan elektronik atau ecommerce mencakup semua pasar online yang menghubungkan pembeli dan penjual. Internet digunakan untuk memproses semua transaksi elektronik. Hal pertama yang perlu dipikirkan adalah jenis transaksi bisnis yang akan Anda lakukan. Ketika Anda ingin menjalani bisnis ecommerce, siapa target pasar Anda? Apakah bisnis Anda B2B, B2C, C2C?



 

a. B2B eCommerce🌷

Model B2B fokus pada penyediaan produk dari satu bisnis ke bisnis lainnya. Meskipun banyak bisnis ecommerce di area ini adalah penyedia jasa/layanan, Anda juga akan menemukan perusahaan software, perusahaan supplier dan pemasok perabot kantor, perusahaan hosting, dan berbagai model bisnis ecommerce lainnya dari sektor ini.

model bisnis ecommerce b2b_

Contoh e-commerce B2B (business to business) Indonesia yang mungkin Anda kenal adalah Ralali.com, IndoTrading.com, Kawan Lama, Electronic City, Indonetwork, dan Mbiz. Bisnis tersebut memiliki platform ecommerce yang khusus menyasar perusahaan dan bekerja dalam lingkungan tertutup. Di Indonesia, model bisnis ecommerce B2B belum tergarap maksimal oleh para pelaku bisnis. Salah satu startup tanah air yang sukses membidik peluang pasar ini adalah MBiz, anak usaha Grup Lippo.MBiz didirikan Juli 2015 fokus pada e-procurement khusus B2B dan B2G.


b. B2C eCommerce🌷

Sektor ecommerce B2C (business to consumer) adalah model bisnis yang lazim dilakukan di pasar ecommerce. Bahkan sektor B2C adalah model bisnis yang selalu ada dipikiran orang saat mendengar kata ‘ecommerce’. Transaksi ecommerce B2C menyerupai model ritel tradisional, di mana bisnis menjual jasa/produk kepada individu, namun bisnis dijalankan dengan platform online alih-alih dengan toko fisik.


Contoh pemain ecommerce B2C di Indonesia adalah Blibli, Jd.id, dan Lazada. Namun, dari laporan DailySocial mengindikasikan adanya peleburan batas antara ecommerce B2C dan C2C yang dilihat dari penilaian reputasi. Penilaian terhadap reputasi umumnya didasarkan pada kepercayaan konsumen yang terbentuk dari beberapa faktor, diantaranya jaminan produk, kualitas layanan, hingga efektivitas sistem yang disajikan.

c. C2C eCommerce🌷

Model bisnis ecommerce ketiga adalah C2C (consumer to consumer), yang kemudian terbagi lagi menjadi dua model yaitu marketplace dan classifieds/P2P. Dalam kategori C2C e-commerce ini, konsumen individu dapat menjual maupun membeli produk dari konsumen lainnya. Bukalapak, Shopee, dan Tokopedia merupakan beberapa contoh online marketplace yang paling dikenal di Indonesia.

Selain melalui marketplace, kegiatan jual beli juga juga dapat dilakukan secara langsung antar individu, tanpa adanya termasuk dari pihak ketiga. Beberapa contoh platform dengan model bisnis ini adalah OLX, Kaskus, hingga melalui Instagram.


Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

18 Juni 2024 04:10

Jawaban terverifikasi

<p>Berikut adalah beberapa istilah terkait dunia bisnis dan contoh-contohnya:</p><p><strong>B2B (Business-to-Business)</strong>: Transaksi yang terjadi antara dua perusahaan atau bisnis.</p><ul><li>Contoh: Penjualan grosir perusahaan A kepada perusahaan B untuk bahan baku produksi.</li></ul><p><strong>B2C (Business-to-Consumer)</strong>: Transaksi yang terjadi antara perusahaan dan konsumen akhir.</p><ul><li>Contoh: Penjualan produk pakaian secara langsung dari toko online perusahaan kepada konsumen individual.</li></ul><p><strong>C2C (Consumer-to-Consumer)</strong>: Transaksi yang terjadi antara konsumen kepada konsumen lainnya, biasanya melalui platform online.</p><ul><li>Contoh: Penjualan barang bekas antarindividu melalui situs lelang atau marketplace online.</li></ul><p><strong>B2G (Business-to-Government)</strong>: Transaksi yang terjadi antara perusahaan dengan pemerintah.</p><ul><li>Contoh: Kontrak pemasokan alat kesehatan dari perusahaan farmasi kepada pemerintah untuk rumah sakit.</li></ul><p><strong>G2B (Government-to-Business)</strong>: Transaksi yang terjadi antara pemerintah dengan perusahaan.</p><ul><li>Contoh: Lelang proyek konstruksi oleh pemerintah kepada perusahaan konstruksi.</li></ul><p><strong>G2C (Government-to-Consumer)</strong>: Layanan atau transaksi yang diberikan oleh pemerintah langsung kepada konsumen.</p><ul><li>Contoh: Pendaftaran pajak online bagi warga negara oleh pemerintah.</li></ul><p><strong>E-commerce (Electronic Commerce)</strong>: Penjualan produk atau layanan melalui internet.</p><ul><li>Contoh: Amazon, Tokopedia, eBay, dan sebagainya.</li></ul><p><strong>O2O (Online-to-Offline)</strong>: Model bisnis yang menghubungkan platform online dengan pengalaman offline.</p><ul><li>Contoh: Pemesanan makanan secara online yang kemudian diantar ke rumah konsumen (O2O delivery services).</li></ul><p><strong>P2P (Peer-to-Peer)</strong>: Transaksi yang terjadi antara individu ke individu lainnya tanpa keterlibatan perusahaan atau lembaga.</p><ul><li>Contoh: Peer-to-peer lending platforms yang memfasilitasi pinjaman antarindividu.</li></ul><p><strong>SaaS (Software as a Service)</strong>: Model penyediaan perangkat lunak dimana perangkat lunak di-host dan disampaikan melalui internet.</p><ul><li>Contoh: Google Workspace, Microsoft Office 365.</li></ul><p>Setiap istilah ini mencerminkan cara berinteraksi dan melakukan transaksi di dalam lingkungan bisnis modern yang semakin terhubung dan digital.</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>3.5</p>

Berikut adalah beberapa istilah terkait dunia bisnis dan contoh-contohnya:

B2B (Business-to-Business): Transaksi yang terjadi antara dua perusahaan atau bisnis.

  • Contoh: Penjualan grosir perusahaan A kepada perusahaan B untuk bahan baku produksi.

B2C (Business-to-Consumer): Transaksi yang terjadi antara perusahaan dan konsumen akhir.

  • Contoh: Penjualan produk pakaian secara langsung dari toko online perusahaan kepada konsumen individual.

C2C (Consumer-to-Consumer): Transaksi yang terjadi antara konsumen kepada konsumen lainnya, biasanya melalui platform online.

  • Contoh: Penjualan barang bekas antarindividu melalui situs lelang atau marketplace online.

B2G (Business-to-Government): Transaksi yang terjadi antara perusahaan dengan pemerintah.

  • Contoh: Kontrak pemasokan alat kesehatan dari perusahaan farmasi kepada pemerintah untuk rumah sakit.

G2B (Government-to-Business): Transaksi yang terjadi antara pemerintah dengan perusahaan.

  • Contoh: Lelang proyek konstruksi oleh pemerintah kepada perusahaan konstruksi.

G2C (Government-to-Consumer): Layanan atau transaksi yang diberikan oleh pemerintah langsung kepada konsumen.

  • Contoh: Pendaftaran pajak online bagi warga negara oleh pemerintah.

E-commerce (Electronic Commerce): Penjualan produk atau layanan melalui internet.

  • Contoh: Amazon, Tokopedia, eBay, dan sebagainya.

O2O (Online-to-Offline): Model bisnis yang menghubungkan platform online dengan pengalaman offline.

  • Contoh: Pemesanan makanan secara online yang kemudian diantar ke rumah konsumen (O2O delivery services).

P2P (Peer-to-Peer): Transaksi yang terjadi antara individu ke individu lainnya tanpa keterlibatan perusahaan atau lembaga.

  • Contoh: Peer-to-peer lending platforms yang memfasilitasi pinjaman antarindividu.

SaaS (Software as a Service): Model penyediaan perangkat lunak dimana perangkat lunak di-host dan disampaikan melalui internet.

  • Contoh: Google Workspace, Microsoft Office 365.

Setiap istilah ini mencerminkan cara berinteraksi dan melakukan transaksi di dalam lingkungan bisnis modern yang semakin terhubung dan digital.

 

 

3.5


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

apa yang harus dilakukan ketika ingin membuka usaha dan sudah memiliki idenya?

27

4.0

Jawaban terverifikasi

Sekarang kita telah memasuki tahun 1446 H tepatnya di bulan Muharram, bulan pertama yang mengawali penanganan Hijriyah. Ada yang wajib kita sadari bahwa penetapan tahun Hijriyah bukan sekedar memberikan kesan, perubahan dan tanggal. lebih daripada itu, penetapan komentum hijriyah nabi S.A.W dari Mekkah ke yatsrib yang kelak telah menjadi Madinah suatu kota yang menginspirasi, mencerahkan dan berkemajuan seakan memberikan kesan pada kita setiap. Kita melangkah kapanpun itu dan dimanapun itu umat Islam dalam petunjuk yang Allah berikan pada mereka. Kurikulum kehidupan yang dibentuk oleh Allah sempurna pasti memberikan warna-warna yang mencerahkan sehingga dapat merubah suatu yang tertinggal menjadi berkemajuan, merubah suatu yang cenderung jenuh, menjadi sesuatu yang terang dan mencerahkan, merubah suasana yang sulit menjadi lapang inilah ciri khas muslim dengan membawa tuntunan Islam. Hijriyah juga dipahami di hadis nabi S.A.W dalam meninggalkan sesuatu yang kurang baik menuju kepada setiap yang mulia, meninggalkan yang salah dan menuju yang sholeh maka segala yang dilakukan itu dinamakan Muharram, segala sikap negatif disebut Muharram hukumnya haram. Jika kita ingin menjadikan semua itu sebagai landasan dan waktu serta momentum untuk memulai meninggalkan segala yang dilarang maka, secepatnya tambah alif lam di depan Muharram yang jadinya Al Muharram (bulan pertama di tahun Hijriyah) kata Muharram yang bukan sekedar menunjukkan waktu berubah, mengganti bulan, mengganti waktunya tapi esensinya ini memberikan pelajaran yang dalam kepada kita semua. Jika kita ingin berhijrah maka mulailah meninggalkan segala sesuatu yang Allah dan rasulnya larang maka dengan itu akan terbuka peluang-peluang kebaikan yang mampu dilakukan oleh seluruh tubuh kita. tolong text tersebut dirangkum intinya

0

0.0

Jawaban terverifikasi